Bagaimana Cara Menggunakan Kompas dalam Orienteering?

Sobat Akasaka tentu sudah tidak asing lagi dengan orientering, bukan? Di kalangan para pencinta alam, olahraga yang membutuhkan kemampuan dan keterampilan dalam membaca peta dan kompas untuk menyelesaikan suatu lintasan ini memang sudah mulai banyak dikenal. Bahkan, meskipun pada awalnya diciptakan untuk kepentingan militer, kegiatan ini kini telah berkembang menjadi cabang olahraga alam yang dilombakan.

Dalam melakukan orienteering, ada dua hal yang menjadi perhatian utama, yaitu peta dan kompas. Peta yang digunakan untuk orienteering harus memenuhi kriteria sebagai peta topografi yang jelas dan rinci, misalnya menunjukkan relief daratan, permukaan tanah, sungai, bebatuan, lahan pertanian, jelan setapak, pemukiman penduduk, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk kompas, orienteer atau orang yang melakukan aktivitas orienteering haruslah memahami cara membaca kompas magnetik dengan benar. Pasalnya, dalam melakukan kegiatan ini, orienteer tidak diperbolehkan menggunakan peta digital, GPS, altimeter, alat pengukuran jarak, smartphone, atau alat elektronik lainnya.

 

Cara Menggunakan Kompas dalam Orienteering


Cara Menggunakan Kompas dalam Orienteering - Bagaimana Cara Menggunakan Kompas dalam Orienteering? - pinterest.com

 

Cara menggunakan kompas sebenarnya cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Pahami Tata Letak Kompas

Hal paling penting yang wajib Sobat Akasaka perhatikan dalam menggunakan kompas dalah memahami tata letak kompas. Kompas dasar atau yang sering disebut dengan baseplate umumnya memiliki komponen dasar seperti baseplate (piringan plastik jernih tempat kompas ditanam), panah arah, rumah kompas, dial derajat, jarum magnet, panah penunjuk, serta garis penunjuk.

  1. Letakkan Kompas di atas Telapak Tangan atau Peta

Cara memegang kompas yang benar adalah dengan meletakkannya di atas telapak tangan dan memposisikannya di depan dada. Apabila membaca peta, Sobat Akasaka juga bisa meletakkan kompas di atas peta agar mendapatkan pembacaan yang lebih akurat.


Orienteering - Bagaimana Cara Menggunakan Kompas dalam Orienteering? - survival-mastery.com

 

  1. Arahkan Kompas Sesuai dengan Lokasi yang Ingin Dituju

Arahkan kompas sampai panah arah perjalanan menunjuk ke arah atau lokasi yang ingin Sobat Akasaka tuju. Caranya, putar dial derajat sampai panah penunjuk sejajar dengan ujung utara dari jarum magnetik. Kemudian, hilangkan perbedaan variasi magnetik lokal dengan memutar dial derajat ke kiri atau ke kanan sesuai dengan derajat deklinasi yang tepat. Lalu, lihat arah mana panah perjalanan yang sejajar dengan dial derajat.

  1. Terus Bergerak ke Arah Tersebut

Apabila arah kompas sudah sesuai dengan lokasi yang ingin Sobat Akasaka tuju, selanjutnya pegang kompas dalam posisi yang benar dan ubah posisi Sobat Akasaka sampai ujung utara jarum magnet kompas sekali agi sejajar dengan jarum penunjuk. Lalu, ikuti arah panah perjalanan. Sebaiknya periksa kompas sesering mungkin untuk memastikan Sobat Akasaka menuju ke arah yang benar.


Orienteering - Bagaimana Cara Menggunakan Kompas dalam Orienteering? - geocaching.com

 

  1. Transposisikan Arah Perjalanan pada Peta

Untuk mentransposisikan arah perjalan pada peta, tempatkan kompas di atas peta sehingga panah penunjuk kompas mengarah ke utara sejati pada peta. Kemudian, geser kompas hingga tepinya melewati posisi Sobat Akasaka saat ini, tetapi arah penunjuknya tetap mengarah ke utara.

  1. Ambil Arah dari Peta

Untuk mengetahui arah yang bisa dilalui untuk menuju ke suatu lokasi, tempatkan kompas di atas peta dan gunakan tepi kompas sebagai penggaris untuk menciptakan garis garis antara posisi Sobat Aaksaka saat ini dengan lokasi yang ingin dituju.

Jadi, itulah cara menggunakan kompas dalam orienteering. Cukup mudah, bukan? Agar kegiatan orienteering semakin lancar, Sobat Aksaka tentu juga harus melengkapi diri dengan perlengkapan outdoor yang tepat. Dalam hal ini, Sobat Akasaka bisa membeli beragam perlengkapan outdoor seperti sandal gunung dan tas gunung di Akasaka Outdoor. Semoga bermanfaat!

Leave a comment

All comments are moderated before being published