5 DANAU DI ATAS GUNUNG INDONESIA DENGAN PEMANDANGAN YANG MENAKJUBKAN

Gunung
Pendakian ke gunung tak hanya menjadi momen menarik untuk mencapai puncak. Di beberapa gunung di Indonesia, sobat Akasaka juga akan menjumpai keberadaan danau dengan pemandangan yang sangat memukau. Tak heran kalau para pendaki kerap menghabiskan waktu cukup lama untuk mengagumi keindahan danau di atas gunung tersebut.

Nah, bagi sobat Akasaka yang berencana untuk melakukan pendakian dalam waktu dekat, 5 gunung ini menjadi pilihan yang menarik. Apalagi, 5 gunung ini terkenal memiliki danau cantik menjadi lokasi favorit para pendaki.

5 Danau Di Atas Gunung Indonesia yang Menyuguhkan Pemandangan Spektakuler

Kombinasi antara danau dan gunung akan selalu menjadi perpaduan yang indah untuk dikagumi dan dinikmati pesonanya. Jika danau dengan background pegunungan sudah sangat menarik dan mengagumkan, maka bagaimana pula denga gunung sendiri yang memiliki danau di atasnya, tentu saja lebih menarik lagi, bukan?

Lantas apa saja danau diatas gunung Indonesia yang dapat Sobat Akasaka jadikan destinasi untuk pendakian selanjutnya? Berikut ini daftarnya;

Danau Gunung Tujuh di Gunung Kerinci

Gunung Kerinci

Danau bernama Danau Tujuh Gunung di Gunung Kerinci menjadi pilihan danau cantik pertama yang bisa sobat Akasaka kunjungi. Danau ini memiliki lokasi yang benar-benar merepresentasikan namanya, dikelilingi oleh 7 gunung, yakni Gunung Hulu Tebo, Gunung Jar Panjang, Gunung Hulu Sangir, Gunung Lumut, Gunung Madura Besi, Gunung Selasih, serta Gunung Tujuh.

Danau di Gunung Kerinci ini juga memiliki sebutan lain sebagai Danau Para Dewa. Julukan ini disematkan karena masyarakat sekitar percaya kalau di sini bersemayam sepasang naga serta makhluk halus bersosok harimau di dalamnya. Apalagi, danau di Gunung Kerinci ini juga punya keunikan tersendiri karena memiliki air yang selalu dalam kondisi bersih dan jernih.

Danau Segara Anak di Gunung Rinjani

Gunung Rinjani

Selain Danau Tujuh Gunung di Gunung Kerinci, ada pula Danau Segara Anak yang berlokasi di Gunung Rinjani, Lombok. Danau ini berlokasi di ketinggian 2.010 mdpl dan berada di kaldera Gunung Rinjani yang membuatnya begitu memesona.

Pemandangan menyeluruh dari danau ini bisa sobat Akasaka saksikan ketika sampai di Puncak Rinjani. Selain itu, keberadaan kolam air panas alami di sekitar danau juga membuat para pendaki semakin betah berlama-lama di danau ini.

Dana Ranu Kumbolo di Gunung Semeru

Gunung Semeru

Gunung Semeru yang dikenal sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa memiliki ciri khas dengan keberadaan Ranu Kumbolo di atasnya. Bahkan, sering pula pendaki berniat melintasi jalur pendakian Gunung Semeru dengan tujuan akhir danau ini, bukan berniat ke puncak.

Selain danau tersebut, ada pula danau lain yang tak kalah cantik dan bisa disaksikan saat melakukan pendakian ke Puncak Mahameru. Danau tersebut adalah Ranu Pani dan Ranu Regulo yang bisa disaksikan tak jauh dari titik awal keberangkatan.

Danau Taman Hidup di Gunung Argopuro

Gunung Argopuro

Danau cantik di atas gunung berikutnya adalah Danau Taman Hidup yang ada di Gunung Argopuro. Danau ini konon menjadi tempat favorit Dewi Rengganis dari Kerajaan Majapahit.

Karena keindahannya, para pendaki juga kerap menjadikan danau ini sebagai lokasi peristirahatan. Apalagi, di sini juga sering terlihat beragam jenis hewan liar seperti kancil, babi hutan, atau pun rusa. Ekosistem yang alami antara latar belakang puncak Argopuro dan hamparan Telaga Taman Hidup yang berair jernih menjadi daya tak tertandingi dari pesona gunung Argopuro sendiri.

Danau Hebema di Pegunungan Trikora

Pegunungan Trikora

Terakhir, sobat Akasaka bisa memilih untuk melakukan pendakian ke kawasan Pegunungan Trikora di Papua. Di pegunungan ini, sobat Akasaka bisa menjumpai keberadaan danau cantik bernama Danau Habema. Selain cantik, danau ini merupakan danau keramat di kalangan Suku Dani. Apalagi, karena danau ini adalah sumber kesuburan serta kehidupan suku mereka.

Danau ini dulunya dikenal dengan nama Danau Yuginopa. Namun, namanya diubah menjadi Danau Habema yang diambil dari nama seorang letnan prajurit Belanda yang melakukan pengawalan ekspedisi ke Puncak Gunung Trikora pada 1909. Berada di ketinggian 3.225 mdpl, danau ini merupakan danau gunung tertinggi yang ada di Indonesia.

Nah, untuk membuat petualangan Sobat Akasaka ke danau di atas gunung semakin berkesan, jangan lupa untuk menggunakan alas kaki yang kuat dan tahan air, ya.  Sandal gunung terbaik dari Akasaka Outdoor dapat menjadi pilihan utama Sobat dalam bertualang ke danau-danau indah di atas karena kekuatan dan ketangguhannya. Persis seperti sandal gunung Akasaka yang satu ini!

Leave a comment

All comments are moderated before being published