INI 8 SPOT SNORKELING PALING KEREN DI INDONESIA YANG WAJIB KAMU KUNJUNGI

Snorkeling

Dengan bentang perairan yang demikian luas, Indonesia sudah pasti adalah surga bagi kamu yang menggemari petualangan air, termasuk snorkeling. Dari ujung Barat banda Aceh hingga ujung Timur Papua, Indonesia dipenuhi tempat eksotis untuk menyelam, bermain di air dan tentu saja untuk ber-snorkeling- ria.

Nah, buat kamu yang ingin mencoba snorkeling, kali ini Akasaka Journal akan mengajak kamu untuk mengintip 8 tempat snorkeling paling menarik untuk dikunjungi di Indonesia.

Yuk, dibaca ulasannya, ya.

BACA INI JUGA

8 Spot Snorkeling Paling Keren untuk Dikunjungi di Indonesia

Snorkeling

Diving dan snorkeling adalah trend wisata yang semakin banyak diminati dari waktu ke waktu. Petualangan di bawah air dengan kacamata selam dan alat bantu pernapasan, ternyata memberikan sensasi yang membuat banyak orang ketagihan. Imbasnya, aktivitas snorkeling atau pun diving semakin banyak pula penggemarnya.

Dibandingkan snorkeling, diving adalah hal yang sulit serta membutuhkan lisensi, keterampilan, keberanian dan skill khusus untuk melakukannya. Menariknya, pengalaman antara diving dan snorkeling menawarkan sensasi yang tidak jauh berbeda.

Atas pertimbangan ini, snorkeling tentu saja sangat menarik, bukan?

Kamu dapat berinteraksi langsung dengan biota laut saat snorkeling, persis yang bisa kamu lakukan juga saat diving. Dengan perlengkapan sederhana dan mudah untuk didapatkan, aktivitas snorkeling bahkan bisa kamu lakukan sambil liburan bersama keluarga di pantai.

Nah, pantai dan perairan mana saja yang paling menarik untuk dijadikan spot snorkeling di Indonesia?

Berikut Akasaka Journal telah memilih 8 di antaranya yang paling direkomendasikan untuk kamu kunjungi.

Pulau Kri di Raja Ampat, Papua

Snorkeling

Tempat pertama di Indonesia yang menjadi destinasi paling menarik untuk kamu yang ingin merasakan menariknya sensasi snorkeling adalah pulau Kri di kepulauan Raja Ampat, Papua. Di antara 17 pulau tujuan wisata populer di Raja Ampat, Pulau Kri dapat dibilang sangat istimewa.

Tanpa harus menggunakan kacamata snorkeling, kamu sudah dapat melihat kayanya biota laut di pulau Kri. Dengan air laut yang sangat jernih, berbagai jenis hewan laut yang eksotis dapat menjadi teman bermainmu selama proses snorkeling yang kamu lakukan.

Setidaknya ada 374 spesies ikan dan terumbu karang yang bisa kamu jumpai di pulau Kri. Berbagai hewan yang eksotis seperti ikan barracuda, kura-kura hijau, kakap, kerapu dan masih banyak yang lainnya. Bahkan, di salah satu bagian dari pulau Kri ini, jika beruntung kamu juga dapat menjumpai ikan hiu, lho.

Untuk akses menuju Pulau Kri juga terbilang cukup mudah. Transportasi yang kamu bisa pilih adalah pesawat terbang atau dengan Kapal Fery cepat dari Sorong. Baik kapal Fery mau pun pesawat terbang dapat membawamu menikmati keindahan kepulauan Raja Ampat terlebih dahulu sebelum tiba di pulau Kri-nya sendiri.

Kepulauan Bunaken di Sulawesi Utara

Snorkeling

Nah, spot yang satu ini pasti kamu sudah sangat familiar, kan?

Yap, Taman Laut Bunaken adalah spot diving yang sudah lama dikenal oleh para pegiat petualangan bawah laut. Ada ribuan keindahan biota laut yang dapat kamu jumpai di Bunaken yang membuat ia tidak hanya terkenal di Indonesia namun juga di manca negara.

Sebagai sebuah destinasi selam yang populer, Bunaken tentu saja menawarkan pesona yang sangat indah untuk kamu kunjungi. Dengan total luas wilayah yang mencapai 89.065 hektare, Taman Laut Bunaken telah menjadi rumah bagi 90 spesies ikan dan 390 spesies terumbu karang paling eksotis.

Di samping terumbu karang yang indah, kamu juga akan menjumpai banyak biota laut eksotis jika mengunjungi Bunaken. Hiu, marlin, tuna bahkan beberapa spesies ikan purba juga bisa kamu jumpai di sini.

Dengan statusnya sebagai tujuan utama diving di Indonesia, kepulauan Bunaken yang meliputi pulau Nain, Mantehage, Manado Tua dan Siladen, benar-benar memberikan pengalaman yang menakjubkan untuk kamu jadikan sebagai tujuan snorkeling.

Pulau Gili Kedis di Lombok

Snorkeling

Hampir tidak ada pepohonan yang hidup di atas pulau Gili Kedis ini. Bahkan dengan ukurannya yang kecil kamu dapat mengelilingi pulau ini hanya dalam waktu lima menit saja.

Meskipun hanya terdiri dari hamparan pasir putih dengan sedikit semak di atasnya, keindahan Gili Kedis justru terletak di bawah lautnya. Kamu yang mengunjungi tempat ini harus mencoba snorkeling untuk mengetahui bahwa keindahan Gili Kedis benar-benar luar biasa.

Selain dapat dinikmati dengan snorkeling, kamu juga dapat mencoba untuk camping di Gili Kedis yang tak berpenghuni ini. Dengan mempersiapkan alat snorkeling atau alat selam yang cukup, kamu juga tentunya dapat menikmati keindahan bawah laut Gili Kedis di malam hari.

Danau Labuan Cermin di Kalimantan Timur

Snorkeling

Jika kamu lupa membawa alat snorkeling sendiri saat mengunjungi Labuan Cermin, jangan khawatir, karena ada banyak tempat di sekitar dermaga yang akan menyewakannya untukmu. Justru yang harus kamu persiapkan adalah ketahanan fisikmu untuk menjelajahi keindahan luar biasa dari danau Labuan Cermin ini sendiri.

Danau Labuan Cermin terdapat di propinsi Kalimantan Timur, tepatnya di wilayah kabupaten Berau dengan ibu kotanya yang bernama Tanjung Redep. Dikarenakan luasnya wilayah propinsi Kalimantan Timur dan persebaran penduduknya yang masih cukup jarang, maka dari Tanjung Redep sendiri, Labuan Cermin membutuhkan waktu 7 jam untuk ditempuh.

Dengan keunikannya sebagai destinasi snorkeling paling populer di Kalimantan Timur, danau Labuan Cermin memang benar-benar eksotis. Pantulan cahaya matahari di atas permukaan air yang menyatu antara air tawar dan air laut menjadikan kondisinya benar-benar laksana cermin jernih yang memukau.

Danau Gili Nanggu di Lombok Barat

Snorkeling

Tempat lain yang tidak kalah menarik untuk aktivitas snorkeling di pulau Lombok adalah Gili Nanggu. Di tempat ini, kamu akan menjumpai sebuah pulau berpasir putih dengan gradasi warna laut yang membiru syahdu.

Dibandingkan dengan Gili Kedis, Gili Nanggu yang terletak di wilayah Lombok Barat ini jauh lebih besar.

Jadi, selain menikmati keindahan bawah lautnya dengan snorkeling atau diving, kamu juga bisa menjelajahi sisi pantai Gili Nanggu sendiri dengan berjalan kaki. Birunya laut dan barisan pohon kelapa kepulauan Lombok akan membuat kamu betah berlama-lama.

Aktivitas snorkeling di Gili Nanggu bisa jadi akan sangat mengasyikan jika kamu tahu bahwa biota laut di wilayah ini terasa lebih jinak. Tanpa takut mereka akan mendekat kepada para penyelam dan membuat suasana snorkeling-mu semakin menyenangkan.

Pulau Rubiah di Sabang, Aceh

Snorkeling

Nama populernya di kalangan wisatawan asing adalah Sea Garden of Rubiah atau Taman Laut Rubiah. Tempat ini terletak di pulau paling barat Indonesia yakni di kepulauan Sabang, Nangroe Aceh Darussalam.

Di pulau Rubiah, setidaknya ada 8 tempat snorkeling yang siap menyambut kehadiranmu. Sementara untuk kamu yang suka diving, pulau Rubiah juga menyediakan 11 spot paling eksotis untuk kamu kunjungi. Di tempat ini, panorama bawah laut dengan kekayaan biota lautnya akan membuat kamu betah untuk berlama-lama.

Ketika kamu mengeksplorasi Pulau Rubiah dengan diving atau pun snorkeling, kamu akan mendapati beberapa spesies paling memukau menemanimu selama proses penyelaman.

Angel fish, lion fish, giant kima, ikan kakatua dan lain sebagainya akan membuat penyelamanmu semakin istimewa di pulau Rubiah.

Pulau Dodola di Morotai, Halmahera Utara

Snorkeling

Tempat selanjutnya yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati snorkeling adalah Pulau Dodola di Morotai, kepulauan Halmahera Utara.

Kepulauan Morotai sendiri merupakan salah satu destinasi paling menarik di Halmahera Utara. Di wilayah ini kamu dapat menjumpai kombinasi keindahan bawah laut dengan keindahan pulau wilayah samudra pasifik yang mempesona.

Seperti halnya kepulauan lain di Maluku, kepulauan Morotai dan Pulau Dodola juga sangat kaya akan keanekaragaman hayati bawah lautnya. Ada ratusan spesies ikan, terumbu karang, dan molusca yang bisa kamu jumpai saat menghabiskan snorkeling atau diving di wilayah ini.

Air laut yang jernih dengan pasir putih lembut bak kristal akan membuat kunjunganmu di pulau Dodola tidak terlupakan. Tidak heran dengan keindahan yang dimilikinya ini, kepulauan Morotai dan Pulau Dodola dijuluki sebagai Mutiara di Bibir Pasifik.

Pantai Nglambor di Gunung Kidul, Jogjakarta

Snorkeling

Nah, spot terakhir yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati petualangan snorkeling adalah di Pantai Nglambor, kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan pesonanya sebagai salah satu rumah bagi puluhan pantai tercantik di pulau Jawa, Gunung Kidul dan pantai Nglambor-nya menjadi destinasi yang istimewa untuk menghabiskan liburan dengan snorkeling.

Seperti halnya pantai-pantai eksotis di Gunung Kidul lainnya, perpaduan eksotisme Pantai Nglambor terdiri dari gugusan karangnya yang indah, kemudian berpadu pula dengan debur ombak pesisir selatan pulau Jawa dengan jernih. Kombinasi ini semakin sempurna karena pemandangan bawah laut dan biota laut di Pantai Nglambor juga sangat menarik untuk dinikmati dengan snorkeling.

Tidak perlu khawatir dengan perlengkapan snorkeling jika kamu mengunjungi pantai ini.

Ada banyak tempat penyewaan alat snorkeling yang bisa kamu temui di sekitar pantai. Bahkan untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung pasca pandemi Covid-19, operator snorkeling pantai Nglambor juga telah mempersiakan peralatan tambahan yang mencukupi.

BACA JUGA:

Snorkeling

Nah, itu adalah 8 spot snorkeling di Indonesia yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi waktu liburan bersama sahabat atau keluarga tercinta. Kira-kira setelah melihat beberapa profil destinasi snorkeling di atas, kamu sendiri mau pilih yang mana?

Apa pun pilihan spot snorkeling yang Sobat Akasaka ingin tuju, yang penting tetap gunakan sandal gunung dari Akasaka Outdoor, ya.

Dengan kekuatan dan spesifikasinya, sandal outdoor Akasaka akan tetap tangguh menemani petualanganmu meskipun kerap kamu bawa berpijak di air laut yang mengandung kadar garam tinggi.

Jadi, selamat ber-snorkeling ria, ya, Sobat Akasaka!

BUKTIKAN KETANGGUHAN PRODUK AKASAKA SEKARANG

 

Baca Ini Juga Yuk!

TERNYATA INI PERBEDAAN JAKET PARKA DAN JAKET GUNUNG BIASA
TERNYATA INI PERBEDAAN JAKET PARKA DAN JAKET GUNUNG BIASA
Dalam petualangan seperti mendaki gunung, camping, hiking atau pun memancing, kamu pasti sering melihat jaket parka, bukan? Pemahaman yang awam menganggap bahwa antara parka dan jaket adalah sesuat...
Read More
BEGINI CARA MEMILIH SLEEPING BAG TERBAIK UNTUK TIDUR NYAMAN DI ATAS GUNUNG
BEGINI CARA MEMILIH SLEEPING BAG TERBAIK UNTUK TIDUR NYAMAN DI ATAS GUNUNG
Tidur nyaman di atas gunung memang agak sulit diperoleh karena pengaruh ketinggian. Namun dengan mengerti cara memilih sleeping bag terbaik, paling tidak istirahat nyaman di atas gunung bisa kamu d...
Read More
BEGINI CARA MEMILIH KOMPOR GUNUNG TERBAIK UNTUK MENEMANI PETUALANGANMU
BEGINI CARA MEMILIH KOMPOR GUNUNG TERBAIK UNTUK MENEMANI PETUALANGANMU
Jika kamu adalah tipe petualang yang suka merebus mie instan pada malam hari dan menyeduh tes atau kopi panas di pagi harinya, maka kamu membutuhkan kompor gunung. Kompor outdoor atau kompor gunung...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published