INI 7 MISTERI GUNUNG HIMALAYA YANG PALING TERKENAL SEPANJANG MASA

misteri gunung Himalaya

Meskipun berbagai puncak di pegunungan Himalaya sudah berhasil didaki oleh manusia, namun misteri gunung Himalaya tetap saja tidak semuanya bisa dipecahkan. Beberapa misteri yang ada bahkan masih terus ada dan bertahan hingga sekarang. Mulai dari keberadaan Yeti sampai danau tulang belulang, Himalaya ternyata memang sebuah tempat yang penuh dengan misteri yang menyeramkan.

Keangkeran gunung Himalaya dan berbagai kisah misteri yang ada di dalamnya telah menyatu menjadi legenda yang melekat erat dalam masyarakat pegunungan Himalaya. Hingga sekarang, masih tetap ada masyarakat yang mengaku kerapkali bertemu dengan hantu-hantu dari Himalaya. Bahkan di sebuah desa bernama Bemni di ketinggian 2.743 meter, konon katanya ada salah penduduk Himalaya yang hidup bersama hantu. Serem banget, kan?

Nah, apa sajakah misteri di pegunungan Himalaya yang paling terkenal dan paling banyak menarik perhatian? Berikut ini Akasaka Journal telah merangkumnya untuk kamu semua. Yuk, dibaca sampai habis, ya.

Beberapa Misteri Gunung Himalaya yang Paling Terkenal di Dunia Hingga Sekarang

Di balik keindahan gunung Himalaya yang berbalut salju dan es dengan tingginya yang menjulang seolah merobek langit, Himalaya juga penuh dengan kisah misteri yang menakutkan. Akasaka Journal telah memilah 7 misteri di gunung Himalaya yang paling terkenal hingga sekarang untuk kamu ketahui.

Apa sajakah itu? Ini daftarnya.

BACA JUGA:

Keberadaan Yeti

misteri gunung Himalaya

Nah, misteri pertama dan paling populer dari pegunungan Himalaya adalah tentang keberadaan Yeti. Yeti sendiri adalah manusia salju penghuni pegunungan Himalaya yang ada di wilayah Nepal dan Tibet. Yeti digambarkan sebagai primata besar yang manakutkan, tubuhnya penuh bulu berwarna putih, memiliki taring yang panjang dan juga tenaga yang sangat kuat.

Sosok Yeti pada dasarnya memiliki gambaran yang tidak begitu jauh berbeda dengan misteri Bigfoot di Benua Amerika. Atau di Indonesia, Sobat Akasaka akan menemukan deskripsi yang juga mirip dengan legenda Urang Pendek dari hutan Bukit Barisan di propinsi Jambi. Hanya saja dari sisi ukuran, mitologi urang pendek tentu saja lebih kecil daripada Bigfoot atau pun Yeti.

Keberadaan Yeti tidak pernah terungkap hingga sekarang dan terus menjadi misteri dari keperkasaan gunung-gunung Himalaya. Meskipun seorang ahli bernama Daniel Taylor sempat menduga bahwa fosil dan jejak Yeti sebenarnya adalah milik beruang pohon hitam di lembah Baruntse, namun hingga saat ini masih banyak masyarakat yang percaya jika Yeti dan keangkerannya memang ada di Himalaya.

Danau Gurudongmar yang Anti-Beku

misteri gunung Himalaya

Misteri kedua dari gunung Himalaya adalah Danau Gurudongmar yang terletak di lembah gunung Kangchenjunga yang merupakan gunung tertinggi dunia yang ketiga setelah Everest dan K2. Danau Gurudongmar merupakan danau yang menjadi sumber air bagi sungai-sungai kecil yang ada di sekitarnya. Danau ini memiliki ketinggian 17.800 meter dari permukaan laut dan termasuk sebagai salah satu danau tertinggi di dunia.

Nah, apakah Sobat Akasaka tahu apa yang menjadi misteri dari Danau Gurudongmar?

Hal yang menjadi misteri bahkan hingga sekarang dari Danau Gurudongmar di pegunungan Himalaya gunung Kangchenjunga ini adalah bahwa ia tidak akan pernah membeku seluruhnya di musim terdingin sekali pun. Meskipun semua danau lain di wilayah ini membeku menjadi es, namun danau Gurudongmar tidak pernah membeku secara keseluruhan. Selalu ada bagian dari danau ini yang terus cair seperti dalam kondisi normal.

Mitos yang berkembang di Danau Gurudongmar adalah adanya orang suci yang memberkati danau ini dengan kesaktiannya. Dan kesaktiannya itulah kemudian yang membuat danau ini tidak pernah membeku secara keseluruhan hingga sekarang.

Istana Supranatural Siddhashram

misteri gunung Himalaya

Apakah kamu masih ingat bagaimana indahnya istana para peri dalam film The Lord of the Ring? Atau pulau super indah yang tidak terdeteksi radar dalam film Mysterious Island?

Nah, ternyata gunung himalaya terletak di benua Asia dengan menempati beberapa negara ini juga memiliki kisah yang sama. Dan menariknya lagi ini bukan sebuah kisah fiksi karena, banyak sekali orang yang mempercayainya. Siddhashram atau Gyanganj adalah sebuah tempat super indah yang dipercaya ada di pegunungan Himalaya yang paling sulit untuk dijangkau manusia.

Hanya orang-orang suci yang dapat menjangkau dan menemukan Siddhashram dalam perjalanan spiritual mereka. Tempat ini digambarkan sebagai tempat indah dengan kecantikan laksana surga. Untuk mengjangkau Siddhasharm, orang-orang terpilih dan suci tersebut harus terbang di atasnya dan masuk ke dimensi lain yang tak akan mampu dilihat oleh mata manusia biasa.

Mungkin ini terdengar mengada-ada, tapi jangan salah lho, Sobat Akasaka. Ternyata ada banyak banyak sikh dan orang-orang suci dalam kepercayaan masyarakat Nepal dan Tibet yang menghilang kemudian dipercaya telah tinggal di Siddhasharm ini.

Danau Tengkorak Roopkund

misteri gunung Himalaya

Terletak di atas ketinggian 16.500 kaki, Danau Roopkund adalah danau yang sangat mempesona. Keindahan gunung Himalaya dalam panorama danau membeku pada musim dingin akan membuat kamu luput dari mengamati bahwa tempat ini sesungguhnya sangat menyeramkan.

Jika musim dingin sudah berakhir dan air danau kembali mencair, atau ketika salju-salju dan es yang meliputi sekeliling danau sudah menghilang, maka kamu akan menemukan keadaan yang mengerikan. Di danau ini ada banyak sekali bermunculan kerangka manusia, potongan daging, perhiasan, rambut, pakaian kulit dan lain sebagainya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diketahui setidaknya ada 200 manusia terbunuh di tempat ini pada tahun 850 Masehi. Nah, hal yang kemudian tetap menjadi misteri dan tak terpecahkan adalah siapakah orang-orang yang terbunuh tersebut?

Kerangka dan tulang belulang yang lebih besar diketahui memiliki hubungan yang sama dari uji DNA. Sementara kerangka yang lebih kecil sama sekali tidak diketahui itu berasal dari mana dan mengapa bisa ikut ada di danau Roopkund. Dua fakta ini membuat misteri dan keangkeran danau Roopkund tetap terjaga hingga saat ini.

Gunung Kailash

misteri gunung Himalaya

Gunung Kailash telah menjadi rumah bagi banyak misteri paling tinggi di Himalaya. Gunung ini menjadi tempat paling suci dalam kepercayaan masyarakat Tibet, Hindu dan juga Jain. Di atas gunung ini, diyakini sebagai tempat bertahtanya dewa Siwa.  Sementara kepercayaan Jain menyebutkan jika Kailash adalah tiang langit yang menjadi jalan dewa tertinggi mereka untuk mencapai nirwana.

Hal yang unik dan misterius dari gunung Kailash adalah posisinya yang selalu berpindah-pindah. Sebelum pendakian ke puncaknya dilarang secara umum, gunung Kailash telah mendapat kunjungan beberapa ekspedisi pendaki gunung yang ingin mencapai puncaknya. Nah, tahukah Sobat Akasaka apa yang terjadi dengan para pendaki tersebut?

Para pendaki yang mencoba mendaki gunung Kailash itu mengatakan jika posisi gunung itu selalu berubah-ubah. Bahkan saat mereka mencapai punggung gunung, mereka juga kehilangan arah untuk mencapai puncaknya.

Hingga sekarang puncak sesungguhnya dari gunung Kailash tidak pernah diketahui dan ketinggian rincinya juga belum pernah diukur secara mendetail.

Sarang Harimau Paro Taktsang

misteri gunung Himalaya

Misteri di Himalaya tidak hanya terdapat pada peta gunung Himalaya dengan puncaknya yang memutih dan tertutup es atau salju saja. Namun di tebing-tebing yang lebih rendah, misteri dan hal-hal aneh pun banyak yang terjadi.

Nah, salah satu hal misterius yang sampai sekarang masih membingungkan adalah sebuah tempat yang dinamakan Paro Taktsang Tiger Nest, atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Sarang Harimu Paro Taktsang.

Menurut legenda yang beredar dalam masyarakat di pegunungan Himalaya, Sarang Harimau Paro Taktsang berasal dari tempat pertapaan Guru Padmasambhava yang membangun tempat itu pada kisaran tahun 1692 masehi. Saat itu, sang guru bertapa ke dinding dengan cara terbang dan di sana ia kemudian bertapa di atas punggung seekor harimau.

Untuk mencapai dinding Paro Taktsang Tiger Nest pada zaman modern ini juga dinilai sebagai sesuatu yang sulit. Dan misteri mengenai bagaimana Guru Padmasambhava membangun tempat ini masih menjadi tanda tanya hingga sekarang.

Gunung Gangkhar Puensum

misteri gunung Himalaya

Misteri terakhir dari pegunungan Himalaya yang dirangkum oleh Akasaka Journal adalah Gangkhar Puensum. Gangkhar Puensum sendiri adalah gunung tertinggi di dunia yang belum pernah dipuncaki manusia. Sampai sekarang, ketinggian pasti dari gunung Gangkhar Puensum sama sekali belum diketahui.

Beberapa ekspedisi pertama yang mencoba mendaki gunung Gangkhar Puensum tidak pernah menemukan gunung ini. Bahkan lokasi sebenarnya dari Gangkhar Puensum yang diklaim ada dalam  pegunungan Himalaya membatasi wilayah negara Tibet dan Nepal juga masih diperselisihkan. Berbagai faktor ini kemudian semakin mempertegas misteriusnya gunung Gangkhar Puensum.

Gunung ini sebenarnya pernah coba didaki pada tahun 1922 namun pengukuran yang dilakukan tidak pernah berhasil. Hingga saat ini belum ada pengukuran lain yang dilakukan karena pendakian ke puncak gunung ini juga telah dilarang untuk memghormati keyakinan masyarakat di Himalaya.

BACA JUGA:

misteri gunung Himalaya

Nah, itu adalah 7 misteri gunung Himalaya yang paling terkenal hingga saat ini. Dari Yeti, gunung Kailash, kawah gunung Himalaya dimana rumah bagi Danau Tengkorak dan Danau Anti-Beku, sampai pada sarang Harimau di atas tebing, semuanya telah menambah panjang deretan legenda dan cerita misteri mengenai Himalaya.

Oya Sobat Akasaka, sudah tahu belum Akasaka memiliki banyak produk terbaru yang super keren untuk menemanimu bertualang dan mendaki gunung? Produk-produk ini didesain istimewa menggunakan material paling oke dan berkualitas tinggi, yang pastinya akan membuat petualangamu semakin nyaman dan menyenangkan.

Lalu, apa saja produk terbaru dari Akasaka Outdoor itu?

Yuk, cek langsung melalui tautan di bawah ini, ya.

KLIK DISINI DAN BUAT PETUALANGANMU SEMAKIN NYAMAN DAN MENYENANGKAN BERSAMA BERBAGAI PRODUK PALING KEREN DARI AKASAKA OUTDOOR

Baca Ini Juga Yuk!

PENDAKI MENINGGAL DI LATIMOJONG, MUNGKIN INI PENYEBABNYA
PENDAKI MENINGGAL DI LATIMOJONG, MUNGKIN INI PENYEBABNYA
Kabar duka kembali menerpa dunia petualangan Indonesia ketika informasi pendaki meninggal di Latimojong memenuhi laman sosial media sejak kemarin. Pendaki tersebut yang diketahui bernama Basuki Rac...
Read More
13 TEMPAT DENGAN PEMANDANGAN DASAR LAUT TERINDAH DI DUNIA
13 TEMPAT DENGAN PEMANDANGAN DASAR LAUT TERINDAH DI DUNIA
Indonesia sudah sejak lama terkenal sebagai salah satu negara di dunia yang kaya akan pemandangan dasar laut terindah. Berbagai spot penyelaman di Indonesia seperti Bunaken, Bali, Raja Ampat, Deraw...
Read More
INI 9 GUNUNG ES HIMALAYA YANG PALING TERKENAL DI DUNIA
INI 9 GUNUNG ES HIMALAYA YANG PALING TERKENAL DI DUNIA
Ada ratusan gunung es Himalaya yang telah dikenal umum sebagai medan pendakian paling populer di dunia. Di antara jumlah yang ribuan itu, terdapat beberapa di antaranya yang paling terkenal dan pal...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published