Bagaimana Cara Berolahraga Orienteering dengan Benar?

Sobat Akasaka mengaku sebagai pencinta olahraga alam? Atau sering berolahraga di luar ruangan? Nah, pastinya Sobat Akasaka sudah tahu mengenai olahraga orienteering, bukan? Salah satu olahraga yang mengharuskan setiap pesertanya untuk mengeksplorasi alam atau ruang terbuka dibantu dengan berbagai peralatan pendukung, seperti peta dan kompas.

Bagaimana cara bermain orienteering dengan benar dan apa saja hal-hal yang harus diperhatikan? Simak ulasannya berikut ini.

 

Cara Bermain Orienteering


Cara Bermain Orienteering - Bagaimana Cara Berolahraga Orienteering dengan Benar? - berksfun.com

 

Olahraga orienteering biasanya dilakukan dengan cara menjelajah suatu daerah yang belum dikenal sebelumnya. Daerah-daerah yang dijadikan sebagai tempat orienteering bisa berupa alam bebas, seperti hutan, pedesaan, taman, ataupun perkotaan. Sobat Akasaka juga pasti sudah mengetahui dengan jelas jika olahraga satu ini juga memadukan kecepatan, kekuatan fisik, dan konsentrasi yang tinggi. Selain itu, kemampuan navigasi yang mumpuni juga sangat dibutuhkan.

Sesaat sebelum kegiatan orienteering dimulai, para peserta terlebih dahulu dibekali dengan peta dan kartu kontrol. Peta yang digunakan adalah peta topografi khusus yang sudah sesuai dengan standar IOF (International Orienteering Federation). Peta tersebut memuat jalur lintasan yang harus dilalui oleh peserta dan terdapat titik awal, titik-titik kontrol, dan finis serta deskripsi dari setiap kontrol. Setiap titik kontrol yang ada ditandai dengan bendera kontrol yang menandai setiap tempat yang harus ditemukan dan dikunjungi oleh para peserta. Nantinya, peserta wajib melubangi kartu kontrol yang telah diberikan dengan menggunakan orienteering punch device sebagai bukti jika mereka telah mengunjungi setiap titik kontrol yang ada.

Setiap peserta bebas memilih rute yang ada, tanpa ditentukan sebelumnya oleh panitia. Di sinilah kemampuan navigasi setiap peserta diuji. Pemilihan rute yang tidak tepat bisa menjadi penghambat peserta dalam menyelesaikan perlombaan. Rute tercepat yang bisa diambil juga belum tentu merupakan jalur terpendek, bisa jadi merupakan jalur yang cukup panjang.

Tantangan lain dari olahraga satu ini adalah pencarian titik-titik pemeriksaan yang hanya bisa dilihat di dalam peta sebagai titik-titik koordinat. Oleh karena itu, peserta diharuskan mencari titik-titik tersebut di medan yang sesungguhnya dengan terlebih dahulu memahami titik koordinat yang ada di dalam peta.

Orienteering memiliki beberapa versi dan beberapa juga telah dikombinasikan dengan olahraga lainnya. Namun, yang sering dilakukan adalah jenis foot orienteering, yaitu orienteering yang dilakukan dengan cara berjalan kaki atau berlari di alam terbuka.

 

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Selama Orienteering


Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Selama orienteering - Bagaimana Cara Berolahraga Orienteering dengan Benar? - realbuzz.com

 

Memahami konsep dasar orienteering saja tidak akan membuat Sobat Akasaka bisa menjadi pemenang di dalam perlombaan. Selain kemampuan bernavigasi, masih ada kemampuan lain yang harus dimiliki oleh peserta orienteering, yaitu kecepatan dan ketepatan dalam mencapai setiap titik kontrol yang ada.

Untuk mencapai titik kontrol dibutuhkan ketepatan dalam memilih jalur. Salah memilih jalur justru dapat membuat seorang peserta menjauh dari titik kontrol, bahkan tersasar. Ketepatan ini erat hubungannya dengan kemampuan bernavigasi. Sedangkan kecepatan, berhubungan dengan kekuatan fisik. Kondisi fisik prima membantu peserta untuk bergerak lebih cepat dan memiliki catatan waktu yang lebih baik.

Kegiatan orienteering tentunya menghabiskan banyak tenaga dan pikiran. Maka dari itu, sebelum mengikuti perlombaan ada baiknya untuk berlatih terlebih dahulu. Siapkan fisik dan mental agar tidak kaget pada saat mengikuti perlombaan. Selain latihan fisik, kemampuan dalam bernavigasi juga jangan lupa untuk terus diasah. Semakin sering berlatih tentunya akan membuat Sobat Akasaka familier dengan tantangan yang ada di lapangan nantinya.

Perhatikan pula asupan makanan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh dan membuat kondisi tubuh menjadi lebih prima. Bila perlu, minum juga vitamin atau suplemen penambah energi. Istirahat yang cukup juga sangat perlu dilakukan.

 

Bagaimana? Sobat Akasaka sudah paham, kan dengan cara bermain dari olahraga orienteering? Sudah siap untuk mengikuti perlombaan yang sesungguhnya?

Leave a comment

All comments are moderated before being published