INI 8 SPOT FOTO PEMANDANGAN GUNUNG MERBABU YANG TIDAK BOLEH KAMU LEWATKAN

foto pemandangan gunung Merbabu

Kamu tentunya sudah sering melihat foto pemandangan gunung Merbabu yang banyak berterbaran di internet. Tapi, apakah kamu pernah mendaki gunung yang sangat indah itu dan melihat pemandangan yang disuguhkannya secara langsung?

Sebagian besar pendaki gunung di Indonesia, terutama yang bertempat tinggal di pulau Jawa, sudah pernah menikmati panorama keindahan gunung Merbabu secara langsung. Bahkan, beberapa di antara mereka ada yang pernah mendaki gunung ini hingga berkali-kali saking antusiasnya untuk menikmati keindahan panoramanya.

Nah, untuk kamu yang mungkin belum berkesempatan mendaki gunung Merbabu secara langsung, berikut beberapa spot foto Merbabu yang dapat menjadi reprensentasi keindahan Merbabu dari sudut-sudut yang selama ini mungkin saja belum pernah kamu lihat. Jika suatu saat kamu mendaki gunung Merbabu, spot-spot ini dapat kamu tandai secara khusus sebagai tempat mengambil gambar yang paling indah.

Nah, dimana sajakah spot di gunung Merbabu yang sangat ideal untuk menunjukkan keindahan dan eskotismenya?

Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Delapan Spot Foto Pemandangan Gunung Merbabu yang Tidak Boleh Kamu Abaikan Ketika Mendakinya

foto pemandangan gunung Merbabu

Secara administratif, letak gunung Merbabu ada didalam wilayah Kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Pintu masuk pendakian menuju ke puncak gunung ini pun ada cukup banyak. Bahkan saking banyaknya, Merbabu juga sempat dikenal dengan julukan Gunung Seribu Jalur lantaran jumlah jalan menuju puncaknya yang demikian banyak.

Dengan ketinggiannya yang mencapai 3.145 Mdpl, tentu saja gunung Merbabu termasuk gunung populer di Indonesia dengan ketinggian di atas 3000 meter. Popularitas Merbabu ini didukung pula oleh keindahan pemandangan yang dimilikinya, Kamu juga pasti setuju, kan jika ada yang mengatakan bahwa Merbabu adalah salah satu gunung dengan keindahan yang sangat luar biasa di Indonesia?

Di setiap jalur pendakian menuju puncak Merbabu, umumnya terdapat spot-spot istimewa yang menjadi trade mark atau ciri khas jalur tersebut. Dan menjadi lebih menarik lagi kemudian, ketika semua jalur dari semua sisi gunung yang ada, masing-masing menawarkan spot istimewa untuk memnbuatmu betah berlama-lama.

Lalu, di antara demikian banyak jalur pendakian gunung Merbabu tersebut, spot mana saja, sih yang bisa dianggap paling istimewa?

Nah, berikut ini daftarnya versi Akasaka Outdoor Indonesia.

BACA JUGA:

Puncak Kendi Kencono di Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Grenden

foto pemandangan gunung Merbabu

Sabana gunung Merbabu terkenal sebagai salah satu sabana gunung yang paling indah dan paling cantik di pulau Jawa. Nah, yang juga menarik kemudian adalah; bahwa hampir keseluruhan wilayah puncak Merbabu memiliki ekosistem sabana yang luas. Kamu boleh mendaki dari sisi mana saja, namun menjelang puncak, sabana akan selalu menyambutmu dengan cara yang istimewa.

Jika kamu mendaki gunung Merbabu melalui jalur pendakian Desa Grenden, kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, sebelum memasuki sabana yang luas, kamu akan bertemu dengan sebuah puncak yang bernama Puncak Kendi Kencono. Dan puncak Kendi Kencono ini, adalah salah satu spot paling istimewa di gunung Merbabu yang bisa kamu jadikan tempat berfoto.

Sabana Menuju Punggungan Suwanting melalui Jalur Grenden

foto pemandangan gunung Merbabu

Spot selanjutnya yang juga sangat indah di gunung Merbabu adalah foto sabana yang sangat luas dan berbukit-bukit, terbentang dari puncak Kendi Kencono hingga menjelang punggungan Suwanting.

Sabana yang luas ini akan sangat indah jika pun menikmatinya pada pagi atau pun sore hari. Dengan gemerlap cahaya sang Surya yang mulai memudar, berada di tempat ini akan membuat jiwamu seolah dibuai dalam kedamaian yang menghanyutkan.

Kamu bisa membayangkan sendiri betapa indah tempat ini, kan?

Camp Ground Watu Tulis di Rute Pendakian Via Selo

foto pemandangan gunung Merbabu

Salah satu rute pendakian gunung Merbabu yang paling terkenal adalah rute pendakian melalui dusun Genting, Kecamatan Selo di Kabupaten Boyolali. Rute ini memiliki lintasan yang cukup panjang dibandingkan rute pendakian gunung Merbabu yang lainnya. Akan tetapi dari sisi panorama dan pemandangan yang dimilikinya, rasanya rute pendakian Selo memang memiliki cukup banyak keistimewaan.

Nah, di jalur pendakian via Selo ini ada yang namanya Camp Ground Watu Tulis yang kapasitas tampungnya bahkan bisa untuk seratus tenda ukuran sedang. Tetapi yang paling menarik dari Camp Watu Tulis adalah dari tempat ini kamu dapat menyaksikan gagahnya gunung yang dekat dengan gunung Merbabu secara langsung, yakni gunung Merapi.

foto pemandangan gunung Merbabu

Ketika kamu berada di Camp Ground Watu Tulis pada saat sunrise atau pun sunset, kamu akan dihadapkan dengan gagahnya siluet gunung Merapi yang luar biasa indah. Garis cakrawala yang memerah dengan larik-larik daratan tanah Jawa Tengah, akan memberikan kamu kesan mendaki gunung yang tidak akan pernah terlupakan.

Sabana Satu di Rute Pendakian Merbabu via Selo

foto pemandangan gunung Merbabu

Jika kamu meneruskan pendakian kembali dari Camp Ground Watu Tulis, maka sekitar 45 menit sampai satu jam kemudian kamu akan disambut oleh salah satu spot terbaik selanjutnya yang dimiliki oleh gunung Merbabu. Spot ini adalah Sabana Satu dan menjadi salah satu spot favorit bagi para pendaki gunung Merbabu untuk membangun tenda mereka.

Di Sabana gunung Merbabu yang pertama dari jalur pendakian via Selo ini, kamu dapat menyaksikan pemandangan yang jauh lebih luas daripada di Camp Ground Watu Tulis. Meskipun kamu belum bisa menikmati view gunung Merbabu secara 360˚ layaknya di puncak, namun tempat ini juga tidak akan membuat kamu kecewa dengan keindahan pemandangan yang dimilikinya.

fotom pemandangan gunung Merbabu

Lekuk-lekuk perbukitan yang indah dengan rumpun-rumpun cantigi yang berkelompok akan memberimu rasa kagum yang semakin tinggi. Jika kamu menemukan suasana yang tepat dan saat yang tepat pula ketika mengunjunginya, kamu sudah pasti akan terpesona dengan keindahannya.

Areal Camp Ground Sabana Dua di Jalur Pendakian Merbabu via Selo

foto pemandangan gunung Merbabu

Dari Sabana Satu jarak yang dibutuhkan untuk mencapai Sabana Dua tidak terlampau jauh. Kamu hanya perlu mendaki sedikit lagi untuk kemudian disambut sebuah tempat yang tidak kalah indah dan memukau.

Di Sabana Dua gunung Merbabu, kamu akan menjumpai sebuah lembah seukuran lapangan sepak bola yang menjadi camp ground terakhir bagi para pendaki gunung Merbabu yang memilih jalur pendakian Selo. Tempat ini dikelilingi oleh dinding bukit-bukit kecil yang indah. Jadi selain sangat ideal untuk tempat mendirikan tenda, areal Camp Ground Sabana Dua juga memiliki tembok alami yang menjagamu dari tajamnya angin pegunungan.

foto pemandangan gunung Merbabu

Nah, keunggulan tempat ini bukan hanya pada camp ground yang terlindungi angin saja, lho. Jika kamu mendaki bukit-bukit kecil yang mengelilingi tempat ini, kamu juga akan disuguhi panorama pemandangan yang sangat luar biasa indahnya. Golden moment-nya juga adalah pada saat sunset atau sunrise dimana kamu dapat menyaksikan garis horizon sang surya dalam bayang-bayang cakrawala gunung yang perkasa.

Kamu pasti bisa membayangkan bagaimana indahnya tempat itu, kan?

Jembatan Setan di Jalur Pendakian Merbabu via Wekas atau Thekelan

foto pemandangan gunung Merbabu

Jika kamu memilih untuk mendaki gunung Merbabu melalui jalur pendakian Wekas atau pun jalur pendakian Thekelan di Kopeng, Salatiga, maka salah salah satu spot yang istimewa adalah Jembatan Setan. Meskipun namanya terdengar cukup seram, tapi tempat ini pada saat yang sempurna akan menyuguhkan pemandangan yang sangat luar biasa, lho.

Dibandingkan keseluruhan rute pendakian gunung Merbabu dari sisi mana pun, rute menuju puncak Merbabu dari jalur Wekas dan Thekelan adalah yang paling menantang. Dan Jembatan Setan yang ada pada rute ini adalah yang paling sering dianggap sebagai spot paling berbahayanya.

foto pemandangan gunung Merbabu

Untuk melewati Jembatan Setan, kamu harus melakukan traversing merayapi batu-batu yang cukup terjal. Ini semakin berisiko karena ada jurang yang cukup curam persis di bawah medan traversing yang harus kamu lewati tersebut.

Tapi kamu nggak perlu terlalu khawatir, kok, karena di tempat ini sekarang, sudah terpasang sebuah tali yang akan membantu kamu melewati bagian yang paling berbahaya ini dengan aman.

Puncak Helipad di Jalur Pendakian Merbabu via Kopeng

foto pemandangan gunung Merbabu

Masih dari rute pendakian Thekelan atau Kopeng, kamu juga dapat menemukan sebuah tempat bernama Puncak Helipad. Tempat ini jika disejajarkan dengan Puncak Kendi Kencono pada jalur pendakian gunung Merbabu via Grenden, memiliki bentuk dan ketinggian yang hampir sama.

Puncak Helipad adalah salah satu spot istimewa yang bisa kamu abadikan dalam bidikan lensa kamera saat mengunjunginya. Di tempat ini berdiri sebuah tower atau menara yang merupakan tempat latihan fisik bagi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia.

foto pemandangan gunung Merbabu

Dengan background puncak Merbabu yang perkasa dan sabana yang sangat luas menghampar, Puncak Helipad adalah salah spot istimewa dalam pendakian di gunung Merbabu yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja.

Puncak-Puncak Gunung Merbabu

foto pemandangan gunung Merbabu

Oya, kamu sudah tahu, kan, jika puncak Merbabu tidak hanya satu?

Secara ketinggian, puncak Kenteng Songo memang adalah titik tertinggi di gunung Merbabu dengan elevasinya yang mencapai 3.145 Mdpl. Akan tetapi selain puncak Kenteng Songo yang terkenal itu, ada juga puncak-puncak lain yang tidak kalah indah untuk kamu nikmati.

foto pemandangan gunung Merbabu

Beberapa puncak yang cukup populer di gunung Merbabu selain puncak Kenteng Songo misalnya adalah; Puncak Kenteng Syarif, Puncak Triangulasi, Puncak Ondorante, Puncak Gegersapi, dan  lain sebagainya. Nah, dari setiap puncak ini kamu dapat menyaksikan pemandangan alam yang istimewa dan memiliki keunikannya sendiri-sendiri.

Jika kamu berkesempatan mendaki gunung Merbabu, jangan lupa pula untuk menikmati beberapa puncak yang indah itu, ya.

BACA JUGA:

Oya, Sobat Akasaka, dikarenakan hingga hari ini status gunung Merbabu masih ditutup sebagai bagian dari upaya pencegahan penularan virus Covid-19, maka tentunya kamu harus bersabar dulu untuk mendakinya. Sebagai pendaki gunung yang baik dan taat aturan, bersabar dan menunggu saat yang paling tepat tentu saja adalah langkah yang paling bijaksana.

Nah, sembari menunggu status gunung Merbabu kembali dibuka dan kamu sudah diperkenankan mendaki hingga ke puncaknya, yuk, cek beberapa koleksi terbaru dari Akasaka Outdoor yang akan membuat perjalanan pendakian dan lifestyle adventure-mu semakin istimewa. Dari koleksi sandal gunung paling tangguh di Indonesia, hingga carrier yang bergaransi satu tahun penuh, semuanya bisa kamu dapatkan di www.akasakaoutdoor.co.id.

Dengan berbagai produk-produk paling oke dari Akasaka Outdoor, perjalananmu nantinya untuk berburu foto pemandangan gunung Merbabu akan semakin sempurna.

Jadi, langsung cek koleksi terbaru dari Akasaka Outdoor melalui link di bawah ini, ya!

KLIK DISINI UNTUK MENDAPATKAN BERBAGAI KOLEKSI OUTDOOR GEAR PALING ISTIMEWA UNTUK MENEMANIMU BERBURU FOTO PEMANDANGAN GUNUNG MERBABU

 

Leave a comment

All comments are moderated before being published