GAYA HIDUP SEHAT DENGAN BERSEPEDA SEBAIKNYA DIMULAI SEKARANG

Bersepeda

Sobat Akasaka, tidak ada lagi alasan untuk menunda gaya hidup sehat dengan bersepeda. Menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), faktor utama penyebab risiko kesehatan global dikarenakan pola makan yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik. Jadi, ubah kebiasaan Anda dengan kegiatan yang menyehatkan mulai sekarang juga. Bersepeda adalah salah satu kebiasaan sehat yang dapat Anda pilih.

Bersepeda tidak hanya dapat meningkatkan kebugaran. Aktivitas ini jika dilakukan rutin selama 30 menit setiap hari atau sekitar 32 km per minggu, dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya. Berikut ini beberapa alasan Anda harus mulai bersepeda dari sekarang:

  • Melatih Kekuatan Otot dan Merawat Sendi
    Bersepeda Melatih Kekuatan Otot Dan Sendi

    Ketika Anda mengayuh pedal sepeda, hampir seluruh bagian tubuh Anda bergerak. Jika kebiasaan ini dilakukan rutin setiap hari, maka Anda akan mendapatkan otot yang mengencang di beberapa bagian tubuh. Selain itu, bersepeda juga menggerakkan sendi-sendi Anda sehingga membuat bagian tubuh yang satu ini menjadi lebih fleksibel.

    • Membantu Menurunkan Berat Badan dan Membentuk Tubuh Ideal

      Tubuh yang aktif bergerak akan meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran kalori. Proses inilah yang menyebabkan berat badan menjadi turun dan tubuh lebih padat berisi. Bentuk tubuh yang ideal tersebut, tentu saja juga diimbangi dengan pola makan yang sehat.

      • Membantu Menurunkan Stres
        Bersepeda Membantu Menurunkan Stress

        Pemandangan yang indah dan udara segar yang Anda lalui ketika bersepeda dapat membantu menurunkan stres. Ketika Anda menikmati aktivitas ini, tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang memicu energi positif dan menimbulkan rasa nyaman. Efek ini secara tidak langsung juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

        • Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

          Proses metabolisme dan pembakaran kalori yang terjadi ketika Anda bersepeda dengan rutin, tidak hanya dapat membentuk tubuh yang ideal. Proses ini juga dapat membakar lemak tubuh dan menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, hipertensi, dan kolesterol.

          Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Gaya Hidup Sehat dengan Bersepeda

          Agar kegiatan bersepeda Anda tetap aman, sebaiknya lakukan persiapan berikut ini:

          • Periksa Kondisi Sepeda
            Kondisi Sepeda

            Sebelum meluncur bersama sepeda Anda, pastikan tunggangan Anda dalam kondisi prima. Periksa rem, ban, dan seluruh komponen sepeda, tak terkecuali setang.

            • Kenakan Pelindung Tubuh

              Sebagian orang mungkin meremehkan penggunaan pelindung diri ketika bersepeda, namun kenyataannya ini bagian penting yang tidak boleh terlewatkan. Sesuatu bisa saja terjadi ketika Anda bersepeda. Jadi, persiapan yang matang adalah salah satu tindakan pencegahan yang bisa dilakukan.

              • Gunakan Jenis Sepeda dan Gaya Bersepeda yang Sesuai
                Jenis Dan Gaya Bersepeda

                Pastikan kerangka sepeda yang Anda gunakan sesuai dengan tubuh Anda. Selain soal kenyamanan, jenis sepeda dan gaya bersepeda yang sesuai akan membantu Anda terhindar dari risiko mengalami nyeri otot dan cedera lainnya.

                • Berkendara dengan Aman dan Senantiasa Menjaga Sikap

                  Meski Anda bersepeda, tetap perhatikan dan patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada demi keamanan diri sendiri dan orang lain.

                  • Buat Diri Anda Terlihat
                    Bersepeda

                    Jika Anda ingin bersepeda di jalan raya atau bersepeda di malam hari, kenakan pakaian berwarna terang. Hal ini bertujuan agar Anda dapat terlihat oleh pengendara lain.

                    • Kenakan Alas Kaki yang Nyaman

                      Pilih alas kaki dari bahan yang nyaman dan pas di kaki Anda, seperti Sandal Gunung Akasaka. Sandal yang terbuat dari karet alam dengan kualitas terbaik ini cocok digunakan dalam berbagai cuaca. Bahan karet alam diketahui memiliki ketahanan terhadap panas yang lebih baik dibandingkan jenis karet lainnya. Bahan ini terkenal lentur dan dapat menyesuaikan dengan bentuk kaki.

                      Sobat Akasaka, yuk mulai gaya hidup sehat dengan bersepeda sejak sekarang!

                      Baca Ini Juga Yuk!

                      BAGAIMANA CARA MELAKUKAN MANAJEMEN LANGKAH SAAT MENDAKI?
                      BAGAIMANA CARA MELAKUKAN MANAJEMEN LANGKAH SAAT MENDAKI?
                      Dalam pendakian, kesalahan melangkah sedikit apa pun bisa berdampak besar pada tubuh secara menyeluruh. Oleh karena itu Sobat Akasaka disarankan untuk lebih mengetahui bagaimana cara berjalan yang ...
                      Read More
                      7 ETIKA PENDAKIAN YANG HARUS DIMILIKI PENCINTA ALAM
                      7 ETIKA PENDAKIAN YANG HARUS DIMILIKI PENCINTA ALAM
                      Kita harus memiliki etika yang baik di mana saja kaki menginjak. Tidak terkecuali saat berada di atas gunung untuk melakukan pendakian. Etika tetap harus dimiliki dan dijunjung tinggi agar tidak me...
                      Read More
                      INILAH ALASAN MENGAPA HARUS HINDARI ALKOHOL SAAT DI GUNUNG
                      INILAH ALASAN MENGAPA HARUS HINDARI ALKOHOL SAAT DI GUNUNG
                      Mendaki gunung adalah salah satu aktivitas yang sedang digandrungi oleh banyak kalangan, dari tua sampai muda, dari berbagai latar profesi yang berbeda-beda. Banyak pengalaman menarik yang akan did...
                      Read More

                      Leave a comment

                      All comments are moderated before being published