Diet Sehat untuk Kamu Hobi Bersepeda

Bersepeda adalah aktivitas olahraga yang terlihat mudah, tapi cukup sulit untuk dilakukan. Bersepeda membutuhkan energi yang cukup banyak. Kalau energi yang dimiliki oleh tubuh kurang, seseorang akan gampang lapar dan tidak akan kuat memacu pedalnya dengan kuat.

Bersepeda juga membutuhkan stamina yang kuat. Untuk mendapatkan stamina yang kuat, seseorang harus berolahraga secara rutin, misal lari atau ke gym. Lebih lanjut, bersepeda juga membutuhkan nutrisi yang seimbang. Pesepeda harus menjalani diet sehat agar kuat di jalanan selama bersepeda.

Kalau kamu sedang memulai aktivitas bersepeda lakukan olahraga secara rutin. Selanjutnya lakukan diet sehat yang tipsnya bisa kamu simak di bawah ini.

 

Mengonsumsi kalori yang tepat


Mengonsumsi kalori yang tepat - tropicanaslim

 

Normalnya pria mengonsumsi sekitar 2500 kalori setiap harinya. Saat mereka melakukan aktivitas bersepeda, kalori yang dibutuhkan harus ditambah. Kalau tidak ditambah, kalori akan defisit sehingga tubuh lemas dan ada kemungkinan penyusutan otot.

Setiap kilometer perjalanan sepeda, kamu membutuhkan 30 kalori tambahan. Kalau misa dalam satu hari kamu bersepeda sebanyak 30 kilometer, tambahan kalori yang dibutuhkan adalah 900 kalori.

 

Mengonsumsi karbohidrat sehat


Mengonsumsi karbohidrat sehat - Pixabay

 

Konsumsi karbohidrat sehat selama menjalankan olahraga bersepeda. Konsumsi karbohidrat dengan indeks glikemiknya rendah. Kamu bisa mengonsumsi kentang, singkong, ubi, gandum, dan buah-buahan.

Karbohidrat dengan indeks glikemik rendah akan diserap perlahan-lahan oleh tubuh. Anda tidak akan kelebihan gula darah secara mendadak dan menyebabkan tubuh jadi mengantuk. Biasanya karbohidrat sehat bisa dikonsumsi 90-120 menit sebelum bersepeda.

Jumlah karbohidrat yang bisa dikonsumsi kalau ingin sehat sekitar 5-9 gram per kilogram berat badan. Kalau Anda memiliki berat 70 kilogram, karbohidrat yang dibutuhkan sekitar 350 gram. Sekali konsumsi hanya diperbolehkan sebanyak satu genggam atau kepala tangan.

 

Mengonsumsi protein yang cukup


Mengonsumsi protein yang cukup - primarasa

 

Protein adalah makanan untuk otot. Mengonsumsi mikronutrien utama ini akan membuat tubuh jadi lebih kuat dan tidak mudah lelah. Setiap ada otot yang cedera selama bersepeda, protein akan memperbaikinya dengan cepat.

Untuk mendapatkan manfaat dari protein, konsumsi minuman jenis whey yang mudah diserap oleh tubuh. Selain itu, konsumsi juga makanan dengan protein tinggi seperti daging tanpa lemak, ikan, dan protein nabati seperti tempe.

 

Lemak juga dibutuhkan


Lemak juga dibutuhkan - Pixabay

 

Lemak selama ini dihindari oleh sebagian orang yang menjalankan diet sehat. Lemak dianggap sebagai musuh karena bisa menyebabkan tubuh jadi mudah gemuk. Lebih lanjut, lemak juga selalu diidentikkan dengan penyakit berbahaya seperti jantung.

Sebenarnya lemak sangat dibutuhkan untuk diet. Hanya saja lemak yang dibutuhkan oleh tubuh berjenis lemak sehat. Lemak ini bisa didapatkan dari beberapa jenis kacang, minyak zaitun, minyak kepala jenis VCO, dan ikan. Lemak jenis ini akan memberikan Omega 3 dan Omega 6 yang baik untuk jantung.

 

Mengonsumsi multivitamin dan mineral


Mengonsumsi multivitamin dan mineral - icebike

 

Tubuh membutuhkan cukup banyak vitamin yang bermanfaat untuk menunjang kerja organ. Vitamin yang dibutuhkan setiap hari berjenis A, D, E, K. Vitamin ini larut di dalam melak. Selanjutnya Vitamin B kompleks juga dibutuhkan untuk mengurangi lelah pada otot.

Selain vitamin, tubuh juga membutuhkan mineral dalam jumlah kecil setiap harinya. Mineral yang dibutuhkan oleh tubuh terdiri dari kalsium, zat besi, dan seng. Mineral ini bisa didapatkan dari makanan atau minuman yang mengandung mineral dan ion.

Inilah beberapa tips diet sehat yang harus kamu penuhi kalau ingin kuat bersepeda. Selamat mencoba, semoga bisa berjalan dengan aman dan lancar.

Leave a comment

All comments are moderated before being published