INI 7 HAL DI PEGUNUNGAN MERATUS YANG AKAN KAMU DAPAT SAAT MENDAKINYA

Pegunungan Meratus

Pegunungan Meratus di pulau Kalimantan adalah salah satu pegunungan yang luar biasa. Di tempat ini, kamu dapat menemukan kombinasi hutan tropis yang kaya dengan segala sesuatu yang membuatnya menjadi sangat memukau. Bahkan di pegunungan ini, kamu juga akan mendapati misteri gunung Meratus tentang kijang emas yang terkenal sebagai salah satu legenda besar dari pulau Kalimantan.

Nah, seberapa menarik Pegunungan Meratus untuk tujuan penjelajahan dan pendakian?

Simak ulasannya berikut ini, yuk.

BACA PULA:

7 Hal Menarik dari Pegunungan Meratus yang Bisa Dinikmati Setiap Petualang yang Mengunjunginya

Pegunungan Meratus

Pegunungan Meratus terdapat di pulau Kalimantan, tepatnya di propinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah. Pegunungan Meratus adalah contoh sempurna mengenai kekayaan pulau Borneo. Di wilayah pegunungan ini, kamu dapat menemukan banyak anak sungai, puncak gunung yang kokoh, dan juga hutan lebat khas hutan hujan tropis Indonesia.

Luas Pegunungan Meratus secara keseluruhan adalah sekitar 600 kilometer persegi. Pegunungan ini membentang sejauh 599 kilometer dari Barat Daya ke Timur Laut pulau Kalimantan. Titik tertinggi dari Pegunungan Meratus adalah 1.901 meter yang terdapat di puncak gunung Halau Halau yang dikenal pula dengan nama Gunung Besar atau Gunung Meratus.

Meskipun bukan tujuan petualangan dan pendakian gunung yang populer, tetapi Gunung Meratus dan Pegunungan Meratus secara keseluruhan juga tidak mengecewakan untuk kamu kunjungi, lho. Di pegunungan ini, selain dapat mendaki ke titik tertingginya, kamu juga dapat menikmatinya setidaknya 7 hal paling menarik dari eksotisme Pegunungan Meratus itu sendiri.

Lantas, apa saja keistimewaan dan misteri gunung Meratus sehingga layak untuk kamu datangi ini?

Nah, berikut beberapa di antaranya;

Salah Satu Pegunungan Terluas di Pulau Kalimantan

Pegunungan Meratus

Fakta pertama yang menarik dari Pegunungan Meratus adalah letaknya sendiri yang sangat luas. Dengan total 600 kilometer persegi, letak gunung Meratus atau Pegunungan Meratus menjangkau di tiga wilayah propinsi paling luas di Kalimantan yakni; Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan juga Kalimantan Timur.

Akses ke Pegunungan Meratus yang paling banyak tentu saja dari propinsi Kalimantan Selatan yakni dari kabupaten Tanah Bumbu. Meskipun demikian, para petualang dari kota Kalimantan Timur seperti Samarinda dan Balikpapan juga kerapkali menjadikan Pegunungan Meratus sebagai areal bertualang mereka.

Hal unik lain dari Pegunungan Meratus terkait luasnya adalah Pegunungan ini membelah kabupaten Kalimantan Selatan menjadi dua bagian. Faktor luasnya juga yang membuat Pegunungan Meratus berdiri di atas 11 kabupaten di 3 propinsi pulau Kalimantan.

Terbentang di Wilayah Tiga Propinsi

Pegunungan Meratus

Di Kalimantan Timur, Pegunungan Meratus terletak di kabupaten Penajam Paser Utara, kabupaten Paser, dan kabupaten Kutai Barat. Di propinsi Kalimantan Tengah, pegunungan ini menbentang di dua kabupaten yakni; kabupaten Barito Utara dan kabupaten Barito Timur.

Sedangkan di propinsi Kalimantan Selatan sendiri, gunung Meratus berada di 8 kabupaten yaitu; Kabupaten Banjar, kabupaten Hulu Sungai Tengah atau HST, kabupaten Tapin, kabupaten Tanah Laut, kabupaten Tanah Bumbu, kabupaten Balangan, kabupaten Tabalong, dan kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Melihat begitu banyak kabupaten yang menjadi lokasi berdirinya Pegunungan Meratus, rasanya tidak berlebihan untuk mengatakan jika pegunungan ini adalah salah satu pegunungan yang terluas di pulau Kalimantan, bukan?

Menjadi Rumah Bagi Banyak Satwa Endemik Kalimantan

Pegunungan Meratus

Hal menarik kedua yang akan kamu jumpai ketika mengunjungi Pegunungan Meratus di pulau Kalimantan adalah satwa endemiknya. Dengan luasnya yang membentang di tiga propinsi, tentu saja Pegunungan Meratus menjadi tempat tinggal bagi banyak flora dan fauna hutan Kalimantan, bukan?

Dalam peta Pegunungan Meratus dan potensi yang ada di dalamnya, kamu akan mendapati data-data bahwa ada banyak hewan eksotis yeng menghuni wilayah ini. Pegunungan Meratus adalah rumah bagi banyak binatang dari berbagai spesies. Aneka jenis kupu-kupu dan serangga, burung berjambul, katak bertanduk, iguana Meratus dan lain sebagainya, hidup di hutan ini.

Nah, jika di hutan Kalimantan Timur kamu dapat menemukan binatang orang utan yang populer namun terancam punah, maka di Pegunungan Meratus pun kamu dapat menemui binatang khas yang sama.

Namun secara spesifik, sejarah Pegunungan Meratus menunjukkan bahwa wilayah ini adalah rumah bagi Bekantan yang merupakan binatang maskot propinsi Kalimantan Selatan.

Memiliki Puncak Gunung Halau-Halau yang Memukau

Pegunungan Meratus

Dari puncak gunung Halau-Halau, mungkin kamu tidak akan dapat menyaksikan mayapada pulau Kalimantan yang membentang luas. Bentuk puncak yang sebagian besar tertutup oleh kanopi hutan membuat pemandangan dari puncak gunung ini menjadi tidak begitu leluasa. Namun, jangan khawatir, ada banyak hal di gunung Halau-Halau yang bisa kamu nikmati selain pemandangannya.

Di gunung Halau-Halau yang juga menjadi titik ketinggian gunung Meratus yang paling dominan, kamu akan disuguhi pesona keindahan pesona hutan Kalimantan lengkap dengan budaya dan kepercayaan mereka. Di pegunungan ini kamu juga akan menjumpai salah satu misteri gunung Meratus yang sangat populer yakni tentang pohon Kariwaya.

Pohon Kariwaya adalah pohon yang dikeramatkan oleh penduduk di kaki gunung Halau-Halau. Pohon ini dipercaya memiliki kekuatan gaib dan menjadi tempat tinggal bagi banyak makluk tak kasat mata. Bagi orang-orang tertentu, Pohon Kariwaya juga menjadi tempat yang paling ideal untuk bertapa atau bersemedi di gunung Halau-Halau.

Memiliki Legenda Kijang Emas yang Terkenal

Pegunungan Meratus

Misteri gunung Meratus yang lain dan lebih unik mungkin adalah misteri tentang Kijang Emas.

Nah, bisakah kamu menebak apa sebenarnya yang dimaksud misteri Kijang Emas dari Pegunungan Meratus ini?

Jika kamu berpikir bahwa kijang emas dari Pegunungan Meratus adalah seekor binatang berbentuk kijang yang terbuat dari emas, atau tanduknya terbuat dari emas, maka dugaan kamu keliru. Kijang ini sungguh-sungguh adalah kijang yang tubuhnya tersusun atas daging dan tulang, ia juga lincah dan mampu berlari dengan kencang seperti kijang lainnya.

Disebut kijang emas karena binatang ini adalah spesies langka yang bulu dan coraknya pada beberapa bagian berwarna keemasan. Jumlah kijang ini sudah sangat langka karena menjadi target buruan penduduk. Padahal, kijang emas adalah kijang endemik pulau Kalimantan yang tidak terdapat di berbagai tempat lainnya di dunia.

Menjadi Hulu bagi Banyak Sungai

Pegunungan Meratus

Keunikan lain yang bisa kamu temui ketika mengunjungi Pegunungan Meratus di pulau Kalimantan adalah begitu banyak aliran sungai yang berhulu di wilayah ini.

Dengan ketinggian maksimalnya yang mencapai 1.901 meter di puncak gunung Halau-Halau, didukung pula oleh hutan lebat yang mendominasi seluruh wilayah Pegunungan Meratus, tentu saja wilayah ini menjadi penghasil air yang sangat melimpah.

Pegunungan Meratus Kalimantan Selatan dengan kekayaannya sebagai sumber penghasil air, telah menjadi hulu dari beberapa sungai penting di wilayah tersebut. Beberapa sungai yang berhulu di wilayah ini misalnya adalah; Sungai Martapura atau Sungai Riam Kanan, Sungai Riam Kiri, Sungai Asamasam, Sungai Kintap, Sungai Batulicin, Sungai Manunggu dan yang lainnya.

Memiliki Banyak Tempat Indah dan Eksotis untuk Dikunjungi

Pegunungan Meratus

Nah, hal menarik terakhir yang bisa kamu temukan ketika mengunjungi Pegunungan Meratus di pulau Kalimantan ini adalah keindahannya. Di pegunungan ini, kamu akan menjumpai banyak tempat indah yang dapat kamu jadikan destinasi wisata yang menyenangkan.

Untuk kamu yang menyukai pendakian gunung dan penjelajahan hutan, beberapa tempat yang cukup menarik untuk kamu datangi misalnya adalah; Gunung Walungan, Gunung Lima, Gunung Sarempaka, Gunung Tindihan, Gunung Banyutawar, Gunung Huluwani, dan tentu saja gunung Halau-Halau sendiri.

Jika kamu lebih tertarik misalnya dengan kebudayaan dan sejarah tentang wilayah Kalimantan, maka kamu dapat mengunjungi suku Dayak Pegunungan Meratus yang terkenal sangat ramah dan bersahabat. Sesekali kamu juga dapat menjumpai satwa-satwa khas Pegunungan Meratus seperti Bekantan, burung Enggang dan yang lainnya dalam petualangan kamu nantinya.

Nah, untuk kamu yang lebih suka bertualang menikmati eksotisme dan pemandangan gunung yang indah, kamu bisa mengunjungi Danau Biru Penggaron, Gua Karst Nateh Batu Tangga, Sungai Alai dan bahkan ladang-ladang penduduk kaki gunung Meratus sendiri yang unik dan penuh daya tarik.

BACA JUGA:

Pegunungan Meratus

Nah, itu adalah beberapa hal menarik dari Pegunungan Meratus di Pulau Kalimantan atau Borneo yang dapat kamu temui jika mengunjunginya.

Bagaimana?

Akan sangat menyenangkan, bukan?

Oh ya, supaya petualangan kamu di Pegunungan Meratus jadi lebih nyaman dan berkesan, tetap gunakan produk-produk terbaik dari Akasaka Outdoor, ya. Dengan material pilihan, desain up to date, dan kualitas yang sudah tidak diragukan lagi, Akasaka Outdoor akan membuat setiap langkah petualangan kamu semakin mantap dan pasti.

YUK, DAPATKAN PRODUK TERBAIK DARI AKASAKA OUTDOOR DISINI

Baca Ini Juga Yuk!

8 DANAU DI PEGUNUNGAN DENGAN PEMANDANGAN PALING MEMUKAU
8 DANAU DI PEGUNUNGAN DENGAN PEMANDANGAN PALING MEMUKAU
Menurut kamu, apa danau di pegunungan Indonesia yang paling cantik untuk dikunjungi? Danau Gunung Tujuh di Kerinci, Danau Segara Anak di gunung Rinjani, atau danau Ranu Kumbolo di gunung Semeru? Ap...
Read More
INI DAFTAR LENGKAP PEGUNUNGAN DI INDONESIA DARI SUMATERA HINGGA PAPUA
INI DAFTAR LENGKAP PEGUNUNGAN DI INDONESIA DARI SUMATERA HINGGA PAPUA
Sebagai negara kepulauan dan berdiri di atas rangkaian cincin api, Indonesia tentu saja memiliki banyak keistimewaan. Salah satu keistimewaan Indonesia yang mungkin tidak banyak dimiliki negara lai...
Read More
9 FAKTA MENAKJUBKAN TENTANG PEGUNUNGAN URAL YANG JARANG DIKETAHUI
9 FAKTA MENAKJUBKAN TENTANG PEGUNUNGAN URAL YANG JARANG DIKETAHUI
Dibandingkan pegunungan populer di dunia lainnya, Pegunungan Uralmemang tidak begitu dikenal. Akan tetapi, pegunungan ini juga tidak kalah istimewa dengan pegunungan-pegunungan lainnya. Di Pegunung...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published