9 PEMANDANGAN GUNUNG TERINDAH DI INDONESIA UNTUK TUJUAN PENDAKIAN

Pemandangan alam seringkali menjadi opsi yang paling tepat untuk menghilangkan kejenuhan dari penatnya rutinitas. Dan ketika aktivitas pendakian gunung menjadi salah satu yang populer, maka tentu saja destinasi dengan pemandangan gunung terindah dan paling istimewa menjadi tujuan utama sebuah pendakian atau hiking.

Di Indonesia sendiri yang terkenal dengan panorama alam dan keindahannya yang luar biasa, sudah pasti ada banyak gunung yang memiliki pemandangan indah cantik dan mempesona. Akan tetapi untuk menjadi sebuah tujuan pendakian, setidaknya ada beberapa gunung di nusantara yang memang memiliki pesona lebih istimewa.

Nah, apa sajakah gunung terindah di Indonesia yang layak dan menjadi tujuan wisata pendakian yang bisa kamu lakukan? Yuk, baca daftarnya berikut ini.

9 Destinasi Pemandangan Gunung Terindah di Indonesia untuk Destinasi Pendakian dan Hiking

Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang dikaruniai keindahan alam yang sangat banyak. Hamparan sawah dan ladang di atas lereng-lereng bukit, berbaur dengan pemandangan gunung yg indah di belakangnya, berpadu lagi dengan sungai yang berkelok di bawahnya. Semua ini menjadi sebuah alasan yang cukup masuk akal untuk bersepakat pada salah satu perumpamaan yang mengatakan bahwa  Indonesia adalah tanah surga yang ada di dunia.

Untuk wisata pendakian gunung sendiri, telah cukup banyak gunung di Indonesia yang menjadi tujuan utama aktivitas hiking. Gunung-gunung yang sebelumnya tidak pernah tersentuh sama sekali, kini menjadi ramai lantaran minat untuk menikmati pemandangan alam pegunungan yang indah, yang gaungnya tentu saja tidak lepas dari pengaruh di sosial media.

Lalu, apa sajakah pemandangan gunung di Indonesia yang dapat kamu jadikan tujuan utama jika kamu ingin mencoba melakukan pendakian?

Gunung Merbabu di Jawa Tengah

pemandangan gunung terindah

Merbabu seringkali selalu ada dalam daftar sebagai gunung terindah di Jawa karena panorama dan pesona yang dimilikinya. Merbabu yang terletak di propinsi Jawa Tengah ini, terkenal karena pemandangan istimewanya berupa hamparan sabana yang cantik, lekuk-lekuk gunung yang memukau, dan juga lokasinya yang bersebelahan dengan gunung Merapi.

Ketika kamu mendaki gunung Merbabu dari rute mana saja, mendekati areal puncak kamu akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indahnya.

Bahkan saat di puncaknya yang tinggi dan luas, dari Merbabu kamu juga bisa menikmati gagahnya gunung Merapi, menawannya gunung Andong dan Telomoyo yang juga tidak jauh berdiri. Bahkan jika cuacanya sedang mendukung, dari puncak Merbabu kamu juga bisa menyaksikan luasnya samudra awan dengan berlatar tanah Jawa yang indah dan mempesona.

Gunung Prau di Jawa Tengah

Masih dari Jawa Tengah, Gunung Prau yang terletak di kabupaten Wonosobo ini juga seringkali dianggap sebagai salah satu gunung di Indonesia dengan pemandangan yang paling indah. Dari pelataran puncak Prau, kamu bahkan dapat menikmati golden sunrise Pulau Jawa yang konon menjadi spot paling istimewa untuk menikmati momen matahari terbit di tanah Jawa.

Jika kamu ingin menyaksikan pemandangan gunung asli yang memang dapat kamu nikmati setiap lekuknya, datanglah ke gunung Prau. Selain memiliki panorama yang luar bisa cantik, Prau juga menjadi primadona sebagai destinasi pendakian karena jarak tempuhnya yang pendek.

Jadi, untuk kamu yang masih pemula dan ingin mencoba bagaimana sensasi mendaki gunung dengan panoramanya yang luar biasa, gunung Prau mungkin saja adalah yang paling direkomendasikan untuk kamu taklukkan.

BACA PULA: BERAGAM MANFAAT DAN KONTROVERSI KEHADIRAN SHELTER BARU DI GUNUNG PRAU

Gunung Andong di Jawa Tengah

Selain Merbabu dan Prau, Jawa Tengah masih memiliki banyak gunung dengan view yang super keren untuk kamu nikmati dalam pendakian. Salah satu yang mungkin paling direkomendasikan juga adalah gunung Andong yang terletak di Kabupaten Magelang. Memang dari sisi ketinggian, Andong jauh lebih rendah daripada Merbabu atau Merapi, namun dari sisi keindahan pemandangan yang dimilikinya, Andong tentu saja tidak kalah.

Seperti halnya gunung Prau yang ada di Wonosobo, gunung Andong juga sangat ramah untuk para pendaki pemula. Dikarenakan bukan sebagai salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa atau tersulit rute pendakiannya, gunung Andong hampir selalu ramai dengan wisatawan.

Dengan hiking selama kurang lebih dua jam dari base camp pendakian, kamu sudah bisa mencapai puncak Andong dan menikmati panorama alam yang indah dari atasnya.

Gunung Gede Pangrango di Jawa Barat

Kamu pasti sudah tahu dengan nama Alun-Alun Surya Kencana yang memiliki padang edelweis puluhan hektar itu, kan?

Atau jika mungkin kamu pernah melihat gambar pemandangan gunung di internet yang menunjukkan sebuah sungai kecil mengalir di tengah padang rumput yang luas, kemungkinan besar itu juga adalah panorama kecantikan dari padang sabana Surya Kencana di Gede Pangrango.

Sebagai salah satu gunung yang terletak tak jauh dari ibukota Jakarta, Gede Pangrango seringkali dipenuhi kunjungan wisatawan untuk hiking pada setiap akhir pekannya.

Meskipun demikian, untuk mencapai Alun-Alun Surya Kencana Gunung Gede Pangrango, kamu setidaknya harus mendaki beberapa jam. Akan tetapi semua kelelahan pendakian ini akan terbayarkan dengan pemandangan alam pegunungan yang akan kamu nikmati di atasnya nanti.

Gunung Lawu di Jawa Timur

Gunung Lawu yang terkenal dengan Puncak Hargo Dumilah dan Sendang Drajad-nya ini, sebenarnya juga masih menjadi bagian dari propinsi Jawa Tengah pada beberapa wilayah kaki gunungnya. Namun secara administrarif dan penyebutan, Gunung Lawu seringkali dimasukkan dalam propinsi Jawa Timur. Dan yang paling penting, gunung ini juga menjadi salah satu gunung yang memiliki pemandangan terindah untuk dijadikan sebagai destinasi pendakian.

Ada beberapa rute pendakian gunung Lawu yang sudah populer untuk dijelajahi. Rute yang paling terkenal tentu saja adalah melalui Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang.

Namun, untuk menemukan kesan bahwa Lawu adalah salah satu gunung terindah di Indonesia, maka kamu harus mendakinya melalui rute yang berbeda. Dan rute yang paling direkomendasikan untuk tujuan ini mungkin adalah rute pendakian gunung Lawu via Candi Cetho yang menyajikan view dan panorama pendakian yang juga sangat istimewa.

KLIK TAUTAN INI MENDAPATKAN PENAWARAN HARGA PALING ISTIMEWA UNTUK KOLEKSI HEADGEAR SUPER KEREN DARI AKASAKA OUTDOOR

Gunung Semeru di Jawa Timur

Dengan predikat sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa, Semeru atau Mahameru memiliki lebih dari sekedar daya tarik keindahan semata. Ada banyak sekali hal istimewa dari gunung yang mendapat julukan Puncak Para Dewa ini terkait dengan pesona yang dimilikinya. Pastinya, kamu sudah tidak asing, kan, dengan nama seperti Danau Ranu Kumbolo, Kali Mati, Oro-Oro Ombo, dan yang paling dahsyat, tentu saja Puncak Mahameru-nya sendiri.

Meskipun termasuk sebagai salah satu gunung dengan jarak tempuh yang cukup panjang dan memakan waktu ideal hinggan tiga hari pendakian, Semeru pada dasarnya juga dapat kamu nikmati dengan aman meskipun kamu masih pemula.

Kuncinya adalah dengan menggunakan jasa guide profesional atau pemandu profesional. Pemandu profesional tidak saja dapat membuat pendakianmu menjadi lebih mudah, namun juga menjadikan fokusmu untuk menikmati pemandangan alam menjadi lebih bermakna.

Gunung Rinjani di Pulau Lombok

Rinjani menjadi salah satu puncak tertinggi di Indonesia di belakang puncak Carstensz Pyramid di Papua dan Puncak Indrapura di gunung Kerinci, Sumatera. Namun, jika menilik keindahan dan pesona yang dimilikinya, Rinjani mungkin saja layak dinobatkan sebagai gunung dengan pemandangan alam terindah di Indonesia.

Seperti Semeru yang memiliki Danau Ranukumbolo yang teduh dan syahdu, Gunung Rinjani memiliki Danau Segara Anak yang  sebenarnya merupakan cekungan kawah gunung utama yang kemudian terisi air.

Menariknya lagi, di dalam danau Segara Anak ini, terdapat gunung lain yang lebih kecil yang sering disebut sebagai Anak Gunung Rinjani. Kamu yang suka memancing saat hiking bahkan dapat memancing  di danan Segara Anak sambil menikmati keindahan alamnya yang luar biasa.

Gunung Kaba di Propinsi Bengkulu

Kamu mungkin asing dengan nama ini, namun memang benar bahwa pemandangan alam yang dimiliki oleh Gunung Kaba atau Bukit Kaba yang terletak di Propinsi Bengkulu, Sumatera, juga sangat luar biasa.

Hal istimewa lainnya dari gunung ini adalah karena ia ramah untuk pemula. Dengan ketinggian yang tidak jauh berbeda seperti gunung Andong dan gunung Prau di pulau Jawa, Bukit Kaba atau Gunung Kaba layak direkomendasikan untuk kamu yang mungkin belum pernah mendaki sebelumnya.

Sebelum mencapai kaki gunung Kaba sendiri, kamu akan disuguhi pemandangan gunung dan sawah propinsi Bengkulu yang kaya akan pesona dan keindahan. Sementara jika sudah mencapai puncaknya yang memang tidak begitu tinggi, panorama kawah belerang yang luas, gugusan Bukit Barisan, dan hamparan tanah Andalas yang khas, adalah hal indah lain yang bisa kamu nikmati dari gunung ini.

BACA JUGA: 10 JALUR HIKING ATAU PENDAKIAN GUNUNG PALING INDAH DI INDONESIA

Gunung Inerie di Nusa Tenggara Timur

gunung terindah

Gunung dengan pemandangan terindah selanjutnya datang dari indonesia Timur, tepatnya dari Tanah Flores atau Nusa Tenggara Timur. Hal yang membuat gunung Inerie menarik dan istimewa adalah bentuknya yang kerucut sempurna sekaligus juga ekosistem peralihan pulau Flores semi padang rumput yang mengelilinginya.

Jika kamu berkesempatan untuk berkunjung ke Nusa Tenggara Timur, kamu bisa menyempatkan diri untuk mendaki gunung Inerie yang tingginya juga cukup ramah untuk pendaki pemula.

Akan tetapi meskipun demikian, bentuk kerucutnya yang sempurna dan kondisinya yang merupakan sebuah gunung api aktif, membuat pendakian ke gunung Inerie mungkin akan lebih menantang untuk dilakukan.

Kamu Mau Mendaki Kemana?

Selain sebagai sebuah liburan, menikmati pemandangan gunung yang indah dan istimewa tentu saja dapat menjadi terapi untuk mengembalikan kesegaran setelah rutinitas yang melelahkan. Dengan memilih tujuan destinasi berupa gunung yang tepat dan istimewa, perjalanan pendakian dan hiking yang kamu lakukan juga akan semakin berkesan.

Nah, sebagai penutup rekomendasi 9 pemandangan gunung terindah di Indonesia dari Akasaka Outdoor ini, kamu juga tentunya harus memperhatikan banyak hal sebelum melakukan suatu pendakian. Jika kamu masih pemula, tetaplah terbuka pada masukan dan saran yang akan  membuat pendakianmu semakin nyaman dan aman.

Peralatan dan perlengkapan juga jangan kamu lupakan ketika kamu akan melakukan pendakian nantinya. Peralatan yang lengkap, efektif dan juga efisien, pada hakikatnya tidak hanya akan membuat pendakianmu menjadi lebih menyenangkan. Namun lebih daripada itu, akan pula membuat perjalanan pendakian yang kamu lakukan menjadi lebih menarik dan aman.

Dan untuk berbagai kebutuhan pendakian gunung dan petualanganmu, Akasaka Outdoor tentu saja adalah rekomendasi tempat yang paling ideal untuk mendapatkannya.

KLIK DISINI UNTUK MENDAPATKAN HARGA ISTIMEWA DARI PRODUK TERBARU DARI AKASAKA OUTDOOR UNTUK MENEMANI PENDAKIANMU MENIKMATI PEMANDANGAN GUNUNG TERINDAH DI INDONESIA

Baca Ini Juga Yuk!

7 GUNUNG TERINDAH DI DUNIA UNTUK TUJUAN WISATA DAN PENDAKIAN
7 GUNUNG TERINDAH DI DUNIA UNTUK TUJUAN WISATA DAN PENDAKIAN
Himalaya dengan segala daya tariknya memang telah menjadi rumah bagi banyak gunung terindah di dunia sebagai tujuan pendakian atau mountaineering. Akan tetapi selain di Himalaya, pemandangan gunung...
Read More
17 DESTINASI BERKEMAH DENGAN SUGUHAN GAMBAR PEMANDANGAN SUPER INDAH
17 DESTINASI BERKEMAH DENGAN SUGUHAN GAMBAR PEMANDANGAN SUPER INDAH
Berkemah dan menyaksikan suguhan gambar pemandangan yang indah adalah salah satu terapi paling manjur untuk menghilangkan kepenatan karena rutinitas. Hamparan gunung yang menjulang, persawahan yang...
Read More
5 FILM SURVIVAL TERBAIK DI ATAS GUNUNG BERDASARKAN KISAH NYATA
5 FILM SURVIVAL TERBAIK DI ATAS GUNUNG BERDASARKAN KISAH NYATA
Film dengan genre bertahan hidup atau survival adalah salah satu tema film yang tak pernah kekurangan penonton. Sepanjang masa, ada ratusan film survival terbaik yang telah dirilis ke publik. Beber...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published