APA, SIH OLAHRAGA ORIENTEERING ITU?

Orienteering

Sobat Akasaka, apakah kalian pernah mendengar olahraga orienteering? Atau bahkan sudah ada yang pernah menjajal olahraga tersebut? Olahraga yang mengandalkan kekuatan mental dan fisik ini memang sudah familier di telinga para pencinta alam. Namun, masih banyak juga orang awam yang belum mengetahui apa itu orienteering.

Orienteering sendiri merupakan salah satu olahraga yang membutuhkan keterampilan navigasi dalam menggunakan peta dan kompas untuk berpindah dari satu titik ke titik lainnya di medan yang belum dikenali. Peserta dituntut untuk bergerak dengan cepat ketika mengikuti olahraga ini. Peserta orienteering akan dibekali peta khusus yang digunakan untuk menemukan titik-titik kontrol.

Semula, orienteering merupakan salah satu bentuk latihan militer yang bertujuan untuk melatih kemampuan navigasi darat para tentara. Dalam perkembangannya, olahraga orienteering ini dibagi dalam berbagai macam cabang atau variasi, seperti foot orienteering, mountain bike orienteering, ski orienteering, dan trail orienteering.

Bermain Orienteering

Peta Orienteering

Olahraga orienteering berasal dari Eropa, tepatnya dari Swedia. Istilah orienteering sendiri merujuk kepada kegiatan menjelajah sebuah daerah yang belum diketahui. Awalnya kegiatan ini memang dikhususkan bagi kalangan militer saja, tetapi kemudian berkembang menjadi sebuah olahraga yang dapat diikuti oleh masyarakat sipil.

Dalam bermain orienteering, setiap peserta diuji kemampuan navigasi, kecepatan, dan konsentrasinya. Stamina dan kondisi tubuh yang prima merupakan bekal utama yang harus dimiliki oleh para peserta orienteering sebelum bertanding. Peserta diharuskan menuju titik finis secepat mungkin melalui rute tercepat dengan mengikuti titik kontrol yang ada. Untuk menemukan titik-titik kontrol, peserta akan diberikan peta sesaat sebelum perlombaan dimulai. Rute tercepat yang dipilih oleh peserta tidak selamanya merupakan rute terpendek. Pemilihan rute ini bergantung kepada keputusan dari masing-masing peserta sendiri.

Selain peta, peserta juga diberikan kartu kontrol yang wajib diserahkan kepada panitia pada saat mencapai finis. Kartu kontrol ini berfungsi sebagai bukti jika peserta telah mengikuti rute yang benar dan sesuai. Di setiap titik kontrol biasanya sudah disediakan stempel khusus yang akan dicapkan di kartu kontrol milik peserta. Titik kontrol ini merupakan istilah orienteering untuk pos.

Titik kontrol yang terdapat di dalam peta orienteering ditandai dengan lingkaran-lingkaran dan dihubungkan oleh sebuah garis dan angka. Peserta wajib untuk mendatangi titik kontrol satu per satu. Rute yang dibuat pada olahraga ini tidak selalu spesifik, semuanya tergantung dari kemampuan navigasi peserta untuk mencari rute tercepat agar dapat menyelesaikan permainan tepat waktu.

Jenis - Jenis Kompetisi

Jenis Orienteering

Olahraga orienteering dapat dibagi dalam beberapa jenis, di antaranya adalah:

  • Long

    Merupakan permainan orienteering klasik yang mengharuskan pemain untuk mengunjungi kontrol sesuai dengan urutan yang telah ditentukan. Pemenangnya adalah pemain yang dapat menyelesaikan permainan dengan catatan waktu tercepat.

    • Middle

      Permainan dengan jenis middle ini memiliki jarak yang lebih pendek dibandingkan dengan jenis klasik atau long. Jenis middle lebih menekankan kepada kemampuan navigasi peserta dibandingkan dengan pemilihan rute.

      • Relay

        Jenis ini melibatkan pemain yang dibagi ke dalam beberapa tim dan hasil akhir permainan didasarkan dari total waktu yang dihabiskan oleh per tim. Relay merupakan bagian dari Kejuaraan Dunia Orienteering, baik sebagai relay sprint dan juga cross-country relay.

        • Score

          Di dalam permainan jenis score ini, pemain diharuskan untuk mengunjungi titik-titik kontrol dengan waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Setiap titik kontrol memiliki nilai poin yang berbeda, tergantung dari kesulitan yang dihadapi oleh setiap peserta ketika menjangkaunya. Pemenang ditentukan dengan jumlah poin terbanyak.

          • Sprint

            Jenis permainan dengan waktu yang sangat singkat, kurang lebih selama 12-15 menit. Biasanya digelar di taman atau perkotaan. Peta yang digunakan memiliki skala 1:5.000 atau 1:4.000 dan titik kontrol bia menggunakan bangku taman, tempat sampah, patung, dan objek-objek lain yang erat kaitannya dengan taman kota.

            Apakah Sobat Akasaka tertarik untuk melakukan kegiatan orienteering ini?

            Leave a comment

            All comments are moderated before being published