5 FAKTA EKSPEKTASI VS REALITA TRAVELLING YANG BANYAK MEMBUAT KECEWA

 

Melihat foto-foto lokasi indah di seluruh dunia mungkin membuatmu tak sabar ingin segera melancong. Wisata ke tempat eksotis atau terkenal seperti Venesia, Grand Canyon, Paris, atau pantai di Rio de Janeiro menjadi impian banyak orang, karena menawarkan pengalaman sekali seumur hidup.

Namun jangan salah, ya, ternyata ada beberapa ekspektasi vs realita travelling yang ternyata sangat jauh berbeda. Simak ulasannya yuk, supaya kamu tidak kecewa nantinya.

Ekspektasi vs Realita Travelling yang Mungkin Tidak Pernah Kamu Duga

Melancong memang tidak ada salahnya, tetapi jangan angkat ekspektasimu terlalu tinggi! Apa yang kamu temukan di tempat-tempat tersebut mungkin tidak seindah imajinasimu. Kadangkala destinasi yang paling keren sekali pun, ternyata tidak jauh berbeda dengan apa yang sudah pernah dikunjungi di Indonesia.

Nah, supaya lebih jelas, berikut beberapa hal yang menarik tentang ekspektasi vs realita dalam travelling.

 

Jumlah Pengunjung

  • Ekspektasi: Lokasi indah yang sepi
  • Realita: Lokasi padat oleh turis

Ketika kamu melihat foto-foto tempat wisata indah di situs-situs perjalanan, besar kemungkinan itu adalah foto-foto yang memang sengaja dipotret secara profesional untuk menonjolkan daya tariknya. Si fotografer mungkin sengaja memilih saat paling sepi untuk memotret. Akibatnya, ketika kamu datang saat liburan, tempat tersebut ternyata sudah penuh orang yang sama-sama terpikat sepertimu!

Kerbersihan Destinasi

  • Ekspektasi: Lokasi asri
  • Realita: Lokasi penuh sampah

Kamu mungkin masih ingat foto viral ombak berisi sampah di Bali, atau tumpukan sampah di pantai Maldives. Sampah di tempat wisata terkenal adalah masalah yang belum terpecahkan. Bahkan Paris yang dikenal sebagai kota romantis ternyata juga punya masalah sampah dan kotoran anjing yang bertebaran. Jadi, jangan kaget jika kamu menemukan hal ini di tempat tujuan.

Keramahan Penduduk

  • Ekspektasi: Penduduk lokal yang ramah dan siap membantu
  • Realita: Tidak semua penduduk menerimamu

Berbagai tempat wisata biasanya mempromosikan aspek keramahan dan penerimaan penduduk setempat terhadap turis. Akibatnya, banyak orang yang kaget ketika datang dan menemukan bahwa mereka ternyata menjadi korban kejahatan, atau menerima perlakuan kurang baik.

Sebenarnya, asal kamu bersikap baik dan hormat, penduduk setempat juga akan menerima serta membantumu dengan senang hati. Tetapi, kamu harus ingat bahwa penduduk di setiap daerah di seluruh dunia sama saja: ada yang baik, ada juga yang suka memanfaatkan kesempatan, bahkan jahat atau rasis. Hanya karena kamu turis, bukan berarti semua orang akan ramah seperti di iklan.

Memotret Lokasi Wisata

  • Ekspektasi: Mendapat foto keren
  • Realita: Kesulitan mendapat foto keren

Bermimpi memotret pemandangan dari Candi Borobudur? Atau mungkin ingin memotret lukisan Mona Lisa yang terkenal dari dekat? Jika kamu datang saat musim liburan, mendapat foto keren bisa cukup sulit. Setiap kali kamu berpose, akan selalu ada gangguan seperti kerumunan orang yang menutupi panorama latar belakang fotomu.

Gangguan berfoto lainnya bisa datang dari penyebab alami. Misalnya, tingkat polusi di India bisa membuat foto Taj Mahal yang kamu ambil terlihat buram, karena kabut asap kelabu yang mengelilinginya.

Mendapat Pencerahan

  • Ekspektasi: Mendapat pencerahan atau pengalaman istimewa
  • Realita: Kecewa atau merasa biasa saja

Pernahkah kamu melakukan perjalanan dengan semangat dan harapan tinggi, tetapi kecewa karena tidak ada perasaan istimewa saat sudah sampai? Hal itu wajar, karena keinginanmu untuk melancong biasanya didasarkan pada ekspektasi indah dari melihat foto-foto profesional atau membaca cerita perjalanan yang dipoles. Padahal, ketika sudah tiba, yang kamu lihat adalah gambaran jujur dari tempat tujuanmu.

Setelah mengetahui ekspektasi dan realita melancong, apakah ini berarti kamu tidak perlu berwisata? Tentu tidak. Ketika kamu merencanakan perjalananmu dengan baik, kamu akan mendapat pengalaman berharga.

Sebagai tips tambahan untukmu yang mungkin tetap ingin melakukan travelling, sebaiknya gunakan outfit yang cocok untuk daerah destinasimu. Dan menariknya, apa pun destinasi yang menjadi tujuan wisatamu, berbagai kaos pendaki gunung dari Akasaka Outdoor ini akan selalu ideal dan nyaman untuk kamu kenakan.

Selamat bertravelling ria, ya!

 

Leave a comment

All comments are moderated before being published