8 BUKTI KEINDAHAN ALAM INDONESIA MEMANG PALING JUARA DI DUNIA

keindahan alam indonesia

Sebagai negara besar yang memiliki bentang alam yang demikian luas, keindahan alam Indonesia memang sangat memukau di mata dunia. Gunung-gunung yang tinggi menjulang sampai lautan luas yang membentang, Indonesia dipenuhi dengan tempat paling indah untuk dikunjungi di dunia. Tak heran dengan segala keindahannya ini, Indonesia sangat populer sebagai tujuan wisata alam di dunia.

Nah, dalam artikel kali ini Akasaka Journal akan mengajak kamu semua untuk melihat 8 tempat di Indonesia yang akan menjadi bukti betapa luar biasanya keindahan alam Indonesia. Tempat-tempat ini tidak hanya kaya akan panorama alam yang sangat indah, namun juga menjadi bukti yang kuat bahwa deskripsi keindahan alam Indonesia di mata dunia memang juara.

Lantas, apa sajakah tempat yang menjadi bukti betapa luar biasanya keindahan alam Indonesia?

Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

9 Tempat yang Menjadi Bukti Keindahan Alam Indonesia Memang Sangat Luar Biasa

keindahan alam indonesia

Dikarenakan keindahan yang dimilikinya, nama Bali bahkan sempat lebih terkenal dari nama Indonesia sendiri. Turis dari wisatawan mancanegara akan lebih fasih mengenal keindahan pantai Kuta, Tanah Lot, Pura Besakih, Kintamani dan lain sebagainya, dibandingkan potret Indonesia secara umum lainnya.

Ketika zaman semakin jauh berkembang, gambar keindahan alam Indonesia mulai dapat dilihat dengan mudah melalui internet. Foto-foto tempat wisata di Indonesia dengan keindahan yang memukau mulai tersebar lebih banyak melalui sosial media. Menariknya, hal ini kemudian memicu pengertian baru dari wisatawan global yang mulai menyadari bahwa ternyata keindahan alam Indonesia tidak hanya Bali.

Bermunculannya berbagai tempat wisata yang menjadi keindahan alam sebagai daya tarik utamanya hampir menyebar di seluruh wilayah Indonesia. Dari Aceh hingga Papua, bermunculan tempat wisata alam instragramable yang sangat layak untuk dikunjungi.

Nah, apa saja tempat wisata tersebut?

Berikut 8 di antaranya yang dianggap memiliki panorama keindahan alam yang paling indah.

BACA JUGA:

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur

keindahan alam indonesia

Tempat pertama yang menjadi bukti keindahan alam Indonesia di mata dunia adalah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau TNBTS. Di wilayah ini sendiri, ada banyak tempat-tempat yang lebih spesifik untuk menikmati suguhan alam yang luar biasa indahnya.

Di kawasan gunung Bromo sendiri kamu akan mendapati lautan pasir yang demikian luas. Ada banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan jika mengunjungi kawasan pasir gunung Bromo ini. Kamu bisa memilih untuk berkuda, menyusuri kawasan pasir dengan mobil jeep, atau menyewa sepeda motor trail. Atau jika kamu ingin menikmati sensasi yang lebih berbeda, kamu juga bisa mencoba selancar pasir.

Tempat yang menjadi favorit untuk menikmati keindahan TNBTS adalah panorama sunrise gunung Bromo itu sendiri. Dari puncak gunung Penanggungan kamu akan disuguhi tempat paling indah yang telah menjadi ciri khas pemandangan Bromo. Pilihan lain lagi yang bisa kamu ambil adalah mendaki gunung Semeru, dan tentu saja pilihan ini hanya tersedia untuk kamu yang suka hiking dan petualangan.

Danau Toba  di Sumatera Utara

keindahan alam indonesia

Tempat kedua yang juga tidak kalah cantik untuk dikunjungi adalah danau Toba di Sumatera Utara. Nah, kamu tentu sudah sangat familiar dengan danau yang satu ini, kan?

Dalam cerita keindahan alam Indonesia, danau Toba dikisahkan merupakan sebuah danau yang terjadi karena pernikahan peri ikan dan seorang pemuda kampung. Sebelum memutuskan untuk menikah dengan sang pemuda, peri tersebut meminta untuk jangan pernah membocorkan rahasia bahwa dirinya berasal dari seekor ikan.

Malang tak dapat ditolak untung tak bisa diraih. Suatu ketika saat ia marah pada anaknya, pemuda kampung itu tanpa sadar mengatakan bahwa ibunya adalah seekor ikan. Peri yang cantik itu pun kecewa dengan perbuatan suaminya dan sumpahnya harus terlaksana. Ia pergi membawa anaknya dan kembali menjadi ikan, sementara air danau semakin besar dan menenggelamkan semuanya.

Legenda terjadinya danau Toba ini sudah dikenal luas di masyarakat, lho. Dan ini selaras pula dengan keindahan danau Toba yang juga sudah sangat populer di dunia. Bahkan danau Toba diklaim sebagai danau vulkanik terbesar di dunia.

Kawah Ijen di Jawa Timur

keindahan alam indonesia

Hayo, kamu mungkin sudah pernah mengunjungi Kawah Ijen, kan?

Salah satu keindahan dari alam Indonesia yang sangat luar biasa adalah Kawah Ijen ini. Di tempat ini terdapat fenomena alam blue fire atau api biru yang merupakan hasil reaksi gas dari aktivitas vulkanik di Kawah Ijen. Hal yang paling luar biasa adalah; karena ternyata fenomena alam blue fire hanya terdapat di dua tempat di dunia, yakni di Kawah Ijen dan di Islandia.

Pada banyak artikel keindahan alam Indonesia, Kawah Ijen seringkali menjadi destinasi utama yang direkomendasikan untuk kamu yang ingin berwisata malam hari.

Pada malam-malam yang sempurna, kamu akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa di Kawah Ijen. Blue fire dan gemerlap bintang  di angkasa raya akan menjadi perpaduan yang sangat istimewa.

Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur

keindahan alam indonesia

Jika kamu pernah mendengar berbagai puisi keindahan alam Indonesia yang bercerita tentang laut dan dunia bahari, bisa jadi Kepulauan Derawan adalah realitasnya. Sebuah gugusan pulau yang terletak di Kalimantan Timur ini, telah terbit menjadi salah satu destinasi utama wisata bahari yang sangat terkenal hingga ke manca negara.

Hampir semua keindahan laut dapat kamu jumpai di Derawan. Bentangan garis pantai pasir putih laksana gula, air laut yang jernih sebening kaca, atau biota laut yang dapat diajak bercengkrama dalam  aktivitas snorkeling yang istimewa. Bahkan, di Derawan juga kamu akan disambut dengan habitat ubur-ubur tanpa penyengat yang dapat menjadi teman yang menarik saat snorkeling.

Dieng Plateau di Jawa Tengah

keindahan alam indonesia

Nah, tempat yang satu ini pasti kamu sudah pernah mengunjunginya, kan?

Ya, Dieng Plateau atau Dataran Tinggi Dieng adalah salah daerah dengan anugrah keindahan alam yang sangat istimewa. Seperti halnya kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang menjadi rumah bagi tempat paling keren untuk berwisata di Indonesia, maka begitu pula dengan Dieng. Di Dieng, kamu akan mendapati banyak sekali pilihan wisata alam untuk dinikmati.

Beberapa tempat wisata yang paling populer di Dieng jika kamu mengunjunginya adalah Candi Arjuna yang terletak persis di tengah-tengah kawasan Dieng. Kemudian ada juga Kawah Sikidang, Telaga Warna, Gunung Prau, dan masih banyak lagi.

Lebih menarik lagi jika kamu tahu kalau semua objek wisata ini hanya ada dalam jarak yang berdekatan satu sama lain.

Ngarai Sianok di Sumatera Barat

keindahan alam indonesia

Nagari elok jauah di mato tempat rindu nan sayang dibuai dan dikanang

Nah, pernahkah kamu mendengar kata kata keindahan alam Indonesia seperti itu? Itu adalah salah satu ungkapan yang menunjukkan keindahan negeri Minang, khususnya tentang Ngarai Sianok.

Di Ngarai Sianok ini, kamu akan mendapati pemandangan yang sangat eksotis gabungan dari berbagai hal yang menarik. Pertanian dan aktivitas penduduk Minang yang ramah tamah, kuliner yang lezat, rumah gadang nan cantik, dan masih banyak lagi. Sementara di belakangnya, berdiri sepasang tebing yang gagah perkasa dengan kerimbunan hutan yang menghijau.

Lombok (Nusa Tenggara Barat)

keindahan alam indonesia

Pulau eksotis di Indonesia yang juga tidak kalah cantik adalah pulau Lombok yang juga disebut dengan Nusa Tenggara Barat. Dengan ungkapan yang terdengar agak berlebihan, Lombok laksana pengertian keindahan alam Indonesia yang sesungguhnya.

Ada banyak tempat yang sangat indah untuk kamu kunjungi di Lombok. Gunung Rinjani yang menjulang dengan danau Segara Anak-nya. Pantai Pink yang fenomenal, kampung adat suku Sasak, cantiknya Bukit Pergasingan, dan masih banyak yang lainnya lagi.

Untuk kamu yang ingin menikmati suasana wisata petualangan dan penuh perjuangan, mendaki gunung Rinjani dan hiking di Segara Anak adalah aktivitas yang paling direkomendasikan.

Tana Toraja di Sulawesi Selatan

keindahan alam indonesia

Pernahkan kamu melihat mayat hidup yang bisa berjalan kembali?

Serius. Ini bukan tentang film-film zombie yang terkenal itu, lho.

Nah, jika kamu mengunjungi pulau Sulawesi dan ingin mendapatkan pengalaman berwisata yang luar biasa, maka kamu bisa mengunjungi Tana Toraja atau Tator.

Selain memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan, Tana Toraja terkenal pula dengan budaya dan adat mereka yang masih terjaga. Dan salah satu ritual yang cukup populer dalam adat budaya orang Toraja adalah upacara Ma’nene, atau ritual membangkitkan orang mati.

Akan tetapi, ini tentu saja bukan membangkitkan orang mati untuk hidup kembali. Namun, ini adalah ritual mengganti pakaian leluhur mereka yang memang tidak dikuburkan di dalam tanahnya layaknya pada masyarakat umum. Di Tana Toraja, orang yang mati dimasukkan ke dalam kubur batu di tebing-tebing dan setiap tahun dibangkitkan untuk diganti pakaian mereka.

BACA JUGA:

keindahan alam indonesia

Nah, itu adalah 8 tempat yang sangat layak menjadi bukti keindahan alam Indonesia yang luar biasa. Berbagai tempat ini tidak hanya terkenal di Indonesia, namun juga sudah populer hingga ke mancanegara, dan menjadikan Indonesia sebagai salah satu juara bagi tujuan pariwisata dunia.

Oh ya, jika kamu ingin mengunjungi tempat-tempat eksotis tersebut, jangan lupa untuk selalu menggunakan produk Akasaka Outdoor, ya. Kualitas yang terjamin, desain yang oke punya dan material pilihan yang istimewa, akan membuat hari-harimu semakin luar biasa saat bertualang dan berwisata bersama Akasaka.

KLIK DISINI SEKARANG DAN DAPATKAN PRODUK TERBAIK AKASAKA OUTDOOR UNTUK MENEMANI PETUALANGANMU

Leave a comment

All comments are moderated before being published