DAFTAR 5 FILM PETUALANGAN INDONESIA TERBAIK TENTANG MENDAKI GUNUNG

film petualangan Indonesia

Dibandingkan tema lain seperti percintaan dan misteri, film petualangan Indonesia memang dapat dibilang sebagai genre yang kurang populer. Namun, khusus untuk kamu yang menggemari film dengan tema bertualang di atas gunung, Indonesia tetap memiliki berapapa judul film yang tetap bisa kamu nikmati.

Nah, kira-kira apa saja sih, daftar film terbaik di Indonesia untuk kamu yang suka mendaki gunung atau hiking?

Yuk, baca ulasannya berikut ini.

5 Film Petualangan Indonesia Terbaik dengan Tema Mendaki Gunung

film petualangan Indonesia

Dengan banyaknya gunung-gunung di Indonesia yang memiliki panorama alam sangat eksotis, sangat disayangkan bahwa ternyata tidak cukup banyak film yang mengambil hal ini sebagai background jalan ceritanya. Film petualangan gunung masih kalah jauh popularitasnya dengan film drama misteri atau horror yang jauh lebih digemari misalnya.

Meskipun demikian, ada beberapa film di Indonesia yang mengambil tema tentang petualangan dan mendaki gunung yang juga bisa kamu jadikan alternatif tontonan yang menarik. Selain mempertontonkan keindahan alam Indonesia yang luar biasa cantik, film-film ini juga memiliki jalan cerita yang cukup menarik untuk kamu simak.

Nah, apa saja daftar film indonesia yang berkisah secara khusus tentang dunia pendakian gunung?

Berikut ini 5 daftar terbaiknya versi Akasaka Journal.

BACA JUGA:

Gie (2005)

film petualangan Indonesia

Film ini merupakan sebuah film yang sangat bagus dan mendapat cukup banyak penghargaan. Gie adalah film yang diangkat dari sebuah buku karya Soe Hok Gie yang berjudul Catatan Seorang Demonstran. Soe Hok Gie, seperti yang mungkin sudah kamu ketahui sendiri, adalah salah satu tokoh penting dunia pecinta alam Indonesia dan pendiri Mapala UI (Universitas Indonesia).

Soe Hok Gie merupakan orang penting dalam sejarah dunia petualangan di Indonesia. Ia merupakan sosok yang menginspirasi anak muda Indonesia untuk menjadi sosok yang idealis. Kemampuan Gie dalam kecerdasan pemikiran, sikap yang kritis, dan romantisme dengan alam, telah melahirkan dirinya dalam sebuah pelangi kharismatik anak muda idola Indonesia.

Secara khusus Gie bukanlah film tentang travelling, akan tetapi dalam film ini kamu akan diajak pula untuk menikmati keindahan alam Indonesia dalam balutan cakrawala gunung-gunungnya. Kamu akan mendapati beberapa adegan dimana keindahan sabana dan puncak gunung menjadi daya tarik paling memikat pada jalan cerinya.

film petualangan Indonesia

Oh ya, kamu pasti sudah tahu siapa saja bintang yang menjadi aktor dalam film Gie, kan?

Iya benar banget. Film ini dibintangi oleh sederet aktor top tanah air. Kemampuan Nicholas Saputra memerankan sosok Soe Hok Gie membawanya pada penghargaan Piala Citra. Dan tidak hanya itu, aktor-aktor lain seperti Lukman Sardi, Wulan Guritno, dan Indra Birowo juga hadir dan membuat film ini semakin berkelas untuk kamu nikmati.

Nah, jika kamu mau menikmati film petualangan Indonesia yang terbaik dan paling rekomended, film Gie yang disutradarai Riri Riza dan diproduseri oleh Mira Lesmana ini adalah yang film pertama yang harus kamu tonton menurut Akasaka Journal.

Pencarian Terakhir (2008)

film petualangan Indonesia

Berdasarkan genrenya, film Pencarian Terakhir dapat dikategorikan sebagai film horor pendakian gunung Indonesia yang paling populer hingga sekarang. Film ini mengisahkan kekhawatiran seorang kakak yang kemudian berusaha melakukan pencaharian atas adiknya yang menghilang setelah mendaki di sebuah gunung yang angker di Indonesia.

Kamu yang suka film hantu atau film-film horror dengan setting cerita di atas gunung, wajib banget nonton film yang satu ini. Dalam film ini kamu akan ditunjukkan bagaimana sebenarnya kejadian demi kejadian menimpa sebuah tim pendaki di atas gunung paling angker di Indonesia yang kemudian membuat mereka tersesat dan hilang.

film petualangan Indonesia

Film Pencarian Terakhir mungkin akan sangat akrab buat kamu yang mungkin saja pernah mengalami kejadian-kejadian aneh dan mistis sewaktu mendaki. Kabut yang tiba-tiba datang entah darimana, jalan yang membingungkan untuk dipilih, suara-suara aneh yang masuk ke gendang telinga seakan memanggil namamu, semuanya akan kamu ditemui dalam film yang satu ini.

Jadi, jika kamu adalah seorang petualang yang juga suka dengan hal-hal yang berbau supranatural dan mistis, maka film Pencarian Terakhir ini wajib untuk kamu saksikan, ya.

Sagarmatha (2013)

film petualangan Indonesia

Nah, ini adalah film tentang travelling romantis Indonesia yang berlatar ambisi mendaki gunung tertinggi di dunia. Romantisme yang terbangun dalam film Sagarmatha ini terjadi di antara sepasang sahabat, bukan di antara sepasang sejoli seperti umumnya pada film-film romantis lainnya di Indonesia.

Sagarmatha sendiri merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa Nepal yang disematkan untuk gunung Everest. Selain Sagarmatha, sebutan untuk gunung Everest kadang adalah Chomolungma untuk wilayah Tibet. Sagarmatha dipilih sebagai judul film yang dibintangi oleh Nadine Candrawinata ini karena jalan ceritanya mengharuskan mereka berupaya mendaki Everest melalui sisi Nepal.

film petualangan Indonesia

Lalu, apa hal menarik yang bisa Sobat Akasaka dapatkan jika menonton film ini?

Banyak banget. Yang pastinya kamu akan bisa merasakan aura mimpi dua orang sahabat untuk mendaki puncak tertinggi di muka bumi. Atau kamu juga bisa merasakan bagaimana indahnya perjalanan ke Kalkuta di India karena syuting film ini juga dilakukan di sana.

Pokoknya buat kamu yang memiliki mimpi bertualang bersama sahabat ke gunung-gunung tertinggi, Sagarmatha cocok deh, untuk kamu tonton bareng.

5 CM (2012)

film petualangan Indonesia

Rasanya tidak ada film tentang pendakian gunung di Indonesia yang setenar 5 CM. Kamu juga sepakat dengan hal itu, kan?

5 CM merupakan sebuah film yang diadaptasi dari sebuah buku novel berjudul sama karya Donny Dirgantoro. Secara umum, film ini berkisah tentang persahabatan dan juga kisah romantisme yang terjalin dengan latar belakang pendakian gunung tertinggi di pulau Jawa. Untuk kamu yang memiliki impian dan cita-cita, film ini juga menjadi salah satu film yang dapat kamu jadikan motivasi, lho.

film petualangan Indonesia

Dalam 5 CM, kamu akan diajak menyelami indahnya persahabatan 5 orang anak muda ibu kota. Persahabatan ini dibumbui dengan kisah-kisah asmara yang menarik dan khas remaja. Dan tentu saja yang paling unik dari jalan cerita film ini adalah, ketika kamu diajak menyaksikan indahnya Mahameru dan segala yang ada di sekitarnya.

Menjadi lebih menarik lagi jika kamu mengetahui bahwa film 5 CM adalah film yang ditenggarai sebagai pemicu besarnya minat anak muda Indonesia untuk mendaki gunung. Film inilah yang dianggap sebagai awal dari booming-nya minat anak muda Indonesia untuk menjelajah alam dan mendaki gunung.

Film ini sangat rekomended buat kamu yang suka suasana romantis berbalut komedi dengan latar-latar pemandangan alam yang indah. Dalam film ini kamu akan disuguhkan megahnya Mahameru, danau Ranukumbolo, padang rumput Oro-Oro Ombo, dan  lain sebagainya.

Negeri Dongeng (2017)

film petualangan Indonesia

Ini adalah film dokumenter yang cukup menarik untuk kamu nikmati. Dan  bukan itu saja, film Negeri Dongeng yang disutradarai oleh Anggi Frisca ini juga akan membawa kamu lebih dekat mengenal keindahan Indonesia dalam perjalanan mendaki tujuh puncak paling tertinggi di setiap pulaunya.

Nah, jika kamu pernah mendengar istilah Seven Summit Indonesia, maka film ini adalah gambaran paling sempurna untuk menceritakannya.

Dikarenakan sifatnya dokumenter, film ini lebih terasa orisinalitasnya. Kamu mungkin tidak akan menemukan adegan-adegan drama romantis atau misteri yang dibuat-buat. Namun sebagai gantinya, kamu tentu saja akan menikmati indahnya panorama alam Indonesia yang berhasil ditangkap oleh 7 sineas muda Indonesia yang terlibat dalam film ini.

film petualangan Indonesia

Dalam film Negeri Dongeng, kamu akan disuguhkan keindahan gunung-gunung tertinggi di Indonesia seperti; Gunung Kerinci di pulau Sumatera, gunung Semeru di pulau Jawa, gunung Rinjani di pulau Lombok, gunung Bukit Raya di Kalimantan, gunung Latimojong di Sulawesi, gunung Binaiya di Maluku, dan gunung Carstenz Pyramid di Papua.

Jadi, buat kamu yang mendambakan film petualangan gunung atau film travelling Indonesia dalam balutan cakrawala gunung-gunung, Negeri Dongeng adalah film yang sangat direkomendasikan.

BACA JUGA:

film petualangan Indonesia

Nah, itu adalah 5 film petualangan Indonesia terbaik tentang pendakian gunung yang bisa Sobat Akasaka jadikan referensi. Selain bisa menjadi teman yang nyaman di waktu luang, film-film yang tepat juga akan memberikan kamu inspirasi dan pengaruh yang bagus, lho.

Oh ya Sobat Akasaka, sembari menikmati film-film tersebut, yuk, lihat berbagai koleksi terbaru dari Akasaka Outdoor. Produk Akasaka Outdoor akan menjadikan petualangan kamu semakin asyik, nyaman, stylish dan juga istimewa.

Jadi, klik segera tautannya di bawah ini, ya!

KLIK DISINI DAN DAPATKAN PRODUK ISTIMEWA DARI AKASAKA OUTDOOR SEKARANG JUGA

 

Baca Ini Juga Yuk!

8 REKOMENDASI FILM ADVENTURE TERBAIK UNTUK PENDAKI GUNUNG
8 REKOMENDASI FILM ADVENTURE TERBAIK UNTUK PENDAKI GUNUNG
Halo, Sobat Akasaka yang suka menonton film,  dalam artikel kali Akasaka Journal akan membagikan rekomendasi film  adventure  terbaik yang tentu saja bisa kamu saksikan. Film-film berikut memiliki ...
Read More
PENDAKI MENINGGAL DI LATIMOJONG, MUNGKIN INI PENYEBABNYA
PENDAKI MENINGGAL DI LATIMOJONG, MUNGKIN INI PENYEBABNYA
Kabar duka kembali menerpa dunia petualangan Indonesia ketika informasi pendaki meninggal di Latimojong memenuhi laman sosial media sejak kemarin. Pendaki tersebut yang diketahui bernama Basuki Rac...
Read More
13 TEMPAT DENGAN PEMANDANGAN DASAR LAUT TERINDAH DI DUNIA
13 TEMPAT DENGAN PEMANDANGAN DASAR LAUT TERINDAH DI DUNIA
Indonesia sudah sejak lama terkenal sebagai salah satu negara di dunia yang kaya akan pemandangan dasar laut terindah. Berbagai spot penyelaman di Indonesia seperti Bunaken, Bali, Raja Ampat, Deraw...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published