9 GUNUNG TERTINGGI DI INDONESIA YANG BAGUS UNTUK TUJUAN MENDAKI

 

Gunung tertinggi di Indonesia

Secara umum dikenal bahwa gunung Jaya Wijaya dengan puncak Carstenz Pyramid-nya yang ada di Papua, adalah gunung tertinggi di Indonesia. Gunung ini memiliki banyak keistimewaan dari sisi ketinggian dan topografi. Selain tertinggi di Indonesia, Cartstenz Pyramid juga tertinggi di Oceania untuk wilayah Indonesia, Australia dan juga pulau Papua Nugini.

Selain Cartstenz Pyramid yang memang sudah populer lantaran termasuk pula sebagai salah satu gunung tertinggi di dunia dalam list  seven summit, Indonesia ternyata masih memilik sederet gunung tinggi lainnya yang sangat ideal untuk tujuan pendakian.

Nah, apa sajakah daftar gunung tertinggi di Nusantara tersebut dan dapat kamu jadikan destinasi untuk melakukan pendakian? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Daftar 9 Gunung Tertinggi di Indonesia yang Ideal Untuk Tujuan Pendakian

 

Dengan bentuk geografisnya yang terdiri dari banyak pulau dan membentang dari barat ke timur, Indonesia tentu saja kaya akan potensi alam. Salah satu kekayaan yang mungkin belum begitu ter-ekspose tersebut adalah mengenai potensi wisata, khususnya pendakian gunung. Karena sebagaimana diketahui bersama, pendakian gunung adalah salah satu jenis potensi wisata yang semakin menarik dewasa ini.

Untuk aktivitas pendakian gunung dan hiking di Indonesia sebenarnya sudah cukup populer dan berkembang dengan sangat baik. Kamu mungkin mengenal istilah seven summit Indonesia yang merupakan sirkuit pendakian 7 gunung tertinggi di Indonesia. Konsep seven summit Indonesia sendiri, tentu saja terinspirasi dari konsep sejenis yang lebih populer dalam ukuran global.

Nah, jika misalnya dunia mengenal gunung Everest sebagai gunung tertinggi yang berada di Nepal. Kemudian ada lagi gunung Chogo Ri atau K2 yang terdapat di Pakistan yang menjadi gunung tertinggi kedua di dunia setelah Everest. Lalu ada lagi Kangchenjunga, Lhotse, Makalu, dan seterusnya yang berada urutan gunung tertinggi dunia berikutnya. Maka, Indonesia pun memiliki sebuah daftar yang tidak kalah menarik untuk dicermati bersama.

Lalu, puncak gunung mana sajakah di Indonesia yang sangat ideal untuk tujuan pendakian berdasarkan urutan ketinggiaannya tersebut? Berikut ini daftarnya.

Gunung Sanggar di Nusa Tenggara Barat

Kamu mungkin merasa asing dengan nama gunung ini, dan lebih asing lagi mengetahui bahwa ia adalah salah satu gunung dengan elevasi ketinggian yang masuk sepuluh besar di Indonesia.

Ya, Gunung Sanggar adalah gunung ke-9 tertinggi di Indonesia dengan elevasi pada angka 3.564 meter atau 11.431 kaki. Gunung ini terletak di pulau Nusa Tenggara Barat atau Pulau Lombok dan tidak begitu jauh dari lokasi di mana Gunung Rinjani Berdiri. Namun, karena masih kurang tereksplorasi, pemandangan terindah gunung Sanggar memang belum dapat mengalahkan popularitas Rinjani.

Meskipun masih kalah populer dengan gunung Rinjani yang sudah lebih dulu tenar, potensi untuk menjadikan gunung Sanggar sebagai tujuan pendakian sangat terbuka lebar. Bahkan dengan segala keistimewaannya ini, gunung Sanggar menawarkan nuansa petualangan yang masih asli untuk kamu jelajahi.

Gunung Semeru di Jawa Timur

Dengan ketinggiannya yang ada pada angka 3.676 meter atau 12.060 kaki, Gunung Semeru atau Mahameru di Jawa Timur menempati urutan ke-8 sebagai gunung tertinggi di Indonesia. Akan tetapi, meskipun Semeru menempati peringkat ke delapan secara nasional, namun Semeru juga menyandang predikat pertama sebagai gunung tertinggi di Jawa.

Dari sisi popularitas sebagai tujuan wisata hiking dan pendakian, gunung Semeru tentu saja sudah sangat familiar. Bahkan karena eksotisme dan keindahannya yang sudah sangat terkenal, Semeru beberapa kali menjadi pilihan tempat untuk syuting film nasional seperti Gie dan 5 CM.

Hal ini tentu saja tidak mengherankan mengingat bagaimana luar biasanya keindahan Mahameru. Kombinasi Danau Ranu Kumbolo yang tenang, hutan cemara yang luas, padang Oro-Oro Ombo penuh bunga, serta puncak Semeru-nya sendiri, menjadikan daya tarik pendakian ke Semeru semakin besar dan memikat hati setiap pendaki.

Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat

Tidak jauh dari gunung Sanggar yang berada pada posisi kesembilan sebagai gunung dengan elevasi tertinggi di Indonesia, gunung Rijani dengan segala daya magis dan pesonanya, memanggil para pendaki untuk mendatanginya pula dengan rasa takjub.

Rinjani memiliki keindahan yang tidak kalah dengan gunung Semeru di Jawa Timur. Jika Semeru memiliki Ranu Kumbolo, maka Rinjani memiliki Segara Anak. Jika Semeru memiliki tanjakan pasir Mahameru yang legendaris, maka Rinjani juga memiliki Puncak Dewi Anjani yang penuh dengan pesona luar biasa dan penuh kecantikan.

Dari sisi ketinggian, gunung Rinjani yang memiliki elevasi 3.726 meter atau 12.224 kaki ini, berada pada ururan ke-7 sebagai gunung tertinggi di Nusantara. Namun dari sisi keindahan dan pesona yang dimilikinya, Rinjani menjadi idola dan seringkali menjadi pilihan favorit sebagai 1 gunung tertinggi di Indonesia yang paling banyak pengunjungnya.

Gunung Kerinci di Pulau Sumatera

Dalam urutan sirkuit seven summit Indonesia, gunung Kerinci yang memiliki ketinggian 3.805 meter berada pada posisi runner up atau kedua di belakang Carstensz Pyramid. Namun jika kemudian daftar ini dibuat berdasarkan urutan puncak gunung tertinggi di Indonesia secara keseluruhan berdasarkan elevasinya, maka gunung Kerinci ada pada posisi yang ke-6 di atas gunung Rinjani di pulau Sumbawa.

Terletak di Negeri Andalas atau pulau Sumatera dengan Bukit Barisan dan belantaranya yang lebat, Gunung Kerinci menjadi salah satu idola para pendaki gunung yang memuja tantangan dan petualangan. Untuk mencapai puncak Indrapura gunung Kerinci yang terkenal, para pendaki setidaknya harus melewati hutan belantara yang lebat dan jalur berlumpur yang sulit dilewati.

Akan tetapi sebagai sebuah gunung wisata untuk aktivitas hiking, gunung Kerinci juga memiliki pesona selain perjalanan menuju puncaknya. Bahkan di daerah yang menjadi kaki gunung Kerinci sendiri, khususnya wilayah kecamatan Kersik Tuo, Propinsi Jambi, terhampar pemandangan perkebunah teh yang luas dan indah yang juga menjadi magnet keindahan pendakian menuju Kerinci.

Gunung Yamin di Irian Jaya

Seperti halnya gunung Sanggar di Pulau Lombok yang masih asing terdengar di telinga, gunung Yamin yang terletak di Papua ini juga termasuk sebagai salah satu gunung asing dalam popularitas dunia pendakian Indonesia. Namun demikian dari sisi ketinggian, Yamin Peak atau Gunung Yamin menempati tempat ke-5 dalam urutan gunung-gunung tertinggi di Indonesia.

Ketinggian gunung Yamin ada pada angka 4.595 meter  atau 15.075 kaki. Gunung ini masih masuk dalam kawasan pegunungan Papua seperti halnya Jaya Wijaya. Puncak Yamin sendiri pun merupakan puncak dengan struktur batuan khas pegunungan tinggi dunia lainnya.

Dengan keterasingan dan statusnya yang tidak begitu populer sebagai tujuan pendakian, gunung Yamin masih menyajikan tantangan petualangan yang murni untuk dijelajahi. Walaupun demikian, dengan segala kesulitan dan tantangan yang dimilikinya, gunung Yamin setidaknya sudah pernah didaki manusia pula. Dan estimasi untuk mencapai puncaknya, dibutuhkan waktu hingga 3 hari perjalanan.

Gunung Ngga Pilimsit di Irian Jaya

Ketinggian gunung Ngga Pilimsit adalah 4.717 meter atau 15.476 kaki dan merupakan tertinggi di Indonesia ke-4 di atas gunung Yamin. Gunung-gunung lain yang terletak tidak jauh dari gunung Ngga Pilimsit adalah Carstensz Pyramid, Ubia, Wataikwa, dan lain sebagainya.

Secara umum memang diketahui bahwa gunung tertinggi di Indonesia dan letaknya memang lebih banyak ada di Papua. Dan Ngga Pilimsit ini tentu saja adalah salah satunya. Daya tarik lain dari gunung dengan namanya yang unik ini adalah sejarah pendakian pertamanya yang dilakukan oleh ekspedisi Austria.

Jika kamu tahu sejarah pendakian pertama gunung Carstensz Pyramid, maka orang yang menaklukkan puncak Ngga Pilimsit juga adalah orang yang sama. Pendaki pertama yang mencapai puncak Ngga Pilimsit adalah Philip Temple dari Australia dan Heinrich Harrer dari Austria. Dan Heinrich Harrer tentu saja kamu tahu, dia adalah orang diceritakan dalam film Seven Years in Tibet dan juga anggota kstaria penakluk Eiger North Face pada tahun 1938 dibawah pimpinan Andreas Heckmair.

Puncak Trikora di Irian Jaya

Gunung tertinggi selanjutnya yang bagus sebagai tujuan pendakian untuk kamu adalah puncak Trikora yang juga terletak di Irian Jaya atau Papua. Puncak Trikora memiliki ketinggian 4.750 meter atau 15.584 kaki. Dalam daftar gunung gunung tertinggi di Indonesia, Puncak Trikora ada pada posisi ke-3 di atas Puncak Ngga Pilimsit.

Ada beberapa hal menarik yang mungkin dapat menjadi catatanmu jika berniat untuk mendaki ke puncak Trikora. Catatan pertama tentu saja adalah karena gunung ini termasuk sebagai tiga besar gunung tertinggi di Indonesia yang secara otomatis, juga menempatkannya sebagai puncak tertinggi dalam list  Seven Third Summit di dunia.

Oya, apakah kamu pernah mendengar istilah Seven Third Summit?

Seven Third Summit adalah sebutan tujuh puncak tertinggi ke-3 di tujuh benua. Dengan posisinya sebagai puncak tertinggi ketiga di Oceania, maka tentu saja Puncak Trikora masuk dalam daftar ini. Keistimewaan lain dari puncak Trikora misalnya adalah titik awal pendakiannya yang bermula dari Lembah Baliem yang terkenal.

KLIK DISINI UNTUK MEMBACA SIRKUIT SEVEN SUMMIT LENGKAP DALAM BUKU PENDAKIAN GUNUNG PALING POPULER DI INDONESIA YANG DITULIS OLEH ANTON SUJARWO

Puncak Mandala di Irian Jaya

Puncak Mandala memiliki ketinggian 4.760 meter dan terletak di Kabupaten Bintang, Irian Jaya. Sebelum terkenal dengan namanya sebagai puncak Mandala seperti sekarang ini, nama Puncak Mandala sebelumnya adalah Juliana Top atau Puncak Juliana.

Pendakian pertama yang mencapai puncak Mandala atau Puncak Juliana tercatat pada tahun 1959 oleh sebuah eksepedisi Belanda. Atau setidaknya ada beberapa orang pendaki berkebangsaan Belanda dalam ekspedisi tersebut. Hal yang menarik perhatian dari puncak gunung tertinggi di Indonesia yang ke-2 ini adalah adanya gletser dan salju di sekitar puncaknya.

Namun itu adalah dulu, sebelum pemanasan global yang massif mencairkan salju dan es yang ada di sana. Suhu bumi yang terus meningkat seiring dengan laju pemanasan global yang sulit dikendalikan, gletser dan salju di wilayah Puncak Mandala pun sekarang telah menghilang.

Puncak Carstenz Pyramid di Irian Jaya

Cartensz Pyramid telah demikian populer sebagai tujuan pendakian dunia dan juga Indonesia. Ketinggian gunung ini adalah 4.884 meter dan merupakan puncak gunung paling tinggi yang ada di wilayah Indonesia, benua Oceania, dan juga pulau Papua Nugini.

Sebagai gunung tertinggi ke-1 di banyak satuan wilayah, Carstensz Pyramid tentu saja sangat populer sebagai destinasi pendakian yang terkenal. Gunung ini masuk dalam list  sirkuit seven summit versi Reinhold Messner, dan tentu saja menjadi raja pula dalam sirkuit seven summit Indonesia.

Pendakian ke puncak Carstensz secara umum tidak begitu sulit, namun tantangan ketinggiannya membuat segala persiapan harus dilakukan sebaik mungkin. Rute menuju puncak tertinggi di Indonesia ini pula dapat dipilih antara melalui jalur kampung Sugapa atau melalui pertambangan PT. Freeport McMoran yang terkenal itu.

DAPATKAN BUKU-BUKU TENTANG MOUNTAINEERING DAN SEJARAH PENDAKIAN GUNUNG TERTINGGI DI INDONESIA DENGAN MENGKLIK TAUTAN INI

gunung tertinggi di Indonesia

Nah, itu adalah 9 gunung tertinggi di Indonesia yang layak kamu jadikan destinasi untuk pendakian. Dengan segala pesona, keindahan, tantangan dan juga petualangan yang dimilikinya, gunung-gunung ini akan menyambut kamu dengan istimewa untuk meraih puncaknya.

Oya, supaya pendakianmu ke berbagai gunung paling tinggi di Indonesia semakin aman dan nyaman, gunakan selalu perlengkapan mendaki yang lengkap dan berkualitas, ya. Nah, kamu tentu saja bisa mendapatkan berbagai produk untuk mendaki dengan kualitas terbaik tersebut di Akasaka Outdoor.

TEMUKAN PERLENGKAPAN BERTUALANG IDAMANMU DENGAN HARGA PALING ISTIMEWA MELALUI TAUTAN INI

 

 

Baca Ini Juga Yuk!

5 PUNCAK TERTINGGI DI PEGUNUNGAN HIMALAYA YANG PALING MENANTANG
5 PUNCAK TERTINGGI DI PEGUNUNGAN HIMALAYA YANG PALING MENANTANG
Sebagai rumah bagi bersemayamnya puncak-puncak tertinggi di muka bumi, pegunungan Himalaya selalu menyimpan keistimewaan untuk diceritakan. Pegunungan raksasa yang mendiami wilayah Nepal, Tibet dan...
Read More
5 ATURAN TERBARU UNTUK SEMUA JALUR PENDAKIAN GUNUNG PRAU
5 ATURAN TERBARU UNTUK SEMUA JALUR PENDAKIAN GUNUNG PRAU
Apakah kamu memiliki rencana untuk mendaki gunung Prau dalam waktu dekat ini? Jika kamu ingin mendaki gunung Prau atau gunung Prahu di kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, maka ada beberapa hal yang na...
Read More
5 REKOMENDASI WAIST BAG TERBAIK DAN TERBARU UNTUK TEMAN BERTUALANG
5 REKOMENDASI WAIST BAG TERBAIK DAN TERBARU UNTUK TEMAN BERTUALANG
Hampir setiap bulannya, ada saja produk waist bag terbaik dan terbaru yang dirilis oleh banyak vendor produsen perlengkapan outdoor di Indonesia. Hal ini tidak dapat lepas dari meningkatnya jumlah ...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published