INI 8 HUTAN TERLUAS DI DUNIA, TIGA DIANTARANYA ADA DI ASIA TENGGARA

hutan terluas di dunia

Hutan terluas di dunia tidak hanya kaya akan pepohonan dan berbagai spesies binatang yang tinggal di dalamnya. Akan tetapi pada hakikatnya, hutan dan rimba juga merupakan mesin alami yang memproduksi oksigen untuk kehidupan manusia. Tanpa adanya pepohonan dan hutan, sulit untuk membayangkan bagaimana manusia dan mahluk hidup dapat bernapas dengan leluasa.

Nah, ada cukup banyak hutan dengan predikat paling besar dan paling luas di dunia. Hutan-hutan ini membentang ratusan ribu kilometer dan menjadi habibat bagi banyak mahluk hidup. Menariknya ternyata, di sekitar wilayah Indonesia dan Asia Tenggara sendiri ada beberapa hutan yang masuk dalam kategori terluas di dunia.

Lalu, apa sajakah hutan di Asia Tenggara dengan kategori terluas di dunia tersebut? Dan apa saja pula 8 hutan di dunia yang klaim paling besar dan paling banyak menyumbang oksigen untuk kehidupan manusia?

Yuk, baca ulasan lengkapnya berikut ini.

Daftar 8 Hutan Terluas di Dunia yang Paling Banyak Menyumbang Oksigen untuk Kehidupan Manusia

hutan terluas di dunia

Dalam top list 5 negara yang memiliki hutan terluas di dunia, nama Indonesia pasti selalu ada dengan keberadaan hutan di pulau Kalimatan, hutan di pulau Sumatera dan juga di pulau Irian Jaya. Akan tetapi tahukah kamu jika untuk kawasan Asia Tenggara sendiri bukan hanya Indonesia yang memiliki kekayaan hutan dengan luas yang melimpah?

Nah, berikut ini adalah 8 daftar hutan dengan rangking paling luas di dunia. Kamu bisa melihat dan menemukan sendiri dalam daftar ini bahwa setidaknya ada 3 hutan di dunia yang ternyata berada di sekitar wilayah Indonesia dan Asia Tenggara.

BACA JUGA:

Hutan Primorya di Tenggara Rusia

hutan terluas di dunia

Posisi pertama negara yang mempunyai wilayah hutan terluas di dunia adalah Rusia dengan  Primorya Forest yang terletak di bagian tenggara. Hutan ini menjadi rumah bagi bermacam spesies binatang besar dunia seperti harimau Siberia, beruang dan juga macan tutul. Hal unik dari hutan Primorya juga adalah karena di tempat ini, ketiga binatang buas itu bisa hidup berdampingan.

Luas hutan Primorya sendiri sekitar 18,2 juta kali lapangan sepakbola atau 130.000 kilometer persegi. Hutan ini juga menjadi tempat bagi tumbuhnya banyak pohon-pohon paling besar di dunia yang menyumbang oksigen untuk kehidupan manusia.

Hutan Hujan Tropis Burma di Myanmar

hutan terluas di dunia

Selanjutnya hutan terluas di dunia adalah hutan hujan tropis Burma yang terletak di Myanmar. Nah, dari lokasinya ini, kamu pasti tahu  bahwa ini adalah hutan terluas pertama yang ada di kawasan Asia Tenggara.

Seperti halnya hutan di Indonesia, hutan Burma juga merupakan hutan hujan tropis yang sangat terpengaruh dengan lokasinya yang bedekatan dengan garis khatulistiwa. Luas hutan hujan tropis Burma ini adalah 233.000 kilometer persegi dan menjadi salah satu rumah bagi banyak satwa eksotis seperti harimau benggala, gajah dan juga owa.

Hutan Hujan Valadewa di Chili dan Argentina

hutan terluas di dunia

Terletak di Amerika Selatan, tepatnya di dua negara bertetangga; Chili dan Argentina, Hutan Hujan Valadewa menjadi hutan terluas selanjutnya yang ada di dunia. Luas hutan ini membentang sekitar 248.000 kilometer persegi dan kaya akan keanekaragaman hayati.

Hutan Hujan Valdivian atau Valadewa merupakan rumah yang nyaman bagi banyak spesies hewan terkecil yang ada  di dunia. Beberapa hewan yang cukup populer misalnya adalah; rusa terkecil, kucing liar terkecil, Kodkod dan masih banyak lagi. Oya, kamu bisa membayangkan bagaimana eksotisnya spesies hewan terkecil namun hidup di salah satu hutan terluas di dunia?

Tentu menarik sekali, bukan?

Hutan Hujan Tropis Kalimantan di Indonesia dan Malaysia

hutan terluas di dunia

Jika kamu menyebut nama hutan terluas di Indonesia, tentu saja hutan hujan Kalimantan ini akan ada di urutan pertama. Saat ini, hutan Borneo yang membentang di dua negara, Indonesia dan Malaysia, memiliki luas wilayah sekitar 290.000 kilometer persegi.

Secara keanekaragaman hayati dan satwa yang mendiaminya, hutan hujan Kalimantan memiliki beberapa persamaan dengan hutan terluas di pulau Jawa atau pulau lainnya di Indonesia. Akan tetapi, beberapa satwa endemik yang cukup populer dan hanya ada di hutan Kalimantan adalah orang utan yang menjadi salah satu satwa paling eksotis di dunia.

Hal yang membuat prihatin adalah arus deforestasi yang juga kian membuat hutan Kalimantan semakin menyempit. Perambahan hutan untuk lahan kelapa sawit, untuk aktivitas pertambangan batu bara terbuka, atau untuk hal lainnya secara signifikan telah mengurangi luas dan fungsi utama dari hutan terluas di Indonesia ini.

Hutan Hujan Tropis Papua dan Papua Nugini

hutan terluas di dunia

Selain hutan Burma dan hutan Borneo, maka hutan hujan di Papua dan Papua Nugini inilah yang menjadi 3 hutan terluas di dunia yang terletak di sebagian besar wilayah Asia Tenggara. Dengan luasnya yang mencapai 545.000 kilometer persegi, hutan Papua dan Papua Nugini lebih dari sekedar istimewa untuk menjadi salah satu paru-paru dunia.

Ada banyak sekali hal yang membuat hutan Papua sangat istimewa di mata dunia. Beberapa keistimewaan tersebut misalnya adalah;

  • Ada lebih dari 1000 masyarakat adat menjadikan wilayah hutan ini sebagai rumah mereka.
  • 5 – 8% spesies yang ada di bumi, ada di hutan Papua dan Papua Nugini.
  • Sebagian besar wilayahnya hingga saat ini belum dijelajahi sehingga menjadi medan yang sangat tepat bagi para peneliti dan ilmuwan.

Hutan Hujan Tropis di Kongo

hutan terluas di dunia

Luas hutan hujan tropis di Kongo ini adalah 1.780.000 meter persegi dan menjadi hutan ke-3 terluas di dunia. Menjadi lebih menarik lagi bahwa hutan hujan Kongo juga menjadi rumah bagi banyak hewan besar seperti kuda nil, gorila dan juga gajah Afrika. Selain itu, beberapa populasi masyarakat adat juga masih mendiami wilayah hutan yang luas ini.

Meskipun termasuk sebagai salah satu negara pemilik 5 hutan terluas di dunia yang cukup sedikit terkena imbas deforestasi, namun Kongo memiliki ancaman lain yang cukup serius. Ancaman ini adalah kandungan kekayaan alam mereka yang diketahui sangat besar yang pada suatu ketika jika tanpa komitmen yang kuat, akan membuat hutan mereka menjadi terancam eksistensinya.

Kamu masih ingat kan, bagaimana dunia dihebohkan dengan penemuan gunung penuh emas di gunung Kongo baru-baru ini?

Hutan Amazon di Amerika Selatan

hutan terluas di dunia

Amazon tidak bisa diperdebatkan, adalah hutan paling terkenal dan paling kaya di dunia. Luas hutan ini membentang 5.500.000 kilometer peresegi dan ada dalam 9 wilayah negara yakni; Brazilia, Bolivia, Kolombia, Ekuador, Guyana, Peru, Suriname, Venezuela dan juga Guyana Prancis. Dengan luas sebesar ini, satu dari sepuluh spesies yang ada di bumi ada di hutan Amazon.

Jika kamu diminta untuk tuliskan 5 negara dengan hutan terluas dunia, kamu tinggal menyebutkan nama Amazon karena alasan di atas. Akan tetapi sebenarnya, ada lebih banyak alasan lagi mengapa Amazon sangat istimewa sebagai hutan dunia. Ini adalah hutan dimana begitu banyak kekayaan alam dan spesies, bahkan diperkirakan sekitar 290 triliun pohon tumbuh dan menjadi penyumbang oksigen di Amazon.

Meskipun demikian, Amazon juga tidak lepas dari bahaya deforestasi, lho. Saat ini 20% wilayahnya telah berganti atau berubah fungsi karena aktivitas manusia. Oya, tahukah kamu perbandingan luas 20% fungsi hutan Amazon yang telah hilang itu?

Itu sama dengan luas hutan Primorya, hutan Burma dan hutan Valdivian (Valadewa) digabung menjadi satu.

Memprihatinkan sekali, bukan?

Hutan Taiga

hutan terluas di dunia

Total luas hutan Taiga adalah 10.256.000 kilometer persegi jika itu dihitung secara keseluruhan dalam 3 wilayahnya yang terpisah. Hutan Taiga adalah sebuah wilayah rimba belantara dengan dominasi hutan pinus yang membentang dari Kanada melewati Norwegia hingga ke Siberia.

Saat ini hutan Taiga umumnya dikenal dalam 3 wilayah yang terpisah yakni; Hutan Boreal Kanada dengan luas 4.200.000 kilometer persegi, hutan Taiga Siberia Timur dengan luas 3.900.000 kilometer persegi, dan wilayah terkecil hutan Taiga yakni 2.156.000 kilometer persegi.

Dengan luas yang telah terpisah ini, hutan Taiga menduduki lebih dari 5 negara hutan terluas di dunia. Beberapa negara besar yang memiliki hutan Taiga adalah; Rusia, Amerika Serikat, Kanada, Skotlandia, Finlandia, Islandia, Swedia, Norwegia, Mongolia dan juga Jepang.

Dikarekan suhunya yang tidak begitu ramah bagi mahluk hidup, hanya sebagian kecil spesies yang menjadikan hutan Taiga sebagai rumah mereka. Akan tetapi dilihat dari kemampuan hutan ini menyerap karbon dioksida dari atmosfer, hutan taiga bahkan dianggap lebih efektif daripada hutan tropis.

BACA JUGA:

hutan terluas di dunia

Sobat Akasaka, itu adalah 8 hutan terluas di dunia yang begitu besar manfaatnya untuk kehidupan manusia. Selain sebagai paru-paru dunia yang terus memproduksi oksigen dan memyerap karbon dioksida, hutan-hutan ini juga menjadi rumah bagi banyak satwa dan manusia. Oleh sebab itulah kemudian, melestarikan dan menjaganya adalah kewajiban yang sangat penting untuk dilakukan.

Oya, terkait dengan pelestarian hutan dan alam raya, Akasaka Outdoor memiliki banyak produk terbaru lho, yang dipersembahkan untuk bertualang di hutan. Desain kaos yang super keren hingga jas hujan yang sangat nyaman untuk menjelajah hutan basah, dapat kamu temukan semuanya di webstore Akasaka Outdoor.

Nah yang terakhir, jika kamu setuju dengan pentingnya pelestarian alam dan hutan rimba bagi kehidupan umat manusia, kamu bisa share tulisan ini di akun media sosial kamu masing-masing. Semoga dengan apa yang kamu lakukan, kesadaran akan pelestarian alam dan hutan di Indonesia dan dunia, semakin bisa ditingkatkan.

Jadi, silahkan dishare saja, ya!

KLIK DISINI DAN DAPATKAN BERBAGAI PRODUK TERBARU DARI AKASAKA OUTDOOR UNTUK MENEMANI PETUALANGANMU KE BERBAGAI HUTAN TERLUAS DI DUNIA

Leave a comment

All comments are moderated before being published