9 FAKTA MENAKJUBKAN TENTANG PEGUNUNGAN URAL YANG JARANG DIKETAHUI

Pegunungan Ural

Dibandingkan pegunungan populer di dunia lainnya, Pegunungan Uralmemang tidak begitu dikenal. Akan tetapi, pegunungan ini juga tidak kalah istimewa dengan pegunungan-pegunungan lainnya. Di Pegunungan Ural ada sederet fakta istimewa yang ternyata justru tidak dimiliki oleh pegunungan besar lainnya.

Nah, apa sajakah fakta menarik tentang  Pegunungan Ural?

Yuk, simak ulasannya lengkapnya berikut ini.

9 Fakta Tentang Pegunungan Ural yang Mengagumkan dan Tidak Banyak Diketahui

Pegunungan Ural

Seperti halnya Pegunungan Kausasus lainnya, Pegunungan Ural merupakan bentang alam yang indah di wilayah Rusia yang luas. Pegunungan Ural membentang sejauh 2.500 kilometer atau sekitar 1.550 mil di perbatasan antara benua Asia dan Eropa.

Secara geografis, Pegunungan Ural berada di negara Rusia dan mendiami wilayah antara Laut Artik dan Kazakhstan. Pegunungan ini memiliki ciri khas hutan semi gurun dengan batuan setua usia dunia. Pada beberapa bagian,  topografi Pegunungan Ural juga dihiasi dengan danau dan bukit-bukit yang indah, sementara pada musim dingin, pegunungan ini tertutup salju sepenuhnya.

BACA JUGA:

Dengan letaknya yang istimewa, Pegunungan Ural menjadi batas alam antara benua Asia dan benua Eropa, meskipun tentu saja, batas yang dibuat oleh barisan pegunungan ini tidak sepenuhnya akurat.

Ada banyak hal menarik dari Pegunungan Ural yang mungkin saja jarang diketahui di Indonesia. Kandungan mineralnya yang kaya, usianya yang dianggap sebagai yang paling tua di dunia serta bentang alamnya yang luar biasa, telah membuat Pegunungan Ural terasa demikian istimewa.

Lantas, apa saja sebenarnya hal-hal istimewa dari Pegunungan Ural?

Berikut 9 di antaranya;

Pegunungan Ural adalah Pegunungan Tertua di Dunia

Pegunungan Ural

Sudah umum diketahui bahwa Pegunungan Ural membatasi benua Eropa dan Asia ini adalah salah satu pegunungan tertua di dunia. Berdasarkan perhitungan para ahli, Pegunungan Ural diperkirakan terbentuk seajak 440 juta tahun yang lalu  atau terjadi pada masa akhir zaman Ordovisium.

Asal mula Pegunungan Ural sama seperti Pegunungan Himalaya dimana samudra purba mengangkat dalam sebuah peristiwa geologis yang dahsyat. Pada kasus Pegunungan Ural, samudra purba yang dikenal dengan Samudra Urals mengalami pengangkatan yang signifikan ketika fragmen benua Ueramerica bertabrakan dengan fragmen benua Kazakhstania.

Nah, peristiwa tabrakan inilah kemudian yang mengangkat dasar Samudra Urals hingga lebih dari 2.000 kilometer ke permukaan bumi.

Puncak Tertingginya Hanya Kurang dari 2.000 Meter dari Permukaan Laut

Pegunungan Ural

Tidak seperti Pegunungan Himalaya yang menjadi rumah gunung-gunung paling tinggi di muka bumi, Pegunungan Ural memiliki ketinggian yang jauh lebih rendah. Bahkan puncak tertinggi dari keseluruhan Pegunungan Ural hanya memiliki ketinggian 1.895 meter dari permukaan laut.

Cukup rendah banget, kan?

Puncak tertinggi Pegunungan Ural ini terdapat pada sebuah gunung yang diberi nama dengan Mount Narodnaya. Gunung ini untuk pertamakalinya diidentifikasi pada tahun 1927 oleh negara Uni Soviet.

Walaupun memiliki ketinggian yang cukup rendah, Gunung Narodnaya juga banyak didatangi para pendaki, lho. Bahkan pada musim dingin, pendakian ke gunung ini terbilang cukup menantang.

Pegunungan Ural Kaya akan Mineral Berharga

Pegunungan Ural

Fakta selanjutnya dari pegunuang Rusia ini adalah ia sangat kaya akan mineral-mineral paling berharga di dunia.

Meskipun ketinggian maksimumnya hanya dibawah 2.000 meter, namun Pegunungan Himalaya atau pun Pegunungan Karakoram sebagai pegunungan tertinggi di dunia, mungkin akan iri dengan kandungan luar biasa yang dimiliki oleh Pegunungan Ural.

Di bawah Pegunungan Ural yang membentang sejauh 2.500 kilometer, terdapat banyak sekali kandungan mineral yang menjadi lambang kekayaan dunia. Kamu akan menemukan emas, perak, uranium, besi, platinum, berlian dan batuan permata termahal di dunia di sini.

Hal yang menarik juga dari pegunungan ini adalah kondisinya masih cukup terjaga dari penambangan liar seperti di berbagai tempat lainnya di dunia. Padahal, jika melihat kandungan yang dimilikinya, Pegunungan Ural tentu saja adalah tempat para penjarah mineral bisa berpesta pora.

Bentang Alam Pegunungan Ural Didominasi oleh Stepa dan Hutan

Pegunungan Ural

Selanjutnya fakta menarik lain dari Pegunungan Ural yang merupakan batas wilayah benua Asia dan Eropa ini adalah, bentang alamnya yang didominasi hutan dan juga ekosistem semi gurun atau stepa.

Dengan ekosistem yang cantik ini, Pegunungan Ural tentu saja menjadi tempat dengan landscape sangat menarik di dunia. Kamu dapat menemukan pegunungan dengan puncak bersalju pada satu sisi, seperti di Yugyd Va National Park, sementara di sisi lainnya, kamu juga dapat menemukan iklim semi gurun yang kering dan didominasi oleh tumbuhan rendah padang rumput.

Pegunungan Ural Kaya Minyak dan Gas Bumi

Pegunungan Ural

Di samping memiliki demikian banyak kekayaan mineral berharga seperti emas dan perak, Pegunungan Ural juga ternyata sangat kaya dengan kandungan alam seperti minyak bumi, batu bara dan juga gas. Bahkan diprediksi bahwa kandungan gas bumi di Pegunungan Ural adalah salah satu yang terbesar di dunia, lho.

Dengan ekosistem semi gurun yang dimilikinya, diperkirakan bahwa Pegunungan Ural hampir sama istimewanya dengan wilayah-wilayah gurun penghasil minyak bumi terbesar di dunia. Wilayah ini dikenal sebagai padang gurun yang tandus di atasnya, namun memiliki cadangan minyak bumi yang melimpah di bawahnya.

Menjadi Sumber Mata Air bagi Banyak Sungai di Rusia

Pegunungan Ural

Nah, fakta selanjunya dari Pegunungan Ural mungkin tidak berbeda jauh dengan berbagai pegunungan besar dunia lainnya. Pegunungan Ural yang dihuni oleh hutan yang luas telah menjadi wilayah penghasil air yang melimpah untuk kemudian dialirkan melalui berbagai sungai yang berhulu di lembahnya.

Di antara demikian banyak sungai yang berhulu di Pegunungan Ural, mungkin Sungai Ural sendiri adalah rajanya.

Sungai yang memiliki panjang 2.428 atau 1.509 mil ini mengalir dari Pegunungan Ural hingga Laut Kaspia. Di samping Sungai Ural, ada juga Sungai Chusovaya, Sungai Belaya, Sungai Illych, Sungai Shchugor dan sungai Basin.

Oh ya, hampir semua sungai-sungai ini membeku hampir enam bulan setiap tahunnya lho.

Menjadi Rumah bagi Banyak Danau Terdalam di Dunia

Pegunungan Ural

Selain menjadi sumber air bagi hulu-hulu sungai terpanjang di Rusia, wilayah Pegunungan Ural juga menjadi wilayah dimana danau-danau terdalam di dunia berada. Ini juga menjadi salah satu misteri Pegunungan Ural yang menimbulkan pertanyaan mengapa tempat ini menjadi hunian bagi danau-danau dunia dengan kedalaman yang menakutkan.

Beberapa danau yang cukup populer di Pegunungan Ural antara lain adalah; Danau Upildy, Danau Itkul, Danau Turgoyak, dan danau Tavatuy. Meskipun tidak sedalam danau Baikal yang terkenal, namun kedalaman danau tersebut rata-rata mencapai  136 meter.

Dalam banget, kan?

Pegunungan Ural Memiliki Hutan Perawan Terluas di Eropa

Pegunungan Ural

Nah, fakta selanjutnya dari Pegunungan Ural ini juga unik yakni, ia adalah hutan satu-satunya yang memiliki kawasan hutan terluas di Eropa yang masih tak tersentuh alias hutan perawan. Termasuk ke dalam wilayah ini adalah Clear Water National Park (Yugyd Va), Pechoro Llychskiy Nature Reserve, dan Yaksha Forest District.

Hutan perawan yang dimaksud adalah Virgin Komi Forest yang memiliki luas wilayah  sekitar 2.645.800 kilometer persegi.

Lokasi persis hutan ini terletak di Republik Komi, Pegunungan Ural, Rusia. Selain memiliki hutan perawan terluas di Eropa, Virgin Komi Forest juga diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia.

Pegunungan Ural Menjadi Rumah bagi Binatang Khas Siberia

Pegunungan Ural

Sebagai wilayah pegunungan yang membentang di Rusia, Pegunungan Ural juga adalah rumah bagi banyak binatang eksotik Siberia yang terkenal. Beberapa binatang khas dari Pegunungan Ural misalnya adalah; Beruang coklat, rusa, rubah, serigala, ular viper, ular rumput, hamster, kadal dan masih banyak lagi.

Dengan kondisi ekosistemnya berupa areal hutan tundra dan semi gurun, tidak ditemukan binatang endemik yang benar-benar unik dari Pegunungan Ural. Namun secara umum, semua binatang hutan Siberia, dapat ditemukan dengan mudah di seluruh kawasan pegunungan ini.

BACA JUGA:

 

Pegunungan Ural

Nah, itu adalah beberapa fakta tentang Pegunungan Ural yang menarik dan pastinya tidak banyak diketahui oleh masyarakat. Bagaimana, kamu tertarik juga kan, untuk bertualang ke pegunungan Negeri Beruang Merah yang satu ini?

Oh ya, supaya petualangan kamu di Pegunungan Ural atau dimana pun saja semakin mengesankan, yuk, gunakan selalu produk Akasaka Outdoor, ya. Dengan kekuatan desain, kualitas dan kenyamanannya, Akasaka Outdoor akan membuat perjalanan kamu semakin istimewa dimana pun juga.

DAPATKAN PRODUK PALING TANGGUH DARI AKASAKA OUTDOOR DISINI

Baca Ini Juga Yuk!

INI DAFTAR LENGKAP PEGUNUNGAN DI INDONESIA DARI SUMATERA HINGGA PAPUA
INI DAFTAR LENGKAP PEGUNUNGAN DI INDONESIA DARI SUMATERA HINGGA PAPUA
Sebagai negara kepulauan dan berdiri di atas rangkaian cincin api, Indonesia tentu saja memiliki banyak keistimewaan. Salah satu keistimewaan Indonesia yang mungkin tidak banyak dimiliki negara lai...
Read More
INI 7 PEGUNUNGAN DI PULAU SUMATERA DENGAN KEINDAHAN YANG LUAR BIASA
INI 7 PEGUNUNGAN DI PULAU SUMATERA DENGAN KEINDAHAN YANG LUAR BIASA
Bukit Barisan adalah raksasa pegunungan di Pulau Sumatera dan menjadi fokus utama segala jenis aktivitas petualangan di pulau Andalas. Di atas Bukit Barisan, berdiri puluhan gunung-gunung spektakul...
Read More
WOW! INI 10 PUNCAK PEGUNUNGAN ALPEN YANG PALING SULIT DITAKLUKKAN
WOW! INI 10 PUNCAK PEGUNUNGAN ALPEN YANG PALING SULIT DITAKLUKKAN
Asal mula aktivitas mountaineering adalah dari Pegunungan Alpen di Eropa. Di wilayah ini, membentang teritori pegunungan yang sangat memukau untuk dijelajahi. Dari Pegunungan Alpen Swiss hingga peg...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published