8 PERLENGKAPAN MASAK SAAT MENDAKI YANG SEHARUSNYA DIBAWA

Pendaki Gunung

Ketika sobat akasaka ingin mendaki gunung, banyak hal yang harus dipersiapkan. Seperti fisik yang baik, perbekalan, dan perlengkapan. Dari sekian banyak perlengkapan, salah satu yang harus dibawa adalah alat memasak.

Perlengkapan masak saat mendaki jelas berbeda dengan perlengkapan masak di dapur. Peralatan memasak di dapur umumnya berukuran besar dan berat sehingga sangat tidak dimungkinkan untuk dibawa. Oleh karena itu, ada beberapa alat memasak yang memang sudah dirancang khusus untuk keperluan luar ruangan. Berikut ini beberapa perlengkapan masak saat mendaki gunung yang perlu dibawa:

Gas Kaleng

Gas Kaleng

Gas kaleng adalah bagian dari kompor lapangan yang tak terpisahkan. Tanpa gas kaleng, kompor lapangan mungkin tidak akan berguna. Meskipun fungsinya cukup penting, sebenarnya penggunaan gas kaleng cukup boros. Satu kaleng hanya bisa digunakan untuk beberapa kali masak saja.

Oleh karena itu, untuk menyiasatinya sobat akasaka perlu belajar memasak menggunakan cara tradisional, yaitu kayu bakar. Dengan kayu bakar dan peralatan seadanya, memasak di gunung jadi lebih murah dan efisien.

Kompor Lapangan

Kompor Lapangan

Kompor lapangan merupakan sebuah kompor kecil yang bisa dengan mudah dibawa ke mana-mana. Sangat cocok dibawa mendaki gunung. Selain mudah dibawa, menggunakannya juga sangat sederhana. Sobat akasaka hanya perlu menggunakan gas kaleng untuk menyalakannya, tidak perlu memerlukan tabung gas.

Cooking Set atau Nesting

Cooking Set atau Nesting

Terdiri dari wajan teflon, panci, mangkuk, dan spatula yang digunakan untuk memasak sayur atau nasi di atas gunung. Sebelum adanya cooking set, sebenarnya para pendaki lebih suka menggunakan nesting. Tapi sekarang cooking set lebih populer di kalangan para pendaki, meskipun nesting masih banyak yang menggunakan.

Pisau dan Sendok Lipat

Pisau dan Sendok Lipat

Dengan bawaan yang banyak dan beragam, dibutuhkan alat-alat sederhana dan gampang dibawa. Salah satu perlengkapan masak saat mendaki yang perlu dibawa adalah pisau dan sendok lipat. Apalagi di gunung dengan kondisi tidak menentu, diperlukan beberapa jenis pisau dalam satu pegangan praktis.

Piring dan Cangkir

Piring dan Cangkir

Piring yang dibawa adalah piring antipecah, seperti plastik, silikon atau sejenisnya. Jangan membawa piring kaca yang biasa digunakan di rumah karena akan sangat berbahaya. Selain lebih ringan, piring plastik juga gampang dibersihkan sehingga cocok dibawa untuk mendaki gunung.

Korek Api

Korek Api

Sebenarnya kompor lapangan bisa dinyalakan tanpa menggunakan korek api, tapi untuk berjaga-jaga tidak ada salahnya membawa korek api. Apalagi jika sewaktu-waktu ternyata gas kaleng yang sobat akasaka bawa ternyata sudah habis, padahal petualangan mendaki baru saja di mulai.

Trangia

Trangia

Dengan membawa trangia, sobat akasaka tidak perlu lagi membawa panci, piring atau kompor lapangan. Alat ini merupakan salah satu alat baru yang sedang ramai digunakan para pendaki. Alat ini terdiri dari 3 buah panci, sebuah penggorengan, dan sebuah kompor berbahan spiritus beserta penahan anginnya. Beberapa fungsi penting alat ini adalah untuk memasak nasi, menggoreng, dan merebus. Jadi, sangat multifungsi dan bermanfaat. Tapi sayang, alat ini masih terlalu mahal, karena itu hanya beberapa orang yang mampu memilikinya.

Spiritus

Spiritus

Spiritus adalah bahan bakar yang digunakan untuk menyalakan kompor trangia. Sobat akasaka bisa membawa spiritus dalam sebuah botol mineral ukuran sedang. Selain lebih irit penggunaan, menggunakan spiritus juga lebih hemat. Satu liter spiritus dijual hanya sekitar 10.000 rupiah saja.

Nah, itulah beberapa perlengkapan masak saat mendaki yang harus dibawa. Ingat, mendaki bukan hal sederhana, jadi persiapkan segala sesuatunya dengan baik apalagi bagi sobat akasaka yang baru pertama kali naik gunung, seperti sandal gunung yang dapat dibeli di akasakaoutdoor.co.id.

Baca Ini Juga Yuk!

NIKMATI PANJANGNYA GOA LOWO TRENGGALEK
NIKMATI PANJANGNYA GOA LOWO TRENGGALEK
Jika Sobat Akasaka berniat mengisi liburan dengan sesuatu yang berbeda, cobalah nikmati panjangnya Goa Lowo, Trenggalek. Tentu akan memberikan sensasi tersendiri menjelajahi gua yang dinyatakan ter...
Read More
RAFTING DI SUNGAI BOGOWONTO
RAFTING DI SUNGAI BOGOWONTO
Pernahkah Sobat Akasaka mendengar tentang Sungai Bogowonto? Sungai ini masuk dalam daftar sungai besar di Jawa Tengah. Seperti halnya Sungai Serayu, air Sungai Bogowonto pun bermuara ke pantai sela...
Read More
POPULARITAS DI MEDIA SOSIAL MENJADI MOTIVASI HIKING MASA KINI
POPULARITAS DI MEDIA SOSIAL MENJADI MOTIVASI HIKING MASA KINI
Kegiatan hiking dan mendaki gunung semakin digandrungi oleh generasi masa kini, tak lepas dari pengaruh film tentang pendakian, acara petualangan di televisi, dan media sosial. Tren yang berkembang...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published