BENARKAH BUNGA EDELWEIS ARTINYA KEABADIAN? CEK 7 FAKTANYA BERIKUT, YUK!

bunga edelweis artinya

Kamu pasti tahu apa itu bunga edelweis, kan?

Yap, bunga ini adalah bungaya para pendaki gunung dan para petualang ketinggian. Bunga edelweis artinya seringkali dihubungkan dengan keabadian atau immortality. Akan tetapi benarkah demikian?

Nah, Akasaka Journal akan membahasnya secara khusus dalam artikel berikut.

Yuk, dibaca sampai tuntas, ya.

BACA JUGA:

Benarkah Bunga Edelweis Artinya Kebadaian? Tunggu Dulu, Berikut Fakta Sebenarnya

bunga edelweis artinya

Nama lain dari bunga edelweis adalah bunga senduro dalam bahasa Jawa. Namun dalam bahasa latin, bunga ini disebut sebagai Anaphalis Javanica, khusus untuk bunga edelweis yang tumbuh di pegunungan pulau Jawa. Sementara pada dataran tinggi pegunungan Alpen, bunga edelweis memiliki nama latin sebagai Leontopodium Alpinum.

Bunga edelweis merupakan anggota dari keluarga besar Asteraceae yang mencakup berbagai jenis bunga seperti aster dan lainnya. Bunga edelweis dalam gambaran yang umum disebut sebagai Leontopodium Nivale yang juga terdiri dari berbagai bentuk bunga dengan batang merambat, belukar, pohon pendek atau pun herba.

Nah Sobat Akasaka, dari nama latinnya saja kamu dapat memastikan bahwa antara bunga edelweis di pegunungan Alpen dengan bunga edelweis di Indonesia, adalah dua jenis bunga yang berbeda. Namun, beberapa sifat dari kedua bunga ini masih cukup banyak yang identik.

Secara umum Leontopodium Nivale atau bunga edelweis berasal dari wilayah-wilayah pegunungan Alpen yang kemudian menyebar ke banyak negara. Bahkan di Austria yang terkenal sebagai salah satu negara para pendaki gunung, bunga edelweis ini digunakan sebagai lambang negara.

Di Indonesia, edelweis juga mendapat anggapan yang istimewa. Makna cinta dari bunga edelweis bahkan dimetaporakan sebagai perwujudan dari keabadian, kasih sejati dan juga kesetiaan. Namun, benarkah seperti itu makna terdalam dari bunga yang istimewa satu ini?

Yuk, simak 7 faktanya berikut ini.

Bunga Edelweis Indonesia dan Edelweis Alpen adalah Dua Jenis Bunga yang Berbeda

bunga edelweis artinya

Antara bunga edelweis yang tumbuh di pegunungan Alpen dan bunga edelweis yang tumbuh di pegunungan Indonesia, adalah dua jenis bunga yang berbeda. Meskipun sama-sama disebut sebagai bunga edelweis, namun kedua bunga ini tidaklah sama baik secara genus, bentuk, mau pun strukturnya.

Dari gambar bunga edelweis Alpinum yang dengan mudah dapat kamu lihat di internet, tumbuhan ini tidak berbentuk rumpun seperti halnya bunga edelweis di pegunungan Indonesia. Leontopodium Nivale yang ada di pegunungan Alpen hidup seperti rumput liar dengan tinggi batang hanya berkisar 8 inchi hingga 16 inchi dari permukaan tanah.

Sementara untuk Anaphalis Javanica yang tersebar di pegunungan Nusantara, kamu bahkan dapat melihat batang bunga edelweis yang tumbuh berkisar dari 1 meter hingga 4 meter kadang-kadang.

Kelopak bunga edelweis pun berbeda antara yang tumbuh di pegunungan Alpen dan yang hidup di pegunungan Nusantara. Bunga Edelweis Leontopodium Nivale atau Leontopodium Alpinum cenderung memiliki kelopak yang lebih besar namun tidak beraturan dengan tangkai tunggal untuk satu kuntum bunga.

Kamu tentu saja dapat melihat perbedaan yang besar jika membandingkannya dengan rumpun bunga edelweis Anaphalis Javanica di Indonesia yang dalam satu tangkai memiliki kuntum bunga kecil yang bergerombol.

Bunga Edelweis Dianggap Sebagai Simbolisme Petualangan dan Karya Seni

bunga edelweis artinya

Tidak diragukan lagi bahwa bunga edelweis adalah bunga istimewa dalam dunia petualangan.

Nama latin dari bunga edelweis yang secara resmi menampilkan pegunungan Alpen, sudah dapat dipastikan bahwa bunga ini hanya ada hidup di dataran tinggi dan lereng-lereng pegunungan Alpen Eropa yang indah.

Dengan anggapan bahwa bunga edelweis merupakan bunga langka yang sulit ditemui dan tidak mudah didapatkan. Pada masa lalu, banyak para petualang dan klub pendaki gunung yang menjadikan bunga edelweis sebagai logo mereka.

Menariknya, hal ini diperkaya pula dengan narasi menarik dari Berthhold Auerbach yang menulis novel berjudul Edelweis tahun 1861. Meskipun jika ingin jujur, Berthhold agak berlebihan dengan mangatakan bahwa Edelweis adalah bunga langka. Faktanya, bunga ini termasuk mudah ditemui di lereng-lereng gunung Alpen yang mempesona.

Edelweis juga menjadi inspirasi karya seni lain berbentuk musik yang terkenal dengan karya The Sound of Music. Makna cinta dari bunga edelweis berusaha digubah dalam bait-bait melody yang indah dalam musik ini.

Bunga Edelweis Diklaim Mewakili Makna Keabadian dalam Kasih Sayang

bunga edelweis artinya

Di Indonesia, bunga edelweis identik dengan keabadian dalam cinta dan kasih sayang. Bunga ini yang tak berubah baik bentuk mau pun warnanya meskipun disimpan dalam waktu yang lama, telah melahirkan sebuah pemaknaan cinta sejati dalam hubungan manusia.

Namun, benarkah demikian?

Penyebab mengapa bunga edelweis tidak layu, berubah warna atau bahkan rontok dedaunannya adalah karena adanya hormon tertentu dalam bunga tersebut yang menjaganya tetap demikian. Dalam hal ini, baik Anaphalis Javanica di Indonesia mau pun Leontopodium Nivale di Eropa hampir memiliki sifat yang sama.

Setelah dipetik, kesegaran edelweis akan tetap sama setidaknya dalam masa satu minggu. Khusus untuk bunga edelweis pegunugan Alpen, kamu bisa menambah durasi kesegarannya dengan memasukkan bagian tangkai bunga ke dalam wadah berisi air.

Namun bagaimana pun, bunga edelweis tetap menemukan pesona sejatinya dalam bentuk kering. Alasan mengapa bunga edelweis disebut bunga abadi adalah karena ini; ketika diabadikan dalam kondisi kering, bunga ini nyaris tidak akan berubah dalam waktu bertahun-tahun lamanya.

Bunga Edelweis pada Banyak Budaya Mewakili Simbolisme Kesucian dan Ketulusan

bunga edelweis artinya

Meskipun bunga edelweis juga memiliki variasi warna yang berbeda seperti ungu atau pun merah muda, namun warna umum dari bunga ini adalah putih. Kelopak bunga yang tampak tidak beraturan itu sebenarnya konstruksi daun istimewa yang tertutup bulu-bulu halus. Dan pada jenis alpinum, kelopak dan kuntum ini lebih banyak berwarna putih.

Warna putih dalam analogi apa pun di dunia, hampir selalu disandingkan sebagai perlambang dari kesucian, kepolosan, kemurnian dan kejujuran.

Namun demikian, pada banyak literatur Eropa, warna putih pada bunga Edelweis juga diyakini sebagai simbol dari pembaharuan atau awal yang baru, keanggunan, kesempurnaan, harapan akan kedamaian, bahkan juga rasa kehilangan dan belasungkawa.

Dengan warna bunga yang tidak sepenuhnya putih, Sobat Akasaka mungkin akan menemukan pemaknaan dan simbolis yang lebih terbatas pada Anaphalis Javanica. Kecendrungan terbesar dari bunga Edelweis di Nusantara hampir selalu dilambangkan untuk kebadian dan ketulusan cinta.

Sebutan Bunga Abadi untuk Edelweis Mungkin Tidak Tepat

bunga edelweis artinya

Khusus untuk Anaphalis Javanica yang mulai terancam punah, mitos keabadiannya mulai tidak lagi dapat dipertahankan. Bahkan, bunga ini membutuhkan aturan yang ketat dan mengikat untuk melindunginya dari punah.

Kamu pasti sudah sering mendengar kalau ada oknum pendaki yang tertangkap basah memetik bunga edelweis untuk dibawa pulang, bukan?

Nah, ini tentu saja bukan perilaku yang menarik. Apalagi jika kamu adalah seorang petualang yang menggambarkan dirimu sebagai pecinta alam. Bagaimana pun juga, memetik bunga edelweis dan semangat mencinta alam yang terpatri dalam jiwa pecinta alam adalah dua hal yang kontradiktif.

Dengan ulah nakal para pendaki gunung yang kurang arif seperti ini, mitos bunga edelweis sebagai bunga abadi tidak mampu lagi dipertahankan. Terutama jika bunganya sendiri menjadi semakin susah ditemukan yang kemudian bisa saja berujung pada kepunahan.

Bunga Edelweis Dapat Diperjualbelikan

bunga edelweis artinya

Jika kamu pernah mengunjungi daerah-daerah wisata dataran tinggi di Indonesia seperti Dieng Plateau dan Bromo, kamu akan dengan menemukan bahwa salah satu cinderamata yang diperjualbelikan di sana adalah bunga edelweis.

Kok bisa, sih?

Bukankah bunga edelweis adalah bunga yang harus dilestarikan?

Nah, sebelum kamu berpikiran lebih jauh mengenai hal ini, kamu sebaiknya tahu kalau bunga yang diperdagangkan tersebut adalah hasil budidaya petani, bukan yang tumbul liar.

Dengan pembudidayaan yang tepat, perawatan yang juga baik, bunga edelweis juga dapat hidup seperti bunga-bunga umum lainnya. Bahkan karena keunikannya, bunga edelweis juga memberikan nilai ekonomis yang menarik.

Dan tentu saja dengan alasan seperti ini, tidak ada masalah jika ia kemudian diperjualbelikan.

Bunga Edelweis Dapat Menjadi Pilihan Hadiah yang Istimewa

bunga edelweis artinya

Apa pun arti dari bunga edelweis merah atau pun arti bunga edelweis ungu, atau pun yang paling familiar; bunga edelweis putih, bunga ini selalu layak menjadi hadiah yang istimewa untuk orang yang kamu anggap istimewa.

Dengan makna simbolis yang dimilikinya, kamu dapat menjadikan bunga edelweis sebagai pilihan untuk mengungkapkan rasa cinta, kesucian, tekad untuk memulai kehidupan baru, kemurnian perhatian dan kepolosan kasih sayang, dan sebagainya.

Di Indonesia, jika kamu ingin menggunakan bunga edelweis sebagai media mengungkapkan perasaan, tentu kamu harus memilih bunga edelweis hasil budidaya.

Sementara untuk jenis bunga edelweis Leontopodium Alpinum, mungkin kamu dapat lebih leluasa mengekpresikannya dengan memetiknya langsung di lereng-lereng pegunungan Alpen yang indah. Belum ada aturan yang melarang hal itu di sana.

BACA PULA:

bunga edelweis artinya

Nah, itu adalah 7 fakta menarik tentang bunga edelweis yang bisa memperkaya wawasan dan pengetahuanmu. Dengan pengetahuan ini, kamu pasti akan lebih menghargai bunga edelweis dengan membiarkannya tumbuh indah dan mekar di atas gunung-gunung Nusantara, tanpa perlu tergoda untuk membawanya pulang ke rumah.

Oh ya sebagai penutup artikel ini, kami ingin mengatakan bahwa meskipun tidak sedramatis makna edelweis yang mewakili simbol keabadian, Akasaka Outdoor juga punya lho, produk yang dapat digunakan ‘abadi’ karena saking tangguhnya.

Penasaran produk apa yang dimaksud? Coba saja klik langsung tautannya dibawah ini, ya.

BUKTIKAN KETANGGUHAN PRODUK AKASAKA OUTDOOR SEKARANG

 

Baca Ini Juga Yuk!

SERAM! INI 9 BUKTI KENGERIAN HUTAN AMAZON YANG PALING MENAKUTKAN
SERAM! INI 9 BUKTI KENGERIAN HUTAN AMAZON YANG PALING MENAKUTKAN
Jika berbicara tentang kengerian hutan Amazon, apa saja yang terbayang dalam benak Sobat Akasaka? Anaconda raksasa, katak beracun, ikan piranha yang ganas, atau buaya ukuran raksasa yang ganas dan ...
Read More
BEGINI CARANYA MEMILIH RAINCOAT GUNUNG YANG BAGUS UNTUK BERTUALANG
BEGINI CARANYA MEMILIH RAINCOAT GUNUNG YANG BAGUS UNTUK BERTUALANG
Raincoat adalah salah satu perlengkapan wajib untuk para petualang. Di tengah musim hujan akhir tahun seperti sekarang ini, pendakian di gunung manapun di Indonesia harus dibekali dengan raincoat g...
Read More
SELAIN TANGGUH INI 8 FAKTA SHERPA EVEREST YANG JARANG DIKETAHUI
SELAIN TANGGUH INI 8 FAKTA SHERPA EVEREST YANG JARANG DIKETAHUI
Menyebut sherpa sebagai sherpa Everest mungkin kurang tepat karena sherpa tidak hanya menjadi pemandu di Everest saja. Para sherpa yang jumlahnya banyak ini, hampir selalu menjadi garda terdepan pa...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published