CARA MEMILIH DAYPACK YANG BAGUS UNTUK HIKING DAN BERTUALANG

 

Cara memilih daypack yang bagus

Apa pun bekal perjalanan petualangan yang kamu bawa akan tetap terasa nyaman jika kamu membawa daypack atau ransel yang nyaman pula. Oleh karena itu, mengerti cara memilih daypack yang bagus untuk bertualang sama artinya dengan setengah kesuksesan perjalanan petualangan itu sendiri.

Lalu pertanyaannya kemudian adalah; bagaimana cara memilih daypack yang bagus untuk bertualang?

Nah, Akasaka Journal akan menjelaskannya kali ini.

BACA JUGA:

Panduan dan Cara Memilih Daypack yang Bagus untuk Bertualang

Cara memilih daypack yang bagus

Untuk mendapatkan daypack atau ransel yang sesuai dalam bertualang, ada beberapa pertimbangan yang harus kamu perhatikan. Pertimbangan-pertimbangan ini meliputi untuk jenis aktivitas petualang apa daypack akan digunakan? Seberapa sering kamu akan bertualang? Apa saja perlengkapan yang biasa kamu bawa? Dan lain sebagainya.

Semakin relevan antara jenis petualangan yang kamu lakukan dengan daypack yang kamu pilih, maka semakin nyaman pula perjalanan kamu nantinya.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai bagaimana memilih daypack yang bagus, hal yang perlu kamu tahu juga adalah bahwa tas outdoor terbaik bukanlah tentang harga. Ini penting untuk kamu ketahui karena ada beberapa persepsi yang salah dengan menyatakan bahwa tas terbaik adalah yang harganya paling mahal.

Nah, supaya kamu lebih mudah memahami bagaimana menentukan daypack yang paling tepat untuk segala aktivitas yang kamu lakukan. Tips berikut sangat penting untuk kamu pertimbangkan.

Tentukan Lebih Dulu Aktivitas Petualangan Apa yang Kamu Lakukan

Antara tas daypack 30 liter untuk keperluan hiking, tentu berbeda dengan tas daypack ukuran yang sama untuk kepentingan office misalnya. Atau yang hampir sama misalnya untuk kepentingan rock climbing dan memanjat tebing.

Supaya lebih komprehensif, berikut spesifikasi kebutuhan daypack yang paling ideal untuk berbagai macam kegiatan outdoor.

Daypack untuk Hiking

Cara memilih daypack yang bagus

Hal pertama yang harus kamu pikirkan ketika memilih daypack untuk kebutuhan hiking adalah tas ini akan terus menempel di punggungmu selama kegiatan hiking berlangsung. Di samping itu, segala kebutuhan selama melakukan hiking harus mampu diakomodasi dengan baik pula oleh daypack tersebut.

Dengan spesifikasi sederhananya dulu, tas hiking sudah pasti harus memiliki dua fungsi utama  untuk mendukung perjalanan hiking tetap nyaman dan aman. Fungsi utama ini adalah mampu menjadi tas yang mampu menampung semua kebutuhanmu, dan yang kedua memiliki kenyamanan untuk digunakan dalam waktu yang lama.

Lalu, untuk ukurannya bagaimana?

Idealnya tas hiking adalah berkisar pada ukuran 15 liter hingga 30 liter. Nah, ukuran tas 30 liter dianggap yang paling ideal untuk kamu gunakan jika perjalanan hikingmu hanya seharian saja.

Beberapa compatment penting yang harus dimiliki oleh tas hiking adalah adalah ruang utama yang mampu memuat air minum, pakaian ganti, first aid kit dan lain sebagainya. Beberapa kantong bagian samping yang mudah diakses juga penting untuk membawa botol air minum atau tripod kamera.

Bagian back system juga penting jika kamu misalnya adalah orang yang mengutamakan kenyamanan dalam bertualang. Carrier 30 liter dengan air flow system bisa menjadi pilihan yang menarik.

Daypack untuk Rock Climbing

Cara memilih daypack yang bagus

Hal paling penting untuk kamu pertimbangkan ketika memilih daypack untuk rock climbing atau panjat tebing adalah jenis rock climbing apa dulu yang kamu lakukan?

Rock climbing membutuhkan gerakan yang dinamis, lentur dan pada situasi  tertentu; membutuhkan banyak energi. Nah, pertimbangkan daypack yang mampu mendukung semua hal ini.

Perlengkapan panjat tebing juga bukan alat-alat yang ringan. Carabiner, bolt, tali kermantel, piton, jumar dan lain sebagainya, akan cukup berat untuk dibawa merayapi tebing. Dari sisi penempatan, kamu mungkin membutuhkan tas yang misalnya quick accesibble untuk perlengkapan yang butuh diambil cepat seperti carabiner dan tali.

Pertimbangan lain yang juga perlu kamu perhatikan adalah adanya cantolan atau strap yang dapat dengan mudah dikaitkan pada carabiner yang terhubung pada anchor. Kamu tidak mungkin untuk terus-terusan membawa perlengkapan panjat tebingmu di atas punggung, bukan?

Daypack untuk Adventure Racing atau Trail Running

Cara memilih daypack yang bagus

Ringan dan simpel adalah mantra paling penting untuk kamu ingat ketika memilih tas untuk kegiatan yang super dinamis sepertu adventure race atau pun trail running. Pergerakan ototmu yang cepat dan sangat aktif membutuhkan tas yang juga lentur dan mampu mengikutinya. Untuk alasan ini kemudian tas dengan frame tidak ada dalam pilihan.

Mempertimbangkan tas ultralight terbaik untuk kegiatan trail running atau pun adventure racing akan memberikan kamu dua pilihan utama untuk digunakan.

Pilihan pertama adalah tas biasa yang ringan dengan ukuran 20 liter atau yang lebih kecil daripada itu.

Kemudian pilihan kedua adalah tas yang bentuknya seperti rompi yang membawa barang-barang esensial dan air minum. Rompi sebagai tas untuk mengakomodasi kepentingan trail running sudah cukup populer pula untuk digunakan.

Daypack untuk Water Sport

Cara memilih daypack yang bagus

Tas untuk aktivitas olahraga air selalu memperhitungkan air itu sendiri sebagai pertimbangan utama performance-nya di lapangan.

Untuk kamu yang sering melakukan aktivitas water sport seperti arung jeram, kayak dan lain sebagainya. Kamu perlu melihat performance sebuah daypack untuk pendukung aktivitasmu melalui bahannya yang water resitance, cepat kering dan tetap ringan dipakai ketika dalam kondisi basah.

Dengan spesifikasi seperti ini, kamu yang biasa berkegiatan di wilayah basah atau hutan hujan tropis juga bisa menggunakannya. Kamu yang hobi memancing baik di sungai, danau atau juga dapat memanfaatkan rekomendasi ini pula.

Akan tetapi untuk kamu yang membutuhkan daypack dengan performance waterproof yang total seperti dalam aktivitas berenang dan semacamnya, kamu tentu membutuhkan tas yang lebih tangguh.

Nah, pertimbangkan bahan yang 100% tahan air baik sebagai bahan utama mau pun resletingnya.

Daypack untuk Urban atau Daily Esensial

Cara memilih daypack yang bagus

Hampir semua daypack ukuran 15 hingga 30 liter dapat dipergunakan untuk aktivitas ini. Tidak ada kebutuhan teknis yang mengharuskan tas yang kamu gunakan harus memenuhi standar tertentu.

Meskipun tidak ada kebutuhan khusus yang disyaratkan secara teknis. Namun, tas untuk aktivitas urban seperti aktivitas perkantoran, kampus, hanging out bersama teman-teman dan lain sebagainya, biasanya membutuhkan kompartmen utama berupa space laptop.

Di samping laptop space, aktivitas perkotaan yang ramah lingkungan dengan jalur sepeda memungkinkan kamu juga untuk bersepeda dengan tas daypack di punggung. Untuk mendukung aktivitas ini helmet holder atau jaring untuk menempatkan helm akan membuatnya lebih esensial.

Tambahan lain yang wajib adalah back system dengan pad yang nyaman.

Kamu tentu tidak ingin punggungmu terasa nyeri karena laptop atau perlengkapanmu yang lain, terasa terlalu dekat, bukan?

Cara Memilih Daypack yang Bagus dan Paling Ideal untuk Kamu Gunakan

Selanjutnya apa yang perlu kamu ketahui mengenai memilih sebuah daypack setelah kamu sudah mengidentifikasi aktivitas apa yang paling utama kamu lakukan?

Beberapa hal berikut ini adalah di antaranya.

Kenyamanan

Cara memilih daypack yang bagus

Tergantung dari jenis kegiatan petualangan apa yang kamu lakukan, itu pula yang akan menjadi parameter kenyamanan daypack yang kamu gunakan.

Jika kamu membawa perlengkapan yang berat dan banyak, daypack dengan suspensi system dan back system yang mampu mengalirkan sirkulasi udara dengan lancar akan sangat membantu. Namun jika kamu mengutamakan kecepatan dalam petualanganmu, maka daypack yang ringan, elastis dan mampu mengikuti gerakan yang dinamis akan sangat menyenangkan.

Tipsnya adalah, ketika kamu memilih daypack coba pula mensimulasikan gerakan-gerakan yang paling sering kamu lakukan untuk mengukur kenyamanannya.

Kapasitas

Cara memilih daypack yang bagus

Umumnya daypack yang paling banyak dipergunakan adalah berkisar dari 20 liter hingga 30 liter, ini adalah ukuran yang paling ideal.

Ukuran tas carrier paling kecil untuk aktivitas petualangan yang umum adalah 20 liter. Untuk menambah volume kapasitasnya beberapa produsen menambahkan kompartmen lain serta berkompromi dengan desain yang lebih aktif.

Sebaliknya jika kamu membawa tas yang terlalu besar dengan ukuran hingga 40 liter, ini mungkin sudah tidak dikategorikan sebagai daypack lagi. Jika memang kamu harus membawa sepatu, perlengkapan untuk keluarga dan lain sebagainya, ukuran daypack yang ideal mungkin tidak dapat mengakomodasi semuanya.

Berat

Cara memilih daypack yang bagus

Ingatlah seberapa pun perlengkapan yang akan kamu bawa dalam bertualang, kamu harus membawa berat daypacknya sendiri terlebih dahulu.

Jadi, pikirkan pula untuk memilih tas yang relevan antara berat yang dimilikinya dengan segala kompartmen yang dimilikinya. Pada umumnya semakin spesifik sebuah daypack, semakin mudah pula bagi kamu untuk mengorganisasikan perlengkapan yang kamu bawa.

Namun demikian, jangan juga memaksakan diri untuk memilih tas yang lebih berat karena kompartmennya sementara kamu sendiri dalam aktivitas yang paling sering kamu lakukan, tidak pernah menggunakannya.

Compartment atau Aksesories

Cara memilih daypack yang bagus

Kompartmen sebuah daypack pada umumnya terdiri dari kantong utama, side pocket, top loaded, reslting, back system, hip belt, sternum strap dan lain sebagainya. Namun demikian, ini bukan hal yang paten. Pada tas dengan spesifikasi waterproof untuk watersport, hal ini ini bukan sebuah keharusan.

Pastikan bahwa tas yang kamu pilih memiliki kelengkapan yang cukup untuk mendukung kegiatanmu. Strap penahan trekking poles dan rain cover adalah salah satu contohnya jika daypack hiking yang kamu perhitungkan.

Harga

Cara memilih daypack yang bagus

Pertimbangan terakhir adalah harga dan bujetmu sendiri. Menyesuaikan daypack yang kamu butuhkan dengan harga yang tepat adalah kuncinya.

Dalam artian yang lebih spesifik, jangan memaksakan untuk memilih daypack yang secara harga lebih tinggi namun tidak sesuai dengan kebutuhanmu.

Sebaliknya, jangan pula terlalu berhemat dengan harga, sementara kenyamanan dan keamanan kamu sendiri menjadi taruhannya.

BACA JUGA:

Cara memilih daypack yang bagus

Nah, itu adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan sebagai cara memilih daypack yang bagus untuk semua jenis petualangan yang kamu lakukan.

Sebagai sarang terakhir; apa pun jenis daypack tempat kamu menjatuhkan pilihan, gear pendukungnya haruslah Akasaka Outdoor, ya. Dari sandal gunung hingga topi paling keren, Akasaka Outdoor akan membuat penampilanmu bersama daypack barumu semakin mengagumkan.

KLIK DISINI DAN PILIH PRODUK AKASAKA OUTDOOR FAVORITMU SEKARANG

 

Baca Ini Juga Yuk!

BEGINI CARA MEMILIH KOMPOR GUNUNG TERBAIK UNTUK MENEMANI PETUALANGANMU
BEGINI CARA MEMILIH KOMPOR GUNUNG TERBAIK UNTUK MENEMANI PETUALANGANMU
Jika kamu adalah tipe petualang yang suka merebus mie instan pada malam hari dan menyeduh tes atau kopi panas di pagi harinya, maka kamu membutuhkan kompor gunung. Kompor outdoor atau kompor gunung...
Read More
7 FAKTA DAN MISTERI GUNUNG TELOMOYO YANG PALING JARANG DIKETAHUI
7 FAKTA DAN MISTERI GUNUNG TELOMOYO YANG PALING JARANG DIKETAHUI
Gunung Telomoyo mungkin tidak sepopuler gunung Andong sebagai tujuan pendakian. Namun di sisi lain, justru popularitas misteri gunung Telomoyo dianggap lebih kuat daripada gunung Andong atau bahkan...
Read More
BEGINI CARA MEMILIH BASE LAYER  OUTDOOR TERBAIK UNTUK KENYAMANAN BERTUALANG
BEGINI CARA MEMILIH BASE LAYER  OUTDOOR TERBAIK UNTUK KENYAMANAN BERTUALANG
Pertahanan pertama bagi seorang petualang dalam berkegiatan di alam bebas adalah dengan memastikan bahwa tubuhnya terlindungi dengan sempurna. Untuk kepentingan ini, salah satu cara tradisional yan...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published