7 TEMPAT PALING ASYIK UNTUK BERKEMAH YANG WAJIB DICOBA

Berkemah

Kemah di akhir pekan merupakan pilihan yang tepat untuk melepas penat setelah rutinitas sehari-hari. Udara yang sejuk dan pemandangan yang indah adalah kombinasi yang tepat untuk menghilangkan stres. Namun, Sobat Akasaka mungkin bosan dengan tempat kemah yang itu-itu saja dan ingin mencoba tempat baru? Berikut ini 7 referensi tempat paling asyik untuk berkemah yang berhasil Akasaka rangkum:

Bumi Perkemahan Senolewah

Bumi Perkemahan Senolewah

Bumi perkemahan yang satu ini terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Lebih tepatnya di Dusun Senolewah, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Berada pada ketinggian 850 mdpl, bumi perkemahan yang ada di lereng Gunung Merapi ini selain cocok untuk berkemah, juga sering digunakan untuk kegiatan outbond perusahaan-perusahaan swasta. Jika mendirikan kemah di sini, Sobat Akasaka akan disuguhi panorama Gunung Merapi yang Indah.

Telaga Cebong

Telaga Cebong

Anda tertarik menikmati matahari terbit keemasan dan berkemah di desa tertinggi di Pulau Jawa? Inilah tempatnya. Telaga cebong yang ada di area Dataran Tinggi Dieng terletak pada ketinggian 2200 mdpl. Selain menikmati udara pegunungan yang sejuk, Anda juga dapat mengabadikan panorama matahari terbit keemasan yang terkenal hingga mancanegara melalui Puncak Sikunir.

Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti

Terletak di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, bumi perkemahan ini menawarkan pemandangan hijau yang cantik. Anda juga dapat menikmati keindahan cakrawala sambil berenang di kolam renang. Jika udara mulai dingin, Anda dapat memesan kopi panas atau menyeduhnya sendiri di atas api unggun yang ada di depan tenda. Bagi Sobat Akasaka yang malas membawa tenda sendiri, bumi perkemahan Umbul Sidomukti juga menyediakan peralatan berkemah yang bisa disewa dengan harga murah.

Bumi Perkemahan Cikole Bandung

Bumi Perkemahan Cikole Bandung

Jika Anda ingin berkemah sambil merasakan sensasi memetik stroberi di ladang, bumi perkemahan yang terletak di jl. Raya Tangkuban Perahu KM 30, Lembang, Bandung ini bisa jadi pilihan tepat. Kamping akan terasa lebih menyenangkan jika Anda mengajak keluarga untuk turut serta merasakan keindahan dan kesegaran alam di bumi perkemahan yang dikelilingi oleh pepohonan tinggi ini. Sayangnya, stroberi di sana hanya dapat Anda jumpai ketika sedang musim panen saja.

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Masih seputaran Bandung, tempat berkemah yang satu ini terletak di pusat kota. Taman hutan ini merupakan salah satu hutan raya terbesar yang menjadi kawasan konservasi terpadu antara alam sekuler dan hutan tanaman. Memiliki luas sekitar 590 hektar, Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda membentang dari kawasan Dago Raya hingga Maribaya. Selain digunakan untuk kempang, kawasan ini juga dilengkapi dengan berbagai objek wisata yang selalu ramai ketika akhir pekan.

Bumi Perkemahan Nyaru Menteng

Bumi Perkemahan Nyaru Menteng

Bumi perkemahan yang satu ini letaknya di luar Pulau Jawa. Tepatnya di Palangkaraya, berjarak 42 km dari Bandar Udara Tjilik Riwut. Di bumi perkemahan ini, Sobat Akasaka juga dapat menikmati objek wisata lain, seperti Danau Tahai yang warna airnya kemerah-merahan karena akar -akar di lahan gambut dan Aboretum Nyaru Menteng yang merupakan pusat penangkaran orang utan. Namun, Anda baru dapat melihat proses rehabilitasi orang hutan ini di hari minggu atau hari libur nasional.

Bumi Perkemahan Sibo Langit

Bumi Perkemahan Sibo Langit

Bumi perkemahan yang terletak pada ketinggian 864 mdpl berada di kaki Gunung Sibayak yang berjarak 45 km dari pusat Kota Medan. Bumi perkemahan ini pernah digunakan untuk pelaksanaan Jambore Nasional Pramuka tahun 1977. Selain diikuti oleh anggota pramuka dari seluruh Indonesia, Jambore Nasional ini juga diramaikan oleh peserta perwakilan dari negara tetangga. Di bumi perkemahan ini, Anda dapat menikmati keindahan Air Terjun Dua Warna yang terkenal hingga mancanegara.

Nah, Sobat Akasaka, sudah siap mengunjungi 7 tempat paling asyik untuk berkemah di atas? Siapkan peralatan kemah Anda dan selamat berlibur.

Baca Ini Juga Yuk!

7 ETIKA PENDAKIAN YANG HARUS DIMILIKI PENCINTA ALAM
7 ETIKA PENDAKIAN YANG HARUS DIMILIKI PENCINTA ALAM
Kita harus memiliki etika yang baik di mana saja kaki menginjak. Tidak terkecuali saat berada di atas gunung untuk melakukan pendakian. Etika tetap harus dimiliki dan dijunjung tinggi agar tidak me...
Read More
INILAH ALASAN MENGAPA HARUS HINDARI ALKOHOL SAAT DI GUNUNG
INILAH ALASAN MENGAPA HARUS HINDARI ALKOHOL SAAT DI GUNUNG
Mendaki gunung adalah salah satu aktivitas yang sedang digandrungi oleh banyak kalangan, dari tua sampai muda, dari berbagai latar profesi yang berbeda-beda. Banyak pengalaman menarik yang akan did...
Read More
INDAHNYA STALAKTIT DI GOA GONG PACITAN
INDAHNYA STALAKTIT DI GOA GONG PACITAN
Saat ini geowisata sedang digemari, mungkin karena sensasi yang berbeda ketika menelusuri keunikan rangkaian bentang alam yang terbentuk dari proses geologis selama jutaan tahun. Salah-satunya adal...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published