9 NAMA GUNUNG DUNIA DENGAN LATAR BELAKANG SEJARAH YANG MENAKJUBKAN

nama gunung

Tahukah kamu jika nama gunung kadang memiliki sejarah yang menarik dibaliknya?

Nama gunung Everest juga memiliki sejarah yang menarik dimana sang pemilik nama, mulanya justru tidak setuju namanya digunakan untuk gunung tertinggi di dunia. Nama gunung K2 di Pakistan juga sama, memiliki kisah yang ternyata sangat tidak disangka-sangka.

Nah, apa sajakah nama gunung di dunia yang memiliki sejarah menarik dan mencengangkan untuk diketahui?

Berikut Akasaka Journal akan menyajikan informasinya untuk kamu.

BACA JUGA:

9 Nama Gunung di Dunia dengan Latar Belakang Sejarah dan Asal Usul yang Menarik

nama gunung

Kamu pasti pernah mendengar nama-nama gunung di pulau Sumatera atau Jawa yang memiliki latar belakang yang menarik, bukan? Gunung Bukit Hitam di propinsi Bengkulu misalnya; gunung ini dinamakan demikian karena latar belakang kisahnya yang penuh mistis dan kegelapan hutannya yang terkenal lebat. Kata Hitam yang identik dengan kegelapan, kemudian disematkan untuk gunung ini.

Lalu, jika kamu menillik nama gunung tertinggi di Jawa yang memiliki dua nama paling populer yakni Semeru dan Mahameru, maka kamu juga akan menemukan cerita yang menarik dibaliknya. Meru adalah bahasa Sanskerta untuk gunung, sementara Maha atau Se, adalah sebuah istilah untuk menunjukkan kebesaran dan kedigdayaan.

Jadi, jika kamu bertanya apa nama gunung tertinggi di pulau Jawa berdasarkan penterjemahannya secara bebas dari latar belakang sejarah? Maka jawaban yang mungkin paling menarik bahwa gunung Mahameru atau Semeru adalah raja gunung dengan kebesaran dan kedigdayaan dan dipercaya sebagai rumah bagi dewa-dewa tertinggi kayangan.

Benarkah demikian?

Ini adalah bagian dari sejarah dan tentunya memiliki nilai kebijakan lokal yang unik. Namun ternyata di dunia, ada cukup banyak pual nama gunung dengan latar belakang sejarah yang sangat menarik.

Lantas, apa sajakah itu?

Berikut beberapa di antaranya;

Gunung Everest di Himalaya

nama gunung

Everest adalah nama gunung di dunia yang paling populer dan terkenal. Nama ini disematkan untuk sebuah gunung di Himalaya dengan ketinggian 8.848 meter yang merupakan gunung paling tinggi di planet bumi jika diukur dari permukaan laut.

Nama Everest diambil dari nama Sir George Everest yang merupakan salah satu tokoh surveyor dari Inggris. Sir George Everest dianggap memiliki jasa yang besar dalam upaya mengumpulkan data mengenai Himalaya, khususnya gunung tertinggi di dunia.

Mulanya Sir George Everest sendiri tidak setuju namanya digunakan sebagai nama gunung tertinggi di dunia ini. Alasan yang disampaikan oleh Sir George Everest adalah bahwa lidah orang-orang Nepal dan Tibet kesulitan mengucapkan nama Everest. Namun demikian, nama ini akhirnya tetap digunakan sebagai nama resmi gunung tertinggi di planet bumi ini.

Selain Everest, nama yang disematkan juga adalah Chomolungma, Sagarmatha, The Bastard Mountain dan yang lainnya. Khusus untuk nama yang terakhir, itu diucapkan oleh Sir Edmund Hillary saat baru saja turun bersama Tenzing Norgay dari puncaknya pada tahun 1953.

Gunung K2 di Karakoram

nama gunung

Nama gunung keren selanjutnya dengan latar belakang mencengangkan adalah gunung K2 di Karakoram. Nah, kamu pasti pernah mendengar nama gunung yang satu ini, kan?

Gunung K2 adalah gunung tertinggi kedua di dunia setelah gunung Everest di Himalaya. Gunung K2 memiliki ketinggian 8.611 meter atau selisih sekitar 200-an meter dibandingkan Everest. Meskipun memiliki ketinggian lebih rendah, gunung K2 diklaim sebagai gunung yang paling sulit didaki dunia, lho, bahkan mengalahkan Everest sekali pun.

Nama gunung K2 sendiri adalah bentuk kebingungan para surveyor untuk menamakan gunung ini sesuai dengan nama aslinya. Dalam masa survey, gunung-gunung di Karakorama dinamakan dengan inisial seperti K1, K2, K3 dan seterusnya. Inisial ini kemudian diganti setelah diketahui nama lokal gunung tersebut.

Namun K2 ternyata tidak memiliki nama lokal yang bisa digunakan. Nama lain gunung ini adalah Chogori dan Goldwin Austin, dan keduanya sama-sama tidak dapat populer seperti halnya nama K2 itu sendiri.

Pada akhirnya, dengan karakteristik gunung yang sulit dan memiliki reputasi mematikan, nama K2 terasa jauh lebih tepat untuk digunakan.

Gunung Denali di Amerika Utara

nama gunung

Gunung tertinggi di Amerika Utara ini pada mulanya memang disebut sebagai Denali. Akan tetapi seiring perjalanan waktu, gunung ini pernah pula berganti nama menjadi gunung McKinley dan gunung Churchill Peak.

Kata McKinley tentunya diambil dari nama William McKinley yang menjadi salah satu tokoh politik Amerika Serikat. Nama gunung ini dinisbahkan atas namanya sebagai penghormatan atas jasanya yang dianggap memiliki kontribusi di Alaska. Sedangkan Churchill Peak tentu pula didasari nama Winston Churchill yang merupakan pemimpin besar dari Inggris.

Namun pada tahun 2015, mengemuka sebuah kebijakan untuk mengembalikan nama gunung-gunung di Amerika menjadi nama aslinya sendiri. Nah, pada saat itulah nama Denali digunakan sebagai nama resmi gunung Denali hingga sekarang.

Gunung Bride Peak atau Chogolisa di Karakoram

nama gunung

Gunung Pengantin (Bride Peak) atau gunung Chogolisa adalah sebuah gunung indah yang terletak di Karakoram, Pakistan. Gunung ini tidak jauh dari gunung Gashebrum I, Gasherbrum II, Broad Peak dan juga K2.

Popularitas gunung Chogolisa tidak dapat dipisahkan dari kematian seorang pendaki gunung Austria bernama Hermann Buhl pada saat berusaha mencapai puncaknya untuk yang pertama kali. Seperti yang mungkin kamu pernah dengar, Hermann Buhl sendiri adalah pendaki gunung pertama di dunia yang mencapai puncak gunung Nanga Parbat.

Lantas, mengapa gunung ini dinamakan sebagai Bride Peak atau gunung Pengantin?

Nama gunung ini pada awalnya diberikan oleh Sir Martin Conway dikarenakan melihat puncaknya yang seolah berdampingan. Dua puncak yang seolah sejajar layaknya pengantin inilah kemudian yang menginspirasi Martin Conway untuk menamakan gunung ini dengan sebutan The Bride Peak atau Chogolisa.

Gunung Ismail Samani atau Lenin Peak di Pamir

nama gunung

Nama yang lebih populer untuk gunung yang masuk dalam daftar Snow Leopard Mountaineering Award Rusia ini adalah Lenin Peak. Namun, karena lokasinya berada dalam salah satu wilayah negara dengan sejarah islam yang kental, nama Ismail Samani lebih diinginkan.

Sebelumnya nama gunung ini telah mengalami banyak sekali perubahan seiring waktu. Nama pertama yang disematkan adalah Lenin Peak hingga tahun 1928. Kemudian nama ini diganti lagi menjadi Garmo Peak, lalu berubah lagi menjadi Stalin Peak yang diambil dari nama Joseph Stalin yang merupakan pemimpin orotiter Rusia pada tahun 1950-an.

Belum puas dengan hal tersebut, nama gunung dengan ketinggian 7.495 meter ini kemudian diganti lagi menjadi Communism Peak atau Puncak Komunis. Akan tetapi pada tahun 1998 hingga sekarang, nama gunung secara resmi oleh pemerintah Tajikistan diganti menjadi Puncak Ismail Samani, merujuk pada Emir Ismail Samani yang memimpin daerah itu pada masa lampau.

Gunung Khumbakarna atau Jannu di India

nama gunung

Kamu pasti pernah mendengar nama Khumbakarna, kan?

Yap. Kumbhakarna adalah nama salah satu raksasa dalam mitos legenda Ramayana dan Mahabarata. Khumbakarna sendiri diidentikkan sebagai raksasa dengan kekuatan yang besar dan tangguh serta sangat kuat.

Namun, tahukah kamu jika Khumbakarna juga adalah nama sebuah gunung di India?

Khumbakarna merupakan sebuah gunung dengan bentuk yang atraktif dan terkenal sangat menantang untuk para pendaki gunung dan pemanjat tebing. Dalam dunia mountaineering, nama Khumbakarna kurang populer dibandingkan nama Jannu. Jannu adalah nama yang banyak digunakan untuk gunung dengan ketinggian 7.710 meter ini.

Nah, selain Jannu dan Khumbakarna, nama lain datri gunung ini adalah Phoktanglungma yang memiliki arti gunung yang memiliki bahu. Jika kamu melihat bentuk gunung ini dari sudut pandang yang tepat, Phoktanglungma atau Jannu, atau Khumbakarna, memang terlihat seperti raksasa dengan dua bahunya yang kokoh.

Gunung Annapurna di Himalaya

nama gunung

Arti nama gunung Annapurna adalah Dewi Panen, dan letaknya ada di jantung pegunungan Himalaya yang terkenal.

Nama gunung Annapurna termasuk salah satu nama gunung yang paling populer di Himalaya. Hal ini disebabkan selain unik dan gampang dieja, Annapurna juga merupakan rumah bagi salah satu lokasi trekking paling menarik di dunia. Di samping itu, Annapurna juga merupakan gunung delapan ribu meter pertama yang berhasil didaki oleh manusia.

Secara etimologi Annapurna dinamakan sebagai Dewi Panen, atau Makanan Abadi dan tidak ada habisnya. Hal ini berkorelasi pula dengan fakta bahwa gunung Annapurna menjadi hulu bagi beberapa sungai yang mengairi ladang dan sawah di beberapa wilayah yang dilaluinya.

Jika kamu membaca buku Maut Di Gunung Terakhir yang ditulis oleh Anton Sujarwo pada bab Tawanan Sang Dewi Panen, kamu akan mendapati penjelasan yang lebih menarik mengenai Annapurna.

Gunung Trango Tower di Karakoram

nama gunung

Pertama kali diambil fotonya oleh Vittorio Sella pada kisaran tahun 1890-an, nama yang disebatkan untuk gunung ini adalah The Last Citadel.

Penamaan The Last Citadel untuk gunung Trango Towers dapat dimengerti melihat bentuknya sendiri yang berdiri megah seolah tonggak benteng yang kokoh. Trango Towers sendiri merupakan salah satu gunung atraktif yang satu kelompok dengan gunung lain seperti Mustagh Tower, Nameless Tower dan lain sebagainya.

Nah, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan istilah Citadel sendiri?

Citadel adalah sebuah menara, benteng atau bangunan utama dalam sebuah kota dengan pertahanan yang kokoh. Mengacu pada pengertian ini, The Last Citadel adalah menara terakhir dari Karakoram yang berdasarkan definisi Vittorio Sella saat memotretnya di masa lampau.

Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat

nama gunung

Di Indonesia ada banyak nama gunung yang unik, menarik dan juga menakjubkan untuk diingat. Dan salah satu dari sekian banyak nama itu tentu saja adalah gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat.

Selain unik, Tangkuban Perahu adalah nama gunung berapi di Indonesia yang cukup populer. Di puncak gunung ini dan dari atas lereng-lerengnya, kamu dapat menyaksikan keindahan kawah Tangkuban Perahu yang masih menebarkan aroma belerang yang kuat.

Mengenai legenda nama Tangkuban Perahu rasanya kamu sudah pasti tahu, kan? Nama unik ini diambil dari legenda Dayang Sumbi dan Sangkuriang. Sangkuriang yang marah saat itu menendang kapal yang ia buat sehingga melayang dan jatuh dalam keadaan terbalik.

Dan perahu terbalik itulah kemudian yang berubah menjadi gunung Tangkuban Perahu.

BACA JUGA:

nama gunung

Nah, itu adalah 9 nama gunung di dunia dengan latar belakang sejarah yang unik dan menarik. Bagaimana, apakah kamu memiliki referensi lain mengenai nama gunung yang juga unik serta menarik untuk diceritakan?

Nama-nama gunung di Sulawesi, Kalimantan, Papua tentu juga sangat unik, kamu mungkin bisa menyebutkannya di kolom komentar, ya. Selain namanya, mengunjungi gunung-gunung tersebut tentu saja jauh lebih menyenangkan untuk dilakukan.

Untuk itu, supaya perjalanan dan petualangan kamu ke berbagai gunung dengan nama unik semakin istimewa, yuk, gunakan selalu produk-produk terbaik dari Akasaka Outdoor, ya. Produknya sendiri dapat kamu peroleh melalui link dibawah ini.

Jadi, langsung diklik saja, ya!

KLIK DISINI DAN DAPATKAN PRODUK PETUALANGAN IMPIANMU SEKARANG JUGA

Baca Ini Juga Yuk!

PORTER GUNUNG ADALAH PAHLAWAN BAGI PARA PENDAKI; INI 7 FAKTANYA
PORTER GUNUNG ADALAH PAHLAWAN BAGI PARA PENDAKI; INI 7 FAKTANYA
Bagi beberapa pendaki, porter gunung adalah orang-orang yang menyewakan tenaga mereka untuk membawa barang-barang para pendaki dan tidak lebih dari itu. Padahal jika Sobat Akasaka berkenan untuk be...
Read More
TERNYATA INI 7 FAKTA PUNCAK CARTENZ YANG JARANG DIKETAHUI PARA PENDAKI
TERNYATA INI 7 FAKTA PUNCAK CARTENZ YANG JARANG DIKETAHUI PARA PENDAKI
Tidak hanya populer di Indonesia, puncak Cartenz Pyramid yang terletak di pegunungan Jaya Wijaya, Irian Jaya, juga tersohor hingga manca negara. Puncak ini menjadi salah satu destinasi utama dalam ...
Read More
BENARKAH BUNGA EDELWEIS ARTINYA KEABADIAN? CEK 7 FAKTANYA BERIKUT, YUK!
BENARKAH BUNGA EDELWEIS ARTINYA KEABADIAN? CEK 7 FAKTANYA BERIKUT, YUK!
Kamu pasti tahu apa itu bunga edelweis, kan? Yap, bunga ini adalah bungaya para pendaki gunung dan para petualang ketinggian. Bunga edelweis artinya seringkali dihubungkan dengan keabadian atau imm...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published