INI 7 PEGUNUNGAN DI PULAU SUMATERA DENGAN KEINDAHAN YANG LUAR BIASA

Pegunungan di Pulau Sumatera

Bukit Barisan adalah raksasa pegunungan di Pulau Sumatera dan menjadi fokus utama segala jenis aktivitas petualangan di pulau Andalas. Di atas Bukit Barisan, berdiri puluhan gunung-gunung spektakuler yang memiliki beragam ciri khas untuk dijelajahi dan didaki. Dari ujung Aceh hingga Lampung, semuanya menawarkan eksotisme alam Sumatera yang tidak ada duanya.

Lantas, apa sajakah kira-kira gunung dengan eksotisme keindahan paling memukau di pulau Sumatera?

Yuk, simak ulasannya berikut ini versi Akasaka Journal.

7 Pegunungan di Pulau Sumatera yang Memiliki Keindahan Alam Mempesona

Pegunungan di Pulau Sumatera

Secara umum pegunungan di  Sumatera adalah pegunungan yang menyatu dalam satu garis pegunungan panjang yang disebut dengan Bukit Barisan. Pegunugan Bukit Barisan sendiri membujur sepanjang 1.650 kilometer dari ujung barat dan selatan propinsi Lampung, hingga ujung utara propinsi Nangroe Aceh Darussalam atau NAD.

Dalam rangkaian pegunungan yang panjang ini, tidak kurang dari 40 puncak gunung berdiri di atasnya dengan berbagai macam pesona dan karakteristik. Puncak tertingginya sendiri terdapat di gunung Kerinci yang menjulang setinggi 3.805 meter dan menjadi gunung tertinggi di pulau Sumatera dan tertinggi pula di Indonesia sebagai gunung berapi.

BACA JUGA:

Bukit di Sumatera yang dikenal dengan Bukit Barisan ini juga menjadi rumah bagi salah satu satwa langkah paling eksotis dan paling pemarah di dunia yakni harimau Sumatera. Wilayah-wilayah hutan seperti Taman Nasional Kerinci Seblat, Taman Nasional Bukit Dua Belas, atau pun Taman Nasional Gunung Leuser yang notabene juga bagian dari Bukit Barisan, adalah beberapa spot dimana satwa langka ini masih dapat ditemukan keberadaannya.

Selain macan sumatera, daya tarik gunung-gunung pulau Sumatera ini justru terletak pada panorama alam dan keindahannya sendiri. Hampir semua gunung menawarkan pesona yang tak terkalahkan untuk dinikmati oleh setiap pendaki yang mengunjunginya.

Namun memang, di antara 40-an gunung yang indah itu, setidaknya ada 7 gunung yang dianggap paling menarik dibandingkan yang lainnya.

Berikut adalah daftar ke-7 gunung tersebut.

Gunung Kaba

Pegunungan di Pulau Sumatera

Berdiri di atas sebuah lembah di Sumatera yang subur dan Indah, gunung Kaba adalah gunung pertama yang bisa kamu kunjungi. Gunung ini terletak di kabupaten Rejang Lebong, propinsi Bengkulu dan menjadi salah satu gunung yang paling banyak didatangi dikarenakan keindahan serta aksesnya yang mudah.

Gunung Kaba memiliki ketinggian 1.952 meter. Tidak begitu tinggi memang, namun keindahannya sangat memikat banyak orang untuk mendakinya.

Sebagai salah satu gunung berapi aktif dalam rantai pegunungan Bukit Barisan di pulau Sumatera, gunung Kaba juga pernah mengalami beberapa kali letusan. Erupsi terakhir yang tercatat cukup signifikan terjadi pada tahun 2000. Namun, secara umum dapat disimpulkan bahwa gunung Kaba adalah gunung yang sangat aman untuk dijadikan tujuan pendakian.

Di samping dapat menikmati panorama alam pulau Sumatera yang mempesona, di atas puncak gunung ini kamu juga disuguhi sebuah tangga dengan jumlah undakan sekitar 300 buah. Tangga ini dibuat sebagai akses untuk mendaki hingga ke bibir kawah.

Gunung Dempo

Pegunungan di Pulau Sumatera

Berjarak tidak begitu jauh dari tempat gunung Kaba berada, berdiri pula gunung lain yang tak kalah indah. Gunung ini adalah gunung Dempo, gunung yang berdiri di atas wilayah administratif propinsi Sumatera Selatan dan menjadi salah satu puncak gunung tertinggi di pulau Sumatera.

Selain memiliki sungai di Sumatera yang besar dan populer, Sumatera Selatan atau Palembang juga memiliki gunung Dempo yang membuat propinsi ini terasa demikian istimewa. Dengan ketinggian 3.173 meter dari permukaan laut, gunung Dempo menjadi puncak tertinggi di propinsi Sumatera Selatan dan juga propinsi Bengkulu.

Lokasi berdirinya gunung Dempo juga adalah salah satu wilayah istimewa di Sumatera Selatan. Kota Pagaralam yang terkenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi terbaik di dunia, menjadi lembah indah yang membuat pesona gunung Dempo semakin memukau.

Sebagai gunung di Sumatera Selatan yang tertinggi, kunjungan para pendaki ke gunung ini cukup tinggi setiap tahunnya.

Gunung Toba

Pegunungan di Pulau Sumatera

Jika menyebut nama gunung yang berada di provinsi Sumatera Utara, kamu mungkin akan lebih banyak menyebut nama gunung Sinabung, gunung Sibayak, dan yang lainnya, kan?

Namun, tahukah kamu bahwa gunung terbesar di propinsi ini bukanlah gunung-gunung tersebut melainkan sebuah gunung bernama Gunung Toba?

Berdasarnya data-data ilmiah yang ditemukan, dapat disimpulkan bahwa gunung Toba adalah gunung terbesar di propinsi Sumatera Utara, bahkan bisa juga di seluruh pulau Sumatera.

Diperkirakan bahwa Gunung Toba adalah gunung besar yang kemudian mengalami letusan mahadahsyat pada kisaran 74.000 tahun yang lalu. Letusan ini kemudian menciptakan sebuah kawah yang sangat besar yang kemudian terisi air. Nah, kawah inilah yang kemudian dikenal dengan nama Danau Toba saat ini.

Lalu, apa bukti yang lebih spesifik untuk mengatakan bahwa Gunung Toba sebagai gunung yang mungkin saja terbesar di Sumatera?

Ada sebuah penemuan di Teluk Benggala, India Tengah dan Samudra Hinda, yang menunjukkan batuan dari Toba pernah terlempar hingga ke sana. Hal inilah kemudian yang memberikan para ahli kesimpulan bahwa gunung Toba mengubah dirinya menjadi danau dalam sebuah peristiwa letusan yang super dahsyat.

Gunung Kerinci

Pegunungan di Pulau Sumatera

Gunung Kerinci ini adalah gunung tertinggi di pulau Sumatera sekaligus juga menjadi gunung api tertinggi di Indonesia. Ketinggian gunung Kerinci adalah 3.805 meter dan menjadi salah satu tujuan sirkuit Seven Summit Indonesia yang populer.

Gunung Kerinci berdiri di atas propinsi Sumatera Barat, propinsi Bengkulu dan propinsi Jambi. Berdasarkan teritorialnya, gunung Kerinci berada dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat atau TNKS. Kamu pasti pernah mendengar kan, bahwa di taman nasional ini masih menjadi habitat dan daerah jelajah harimau Sumatera yang terkenal agresif.

Pesona gunung Kerinci cukup banyak dan tidak hanya pada ketinggiannya saja. Bahkan di kaki gunung ini, kamu akan menjumpai hamparan perkebunan Teh Kerinci yang didaulat sebagai penghasil teh dengan kualitas terbaik di dunia.

Jadi, memang keren banget, kan.

Gunung Marapi

Pegunungan di Pulau Sumatera

Rumah Gadang, masakan rendang yang super lezat, Ngarai Sianok dan kain tenun Pandai Sikek, adalah beberapa hal populer yang bisa kamu temukan eksistensinya di propinsi Sumatera Barat. Hal istimewa lain dari propinsi ini juga bisa kamu temukan adalah gunung dan bukit di Sumatera dengan nama dan keindahannya yang tiada tara.

Di propinsi Sumatera Barat sendiri terdapat cukup banyak gunung, misalnya gunung Singgalang, gunung Marapi, gunung Talang, gunung Tandikek, dan masih banyak lagi.

Di antara banyak gunung yang indah itu, gunung Marapi mungkin adalah yang layak untuk kamu datangi jika berlibur ke Sumatera Barat. Gunung ini memiliki panorama alam yang super indah, lengkap dengan areal persawahan dan beberapa telaga kecil di atasnya.

Gunung Ranau

Pegunungan di Pulau Sumatera

Seperti halnya danau Toba yang terbentuk dari letusan dahsyat gunung Toba 74 ribu tahun yang lalu, maka danau Ranau yang terletak di antara propinsi Lampung dan propinsi Sumatera Selatan ini juga berasal dari peristiwa yang sama.

Danau Ranau adalah danau terbesar kedua di Sumatera setelah danau Toba. Luas danau ini adalah 125 kilometer persegi dan merupakan danau vulkanik yang cukup dalam. Kedalaman maksimum dari danau ini adalah 229 meter atau nyaris menacapai seperempat kilometer.

Menariknya, di tengah danau Ranau juga terdapat pulau yang indah dan menjadi pusat wisata kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

Sekali lagi, sama seperti pulau Samosir yang ada di tengah danau Toba dan menjadi destinasi andalah wisata Sumatera Utara, bukan?

Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung

Pegunungan di Pulau Sumatera

Nah, gunung terakhir di pulau Sumatera dengan pesona keindahan yang tidak kalah istimewa adalah gunung Sibayak dan gunung Sinabung, keduanya berada di propinsi Sumatera Utara.

Seperti halnya gunung Sibayak, gunung Sinabung merupakan gunung favorit pendakian sebelum ia aktif dan mengalami erupsi berkepanjangan hingga sekarang. View bumi Sumatera dari kedua gunung ini sangat memukau untuk dinikmati setiap pendaki yang mengunjuginya.

Ketinggian gunung Sibayak adalah 2.212 meter, sementara ketinggian gunung Sinabung adalah 2.460 meter. Akan tetapi pasca letusan gunung Sinabung yang masih menunjukkan intesivitas tinggi hingga saat ini, belum diketahui berapa ketinggian sesungguhnya dari gunung ini.

BACA JUGA:

 

Pegunungan di Pulau Sumatera

Sobat Akasaka, itu adalah 7 pegunungan di pulau Sumatera dengan destinasi keindahan alamnya yang bisa kamu nikmati. Sebagai salah satu pulau dengan nuansa Melayu yang kental, Sumatera adalah pulau eksotis untuk tujuan bertualang dan menjelajah.

Nah, supaya petualangan kamu di Bukit Barisan Sumatera dan berbagai tempat lainnya tetap aman dan nyaman, yuk, gunakan selalu outfit dari Akasaka Outdoor, ya.

Sandal gunung dengan garansi satu tahun, t-shirt yang ultra soft dan berbagai headwear yang oke punya, sudah pasti akan membuat penampilan kamu semakin istimewa di mana saja berada.

DAPATKAN PRODUK TERBAIK AKASAKA OUDTOOR SEKARANG

Baca Ini Juga Yuk!

TERNYATA INI 5 FAKTA PENYEBAB TEWASNYA 3 PENDAKI GUNUNG BAWAKARAENG
TERNYATA INI 5 FAKTA PENYEBAB TEWASNYA 3 PENDAKI GUNUNG BAWAKARAENG
Rundung kabar duka kembali menyelimuti dunia pendakian gunung tanah air. Tiga hari yang lalu, bersamaan dengan perayaan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2021, tiga orang...
Read More
AMAZING! INI 11 PUNCAK PEGUNUNGAN ANDES YANG PALING TERKENAL DI DUNIA
AMAZING! INI 11 PUNCAK PEGUNUNGAN ANDES YANG PALING TERKENAL DI DUNIA
Dengan reputasinya sebagai pegunungan terpanjang di dunia, Pegunungan Andes memang layak menjadi rumah bagi banyak puncak gunung yang paling menakjubkan. Kamu akan menemukan kombinasi ketinggian ya...
Read More
INI 7 HAL DI PEGUNUNGAN MERATUS YANG AKAN KAMU DAPAT SAAT MENDAKINYA
INI 7 HAL DI PEGUNUNGAN MERATUS YANG AKAN KAMU DAPAT SAAT MENDAKINYA
Pegunungan Meratus di pulau Kalimantan adalah salah satu pegunungan yang luar biasa. Di tempat ini, kamu dapat menemukan kombinasi hutan tropis yang kaya dengan segala sesuatu yang membuatnya menja...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published