9 ACCESSORIES PENDAKI GUNUNG YANG PALING BANYAK DIGUNAKAN DI INDONESIA

accessories pendaki gunung

Aksesoris atau accessories bukan hal yang asing bagi pegiat aktivitas hiking  di tanah air. Accessories pendaki gunung telah menjadi semacam  style  wajib bagi para pendaki untuk menunjukkan identitas mereka sebagai seorang pemuja  ketinggian. Bahkan pada beberapa orang, accessories juga menjadi jati diri yang melekat kuat dalam keseharian mereka.

Nah, apa sajakah accessories yang paling banyak digunakan para pendaki Indonesia?

Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

Tidak Hanya Hiasan, 9 Accessories Pendaki Gunung Ini juga Telah Menjadi Identitas Para Petualang di Indonesia

accessories pendaki gunung

Jika kamu terlahir pada kisaran tahun 80-an atau 90-an dan mulai berkenalan dengan kegiatan pendakian sejak muda, kamu mungkin sudah cukup akrab dengan berbagai aksesoris para pendaki gunung di tanah air. Aksesoris ini kadang memang memiliki manfaat fungsional yang dapat dipergunakan, akan tetapi ada pula yang sifatnya hanya aksesoris atau hiasan semata.

List perlengkapan mendaki pada tahun-tahun awal secara teknikal mungkin tidak banyak berbeda dengan sekarang. Namun, accessories yang dipergunakan sebagai hiasan dan identitas sebagai pegiat alam, bisa saja lebih banyak dari pada pendaki sekarang ini.

Tas Alpina model ultralight berbahan parasit, gelang tangan berbahan cord  atau yang populer disebut gelang perusik, dan juga kemeja flanel, adalah beberapa aksesoris wajib para pendaki gunung di Indonesia pada dua puluh tahunan lalu.

Lantas, kalau pendaki gunung sekarang, apa saja accessories yang paling umum mereka gunakan?

Nah, ini adalah beberapa di antaranya;

BACA JUGA:

Kemeja Flanel

accessories pendaki gunung

Jika kamu bertanya apa saja perlengkapan outdoor yang tak lekang ditelan zaman hingga sekarang, mungkin kemeja dengan model flanel ini adalah salah satunya.

Kamu tentu tahu dong, apa yang dimaksud dengan kemeja flanel?

Kemeja flanel adalah accessories pertama yang paling banyak digunakan oleh para pendaki gunung di Indonesia, baik mereka yang sudah veteran, mau pun mereka yang baru pemula.

Kemeja flanel memiliki ciri khas corak kotak-kotak dengan berbagai paduan warna-warna yang menarik. Bahan kemeja flanel untuk pendaki gunung umumnya lebih kuat dan tebal dibandingkan kemeja flanel pada umumnya.

Hampir seluruh produsen perlengkapan outdoor di Indonesia pernah memiliki produk berupa kemeja flanel seperti ini. Keunggulan produk dengan kategori apparels semacam kemeja flanel ini adalah bisa dipergunakan untuk aktivitas apa saja, dari mendaki gunung hingga untuk ngapel ke rumah calon mertua.

Iya, kan?

Gelang Perusik

accessories pendaki gunung

Meskipun bukan termasuk dalam perlengkapan mendaki gunung untuk wanita, akan tetapi gelang perusik adalah sesuatu yang sangat umum ditemukan pada para pendaki gunung wanita. Lebih-lebih para pendaki gunung pria.

Ciri khas utama dari gelang ini adalah terbuat dari bahan cord  (paracord ), yakni tali kermantle kecil yang memiliki diameter dari 2 milimeter sampai dengan 4 milimeter. Tali cord  ini dalam istilah yang banyak digunakan oleh pendaki tanah air, seringkali disebut sebagai tali perusik.

Nah, kira-kira kamu tahu tidak mengapa gelang dengan tali ini populer disebut sebagai gelang perusik?

Hal itu dikarenakan teknik mengikat gelang ini yang paling umum menggunakan simpul perusiking dalam ilmu tali temali dan panjat tebing. Nah, untuk memudahkan penyebutannya, beberapa pendaki lebih nyaman mengistilahnya sebagai gelang perusik.

Topi Rimba

accessories pendaki gunung

Nama umum dari topi dengan model seperti ini adalah bucket hat. Akan tetapi di Indonesia, khususnya di kalangan para pegiat alam bebas dan pendaki gunung tanah air, istilah topi rimba lebih populer untuk dikenal.

Ada cukup banyak jenis topi atau headwear yang biasa digunakan oleh para pendaki gunung. Bahkan di outlet semacam eigerindostore yang terkenal itu, topi mendaki gunung jenis bucket hat atau topi rimba ini memiliki varian yang lebih banyak lagi. Tentu saja dengan harga yang bervariasi pula.

Ciri umum yang membedakan antara topi rimba yang satu dengan topi rimba yang lain adalah lebar visornya, atau lebar lidah topi.

Nah, Akasaka Outdoor juga memiliki banyak koleksi premium topi rimba dengan desain dan material yang istimewa, lho.

Kamu mau tahu bagaimana kerennya koleksi topi rimba dari Akasaka? Coba langsung klik tautan  ini, ya.

Tas Pinggang atau Waist bag

accessories pendaki gunung

Accessories selanjutnya yang menjadi perlengkapan wajib para pendaki gunung di Indonesia adalah tas pinggang atau waist bag. Tas pinggang ini pun memiliki banyak varian yang lebih beragam seperti leg pack, chest pack, lumbar bag, dan lain sebagainya.

Eiger adventure store sebagai salah satu produsen perlengkapan yang cukup populer di Indonesia mungkin sudah memproduksi lebih dari seratus varian tas pinggang. Beberapa pegiat alam menggunakan benda ini sesuai spesifikasinya, yakni di pinggang. Akan tetapi ada pula pegiat alam yang justru membuat modifikasi penggunaan tas ini di lapangan.

Beberapa modifikasi dari sisi penggunaan tas pinggang bagi pegiat alam Indonesia misalnya adalah dengan menempatkannya di depan dada saat mendaki. Atau pada yang lain, justru menempatkannya di badan ransel atau carrier, yang juga nampak demikian stylish dan bergaya.

Kain Tenun Sasak (Selendang Lombok)

accessories pendaki gunung

Hayo, kamu mungkin juga punya accessories pendaki gunung yang satu ini, kan?

Kain tenun sasak memiliki banyak sebutan bagi pegiat alam Indonesia. Kadang ia disebut Syal Lombok, Selendang Lombok, Kain Lombok dan lain sebagainya. Akan tetapi yang paling penting dari aksesoris pendaki yang satu ini adalah ia merupakan manifestasi identitas nusantara yang berkembang menjadi sebuah trend dan gaya.

Meskipun sangat populer, kamu mungkin tidak akan menemukan syal lombok ini dalam harga 1 paket perlengkapan gunung Eiger. Namun jangan khawatir, sebagai salah satu accessories yang sangat umum dikenakan generasi milenial yang menyukai alam bebas, syal lombok ini dapat kamu temukan dengan mudah di internet untuk membelinya.

Bandana atau Scarf

accessories pendaki gunung

Kamu masih ingat apa itu bandana, kan?

Pada kisaran tahun 2000-an, accessories bandana yang paling terkenal hanya memiliki satu motif yang sama, yakni batik. Bentuknya pun sama, yaitu persegi dengan dimensi sekitar 50 x 50 centimeter. Hanya warna saja yang membedakan antara bandana yang satu dengan bandana yang lainnya.

Walau bukan termasuk list perlengkapan mendaki yang wajib, akan tetapi bagi pegiat alam di Indonesia pada saat itu, bandana hampir selalu harus ada dalam daftar barang yang dibawa.

Asyiknya lagi, benda ini tidak hanya keren digunakan saat bertualang, ketika di kampus atau berkumpul bersama teman di warung kopi pun, bandana adalah aksesoris yang menarik.

Buff

accessories pendaki gunung

Nah, accessories para pendaki gunung yang ini adalah revolusi dari bandana, terutama dari sisi fungsinya.

Buff seperti yang mungkin kamu sudah tahu, adalah sebuah kain elastis berbentuk seperti tabung yang dapat dipergunakan hampir untuk apa saja. Kamu bisa menggunakan benda ini untuk penutup kepala, masker, syal penutup leher, kain pembebat lengan, bahkan pengganti pakaian dalam sekali pun jika dalam kondisi emergency.

Popularitas buff ini menemukan puncaknya mungkin pada kisaran tahun 2013 – 2016. Dan menariknya, aksesoris satu ini tidak hanya dipakai oleh kalangan pegiat alam dan pendaki gunung saja. Dengan manfaatnya yang multifungsi, buff dipergunakan secara luas oleh masyarakat.

Carabiner

accessories pendaki gunung

Meskipun tidak akan mendaki ke gunung Eiger di Swiss yang terkenal dengan tebing North Face-nya, pendaki gunung dan petualang Indonesia juga suka menggunakan accessories carabiner, lho.

Oh ya, apakah kamu tahu apa yang disebut dengan carabiner?

Carabiner adalah cincin kait yang biasa digunakan oleh para pemanjat tebing untuk menghubungkan tali dengan piton, tali dengan harnes, dan lain sebagainya. Dengan image-nya yang sangat melekat sebagai gear vertical dan rock climbing, carabiner dalam berbagai ukuran, juga dimanfaatkan sebagai pendongkrak  style petualang di Indonesia.

Kamu pasti pernah melihat para pendaki gunung dan petualang yang menggunakan carabiner lengkap dengan tali sebagai accessories dompet mereka, kan?

Kaos Identitas

accessories pendaki gunung

Nah, accessories terakhir dan yang paling umum digunakan sampai sekarang adalah kaos identitas yang lengkap dengan gambar, tulisan, atau logo yang berkenaan dengan dunia pendakian gunung.

Pada masanya ada kaos yang populer dengan logo merk-merk perlengkapan mendaki gunung, Kemudian ada pula masa dimana kaos dengan gambar-gambar para pemanjat tebing sedang bergelantungan di atas tebing yang menjadi idola.

Dan kamu pasti masih ingat kan, kaos dengan tulisan juga marak di kalangan para pendaki tanah air?

Sekarang, kaos outdoor dengan kesan yang sangat akrab dengan gaya mendaki gunung juga semakin populer. Seperti halnya jaket gunung eiger 2020, tema vector keren dengan gradasi alam bebas seperti tenda, api unggun, danau, dan puncak gunung, adalah yang paling populer digunakan para pendaki gunung Indonesia saat ini.

BACA JUGA:

accessories pendaki gunung

Nah, itu adalah 9 accessories pendaki gunung yang paling populer dipergunakan di Indonesia. Kamu pasti memiliki salah satu di antara 9 accessories legendaris tersebut, kan?

Oh ya, Akasaka Outdoor juga memiliki accessories tersebut, lho. Bahkan kualitas yang dimiliki oleh Akasaka Outdoor jauh di atas rata-rata produk outdoor lainnya di Indonesia. Kaos dengan tema-teman adventure, bucket hat, topi snapback, bahkan sajadah sekali pun, bisa kamu dapatkan di Akasaka Outdoor.

Supaya lebih jelas, kamu bisa langsung lihat produknya dengan mengklik linknya di bawah ini, ya!

KLIK DISINI SEKARANG DAN TEMUKAN ACCESSORIES IMPIANMU DENGAN HARGA YANG PALING ISTIMEWA

Baca Ini Juga Yuk!

TERNYATA INI 10 FAKTA MENGEJUTKAN TENTANG ANACONDA YANG JARANG DIKETAHUI
TERNYATA INI 10 FAKTA MENGEJUTKAN TENTANG ANACONDA YANG JARANG DIKETAHUI
Apakah kamu tahu bahwa dalam dunia nyata ular anaconda belum pernah memakan manusia? Setidaknya belum ada laporan yang terverifikasi benar yang mengatakan kalau ular anaconda raksasa seperti yang a...
Read More
FATAL!10 KASUS AKLIMATISASI MANUSIA BERUJUNG MAUT DI ATAS GUNUNG
FATAL!10 KASUS AKLIMATISASI MANUSIA BERUJUNG MAUT DI ATAS GUNUNG
Dalam dunia pendakian gunung, aklimatisasi bukan sekedar kata untuk memperkaya literasi mountaineering semata. Aklimatisasi manusia di atas gunung adalah kebutuhan mutlak bagi para pendaki yang ber...
Read More
TIPS LENGKAP MEMILIH HAMMOCK YANG BAGUS UNTUK CAMPING DAN BERTUALANG
TIPS LENGKAP MEMILIH HAMMOCK YANG BAGUS UNTUK CAMPING DAN BERTUALANG
Hammock telah menjadi rumah yang menarik bagi para petualang dan peminat aktivitas outdoor saat ini. Dengan hammock yang bagus dan nyaman, kamu bisa menikmati camping atau sekedar ber-leyeh-leyeh d...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published