9 REKOMENDASI GUNUNG UNTUK PEMULA YANG BISA KAMU DAKI SAAT BERPUASA

gunung untuk pemula

Ada cukup banyak gunung untuk pemula yang bisa kamu pilih jika kamu adalah orang yang baru pertamakalinya mengenal dunia pendakian gunung. Gunung-gunung ini secara umum dikelompokkan berdasarkan tingkat kesulitannya yang relatif mudah. Sehingga dengan pengalaman yang masih minim sekali pun, kamu tetap dapat meraih puncaknya.

Menariknya, dikarenakan trek gunung untuk pemula ini tidak begitu berat untuk dilalui, maka gunung-gunung ini juga dapat kamu jadikan tujuan jika ingin mendaki di bulan puasa. Dengan lintasan pendakian yang lebih mudah semacam ini, ibadah puasamu tidak akan terganggu. Sementara kamu sendiri tetap dapat menikmati indahnya ketinggian gunung.

Nah, kira-kira apa saja destinasi rekomendasi pendakian gunung untuk pemula yang bisa kamu jadikan pilihan untuk dikunjungi di bulan puasa?

Yuk, baca daftarnya lengkapnya berikut ini.

Rekomendasi Gunung untuk Pemula yang juga Ideal Didaki di Bulan Puasa Ramadhan

gunung untuk pemula

Hampir seluruh wilayah pulau di Indonesia memiliki destinasi yang menarik untuk dikunjungi, baik di bulan puasa, lebih-lebih di bulan biasa. Spesial untuk kamu yang menggemari aktivitas mendaki gunung yang identik dengan risiko tinggi, maka bijak dalam memilih objek untuk dikunjungi sangat penting untuk dipertimbangkan.

Keharusan untuk bijak memilih destinasi pendakian ini semakin ditekankan jika kamu juga ternyata sedang berpuasa. Ibadah Ramadhan satu ini mengharuskan kamu untuk tidak makan dan minum di siang hari yang artinya, suply energimu untuk mendaki juga sangat terbatas.

Untuk itu, berikut Akasaka Journal telah merangkum 9 gunung untuk pemula mendaki di seluruh Indonesia yang bisa kamu pertimbangkan selama di bulan Ramadhan.

Apa saja gunungnya?

Ini dia daftarnya.

BACA JUGA:

Gunung Andong di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

gunung untuk pemula

Rekomendasi pertama gunung untuk kamu daki jika kamu adalah pemula atau pun sedang berpuasa adalah gunung Andong di Jawa Tengah. Gunung ini terletak tidak begitu jauh dari gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Dalam setiap daftar gunung untuk pemula Jawa Tengah, kamu akan akan selalu menemukan Gunung Andong di urutan teratas.

Sekarang coba tebak; Mengapa gunung Andong begitu difavoritkan untuk para pendaki pemula?

Ya, benar. Jalur menuju puncak gunung ini memang terkenal mudah dan cukup singkat. Dengan waktu satu setengah sampai dua jam mendaki, kamu akan tiba dipuncaknya dan dapat menikmati suguhan pemandangan yang sangat luar biasa indahnya.

Nah, dikarenakan gunung Andong memiliki karakteristik ideal sebagai trek gunung untuk pemula, maka tentu saja gunung yang indah di wilayah kecamatan Ngablak dan Grabag, Kabupaten Magelang ini, juga ideal untuk kamu daki ketika misalnya sedang berpuasa.

Gunung Prau di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

gunung untuk pemula

Masih dari Jawa Tengah, gunung selanjutnya yang bisa kamu jadikan pilihan menarik saat mendaki di bulan puasa adalah Gunung Prau. Seperti yang mungkin sudah kamu tahu, Gunung Prau adalah gunung yang sangat populer untuk para pendaki pemula. Di samping itu, pemandangan dan keindahan gunung Prau juga sulit dicari tandingannya.

Dari puncak gunung yang berbentuk sabana luas ini, kamu dapat menikmati indahnya dataran tanah Jawa Tengah yang mempesona. Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro yang menjulang indah, akan membias bersama Gunung Merapi dan Gunung Merbabu pada garis cakrawala di tengah cahaya matahari terbit yang berwarna jingga.

Dalam banyak daftar gunung populer di Indonesia, gunung Prau dan gunung Andong pada umumnya selalu menjadi top 5 gunung untuk pemula yang paling direkomendasikan karena keindahan dan pendakiannya yang cukup mudah. Dengan alasan yang sama, gunung Prau juga cocok untuk kamu yang sedang berpuasa.

Gunung Pananggungan di Kabupaten Mojoekerto, Jawa Timur

gunung untuk pemula

Dari kota Surabaya, gunung Pananggungan atau Penanggungan hanya berjarak sekitar 55 kilometer. Dengan jarak yang cukup dekat dari salah satu kota terbesar di Indonesia, gunung Pananggungan tentu saja menjadi salah satu gunung favorit bagi para pendaki dari kota Surabaya dan sekitarnya.

Akan tetapi keunggulan gunung Pananggungan bukan hanya itu saja. Keindahan panorama yang dimiliki dan rutenya yang cukup ramah untuk pendaki pemula, juga menjadi daya tarik tersendiri. Dengan waktu yang singkat dan pendakian yang tidak begitu melelahkan, kamu sudah dapat menikmati suguhan ketinggian yang sangat cantik dari atasnya.

Dengan keistimewaannya ini, gunung Pananggungan tentu saja juga ideal untuk didaki jika kamu sedang berpuasa. Dan seperti halnya gunung Andong dan gunung Prau yang menjadi destinasi favorit pendaki pemula di Jawa Tengah, gunung Pananggungan juga menjadi top destination gunung untuk pemula Jawa Timur.

Gunung Kaba di Propinsi Bengkulu

gunung untuk pemula

Dari pulau Jawa, selanjutnya kamu bisa mengarahkan kompasmu ke pulau Sumatera dan menemukan salah satu destinasi gunung untuk pemula yang paling difavoritkan di sana. Gunung ini terletak di propinsi Bengkulu, kabupaten Rejang Lebong, dan ketinggiannya hanya sekitar 1.900 Mdpl saja.

Gunung Kaba atau Bukit Kaba juga menjadi gunung yang sangat ideal untuk kamu kunjungi di bulan puasa. Secara umum rute mendaki gunung ini terbilang mudah dan singkat. Dengan hiking sekitar tiga jam saja, kamu sudah tiba di areal puncaknya yang indah. Bahkan jika kamu memiliki kendaraan yang kuat menanjak di medan cadas, satu buah rute lain juga bisa mengakses tempat ini dengan mudah.

Meskipun tergolong mudah dan bisa dijangkau kendaraan, namun gunung Kaba memiliki wilayah puncak yang luas dan cukup terbuka, lho. Perlengkapan mendaki gunung untuk pemula semacam sleeping bag dan jaket yang windproof harus kamu bawa juga karena kondisinya cukup dingin dan berangin.

Gunung Papandayan di Kabupaten Garut, Jawa Barat

gunung untuk pemula

Kamu yang tinggal di Jawa Barat dan pernah ke gunung Papandayan sebelumnya pasti setuju kan, jika gunung Papandayan adalah gunung yang sangat indah untuk dikunjungi?

Nah, selain sangat indah dan memiliki panorama yang menarik, kontur dan tipe pendakian yang ringan di Papandayan juga memungkinkan gunung ini cocok untuk para pendaki pemula. Di samping itu kamu yang sedang menjalani ibadah puasa dan tetap ingin mendaki, Papandayan juga dapat menjadi destinasi yang menyenangkan, lho.

Papandayan menjadi salah satu destinasi gunung untuk pemula Jawa Barat yang paling direkomendasikan. Di tempat ini, kamu dapat menikmati panorama perbukitan yang cantik dikelilingi tebing-tebing. Dan tentu saja kamu juga bisa mengagumi kawah Papandayan dan hutan mati yang eksotis jika mengunjunginya.

Gunung Ijen di di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

gunung untuk pemula

Oya, apakah kamu masih ingat dengan istilah blue fire?

Blue fire adalah fenomena alam yang hanya ada dua saja di seluruh dunia. Blue fire yang pertama ada Islandia, dan yang kedua tentu saja ada di Indonesia, tepatnya di Kawah Ijen. Blue fire sendiri merupakan hasil reaksi gas yang keluar dari kawah dengan temperatur mencapai 600 derajat celcius. Warnanya yang biru benderang akan membuat gas ini tampil sangat mengagumkan di malam hari.

Menariknya lagi gunung Ijen yang menjadi lokasi blue fire juga cukup ramah untuk pendaki pemula. Trek pendakian dan durasi yang dibutuhkan untuk mencapai puncaknya tidak begitu berat untuk dilalui.

Dengan kriteria semacam ini, kamu dapat menemukan bahwa gunung Ijen menjadi destinasi yang direkomendasikan oleh berbagi tips naik gunung untuk pemula,  yang tentunya juga bisa kamu kunjungi di bulan puasa.

Bukit Pergasingan di Lombok, Nusa Tenggara Barat

gunung untuk pemula

Di pulau Lombok, ada cukup banyak destinasi wisata alam yang dapat kamu kunjungi selain gunung Rinjani yang megah dan terkenal. Nah, salah satu destinasi tersebut adalah Bukit Pergasingan.

Bukit Pergasingan atau kadang disebut juga Bukit Pengasingan, menjadi destinasi yang sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati keindahan alam dari ketinggian namun tidak ingin terlalu bersusah payah mendaki. Dibanding Rinjani yang menjulang hingga 3.600 Mdpl, Bukit Pergasingan jelas lebih direkomendasikan sabagai tujuan mendaki gunung untuk pemula.

Dari atas puncak bukit ini kamu akan mendapati pemandangan yang indah dan mempesona. Ladang-ladang penduduk dengan bentuk yang berkotak-kotak menghampar menyegarkan mata. Sementara itu bukit-bukit dengan tekstur lembut  yang mengelilinginya, nampak seakan benteng yang kokoh.

Gunung Bulusaraung di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan

gunung untuk pemula

Pada bagian puncak gunung dengan kombinasi batu-batu dan rumput, pendakian ke Bulusaraung akan cukup teknis dan menuntut kehati-hatian yang ekstra. Meskipun demikian, secara umum gunung yang satu kawasan dengan kawasan wisata Alam Bantimurung ini masih dapat direkomendasikan untuk para pendaki pemula.

Selain memiliki panorama alam yang indah dan mempesona, dari puncak gunung Bulurasaung kamu juga dapat menikmati luasnya Taman Nasional Bantimurung yang terkenal sebagai salah satu lokasi penangkaran kupu-kupu terbesar di dunia.

Trek menuju puncak Bantimurung juga tergolong masih aman untuk dilalui oleh para pendaki pemula. Walaupun direkomendasikan untuk para pendaki pemula yang masih kurang berpengalaman, namun pendakian di bulan puasa ke tempat ini mungkin perlu dilakukan secara lebih hati-hati karena rutenya yang sedikit lebih teknis.

Bukit Biru di Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur

gunung untuk pemula

Destinasi terakhir yang ideal untuk kamu kunjungi baik sebagai pendaki pemula atau pun dalam kondisi berpuasa adalah Bukit Biru yang terletak di kabupaten Tenggarong atau Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

Dari base camp pendakian, puncak Bukit Biru bisa dicapai dalam waktu 45 menit hingga satu jam. Di atas bukit ini sendiri, ada sebuah pemancar telekomunikasi yang shelter-nya kadang juga dimanfaatkan oleh para pendaki sebagai tempat beristirahat.

Keindahan dari Bukit Biru juga asyik lho, Sobat Akasaka. Meskipun ketinggiannya tidak begitu signifikan seperti gunung lain dalam artikel ini, namun dari atas puncak Bukit Biru kamu bisa menikmati kelokan sungai Mahakam dan hutan Kalimantan yang luas.

BACA JUGA:

gunung untuk pemula

Nah, itu adalah 9 gunung untuk pemula yang dapat kamu pertimbangkan jika kamu ingin mendaki di bulan Ramadhan dalam kondisi berpuasa. Selain tidak begitu berat untuk dilalui, gunung-gunung ini juga menyajikan pemandangan yang indah dan mempesona.

Oya, untuk membuat pendakianmu semakin menyenangkan, yuk, gunakan pula berbagai produk sandal gunung dari Akasaka Outdoor. Dengan medan pendakian yang beragam, sandal gunung terbaik dari Akasaka Outdoor dapat menjadi pilihan yang paling aman. Koleksi sandal gunungnya sendiri dapat kamu lihat di bawah ini, ya.

KLIK DISINI SEKARANG DAN DAPATKAN SANDAL GUNUNG TERBAIK DARI AKASAKA OUTDOOR UNTUK MENEMANIMU BERTUALANG

Baca Ini Juga Yuk!

7 PENDAKI SOLO TERKENAL DI DUNIA YANG PRESTASINYA TAK TERKALAHKAN
7 PENDAKI SOLO TERKENAL DI DUNIA YANG PRESTASINYA TAK TERKALAHKAN
Meskipun dikagumi karena keberanian mereka, dunia para pendaki solo tidak selalu berisi tepuk tangan gegap gempita. Pada banyak situasi, para pendaki solo yang sebenarnya justru lebih sering bertem...
Read More
10 GAMBAR PEMANDANGAN CANTIK DI DUNIA YANG WAJIB KAMU KUNJUNGI
10 GAMBAR PEMANDANGAN CANTIK DI DUNIA YANG WAJIB KAMU KUNJUNGI
Ada begitu banyak tempat di dunia yang memiliki gambar pemandangan cantik, menarik  lagi unik. Tempat-tempat ini tersebar dari berbagai belahan dunia dalam iklim dan bentang alam yang berbeda-beda....
Read More
5 FAKTA MENARIK GUNUNG SEMERU YANG PALING TERKENAL BAGI PARA PENDAKI
5 FAKTA MENARIK GUNUNG SEMERU YANG PALING TERKENAL BAGI PARA PENDAKI
Menurut kamu, apa yang paling menarik dari gunung Semeru? Jawaban kamu tentu pasti beragam, kan? Ada yang mungkin tertarik dengan pendakian gunung semeru karena ia adalah gunung tertinggi di Jawa. ...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published