BEGINI CARA MEMILIH SLEEPING BAG TERBAIK UNTUK TIDUR NYAMAN DI ATAS GUNUNG

sleeping bag

Tidur nyaman di atas gunung memang agak sulit diperoleh karena pengaruh ketinggian. Namun dengan mengerti cara memilih sleeping bag terbaik, paling tidak istirahat nyaman di atas gunung bisa kamu diusahakan. Di samping nyaman untuk istirahat, penggunaan sleeping bag yang nyaman juga akan mengembalikan energimu setelah bertualang.

Nah, bagaimanakah cara memilih sleeping bag yang paling recommended untuk mendaki gunung atau untuk camping biasa?

Yuk, simak ulasannya dalam uraian Akasaka Journal berikut ini.

BACA JUGA:

Cara Memilih Sleeping Bag Terbaik untuk Kualitas Tidur Nyaman di Atas Gunung

sleeping bag

Sleeping bag adalah salah satu perlengkapan wajib saat mendaki gunung. Di samping mampu melindungi tubuhmu dari udara dingin pegunungan yang mencucuk tulang, sleeping bag juga membantumu untuk memulihkan tenaga. Istirahat yang nyaman di dalam bungkusan sleeping bag yang hangat dan lembut adalah cara paling nyaman beristirahat di atas puncak gunung.

Nah, sebelum kamu menentukan ukuran sleeping bag seperti apa yang paling cocok untuk kamu gunakan, beberapa pengetahuan berikut ini sangat berguna untuk kamu ketahui. Pengetahuan yang baik mengenai jenis bahan sleeping bag, akan membantu kamu untuk menemukan sleeping bag paling ideal untuk kamu gunakan.

Lantas, apa saja yang perlu kamu ketahui tentang cara memilih sleeping bag terbaik dan paling ideal untuk digunakan?

Berikut beberapa di antaranya;

Pahami Batasan Temperatur yang Dimiliki oleh Sleeping Bag

sleeping bag

Pertimbangan pertama yang harus kamu ketahui sebagai cara memilih sleeping bag adalah dengan melihat ketahanan temperaturnya terlebih dahulu. Secara umum sleeping bag didesain sedemikian rupa dengan spesifikasi mampu menahan temperatur udara pada suhu-suhu tertentu.

Dilihat dari ketahanan terhadap suhu atau temperaturnya sendiri, sleeping bag secara umum dapat dibedakan dalam tiga jenis, yaitu;

  • Sleeping Bag Musim Panas; Untuk kategori ini suhu yang biasanya diaplikasikan adalah di atas 0 derajat celcius atau lebih tinggi dari 0⁰ C.
  • Sleeping Bag Tiga Musim: Kategori ini biasanya menggunakan temperatur di antara minus 10 derajat celcius hingga 0 derajat celcius atau -10⁰ - 0⁰ C.
  • Sleeping Bag Musim Dingin; Ini adalah kelas sleeping bag yang paling dingin dalam kegiatan hiking atau backpacking. Temperatur yang biasa digunakan adalah dibawah minus 10 derajat celcius atau lebih rendah dari -10⁰ C.

Sebelum kamu memilih sleeping bag dengan suhu berapa derajat yang akan kamu ambil. Ada baiknya kamu juga memahami bahwa suhu sleeping bag yang terlalu panas misalnya, dapat dengan mudah dinetralisir dengan membuka resletingnya. Artinya adalah kamu tidak perlu khawatir jika sleeping bag akan terlalu gerah saat digunakan.

Sleeping bag bulu angsa atau down umumnya memiliki ketahanan suhu yang lebih baik dibandingkan material lain seperti dacron atau polar.

Berbagai faktor lain seperti jenis sleeping pad atau matrass, kelembaban angin, pakaian yang digunakan, dan juga metabolisme tubuh manusia sendiri, juga memiliki pengaruh pada suhu yang dihasilkan sleeping bag.

Pahami Bentuk Sleeping Bag Apa yang Paling Nyaman untuk Digunakan

sleeping bag

Pertimbangan lain yang harus kamu pahami juga saat memilih sleeping bag adalah bentuknya. Bentuk sleeping bag sendiri nantinya akan berpengaruh pada kenyaman kamu saat tidur di dalamnya. Di samping itu, bentuk sleeping bag kadang juga berkorelasi dengan bobot sebuah sleeping bag.

Secara umum berdasarkan bentuknya, sleeping bag untuk aktivitas petualangan dapat dibedakan dalam lima jenis yaitu;

Sleeping Bag Rectangular

Jenis pertama dari varian sleeping bag berdasarkan bentuknya adalah rectangular atau sleeping bag bentuk persegi.

Sleeping ini seperti namanya,  memiliki bentuk yang sangat sederhana yakni persegi panjang. Desain ini memungkinkan kamu yang istirahat di dalamnya untuk bergerak leluasa di dalam sleeping bag. Umumnya sleeping bag dengan bentuk rectangular juga dilengkapi resleting yang membuatnya dapat dibuka sepenuhnya seperti sebuah selimut.

Sleeping Bag Semirectangular

Bentuk kedua dari sleeping bag ini mengkombinasikan anatara sleeping bag rectangular dan sleeping bag bentuk mummy. Ini adalah kompromi yang bagus untuk Sobat Akasaka yang menginginkan sleeping bag yang hangat sekaligus leluasa dalam bergerak.

Di Indonesia, kamu mungkin sering mendengar varian sleeping bag dacron vs polar yang membandingkan spesifikasi di antara kedua bahannya. Namun sayangnya khusus untuk bentuk semirectangular, baik dacron atau pun polar, masih tidak sebanyak model rectangular yang lebih populer.

Sleeping Bag Mummy

Nah, ini adalah jenis sleeping bag yang paling hangat untuk kamu gunakan.

Sleeping bag bentuk mummy menawarkan tingkat keleluasaan yang berbeda dibandingkan bentuk rectangular atau semi rectangular.

Sleeping bag mummy memungkinkan kamu untuk bergerak bebas bersama sleeping bagnya langsung, bukannya di dalam sleeping bag seperti pada bentuk persegi atau semi persegi.

Sleeping Bag Double atau Tandem

Jenis selanjutnya dari sleeping bag yang umum digunakan adalah sleeping bag tandem atau double bag. Sesuai dengan namanya, ini adalah sleeping bag extra size dimana kamu dapat menggunakannya secara bersamaan untuk dua orang.

Di Indonesia, jenis bahan sleeping bag untuk model ini paling banyak digunakan adalah polar. Bahan ini cukup hangat dan nyaman digunakan. Dengan bentuknya yang ideal untuk dua orang, kantong tidur double bag cocok untuk kamu yang ingin menghabiskan tidur bersama saat berkemah dengan hanya membawa satu sleeping bag.

Sleeping Bag Kids Size

Dari sisi bentuknya, sleeping bag kids size tidak memiliki perbedaan dengan 4 bentuk sleeping bag sebelumnya. Hanya saja dari ukuran sleeping bag, kids size lebih kecil, lebih pendek dan lebih terjangkau harganya.

Di samping itu, karena dipersembahkan untuk anak-anak, sleeping bag kids size juga umumnya memiliki warna dan corak yang lebih menarik bagi mata anak-anak.

Pahami Tipe Perlindungan Sleeping bag Berdasarkan Bahannya

sleeping bag

Sleeping bag bulu angsa dikenal sebagai salah satu sleeping bag dengan proteksi suhu paling menarik untuk kamu gunakan. Namun demikian, bukan berarti sleeping bag yang menggunakan bahan sintetis tidak memiliki keunggulan. Baik sleeping bag berbahan down mau pun berbahan sintetis sama-sama memiliki keunggulan tersendiri.

Nah, untuk memudahkan Sobat Akasaka membandingkan mana material sleeping bag yang paling tepat untuk digunakan. Berikut tabel perbandingan antara antara sleeping bag yang menggunakan bahan bulu angsa asli, bahan sintetis dan juga bahan polar atau dacron yang paling umum digunakan di Indonesia.

Type Bahan

Bahan Bulu Angsa (Goose Down)

Bahan Sintetis

Bahan Polar

Keunggulan & Kekurangan

  • Super ringan.
  • Memiliki perlindungan maksimal dalam cuaca lembab atau kering.
  • Packing lebih kecil.
  • Tahan lama dan awet hingga bertahun-tahun.

 

  • Harga lebih hemat dibanding down.
  • Tetap berfungsi saat lembab.
  • Cepat kering.
  • Tidak menyebabkan alergi.
  • Jauh lebih murah dan terjangkau.
  • Packing lebih besar.
  • Nyaman digunakan untuk alas duduk dan bersantai.
  • Membutuhkan waktu lama untuk kering jika basah.

 

Sebagai informasi tambahan untuk Sobat Akasaka terkait dengan penggunaan bulu angsa sebagai material jaket atau sleeping bag, ada sebuah standarisasi untuk memastikan bahwa penggunaan material ini sendiri, tidak mengeksploitasi hewan sebagai sumber utama materialnya.

Sobat Akasaka mungkin akan menemui beberapa produk dengan bahan bulu angsa yang mencantumkan label RDS (Responsible Down Standard) atau TDS (Global Traceable Down Standard) sebagai bentuk bahwa produk mereka mematuhi prosedur standar penggunaan bahan baku bulu angsa.

Pertimbangkan Beberapa Kelengkapan Sleeping Bag

sleeping bag

Tidak sama seperti ransel atau backpack yang penuh dengan perlengkapan useable dan fungsional, sleeping bag mungkin terkesan lebih sederhana.

Meskipun demikian bukan berarti sebuah sleeping bag tidak memiliki kelengkapan tertentu untuk mendukung kesempurnaannya. Sleeping bag eiger atau beberapa sleeping bag merk mayoritas produk dalam negeri umumnya sudah mengaplikasikan kelengkapan ini. Namun kamu tetap dapat memverifikasinya dengan melihat empat hal berikut ini;

  • Sleeping Bag Hood – Ini adalah bagian kepala sleeping bag atau tudung sleeping bag yang memastikan kepalamu tetap merasa hangat dan nyaman saat menggunakannya. Beberapa sleeping bag dengan spesifikasi yang lebih baik menggunakan adjustable cord pada tudungnya untuk menyesuaikan ukuran hood bagi penggunanya.
  • Sleeping Bag Cover – Ini adalah bagian luar sleeping bag yang digunakan untuk membungkus material isolasi sleeping bag baik berupa bulu angsa atau pun serat sintetis. Beberapa jenis bahan yang paling umum digunakan untuk tujuan ini adalah polyester dan nilon. Ciri khas utama dari kebutuhan pada bagian luarnya adalah water rapellent dan kuat. Sementara bagian dalam, cover sleeping bag akan mengutama bahan yang lebih lembut dan hangat.
  • Saku Simpanan Dalam – Ini tidak dimiliki oleh semua sleeping bag terutama untuk sleeping bag polar yang banyak dipasarkan di Indonesia. Namun, stash pocket atau saku simpanan dalam sleeping bag dapat kamu gunakan misalnya untuk menyimpan jam tangan, headlamp, atau pun obat gosok.
  • Resleting Sleeping Bag – Beberapa sleeping bag menggunakan resleting tunggal sebagai akses masuk ke dalamnya. Namun variasi yang lebih baik memberikan resleting ganda yang memungkinkan kamu bisa mengatur ventilasi sleeping bag sekaligus juga meminimalisir potensi resleting yang tersangkut.

Pertimbangkan Kemasan Packing Sleeping Bag

sleeping bag

Bagian terakhir yang bisa Sobat Akasaka perhatikan saat memilih sleeping bag adalah mengenai aksesories pelengkapnya.

Sleeping bag seperti yang Sobat Akasaka ketahui sendiri, tentunya tidak memiliki banyak aksesories. Satu-satunya aksesories tambahan saat kamu membeli sebuah sleeping bag jenis apa pun adalah kantong untuk menyimpannya.

Dengan kantong ini kamu akan lebih terbantu dalam hal packing. Nah, untuk itulah bagi kamu yang membeli sleeping bag sebagai pendukung untuk aktivitas hiking dan backpacking, pertimbangan untuk memprioritaskan pakcking yang ringkas, kecil dan simpel bisa kamu utamakan.

BACA PULA:

sleeping bag

Nah, itu adalah beberapa pertimbangan utama yang dapat Sobat Akasaka gunakan dalam memilih sleeping bag terbaik untuk kebutuhan outdoor seperti hiking dan backpacking. Pastikan kamu mempertimbangkannya sebelum memutuskan untuk membeli sleeping bag impianmu.

Oh ya, supaya camping dan backpacking kamu semakin nyaman bersama sleeping bag barumu, gunakan selalu produk terbaik dari Akasaka Outdoor, ya. Kenyamanan, kekuatan dan ketangguhan Akasaka Outdoor akan membuat petualangan kamu semakin istimewa dan juga berkesan.

Jadi, selamat bertualang, Sobat Akasaka!

TEMUKAN PRODUK AKASAKA OUTDOOR IMPIANMU DISINI

 

Baca Ini Juga Yuk!

INI 9 TEMPAT DENGAN AURA CAMP VIBES PALING TERKENAL DI INDONESIA
INI 9 TEMPAT DENGAN AURA CAMP VIBES PALING TERKENAL DI INDONESIA
Istilah camp vibes beberapa tahun terakhir semakin populer di Indonesia. Istilah ini tidak hanya diartikan sebagai suasana camping dengan segala unsurnya. Namun, camp vibes juga kadang diperluas la...
Read More
INI 7 FAKTA GUNUNG LEMBU SUPER MENARIK UNTUK KAMU KETAHUI
INI 7 FAKTA GUNUNG LEMBU SUPER MENARIK UNTUK KAMU KETAHUI
Di antara Gunung Parang dan Gunung Bongkok di kabupaten Purwakarta, terdapat sebuah gunung lain yang tidak kalah menarik bernama gunung Lembu. Gunung dengan nama unik ini merupakan salah satu desti...
Read More
BEGINI CARA MEMILIH CELANA PENDAKI YANG BAGUS, PETUALANG WAJIB TAHU
BEGINI CARA MEMILIH CELANA PENDAKI YANG BAGUS, PETUALANG WAJIB TAHU
Kenyamanan bertualang dan mendaki gunung tergantung dari banyak hal, termasuk salah satu di antaranya adalah celana pendaki atau hiking pants. Bukan sekedar indah dipandang dan keren saat digunakan...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published