CARA MEMILIH CELANA PENDEK GUNUNG TERBAIK UNTUK AKTIVITAS HIKING

 

Ketika melakukan hiking, kamu suka menggunakan celana pendek gunung ataukah model pants yang panjang dan menutupi betis?  Apa pun pilihanmu, short pants dan celana panjang untuk hiking memiliki kelebihannya masing-masing. Namun, dalam artikel kali ini khusus akan dibahas mengenai penggunaan celana pendek dalam pendakian gunung.

Nah,  apa sih keunggulan penggunaan celana pendek gunung quick dry stretch, celana pendek model convertible, celana pendek tactical flexible atau pun jenis lainnya dalam aktivitas hiking atau pendakian gunung? Apakah ada risiko yang bisa saja terjadi terhadap para hiker yang menggunakan celana seperti ini? Dan mungkin yang paling penting jika kamu juga suka menggunakan short pants untuk mendaki gunung; bagaimanakah cara memilih celana pendek yang paling tepat untuk aktivitas hiking?

Untuk semua pertanyaan semacam itu, berikut penjelasan lengkapnya. Pastikan kamu membacanya sampai selesai, ya.

Spesifikasi Celana Pendek Gunung yang Terbaik untuk Hiking dan Beberapa Cara dalam Memilihnya

Penggunaan celana pendek dalam aktivitas pendakian gunung dalam batasan yang masih bisa disebut hiking, tentu saja itu adalah hal yang biasa. Bahkan pada beberapa hiker, celana pendek dianggap lebih nyaman dan lebih simpel untuk digunakan dibandingkan celana panjang. Perasaan ringkas, gampang dan ringan adalah beberapa hal yang paling sering diajukan sebagai alasan mengapa celana pendek cukup banyak dipilih sebagai bagian dari pakaian hiking.

Lebih menarik lagi kemudian, penggunaan celana pendek dalam aktivitas hiking ini juga sangat universal. Artinya dapat digunakan oleh lintas gender, baik pria mau pun wanita. Namun tentu saja dari sisi proporsionalitas dan spesifikasi, celana pendek gunung wanita setidaknya memiliki desain dan compartment yang berbeda dibandingkan hiking short pants untuk pria.

Lantas, apa sih sebenarnya keunggulan dan keistimewaan celana pendek gunung hingga marak digunakan untuk kegiatan hiking? Setidaknya beberapa hal berikut ini adalah yang paling sering diutarakan.

Celana Pendek Gunung Terasa Lebih Ringan

Meskipun sebenarnya tidak begitu jauh berbeda dari sisi bobot, namun dalam aplikasi penggunaannya di lapangan, short pants memang terasa jauh lebih ringan dibandingkan celana panjang. Jadi, untuk hiker yang ingin melangkah dengan perasaan yang mungkin lebih terasa ‘extra lightweight’, tentu saja celana pendek menjadi pilihan utama mereka.

Bahan celana pendek katun mungkin akan terasa lebih ringan saat melangkah  di medan hiking yang becek dan berlumpur dibandingkan celana panjang dengan bahan yang sama. Perasaan ringan ini juga kemudian akan lebih terasa pada saat medan hiking yang dilalui tersiram hujan. Kondisi basah celana pendek tentu saja jauh lebih ringan digunakan untuk berjalan dibandingkan celana panjang.

Celana Pendek Gunung Terasa Lebih Ringkas

Alasan kedua yang seringkali dikemukakan pula oleh para pengguna celana pendek gunung adalah karena celana dengan desain ini terasa lebih ringkas dan gampang digunakan. Di Indonesia misalnya, celana pendek gunung eiger atau celana pendek brand outdoor lainnya dijadikan pilihan dalam mendaki gunung karena alasan ini; yakni karena terasa lebih ringkas.

Jika celana dengan model panjang mungkin harus digulung karena tidak ingin basah saat melewati sabana yang berembun di pagi hari, maka celana pendek tentu saja tidak membutuhkan itu semua. Tanpa adanya kain penutup bagian bawah, betis dan kaki pendaki akan langsung bersentuhan dengan titik-titik embun di daun rumput.

Dan hal ini kadang menjadi salah satu pertimbangan para pendaki atau hiker untuk lebih memilih celana pendek.

Celana Pendek Gunung Terasa Lebih Stylish

Menganggap celana pendek cargo atau celana pendek untuk mendaki gunung lainnya lebih stylish dibadingkan hiking long pants tentu saja adalah pendapat yang menarik. Dan lebih menarik lagi karena pandangan seperti ini memang benar-benar ada. Bahwa celana pendek hiking dianggap lebih stylish daripada celana panjang untuk kegiatan outdoor.

Dengan celana pendek, bagian bawah kaki pendaki atau hiker akan lebih terekspos. Hal ini termasuk juga dengan bagian footwear seperti sandal gunung atau sepatu gunung yang sedang dikenakan akan terekspos dengan sempurna. Untuk alasan yang menarik ini, celana pendek hiking dianggap lebih tepat dan menarik untuk digunakan.

Celana Pendek Gunung Terasa Lebih Natural

Keunggulan lain dari sebuah celana gunung pendek wanita atau pria dibandingkan celana panjang adalah kesan natural dan menyatu pada alamnya  yang dianggap lebih totalitas. Ini seperti pada alasan sebelumnya, mungkin hanya didorong oleh persepsi setiap hiker saja yang mungkin berbeda memaknai naturalitas dalam sebuah petualangan.

Ketika kulit kaki bersentuhan dengan rerumputan, atau ditiup angin gunung yang sejuk, atau ditetesi oleh embun pagi yang dingin, beberapa hiker menganggapnya sebagai bagian dari keistimewaan penyatuan seorang pendaki gunung dengan alam. Dalam konteks yang lebih bersifat filosofis ini, celana pendek sekali lagi dianggap sebagai fashion yang lebih idealis untuk seorang petualang di alam bebas.

Beberapa Kekurangan Celana Pendek Gunung Untuk Aktivitas Hiking atau Pendakian Gunung

Di balik beberapa klaim keistimewaan penggunaan celana pendek untuk bertualang di alam bebas semacam hiking dan pendakian gunung, celana pendek juga tentu memiliki kekurangan. Dan sisi kekurangan yang paling sering diungkapkan terkait penggunaan celana pendek untuk pendakian gunung setidaknya adalah sebagai berikut;

Tidak Dapat Memberikan Perlindungan Maksimal Pada Kaki

Dengan menggunakan celana pendek untuk melakukan aktivitas pendakian gunung atau hiking, tentunya ada beberapa konsekuensi yang harus dihadapi. Konsekuensi yang pertama tentu saja adalah bahwa celana jenis ini tidak dapat memberikan perlindungan maksimal pada keseluruhan bagian kaki. Betis, engkel, dan lutut adalah bagian yang paling umum terbuka jika menggunakan celana pendek untuk aktivitas apa pun.

Konsekuensi risiko penggunaan celana pendek ini kemudian semakin meningkat ketika misalnya seorang hiker memasuki medan penjelajahan yang banyak ditumbuhi rumput berduri. Atau pada kasus yang lebih umum di Indonesia; misalnya ketika pendakian gunung masuk pada wilayah yang banyak dihuni oleh hewan penghisap darah seperti pacet atau lintah.

Terlalu Terbuka dan Dingin

 

Sisi minus kedua dari celana pendek untuk aktivitas hiking adalah karena produk ini dianggap terlalu terbuka. Kata terbuka pada kalimat ini dapat diartikan secara harfiah, atau pun dapat dibahasakan dalam istilah yang lebih sensitif misalnya; terkesan lebih vulgar.

Untuk para hiker pria, ini mungkin tidak banyak muncul ke permukaan. Namun, budaya timur masih memandang ini sebagai sebuah kekurangpantasan jika itu dikenakan oleh para pendaki wanita. Perbedaan pendapat mengenai hal ini tentu saja akan mengundang perdebatan yang panjang. Akan tetapi dari sisi keterbukaan untuk celana pendek, bagian ini tetap dianggap sebagai kekurangan.

Masih sejalan dengan keterbukaan dan perlindungan yang kurang optimal, celana pendek yang dikenakan di gunung juga akan membuat hiker lebih rentan terhadap hawa dingin. Tidak adanya lapisan pelindung kulit bagian kaki bawah kaki akan membuat dinginnya hawa pegunungan langsung menerpa kulit secara langsung.

Cara Memilih Celana Pendek Gunung Terbaik dan Beberapa Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Setelah kamu mengetahui keistimewaan dan juga kekurangan celana pendek gunung untuk aktivitas hiking dan mendaki gunung, sekarang bagaimana cara memilihnya sendiri? Apakah ada kriteria khusus yang dapat dijadikan pedoman saat memilih celana pendek untuk hiking yang terbaik?

Setidaknya ada beberapa kriteria yang dapat diperhitungkan ketika kamu memilih sebuah short pants untuk hiking. Beberapa kriteria tersebut antara lain adalah;

Pilih Material Celana Pendek yang Quick dry

Meskipun dalam bentuk pendek, material yang cepat kering adalah hal wajib untuk sebuah celana gunung. Saat kamu kehujanan atau celana yang kamu kenakan basah karena penyebab lain, maka tidak dibutuhkan waktu lama untuk membuatnya kering kembali.

Pilih Material Celana Pendek yang Stretch

Celana pendek gunung quick dry stretch atau elastis bisa jadi pilihan yang paling ideal dari sisi material. Jadi, selain mudah kering ketika terpapar basah, celana seperti ini juga mampu menahan pergerakan yang aktif di atas gunung. Bahannya yang stretch atau elastis dapat membantu membuat aktivitasmu lebih fleksibel.

Pilih Spesifikasi Celana Pendek yang Khusus untuk Outdoor

Celana pendek distro dengan beragam corak dan aksesoris yang ramai tentu saja tidak cocok digunakan untuk mendaki gunung atau hiking. Jadi pada langkah ini, pastikan kamu memilih celana pendek yang memang spesifikasinya ideal untuk aktivitas outdoor. Hal ini dilakukan supaya kenyamanan dan kekuatannnya terjamin saat kamu gunakan di lapangan.

Pilih Celana Pendek dengan Harga yang Masuk Akal dan Sebanding dengan Kualitasnya

Jangan tergiur celana pendek murah yang malah membuat kamu mengorbankan kualitasnya sendiri. Kamu dapat memilih harga yang paling ideal untuk kamu ambil sembari menyandingkan dengan kualitas yang diberikan. Celana pendek gunung dari Akasaka Outdoor dapat kamu jadikan barometer untuk hal ini.

Pilih Celana Pendek dengan Desain yang Sesuai

Terakhir kriteria yang harus kamu perhatikan pula adalah mengenai desainnya sendiri. Apakah kamu memprioritaskan desain yang simpel, mengutamakan kemampuan daya tampung cargo, atau malah desain convertible yang dapat dipadankan dengan sambungan kaki celana dan membuatnya menjadi celana panjang.

Intinya adalah, pilih desain celana pendek yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu menginginkan gerakan mendaki yang ringan dan cepat, maka celana pendek cargo dengan kantong yang banyak dan cenderung berat, mungkin bukanlah pilihan yang paling ideal.

Rekomendasi Celana Pendek Gunung Terbaik untuk Hiking dari Akasaka Outdoor

Sebagai salah satu brand perlengkapan outdoor terkemuka di Indonesia, Akasaka Outdoor tentu juga memiliki produk yang istimewa untuk kelas celana pendek gunung. Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasinya buat kamu.

Akasaka Casal Short Series

Celana pendek Akasaka Casal adalah salah satu celana pendek dengan predikat terbaik dan sangat memenuhi syarat untuk digunakan sebagai celana untuk kegiatan outdoor. Dari sisi material yang dipergunakan, Akasaka Casal terbuat dari bahan polyester bermutu tinggi yang sangat nyaman dan softly di kulit.

Selain nyaman dan softly, material Akasaka Casal juga memiliki kemampuan quick dry yang sangat baik. Dengan kemampuan ini, Akasaka Casal Short Series hanya membutuhkan  lebih sedikit waktu untuk kembali kering saat terpapar basah ketika digunakan. Dan hal ini tentu saja sangat menyenangkan untuk kamu yang sangat aktif  dan enerjik ketika bertualang di alam bebas.

Keunggulan selanjutnya dari Akasaka Casal Series adalah flesibilitas stretch yang memastikan kamu merasa sangat bebas bergerak ketika menggunakannya. Sementara dari penyimpanan, Akasaka Casal dilengkapi dengan 4 saku utama yang semuanya dilengkapi zipper.

Untuk warna pilihan yang tersedia, kamu bisa memilih Akasaka Casal Black untuk kesan yang lebih kuat. Atau juga ada pilihan warna bold navy, light navy dan grey untuk kamu yang mungkin ingin menampilkan kesan lebih dinamis saat bertualang di alam bebas.

KLIK DISINI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN HARGA MENARIK CELANA PENDEK GUNUNG TERBAIK AKASAKA CASAL SERIES

Akasaka Blacklava Short Series

Dari sisi bahan utama yang dipergunakan, Akasaka Blacklava dana Akasaka Casal memiliki banyak kesamaan. Keduanya mengadopsi material polyester berkualitas tinggi dengan kemampuan stretch dan quick dry yang sangat baik. Pilihan material yang premium dari kedua celana pendek Akasaka ini menjadikan Akasaka Casal dan Akasaka Blacklava sangat nyaman digunakan, elastis dan juga cepat kering jika terkena basah.

Dibandingkan Akasaka Casal  yang memiliki desain lebih ultralight, Akasaka Blacklava lebih menegaskan desain cargo pada aplikasinya. Dibekali oleh enam saku pada keseluruhan badan celana, Akasaka Cargo nampak lebih ‘berotot’ untuk membawa banyak perlengkapanmu selama bertualang.

Kesan celana pendek cargo dari Akasaka Blacklava terkesan kuat dengan adanya cover pada saku di kanan dan kiri samping celana. Cover yang sama kemudian ditempatkan pula sebagai pengaman saku bagian belakang. Selain memperkuat kesan cargo dan tangguh, kehadiran cover saku ini juga membuat keamanan barang yang ada didalamnya lebih terjaga.

Untuk warna sendiri, Akasaka Blacklava series terdiri dari beberapa warna pilihan yang menarik. Kamu bisa memilih Akasaka Short Blacklava Army Green, Akasaka Blacklava Short Brown, Akasaka Blacklava Short Dark Grey dan Akasaka Blacklava Short Light Grey.

KLIK DISINI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN HARGA MENARIK CELANA PENDEK GUNUNG TERBAIK AKASAKA BLACKLAVA SERIES

Akasaka Gaiete Packable Short Series

Jika kamu benar-benar suka dengan gaya ultralight series dalam pendakian gunung atau hiking, maka celana pendek gunung dari Akasaka yang satu ini dibuat khusus untuk kamu. Keistimewaan paling andal dari produk Akasaka Outdoor yang satu ini adalah packable pants  atau bisa kamu lipat sekecil mungkin seperti pack

Dari sisi material, Akasaka Gaiete juga sangat istimewa dengan bahan yanag digunakan sebagai material utamanya. Feature ultra light weigt, quick dry dan stretch masih dipertahankan sebagai keunggulannya.

Meskipun memiliki spesifikasi ultralight, Akasaka Gaiete Packable Short Series juga dilengkapi dengan empat saku utama. Menariknya salah satu sau di bagian belakang dilengkapi dengan zipper yang membuat barang yang kamu bawa dijamin lebih aman.

Untuk warna, saat ini Akasaka Gaiete Packable hanya memiliki satu pilihan yakni grey yang lebih mengesankan naturalisme dan juga semangat dinamis dalam berkarya.

KLIK DISINI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN HARGA MENARIK CELANA PENDEK GUNUNG TERBAIK AKASAKA GAIETE PACKABLE SHORT SERIES

Nah, itu adalah penjelasan lengkap tentang celana pendek gunung yang dapat kamu jadikan rekomendasi dalam aktivitas hiking atau pendakian gunung. Kenyamanan dalam bergerak dan keselamatan dalam bertualang adalah prioritas yang harus kamu utamakan, terlepas dari apa pun pilihan celana pendek yang akan kamu gunakan.

Jadi, selamat bertualang, ya!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a comment

All comments are moderated before being published