8 DANAU DI PEGUNUNGAN DENGAN PEMANDANGAN PALING MEMUKAU

danau di pegunungan

Menurut kamu, apa danau di pegunungan Indonesia yang paling cantik untuk dikunjungi? Danau Gunung Tujuh di Kerinci, Danau Segara Anak di gunung Rinjani, atau danau Ranu Kumbolo di gunung Semeru? Apa pun pilihanmu, yang pastinya danau-danau di pegunungan memang memiliki pesona yang jauh lebih istimewa, kan.

Nah, dalam artikel kali ini Akasaka Journal akan mengajak kamu untuk berkeliling menuju 8 danau yang ada di pegunungan paling indah di dunia.

Yuk, simak daftarnya berikut ini, ya.

8 Danau di Pegunungan dengan Pemandangan Super Indah di Indonesia

danau di pegunungan

Menemukan danau di dataran rendah adalah sesuatu yang biasa, namun bagaimana jika danaunya ada di dataran tinggi?

Danau di pegunungan disebut sebagai salah satu jenis danau yang paling menarik dari sisi landscape-nya. Danau-danau di atas pegunungan biasanya terbentuk oleh sebuah peristiwa sejarah yang unik seperti letusan gunung berapi, longsoran raksasa, atau untuk sesuatu yang tidak dapat dipahami manusi yang biasa disebut berasal dari legenda.

Indonesia sendiri sebagai salah satu negara yang kaya akan rangkaian pegunungan ternyata juga memiliki kekayaan alam yang satu ini. Dari ujung Aceh hingga ketinggian gunung-gunung es di Papua, terdapat beberapa danau di atas pegunungan yang indah untuk kamu jelajahi.

Lantas, apa saja danau di atas pegunungan Indonesia dan dunia dengan keindahan yang luar biasa?

Berikut 8 di antaranya.

BACA JUGA:

Danau Ranu Kumbolo di Gunung Semeru

danau di pegunungan

Nah, kamu pastinya sudah sangat akrab dengan danau di atas gunung yang satu ini, kan?

Berdiri pada ketinggian di atas 2.000 meter di atas permukaan laut, danau Ranu Kumbolo di gunung Semeru adalah salah satu danau tertinggi di Indonesia. Di samping tertinggi secara posisi, keindahan danau Ranu Kumbolo juga sulit dicari tandingannya.

Sebagai danau di pegunungan Pulau Jawa yang utama, Ranu Kumbolo terhitung sangat istimewa. Danau ini dikelilingi oleh bukit-bukit kecil, hutan pinus dan juga padang rumput sabana yang luas. Dari mana pun kamu mendatangi danau ini, kamu akan mendapati keindahannya yang sangat luar biasa.

Dari rute pendakian gunung Semeru via Ranupani, kamu akan mendapati cekungan danau Ranu Kumbolo yang memukau. Sementara jika kamu masuk melalui rute pendakian Ayik-Ayik yang lebih menanjak, hamparan pandangan sabana bernama Pangonan Cilik juga tidak akan mengecewakanmu.

Danau Attabad di Pakistan

danau di pegunungan

Tidak semua tanah yang longsor memiliki dampak buruk, danau Attabad yang ada di Pakistan ini adalah salah satu contohnya.

Sebagai danau di pegunungan terindah di dunia, Danau Attabad benar-benar sebuah kolam raksasa di antara tiang-tiang langit yang perkasa. Letak danau ini sendiri adalah di propinsi Gilgit-Baltistan, sebuah propinsi di mana gunung-gunung paling spektakuler di dunia seperti K2, Gasherbrum dan Hidden Peak berada.

Secara umum danau yang terbentuk di pegunungan bersalju dinamakan danau gletser. Namun Danau Attabad tentu saja lebih dari sekedar danau gletser. Danau ini sendiri terbentuk pada tahun 2010 melalui sebuah peristiwa longsoran dahsyat, sementara sumber air utama dari danau Attabad berasal dari Sungai Hunza.

Danau Baikal di Siberia

danau di pegunungan

Terkenal sebagai danau terdalam di dunia, Danau Bakal di Siberia juga ternyata memiliki keindahan yang luar biasa.

Oh ya, selain menjadi danau dengan kedalaman paling signifikan di muka bumi, kamu tahu tidak apa lagi yang paling menakjubkan dari Danau Baikal?

Yap, benar banget.

Danau Baikal adalah danau dengan kandungan air tawar terbesar di dunia. Bahkan menurut penelitian, sekitar 20% kandungan air tawar di dunia ada di danau Baikal, lho. Sementara untuk ukuran Rusia, danau ini menyimpan 90% cadangan air tawar yang dimiliki oleh Negeri Beruang Merah tersebut.

Kedalaman rata-rata danau Baikal sendiri adalah 744 meter, sementara luas keseluruhan danau ini adalah 31.722 kilometer persegi. Dengan luas dan kedalaman yang fantastis ini, danau Baikal yang dipagari pula oleh pegunungan Siberia, benar-benar tempat yang menarik untuk menikmati danau di pegunungan yang memukau.

Danau Laguna Colorada di Bolivia

danau di pegunungan

Berlawanan dengan danau Baikal yang sangat dalam, danau Laguna Colorada tergolong sebagai danau dangkal dan tidak begitu luas. Danau ini hanya memiliki luas sekitar 60 kilometer persegi dan terletak di atas ketinggian yang cukup signifikan yakni, 4.278 meter di atas permukaan laut.

Namun perjalanan untuk menikmati pemandangan yang kamu lakukan di danau Laguna Colorada bukanlah tentang luasnya, atau mungkin ketinggiannya. Akan tetapi, hal paling menarik dari danau ini adalah warnanya yang merah darah karena pengaruh alga yang tumbuh di dalam danau itu sendiri.

Selain warnanya yang unik dan cenderung menakutkan, danau Laguna Colorada juga dihuni kawanan flaminggo yang dapat kamu temukan pada musim-musim tertentu. Warna-warna burung yang indah ini nampak serasi dengan warna air danau dan juga background gunung Bolivia di belakanganya.

Danau Segara Anak di Gunung Rinjani

danau di pegunungan

Berada pada ketinggian 2.004 meter di atas permukaan laut, Segara Anak di gunung Rinjani adalah salah satu danau tertinggi di Indonesia. Walau pun memang jika dibandingkan dengan Laguna Colorada di Bolivia, Segara Anak baru setengahnya dalam urusan ketinggian.

Namun Segara Anak gunung Rinjani memiliki sangat banyak daya tarik untuk dikagumi sebagai danau pegunungan terbaik di dunia. Danau vulkanik Segara Anak adalah salah satu danau paling eksotis di atas gunung yang ada dalam daftar danau gunung api dunia.

Kedalaman maksimum dari danau Segara Anak adalah 180 meter dan luasnya sekita 11,3 kilometer persegi. Persis di salah satu sisi danau, menjulang gigir tebing yang menjadi dinding kawah gunung tertinggi gunung Rinjani.

Nah, dinding ini pula yang kemudian menjadi puncak tertinggi gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726 meter dari permukaan laut.

Danau Bled di Slovenia

danau di pegunungan

Danau paling eksotis di dunia selanjutnya ada di Slovenia yakni danau Bled atau Bled Lake. Danau ini memiliki ciri khas sebuah pulau yang ada di tengahnya dengan kastil bermenara tinggi berdiri di atas pulau tersebut.

Danau Bled menjadi salah satu tujuan wisata populer di Slovenia dan juga Eropa. Danau ini sendiri tidak terlalu dalam jika dibandingkan danau-danau lain di dunia. Kedalaman danau Bled rata-rata adalah 30,6 meter dan luasnya sekitar 145 hektar.

Dengan pulau yang menjadi bak bola mata kecil di tengah danau, dibentengi pula oleh garis pegunungan Alpen Slovenia yang membentang luas, danau Bled memang layak diklaim sebagai salah satu danau paling indah di dunia.

Danau Kawaguchiko di Jepang

danau di pegunungan

Gunung Fuji di Jepang adalah salah satu gunung dunia yang kaya akan danau di sekelilingnya. Setidaknya ada empat buah danau di sekitar gunung Fuji yaitu; Danau Kawaguchiko, danau Shoji, danau Saiko dan danau Yamanaka.  Nah, di antara danau-danau tersebut, mungkin danau Kawaguchiko adalah yang paling istimewa.

Ketinggian permukaan danau Kawaguchiko adalah 833 meter dan luasnya sekitar 6,13 kilometer persegi. Danau ini adalah salah resort paling cantik untuk menikmati pesona keindahan gunung Fuji dari kejauhan.

Nah, jika kamu berkesempatan berkunjung ke Jepang, jangan lupa untuk datang pula membuktikan eksotisme danau ini, ya.

Danau Kelimutu di Nusa Tenggara Timur

danau di pegunungan

Danau di pegunungan yang terakhir dan sangat layak untuk kamu kunjungi adalah danau Kelimutu yang terletak di kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Selain ketinggiannya di atas gunung, Danau Kelimutu seperi namanya, terkenal memiliki tiga warna yang berbeda, padahal danaunya sendiri terletak berdampingan. Menurut beberapa kepercayaan setempat, warna-warna danau ini dipengaruhi oleh keberuntungan para pengunjungnya sendiri.

Akan tetapi jika kamu membaca penyebab perbedaan warna ini lebih jauh dari sudut pandang ilmu pengetahuan, maka seperti halnya danau Laguna Colorada di Bolivia, ada zat di dalam danau yang membuat warnanya menjadi istimewa.

BACA JUGA:

danau di pegunungan

Nah, itu adalah 8 danau di pegunungan paling menakjubkan di dunia yang tidak hanya indah pemandangannya, namun memiliki banyak keistimewaan di dalamnya. Kamu sendiri bagaimana; apakah tertarik untuk mengunjungi danau-danau indah tersebut?

Supaya perjalanan kamu semakin menyenangkan ke danau mana saja, yuk, gunakan selalu produk-produk dari Akasaka Outdoor, ya. Desain yang sempurna dan kualitas yang prima akan membuat petualangan kamu semakin istimewa di manapun saja.

BUKTIKAN KETANGGUHAN PRODUK AKASAKA OUTDOOR DISINI

 

Baca Ini Juga Yuk!

INI 9 TEMPAT TREKKING DI JOGJA YANG PALING ASYIK UNTUK DIJELAJAHI
INI 9 TEMPAT TREKKING DI JOGJA YANG PALING ASYIK UNTUK DIJELAJAHI
Jogja memang istimewa dalam banyak hal, termasuk sebagai rumah bagi banyak tempat trekking menakjubkan. Untuk kamu yang suka bertualang di alam bebas sambil berolahraga, Akasaka Journal memiliki 9 ...
Read More
SERAM! INI 9 BUKTI KENGERIAN HUTAN AMAZON YANG PALING MENAKUTKAN
SERAM! INI 9 BUKTI KENGERIAN HUTAN AMAZON YANG PALING MENAKUTKAN
Jika berbicara tentang kengerian hutan Amazon, apa saja yang terbayang dalam benak Sobat Akasaka? Anaconda raksasa, katak beracun, ikan piranha yang ganas, atau buaya ukuran raksasa yang ganas dan ...
Read More
BEGINI CARANYA MEMILIH RAINCOAT GUNUNG YANG BAGUS UNTUK BERTUALANG
BEGINI CARANYA MEMILIH RAINCOAT GUNUNG YANG BAGUS UNTUK BERTUALANG
Raincoat adalah salah satu perlengkapan wajib untuk para petualang. Di tengah musim hujan akhir tahun seperti sekarang ini, pendakian di gunung manapun di Indonesia harus dibekali dengan raincoat g...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published