8 ARAH MATA ANGIN DAN PEMANFAATANNYA DALAM DUNIA NAVIGASI

8 arah mata angin

Dalam dunia navigasi, dikenal 8 arah mata angin yang menjadi titik sentral penunjuk arah seorang navigator. 8 poin ini telah umum dikenal baik dalam navigasi darat, laut dan juga udara. Meskipun arah mata angin lengkap ada 16, namun pada umumnya 8 arah inilah yang paling banyak dipergunakan.

Lantas, apa sajakah nama 8 arah mata angin tersebut dan bagaimana pula popularitasnya sebagai poin penunjuk arah dalam dunia navigas?

Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

BACA PULA:

8 Arah Mata Angin Lengkap dan Fungsi Pemanfaatannya dalam Dunia Navigasi

8 arah mata angin

Jika kamu terbiasa menggunakan kompas penunjuk arah, kamu juga akan tahu kalau salah satu elemen paling penting dari kompas adalah mata angin itu sendiri. Mata angin berfungsi sebagai poin utama yang menjadi tujuan seorang navigator untuk mengarahkan kemudi yang ia miliki.

Secara umum, kompas 8 arah mata angin adalah yang paling banyak dijadikan pedoman ketika menyebutkan sebuah tujuan. Akan tetapi, pada kondisi yang lebih spesifik, poin arah mata angin pun dapat dikembangkan lagi secara rinci berdasarkan besaran derajat dan angkanya.

Dalam pengetahuan masyarakat yang umum, mata angin hanya dikenal sebagai sesuatu yang sederhana. Arah barat, utara, timur dan selatan, adalah 4 arah mata angin yang paling banyak dikenal dalam masyarakat.

Sementara jika ditinjau dari sisi yang lebih kompleks, konsep 8 arah mata angin mengenal pula apa yang dinamakan dengan barat daya, timur laut, tenggara dan lain sebagainya.

Nah, berikut adalah 8 arah mata angin yang paling populer dikenal dalam masyarakat;

Utara atau North

8 arah mata angin

Arah mata angin inggris untuk utara adalah North dan dianggap sebagai arah yang utama dibandingkan mata angin lainnya.

Arah utara selalu digunakan untuk menjelaskan mata angin yang lainnya. Alasan ini pula yang menjadikan penanda arah utara dalam kompas, selalu menggunakan simbol panah. Sementara dalam peta, arah utara atau North dilambangkan dengan angka 0 yang artinya titik awal.

Dengan fungsinya sebagai penjelasan mata angin yang lain, utara memiliki sudut utama sebagai penunjuk arah. Utara sendiri dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Sanskerta yang maknanya sendiri adalah laut atau samudra.

Selatan atau South

8 arah mata angin

Pada konsep 8 arah mata angin dalam bahasa Inggris, selatan disebut dengan South dan ia merupakan sudut yang berlawanan dengan utara. Itulah sebabnya mengapa sudut selatan memiliki angka 180 derajat dan sudut utara memiliki angka 0 pada putaran kompas 360 derajat.

Dalam peta, arah selatan lazimnya ada di bagian bawah. Untuk memastikan hal ini, kamu dapat melihat sudutnya yang langsung berseberangan dengan angka U yang digunakan sebagai simbol dari arah utara yang merupakan arah utama.

Timur atau East

8 arah mata angin

Dalam navigasi, timur dinyatakan dalam sudut 90 derajat. Dalam tata surya dan navigasi tradisional, arah timur sering dijadikan pedoman sebagai arah terbitnya matahari mau pun bulan. Dengan perannya yang mudah dipantau ini, timur di mana bintang dan bulan terbit, mungkin telah menjadi arah utama pada sistem navigasi masa lalu.

Praktik penggunaan arah timur juga digunakan untuk penyebutan sudut yang lebih spesifik dalam kompas seperti timur tenggara, timur laut, dan semacamnya. Konsep ini biasanya diaplikasikan pada 16 arah mata angin yang lebih komprehensif.

Pada spektrum yang lebih besar, arah timur juga menjadi arah tujuan rotasi bumi. Secara prinsip timur juga menjadi kiblat bagi kuil-kuil hindu. Sementara dalam konsep sosial, masyarakat dunia mengenal timur sebagai perwakilan identik kaum oriental yang diwakili oleh wilayah Asia Timur seperti China, Korea dan Jepang.

Barat atau West

8 arah mata angin

Pada gambar arah mata angin yang biasa dipergunakan, arah barat atau west dalam bahasa Inggris, merupakan lawan dari timur. Itulah pula mengapa manusia mengenal jika east atau timur adalah arah matahari dan bulan terbit, maka west atau barat menjadi arah bagi tenggelamnya kedua benda langit tersebut.

Arah barat pada kompas mewakili angka 270 derajat dan ia terletak antara selatan dan utara bagian kiri kompas. Arah barat dinyatakan dengan huruf W dan merupakan arah dimana pergerakan benda langit seperti matahari dan bulan akan menuju dan kemudian tenggelam.

Jika kamu bergerak terus menerus menuju ke arah barat, maka sama artinya kamu sedang bergerak mengikuti garis lintang. Setidaknya itu dalam sistem navigasi yang lebih luas pada bumi.

Akan tetapi, jika dilihat secara sosial masyarakat dunia, barat merupakan kata yang digunakan untuk mewakili UNI EROPA seperti Inggris, Perancis, Jerman, Belanda, dan lain sebagainya.

Timur Laut atau Northeast

8 arah mata angin

Timur laut dinyatakan dalam angka 45 derajat dan letaknya ada di antara utara dan timur. Pada gambar delapan arah mata angin, Northeast atau timur laut dimasukkan juga penunjuk arah yang utama. Namun pada empat arah mata angin yang lebih sederhana, timur laut dianggap bukan sebagau poin utama dari penunjuk arah.

Selain melukiskan sudut navigasi 45 derajat pada kompas penunjuk arah, Timur Laut juga merupakan nama untuk sebuah daerah di Pulau Pinang, Malaysia.

Tenggara atau Southeast

8 arah mata angin

Arah mata angin yang berada di antara selatan dan timur adalah tenggara atau dalam bahasa Inggrisnya disebut sebagai Southeast. Dalam kompas, tenggara dinyatakan dalam angka 135 derajat.

Tenggara mungkin tidak memiliki sejarah sebagai nama sebuah distrik wilayah seperti halnya Timur Laut atau Barat Daya di Malaysia. Akan tetapi di Indonesia, arah tenggara banyak pula dipergunakan untuk menamakan sebuah wilayah propinsi seperti Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Tenggara.

Barat Daya atau Southwest

8 arah mata angin

Southwest pada kompas penunjuk arah diwakili dengan angka 225 derajat dan letaknya berada di antara selatan dan barat. Kamu juga dapat menemukan arah barat daya pada peta dengan mudah pada bagian kiri bawah permukaan peta.

Akan tetapi jika kamu memperluas pencarianmu pada istilah barat daya misalnya dalam filosofi 8 arah mata angin yang lebih luas, kamu mungkin akan menemukan sebuah judul novel yang populer.

Novel yang dimaksud adalah Merapi Barat Daya yang ditulis oleh Anton Sujarwo, Novel ini dirilis pada tahun 2018 dan mengisahkan tentang pendakian, cinta, ambisi dan juga kontroversi dalam pendakian gunung Merapi melalui sisi barat daya.

Barat Laut atau Northwest

8 arah mata angin

Arah mata angin yang terakhir adalah barat laut atau dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Northwest. Dalam kompas, arah ini dinyatakan dengan angka 315 derajat di antara barat dan utara. Sementara untuk huruf, arah ini biasanya dinyatakan dalam NW.

Delapan arah mata angin di atas adalah yang paling umum dipergunakan dalam penetapan arah dalam peta atau pun dalam kompas. Aplikasi lain yang lebih presisi mungkin dapat pula kamu temukan misalnya pada GPS atau peta digital.

BACA JUGA:

8 arah mata angin

Nah, itu adalah 8 arah mata angin yang sudah seharusnya kamu ketahui beserta pemanfaatannya dalam dunia navigasi. Seperti yang disampaikan tadi, semua poin arah angin ini fungsional sebagai penunjuk arah yang akurat, namun arah utara atau North tetap digunakan sebagai penjelas untuk mata angin yang lain.

Oh ya, sebagai pengetahuan tambahan untuk kamu ketahui, ada pula istilah cardinal point untuk menyatakan empat arah mata angin yang utama yaitu; Utara, Selatan, Timur dan Barat.  Lawan dari cardinal point adalah ordinal point yang berisi; Barat Daya, Barat Laut, Timur Laut dan juga Tenggara.

Untuk membuat pemahamanmu tentang arah mata angin semakin menarik, kamu bisa mempelajari berbagai panduan navigasi yang    dengan mudah kamu dapatkan di internet. Nah, supaya belajar navigasinya semakin asyik, kamu juga bisa menggunakan berbagai produk terbaik dari Akasaka Outdoor, ya.

KLIK DISINI UNTUK MENDAPATKAN BERBAGAI PRODUK TERBAIK DARI AKASAKA DENGAN HARGA ISTIMEWA

Baca Ini Juga Yuk!

TIPS LENGKAP MEMILIH HAMMOCK YANG BAGUS UNTUK CAMPING DAN BERTUALANG
TIPS LENGKAP MEMILIH HAMMOCK YANG BAGUS UNTUK CAMPING DAN BERTUALANG
Hammock telah menjadi rumah yang menarik bagi para petualang dan peminat aktivitas outdoor saat ini. Dengan hammock yang bagus dan nyaman, kamu bisa menikmati camping atau sekedar ber-leyeh-leyeh d...
Read More
DAFTAR 39 TOKO OUTDOOR TERDEKAT DI PULAU JAWA, SUMATERA, KALIMANTAN DAN SULAWESI
DAFTAR 39 TOKO OUTDOOR TERDEKAT DI PULAU JAWA, SUMATERA, KALIMANTAN DAN SULAWESI
Selain dengan cara online, memilih perlengkapan outdoor secara langsung juga lebih menyenangkan. Dengan mengunjungi toko outdoor terdekat di daerahmu, kamu mungkin juga bisa menambah kawan baru yan...
Read More
7 SIMPUL HIDUP PRAMUKA YANG PALING BANYAK DIGUNAKAN SEHARI-HARI
7 SIMPUL HIDUP PRAMUKA YANG PALING BANYAK DIGUNAKAN SEHARI-HARI
Tanpa kamu sadari, kamu mungkin banyak sekali menemukan penggunaan simpul hidup pramuka dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai macam simpul ini dapat berwujud ikatan pada gagang sapu lidi, puntiran ...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published