BAGAIMANA CARA MELAKUKAN MANAJEMEN LANGKAH SAAT MENDAKI?

Dalam pendakian, kesalahan melangkah sedikit apa pun bisa berdampak besar pada tubuh secara menyeluruh. Oleh karena itu Sobat Akasaka disarankan untuk lebih mengetahui bagaimana cara berjalan yang benar selama melakukan pendakian hingga akhirnya sampai ke tujuan dengan selamat dan pulang dalam kondisi sehat.

Sebelum memutuskan untuk melakukan pendakian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Lakukan dan pelajari manajemen langkah di bawah ini agar bisa dipraktikkan selama pendakian.

Pendaki Gunung

  • Tidak Terlalu Cepat atau Lambat

    Berjalan di gunung tidak sama dengan berjalan santai di jalanan. Ada banyak medan terjal di gunung yang akan Sobat Akasaka temui. Gunakan pace yang tidak terlalu santai dan cepat di jalanan yang mudah dilalui. Percepatan langkah bisa dilakukan hanya kalau kondisi cuaca mendukung dan tubuh sedang prima.

    Kalau tubuh sedang tidak baik, tapi memaksakan diri untuk berjalan terlalu cepat, kemungkinan besar memicu nyeri di kaki. Akhirnya Anda mudah lelah dan butuh banyak sekali istirahat selama perjalanan.

    • Mempelajari Gerakan Rest Step

      Jalanan yang datar dan kontur yang tidak terlalu naik turun mungkin mudah sekali ditaklukkan oleh banyak orang. Namun, bagaimana kalau konturnya menanjak dan cukup menjulang dan panjang? Tentu Sobat Akasaka tidak bisa menggunakan langkah biasa karena bisa membuat kaki lebih lelah atau malah tergelincir ke bawah.

      Beberapa teknik langkah yang bisa digunakan untuk menaklukkan jalanan menanjak adalah rest step. Dengan cara ini kamu tidak akan terbebani dan mendapatkan istirahat yang cukup selama perjalanan. Dengan teknik ini para pendaki Gunung Indonesia banyak menaklukkan jalanan menantang dan sampai puncak dengan selamat.

      • Mengistirahatkan Kaki Sejenak

        Kaki juga butuh istirahat sejenak untuk memulihkan otot yang telah bekerja dengan maksimal. Kalau berada di dekat check point atau tempat istirahat, lebih baik segera istirahat. Pijat pelan area kaki atau beri balsem kalau muncul nyeri dan membuat Sobat Akasaka tidak nyaman.

        • Selalu Melihat Kondisi Jalanan Sebelum Melangkah

          Berjalan di gunung bukan hanya perkara sampai di puncak dengan cepat atau tidak. Namun, masalah keamanan dan keselamatan juga. Sebelum melangkah selalu perhatikan jalanan di depan. Jangan asal jalan karena bisa terperosok atau menginjak benda tajam.

          Pendaki Gunung

          • Tahu Bagaimana Melangkah Saat Turun

            Pace untuk jalan saat naik dan turun gunung tentu berbeda. Pelajari juga teknik jalan saat turun. Biasanya langkah akan lebih santai karena kaki masih lelah dan beban menjadi lebih berat karena searah dengan gravitasi. Jangan asal berjalan karena bisa membuat tubuh jatuh dan menggelinding.

            Dengan melakukan manajemen langkah di atas saat mendaki, perjalanan akan berjalan dengan lebih lancar dan juga efisien. Sobat Akasaka juga tidak buang-buang energi selama melakukan perjalanan ke puncak hingga akhirnya turun untuk pulang. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

            Baca Ini Juga Yuk!

            ALASAN KENAPA HARUS MENDAKI GUNUNG MINIMAL SEKALI SEUMUR HIDUP
            ALASAN KENAPA HARUS MENDAKI GUNUNG MINIMAL SEKALI SEUMUR HIDUP
            Mendaki gunung merupakan kegiatan yang seru sekaligus penuh risiko. Seru karena bisa menjelajah sembari menikmati indahnya alam ciptaan Tuhan. Penuh risiko karena medan yang terjal dan dapat menyeb...
            Read More
            CARA ASIK MENIKMATI SUNRISE DI GUNUNG
            CARA ASIK MENIKMATI SUNRISE DI GUNUNG
            Salah satu momen yang paling banyak diburu oleh pendaki saat melakukan perjalanan ke puncak tertinggi adalah sunrise. Tak hanya bagi para pendaki pemula, tetapi pendaki berpengalaman pun juga masih...
            Read More
            PERSIAPAN PENDAKIAN SAAT MUSIM HUJAN
            PERSIAPAN PENDAKIAN SAAT MUSIM HUJAN
            Sobat Asakasa, kerinduan mendaki gunung memang tidak mengenal waktu. Keinginan untuk kembali menikmati pendakian kerap muncul di saat-saat yang tidak terduga, bahkan di musim hujan sekalipun. Kalau...
            Read More

            Leave a comment

            All comments are moderated before being published