AKASAKA TEAM JUARA DI PERLOMBAAN MALAYSIA ORIENTEERING CUP 2018

Orienteering Cup Asia

Kegiatan orienteering tampaknya semakin digemari dari tahun ke tahun. Terbukti, sejumlah klub dan perhelatan kompetisi orienteering tingkat nasional sudah semakin sering kita temukan. Indonesia pun tak kalah dalam menunjukkan taringnya di kancah orienteering internasional. Meski gaungnya belum begitu terdengar, perlahan tapi pasti tim Indonesia mulai menorehkan beragam prestasi di berbagai kejuaraan orienteering.

Seperti yang baru-baru ini berhasil dicapai Akasaka Team pada perhelatan Malaysia Orienteering Cup 2018 (MY-O). Kompetisi orienteering internasional yang juga didapuk sebagai World Ranking Event ini diselenggarakan selama dua hari yakni pada tanggal 12-13 Mei 2018. MY-O Cup 2018 diikuti 176 peserta dari berbagai negara seperti Hong Kong, Korea Selatan, Taiwan, Norwegia, Malaysia, Australia, Singapura, Indonesia, Jepang, dan Swiss.

Ada Dua Kategori yang Dipertandingkan dalam MY-O

Malaysia Orienteering Cup

Dalam perhelatan olahraga alam yang pertama kali digelar di Asia Tenggara tersebut, Akasaka Team harus beradu cepat memperebutkan gelar juara untuk dua kategori yang dipertandingkan, yakni sprint orienteering dan middle-distance orienteering. Pada MY-O kali ini, Indonesia mengirimkan 21 atlet terbaiknya yang berasal dari berbagai klub mulai dari tingkat SMA hingga TNI.

Perhelatan orienteering yang diselenggarakan di Universitas Pendidikan Sultan Idris, Perak, Malaysia ini sebenarnya bukan ajang kejuaraan orienteering dunia pertama yang diikuti tim Indonesia. Sebelumnya, tim Indonesia juga pernah menyabet gelar juara pada kejuaraan yang digelar di Taipei beberapa tahun silam. Yang membuat MY-O 2018 ini penting, di ajang World Ranking Event ini, tim Indonesia berkesempatan membuktikan kemampuan dan keterampilannya di kancah dunia.

Tim Indonesia Putra Berhasil Meraih Peringkat lima Besar

Malaysia Orienteering Cup

Sejumlah atlet yang terhimpun dalam tim Indonesia untuk MY-O 2018 berhasil meraih posisi di podium. Untuk kelas putra M21, Rizky Ajie Kurniawan yang berasal dari Makopala Universitas Budi Luhur berhasil menduduki peringkat kedua dengan raihan waktu 36:27. Sementara itu, Letda Kav M Buchori Fauzi dari YONKAV 8/Kostrad meraih peringkat keempat, dan pada posisi kelima untuk kategori M21 berhasil diraih Prada Khoirul Budiyanto (328 DMOT/Divisi 1 Kostrad).

Pada kategori putra ini, total jarak lintasan yang berhasil ditempuh kontestan berada pada angka 5,4 km dengan total 13 kontrol poin.

Tim Putri pun Menorehkan Prestasi yang Membanggakan

Malaysia Orienteering Cup

Tim orienteering putri pun turut menyumbangkan gelar juara pada kejuaraan orienteering ini. Untuk kelas W21, Serka (K) Ernita dari Kodam III Siliwangi berhasil menduduki peringkat kedua dengan waktu tempuh lintasan 32:49. Posisi tersebut diikuti oleh Sertu (K) Maria Risaputty (Hubdam XIII/Kasuari) yang menduduki posisi tiga dengan waktu tempuh lintasan 33:18. Posisi kelima untuk kelas W21 putri juga diduduki atlet Indonesia bernama Serda (K) Pebti Feriyanti dari Kodam IX Udayana.

Atlet putri Indonesia yang berlaga di kelas W18, Maula Hidayati (SMAN 5 Tangsel), pun tak mau kalah dalam menorehkan prestasi di ajang ini. Maula Hidayati berhasil menyelesaikan rute lintasan dalam waktu 51:19 dan menduduki peringkat kedua. Untuk kelas W20, Asri Kori Khaeranisa dari INA Management berhasil menyumbangkan gelar juara untuk Indonesia dengan menduduki peringkat kelima.

Keberhasilan Akasaka Team dalam menyabet peringkat lima besar dalam ajang MY-O 2018 ini merupakan bukti bahwa tim Indonesia pun tak kalah dengan tim-tim lain yang sudah malang-melintang di cabang olahraga alam satu ini. Jika dilihat dari sejumlah prestasi membanggakan yang berhasil diraih atlet Indonesia di ajang orienteering dunia akhir-akhir ini, rasanya tidak salah untuk optimistis bahwa orienteering dapat terus berkembang dan semakin diminati.

Nah, Sobat Akasaka, semoga kisah sukses Akasaka Team tadi dapat menginspirasi Sobat semua untuk terus giat dalam mengukir prestasi. Yang pasti, selalu percayakan kebutuhan kegiatan outdoor Sobat Akasaka hanya pada Akasaka Outdoor yang menyediakan aneka gears berkualitas dan tahan lama.

Leave a comment

All comments are moderated before being published