INI 12 FILM ADVENTURE TERBAIK SEPANJANG MASA YANG WAJIB KAMU TAHU

film adventure terbaik sepanjang masa

Menurut kamu, apa film  adventure  terbaik sepanjang masa yang sangat layak  untuk ditonton hingga sekarang? Kamu bisa menyebutkan banyak judul dengan jalan cerita yang beraneka ragam, akan tetapi, daftar dan sedikit cuplikan cerita dalam daftar ini mungkin saja akan membuat kamu berubah pikiran mengenai apa sebenarnya film petualangan journey terbaik yang pernah dibuat manusia.

Lalu, apa sajakah film-film dengan genre petualangan yang dianggap terbaik tersebut?

Yuk, baca ulasannya berikut ini.

12 Film  adventure  Terbaik Sepanjang Masa yang Sangat Layak untuk Kamu Saksikan

film adventure terbaik sepanjang masa

Jika kamu mengacu pada apa makna sebenarnya dari kata  adventure   atau petualangan, mungkin kamu akan memiliki persepsi yang berbeda mengenai aplikasi dalam filmnya. Kata  adventure  tentu saja lebih dari sekedar mendaki gunung dan menjelajah alam bebas. Atau pada pengertian lain, film  adventure  tidak hanya berurusan dengan alam raya semata.

 Adventure  atau petualangan memiliki pengertian sebuah upaya untuk mengeksplorasi sesuatu yang kamu tidak memiliki pengetahuan atau pengalaman tentangnya sebelumnya. Jadi, berdasarkan pengertian ini, seorang kosmonot dan seorang penyelam dasar laut juga dapat dan memenuhi syarat untuk disebut sebagai petualang.

Sejalan dengan definisi tersebut, film tentang petualangan mencari harta karun seperti beburu barang kuno atau perjalanan menuju galaksi juga dapat dikategorikan bertualang. Walau mungkin genre sci-fi, colosal, action, dan lain sebagainya, ikut disematkan untuk membuat definisinya lebih akurat.

Nah, berdasarkan tema alam bebas sendiri, pengertian tentang film  adventure  bisa menjadi lebih dipersempit. Atau bisa juga diklasifikasikan lagi misalnya berdasarkan latar belakang jalan ceritanya yang terjadi di gunung atau hutan belantara. Untuk kategori yang terakhir ini, film petualangan inilah yang mungkin paling akrab untuk dijadikan sebagai role utama bagi film-film petualangan dalam pemahaman pembaca di Indonesia.

Lantas, apa saja film  adventure  terbaik yang pernah diproduksi untuk kamu nikmati?

Ini daftarnya versi Akasaka Journal.

BACA JUGA:

The Revenant

film adventure terbaik sepanjang masa

Film petualangan yang dibintangi oleh Leonardo Dicaprio ini juga seringkali masuk dalam nominasi film survival atau bertahan hidup terbaik untuk disaksikan. Berlatarkan kehidupan para koboi di tanah Amerika pada kisaran tahun 1800-an, The Revenant sukses memadukan tema bertualang, bertahan hidup, dan juga action.

Petualangan film ini dimulai ketika sang tokoh utama bergulat dengan seorang beruang grizzly besar dan hampir mati untuk mempertahankan hidupnya. Pada adegan yang lain nampak ia juga membelah perut kuda tunggangannya supaya dapat terlindungi dari kebekuan musim dingin di sekitarnya.

Into The Wild

film adventure terbaik sepanjang masa

Film petualangan survival terbaik yang kedua adalah Into The Wild yang bercerita tentang seorang pemuda jenius bernama Christopher Johnson McCandles yang memilih untuk menjelajah hutan Alaska dibandingkan meniti karir cemerlang setelah lulus kuliah.

Dalam penjelajahannya ini, McCandles atau Alexander Supertramp mengalami banyak kejadian menarik. Ia bekerja di pabrik penggilingan gandum, bergabung bersama orang-orang gipsy yang hidup di jalanan, sampai kemudian tewas di sebuah bis bekas di hutan Alaska yang ganas.

The Wildest Dream

film adventure terbaik sepanjang masa

Selanjutnya film ketiga yang sangat layak untuk kamu tonton dalam genre petualangan adalah sebuah film dokumenter berjudul The Wildest Dream.

Oya, apakah kamu tahu film ini bercerita tentang apa? Ini salah satu film populer dalam dunia pendakian gunung, lho.

The Wildest Dream adalah sebuah film yang mengisahkan upaya pendakian Everest untuk yang pertamakalinya oleh George Leigh Mallory dan timnya pada tahun 1921, 1922 dan 1924. Film petualangan journey ini memberikan gambaran yang cukup lengkap mengenai jalannya ekspedisi sampai dengan hipotesa hilangnya Mallory-Irvine di gunung Everest.

The Call of the Wild

film adventure terbaik sepanjang masa

Diperankan oleh Harrison Ford, The Call of the Wild bercerita tentang seorang pria yang patah harapan karena ditinggal mati anak lelaki yang ia miliki. Ia kemudian masuk ke sebuah daerah terpencil di mana para penambang emas sedang berburu peruntungan mereka.

Hal yang membuat The Call of the Wild dapat pula dikategorikan sebagai film  adventure  fantasy terbaik adalah kehadiran seekor anjing yang menemani perjalanan Harrison Ford. Anjing ini pada porsi cerita sebenarnya mendapat peran utama, dan sosok anjing inilah kemudian yang membuat konsep cerita menjadi sebuah petualangan yang lebih menarik.

Indiana Jones Series

film adventure terbaik sepanjang masa

Kamu pasti tahu film Indiana Jones, kan?

Seperti halnya The Call of the Wild yang dibintangi oleh Harrison Ford, Indiana Jones juga menjadi trade mark terbaik aktor yang juga populer sebagai ksatria dalam film Star Wars tersebut. Dalam Indiana Jones, selain berkisah tentang petualangan di alam liar yang penuh bahaya, cerita juga diperkaya dengan kehadiran tokoh antagonis atau tokoh jahat.

Nah, kehadiran banyak peran antagonis ini kemudian membuat Indiana Jones juga menjadi sebuah film yang masuk kategori film action  adventure  terbaik. Pertarungan, aksi heroik dan lain sebagainya dengan latar belakang medan yang megah dan penuh tantangan, akan membuat kesan cerita dalam film ini semakin istimewa.

Seven Years in Tibet

film adventure terbaik sepanjang masa

Film ini tentu saja diangkat dari buku karya Heinrich Harrier yang berjudul sama dengan judul filmnya yaitu; Seven Years in Tibet.

Harrier sendiri adalah salah satu pendaki yang cukup terkenal di dunia. Terutama untuk prestasi paling signifikannya yang terjadi pada tahun 1938 ketika ia bersama dengan Andreas Heckmair dan dua pendaki gunung yang lain, berhasil membuat pendakian pertama di Wajah Utara gunung Eiger.

Seven Years in Tibet mengisahkan petualangan Harriers di Tibet yang kemudian berteman akrab dengan Dalai Lama, pemimpin spiritual tertinggi bangsa Tibet. Selain petualangan dalam kehidupan yang lebih realistis, cuplikan adegan dalam film juga ada yang menunjukkan Harrier sedang mendaki gunung, lho.

The Way

film adventure terbaik sepanjang masa

Pencarian adalah salah satu alasan utama mengapa manusia banyak melakukan petualangan. Nah, sama dengan film The Way ini sendiri ketika seorang ayah melakukan sebuah perjalanan menyusuri rute hiking El Camino di Spanyol dalam rangka menapak tilas jejak anaknya yang tewas di sana.

Peran utama dalam The Way dimainkan dengan sangat menarik oleh Martin Sheen. Karakter tokoh utama yang rumit karena dirundung kesedihan lantaran kematian anak semata wayangnya,  membuat kisah petualangan dalam The Way semakin menarik untuk disaksikan.

The Wayback

film adventure terbaik sepanjang masa

Meskipun telah dirilis jauh sebelumnya, namun The Wayback pernah menjadi salah satu film favorit yang dicantumkan dalam salah satu blog sebagai film  adventure  terbaik 2018.

Tetapi, tahukah kamu kisah apa sebenarnya yang diangkat dalam film ini?

The Wayback merupakan sebuah film yang terinspirasi dari kisah nyata mengenai pelarian para tahanan perang Rusia. Mereka menempuh perjalanan panjang dari Siberia menuju India, melewati gunung Himalaya dan hutan belantara yang lebat.

Aktor yang berperan dalam The Wayback pun banyak pemain film hebat seperti Ed Harris dan Colin Farrel. Mereka bermain sangat bagus dalam film tersebut.

Wild

film adventure terbaik sepanjang masa

Film Wild dibintangi oleh Reese Whiterspoon yang menyusuri salah satu rute hiking paling terkenal di dunia; Pacific Crest Trail. Seperti halnya kisah pencarian jati diri dalam The Way, Wild juga bercerita tentang seorang wanita yang kehilangan arah dalam hidup kemudian memutuskan untuk hiking dan melihat apa yang masih ia miliki.

Perjalanan ini kemudian membawa sang tokoh pada pemaknaan yang menarik dan isrtimewa mengenai hakikat petualangan. Berbagai peristiwa yang terjadi dalam perjalanannya menyusuri PCT memberinya sebuah kebijaksanaan baru dalam hidup.

The Track

film adventure terbaik sepanjang masa

Masih sama dengan film Wild dan The Way, The Track juga memiliki garis cerita yang hampir sama. Hanya saja dalam The Track, perjalanan yang dilakukan tokoh utama dilakoninya bersama dengan beberapa ekor unta dan seekor anjing.

Jika The Way mengambil setting di El Camino, Spanyol, Wild mengambil latar belakang di Pacific Crest Trail di Amerika, maka The Track bercerita di Australia. Dan tentu saja film ini dalam sebuah website outdoor dunia pernah dinominasikan sebagai film  adventure  terbaik 2020.

Jadi, kamu harus nonton, ya.

Togo

film adventure terbaik sepanjang masa

Seekor anjing Husky yang sering membuat onar adalah tokoh utama yang menjadi garis besar film ini. Dengan alasan tak mau menjadi anjing rumahan dan selalu ingin menjadi bagian dari kawanan dalam menarik kereta luncur, seekor anjing melakukan berbagai cara untuk keluar dari kurungan dan menyelamatkan diri. Dan karena itulah kemudian ia diberi nama; Togo atau si Pembuat Onar.

Namun pada perjalanannya, Togo justru menjadi kunci kesuksesan dan keselamatan pemiliknya ketika dua kali diserahi tugas menjemput vaksin di kota yang jauh dan hanya bisa ditempuh dengan kereta luncur. Togo berlari melintasi danau beku yang hampir mencair, juga berhasil mendaki gunung yang terjal dalam petualangannya. Seru banget deh, pokoknya.

The Jungle

film adventure terbaik sepanjang masa

Nah, film petualangan terbaik selanjutnya adalah The Jungle yang diperankan oleh aktor yang populer dengan perannya sebagai Harry Potter dalam film fiksi klasik yang diangkat dari buku J.K. Rowling. Daniel Radclife dalam film The Jungle, mempertontonkan sebuah drama yang menarik dalam film petualangan survival terbaik.

Sepertinya halnya film  adventure  terbaik Indonesia yang biasanya mengambil setting di ganasnya hutan tropis, maka The Jungle pun demikian. Dalam film ini digambarkan bagaimana pemeran utamanya bertarung melawan ganasnya hutan belantara untuk bisa bertahan hidup dan keluar dengan selamat.

BACA JUGA:

film adventure terbaik sepanjang masa

Nah, itu adalah 12 film  adventure  terbaik sepanjang masa yang dapat kamu jadikan referensi untuk mengisi waktu senggang atau pun liburan. Petualangan dan penjelajahan dalam film-film tersebut selain akan memberi kamu lebih banyak wawasan, juga akan membuat cara pandangmu tentang petualangan semakin dalam dan kaya.

Oya Sobat Akasaka, di Indonesia juga ada lho, jalur hiking yang asyik dan sangat rekomended untuk dijadikan setting film. Jalur hiking ini jika ditempuh dengan cara persis seperti yang ditulis dalam bukunya, akan memberikan kamu pengalaman yang mungkin hampir mirip dengan apa  yang ada dalam film Wild atau The Way.

Penasaran apa jalur hiking yang dimaksud tersebut dan apa judul bukunya? Kamu bisa langsung mengklik tautannya di bawah ini, ya!

DOWNLOAD, BACA DAN RASAKAN SENSASI MENJELAJAHI JALUR HIKING PALING SPEKTAKULER DI INDONESIA DISINI

 

Baca Ini Juga Yuk!

12 TEMPAT BERBURU FOTO PEMANDANGAN ALAM PALING INDAH DI DUNIA
12 TEMPAT BERBURU FOTO PEMANDANGAN ALAM PALING INDAH DI DUNIA
Menghabiskan liburan sambil berburu foto pemandangan alam yang mempesona tentu saja sangat menyenangkan untuk dilakukan. Di samping kamu dapat menenangkan pikiran dengan menikmati panorama pemandan...
Read More
9 REKOMENDASI GUNUNG UNTUK PEMULA YANG BISA KAMU DAKI SAAT BERPUASA
9 REKOMENDASI GUNUNG UNTUK PEMULA YANG BISA KAMU DAKI SAAT BERPUASA
Ada cukup banyak gunung untuk pemula yang bisa kamu pilih jika kamu adalah orang yang baru pertamakalinya mengenal dunia pendakian gunung. Gunung-gunung ini secara umum dikelompokkan berdasarkan ti...
Read More
APA SAJA PERLENGKAPAN TREKKING KE GUNUNG K2 DAN EVEREST? BERIKUT DAFTARNYA
APA SAJA PERLENGKAPAN TREKKING KE GUNUNG K2 DAN EVEREST? BERIKUT DAFTARNYA
Apakah kamu memiliki keinginan untuk trekking ke gunung K2 atau  gunung tertinggi di dunia lainnya seperti gunung Everest dan Kangchenjunga dalam waktu dekat ini? Nah, hal pertama yang perlu kamu l...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published