7 SIMPUL HIDUP PRAMUKA YANG PALING BANYAK DIGUNAKAN SEHARI-HARI

simpul hidup pramuka

Tanpa kamu sadari, kamu mungkin banyak sekali menemukan penggunaan simpul hidup pramuka dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai macam simpul ini dapat berwujud ikatan pada gagang sapu lidi, puntiran pada gelang atau kalung, atau yang lainnya. Dengan fungsinya, simpul pramuka memiliki sangat banyak manfaat untuk benda-benda di sekeliling manusia.

Nah, apa sajakah simpul pramuka itu dan apa pula fungsi dan kegunaannya? Dan adakah tutorial yang memudahkan untuk mempraktikkan cara membuatnya di rumah?

Yuk, baca ulasan lengkapnya di bawah ini.

BACA PULA:

Berbagai Jenis Simpul Hidup Pramuka yang Paling Banyak Digunakan dalam Keseharian

simpul hidup pramuka

Dalam kegiatan pramuka, tali-temali adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan. Sebagai sebuah pendidikan karakter yang menekankan pentingnya belajar kehidupan di alam bebas. Pramuka membekali siapa pun yang memilihnya untuk mampu hidup dan bertahan secara mandiri, efektif dan efisien dalam lingkungan apa pun melalui keterampilan yang dipelajari.

Tali-temali sendiri adalah bagian dari keterampilan tersebut. Tali dalam aktivitas kepramukaan, tidak hanya dipandang sebagai seutas benda lentur untuk mengikat sesuatu. Namun lebih daripada itu, tali melalui simpul-simpul yang dibuat, dikreasikan dan dimanfaatkan secara tepat, juga mampu memberikan manfaat yang jauh lebih besar bagi manusia.

Nah sekarang, sebelum membahas macam-macam simpul  dan aplikasinya dalam kegiatan pramuka dan aktivitas alam bebas lainnya, mari disimak kembali pengertian, jenis, dan fungsi dari keterampilan pramuka yang satu ini.

Pengertian Simpul Pramuka

simpul hidup pramuka

Secara sederhana, simpul dapat diartikan sebagai bentuk ikatan pada tali yang sifatnya untuk fungsional, dekoratif atau artistik. Bentuk ikatan ini dapat dibuat dalam wujud belitan, untaian, puntiran, atau pun ikatan yang sudah dikenal umum lainnya.

Dibandingkan sebagai aksesoris, artistik atau pun dekoratif, simpul pramuka pada hakikatnya lebih banyak dipergunakan secara fungsional. Kegunaan atau fungsi dari simpul ini adalah yang paling banyak ditekankan kepada anggota pramuka untuk dipahami dalam pelaksanaannya.

Dalam kaitannya nanti, kamu juga akan melihat bahwa simpul-simpul pramuka memiliki korelasi yang erat dengan aktivitas luar ruang lainnya. Simpul-simpul tali yang dipelajari dalam pramuka, juga menjadi dasar pengetahuan tali dalam dunia panjat tebing atau rock climbing.

Di samping itu, simpul-simpul ini juga akan kamu temukan pada dunia pelayaran dimana para nelayan dan para kru kapal terbiasa menggunakannya pula.

Fungsi Simpul Pramuka

Seperti yang disampaikan sebelumnya, tujuan utama dari simpul pramuka adalah untuk dua hal; yakni fungsional dan dekoratif.

Berikut keterangannya masing-masing.

Tujuan Fungsional

simpul hidup pramuka

Simpul jangkar atau simpul untuk jerat, jelas dipergunakan sebagai cara untuk menambatkan jangkar kapal dan membuat jerat di alam bebas.

Ini adalah contoh bagaimana simpul dibuat yang tujuannya dipergunakan sebagaimana fungsi dominannya. Simpul jerat memastikan bahwa hewan atau binatang yang menjadi target penjeratan, akan terikat kuat dan tidak dapat melepaskan diri sewaktu menginjak pemicu simpul bekerja.

Hal yang sama misalnya dapat kamu lihat pada simpul untuk penyambungan dua utas tali.

Simpul ini secara khusus dibuat untuk membuat dua buah tali dapat bersatu dan memberikan kekuatan yang setara saat digunakan. Simpul ini tidak akan terlepas dengan mudah walau pun ada kesengajaan untuk me-release-nya.

Nah, itu adalah kira-kira gambaran simpul yang dibuat berdasarkan fungsinya.

Tujuan Dekoratif atau Artistik

simpul hidup pramuka

Kebalikan dari simpul yang dibuat dengan tujuan fungsional, simpul dengan tujuan dekoratif lebih mengedepankan tampilan dan kesan yang dihasilkan. Kamu dapat melihat perwujudan simpul dengan tujuan semacam ini pada berbagai barang-barang yang bersifat artistik.

Simpul hidup pramuka, simpul mati pramuka, simpul jangkar arau simpul bowline dan sebagainya, diaplikasikan untuk menghasilkan kesan dekorasinya. Kesan estetika simpul-simpul tali pada gelang, kalung, pernak-pernik tata rias pengantin, pagar yang bergaya vintage menggunakan tali, dan lain sebagainya, pada dasarnya dibuat untuk tujuan ini.

Jadi, alasan mengapa sebuah simpul dibuat adalah pembeda antara simpul dengan tujuan fungsional dan tujaun dekoratif.

Tujuan fungsional akan memastikan bahwa simpul harus berfungsi dengan baik dan tepat, sementara tujuan dekoratif memastikan kesan yang ditimbulkan haruslah estetis dan menarik.

Tipe Simpul Pramuka

Dalam pembagian berdasarkan tipenya, macam-macam simpul pramuka setidaknya dapat dikelompokkan menjadi dua bagian penting yakni, simpul hidup dan simpul mati.

Nah, Lantas apa yang membedakan kedua tipe simpul ini?

Simpul Hidup Pramuka

simpul hidup pramuka

Pada dasarnya simpul hidup tidak hanya dipratikkan dalam aktivitas kepramukaan saja. Apa pun aktivitas manuisa yang akrab dengan penggunaan tali temali, simpul hidup banyak diaplikasikan.

Pengertian dari simpul hidup adalah satu bentuk ikatan tali yang dengan mudah bisa untuk dilepas kembali. Simpul ini berfungsi untuk mengikat dua benda menjadi erat dan kuat, namun ikatan itu sendiri masih mudah untuk dilepaskan lagi.

Salah satu contoh dari simpul hidup yang paling mudah kamu pahami adalah simpul hidup di tongkat yang biasa dibuat oleh anak pramuka.

Simpul Mati Pramuka

Kebalikan dari simpul hidup yang masih bisa untuk dilepaskan kembali, simpul mati justru dibuat sedemikian rupa untuk tidak mudah dilepaskan kembali. Pada umumnya simpul mati dipergunakan untuk menyambung dua utas tali supaya saling mengikat erat, tidak licin dan tidak bergeser.

Simpul mati didesain untuk digunakan sebagai simpul akhir pada ujung tali sehingga memang sengaja dibuat mati dan sulit untuk dirilis kembali.

7 Simpul yang Paling Banyak Digunakan dan Aplikasi Penggunaannya

Nah, berikut adalah 7 simpul dalam pramuka yang paling sering dan paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Simpul Jangkar atau Cow Hitch

simpul hidup pramuka

Jika kamu ingin menautkan sebuah tali ke benda lain dengan cepat dan mudah untuk dirilis kembali, kamu sebaiknya menggunakan simpul yang satu ini.

Sesuai namanya, simpul jangkar difungsikan sebagai sebuah anchor atau penahan sementara sebuah benda. Simpul jangkar mampu menahan tekanan benda cukup kuat dan juga mudah untuk dilepaskan kembali.

Kamu dapat menemukan contoh simpul jangkar ini misalnya pada kontruksi tandu darurat. Benda lain yang juga sering menjadi obyek aplikasi simpul jangkar adalah pengikatan alat timba seperti ember.

Oh ya, walaupun tidak cukup sering terjadi, namun banyak koboi-koboi dalam film bergaya western menggunakan simpul ini saat mengikat kuda mereka ketika sedang beristirahat di bar misalnya.

Simpul Pangkal

simpul hidup pramuka

Simpul yang tidak kalah penting dan sangat sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah simpul pangkal. Simpul ini dipergunakan untuk membuat permulaan ikatan yang menghubungkan seutas tali pada tongkat, pohon atau tiang artificial.

Simpul pangkal termasuk simpul yang cukup banyak digunakan. Dalam pramuka, kemampuan untuk membuat simpul ini dengan cepat dan praktis sangat ditekankan.

Saat mendirikan tenda, memambatkan sesuatu di tiang atau di pohon yang membutuhkan pengamanan, simpul pangkal adalah yang paling banyak digunakan. Bagaimana cara membuat simpul pangkal pramuka adalah keterampilan yang menarik untuk kamu pelajari karena fungsinya ini.

Simpul Anyam

simpul hidup pramuka

Apa yang harus kamu lakukan jika kamu menemukan kondisi dimana harus menyambung dua buah tali yang berbeda ukuran dan kelenturannya namun sama-sama kering?

Nah, simpul anyam inilah jawabannya.

Dengan simpul anyam, kamu dapat menyambungkan dua utas tali yang berbeda baik diameternya mau pun tingkat kelenturannya. Simpul anyam termasuk simpul yang sederhana, mudah dan praktis, sehingga menjadi salah satu keterampilan yang harus dikuasai seorang pramuka.

Simpul Rantai

simpul hidup pramuka

Simpul ketiga yang tidak kalah penting dalam aktivitas pramuka adalah simpul rantai.

Fungsi utama dari simpul rantai adalah untuk memendekkan dan mempekuat tali.

Simpul ini mengharuskan kamu menggunakan dua utas tali yang digunakan sebagai tali garapan dan tali pasangan. Kedua tali ini dalam membuat simpul rantai, harus kamu kombinasikan secara bergantian.

Jika kamu membutuhkan sebuah tali yang lebih pendek namun memiliki kekuatan yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan simpul rantai sebagai solusinya.

Simpul Delapan

simpul hidup pramuka

Selanjutnya simpul yang juga cukup penting dalam aktivitas pramuka adalah simpul delapan. Simpul ini termasuk simpul hidup meskipun pada kenyataannya simpul ini cukup sulit untuk dilepaskan kembali.

Selain dalam kegiatan kepramukaan, simpul delapan juga populer dalam aktivitas rock climbing atau panjat tebing. Simpul delapan digunakan untuk menghubungkan tali pengaman pada harness yang ada di tubuh pemanjat.  Keunggulannya yang sangat kuat namun tetap mudah untuk dilepaskan adalah alasan mengapa simpul ini diterapkan.

Selain digunakan dalam rock climbing, simpul delapan juga digunakan untuk mengikat dua utas tali yang ukurannya sama, mengamankan penyelamat, atau menyambungkan perlengkapan apa pun ke ujung tali untuk ditarik atau diangkat.

Simpul Tarik

simpul hidup pramuka

Simpul keenam yang juga sangat penting adalah simpul tarik atau simpul loop.

Simpul ini akan menghasilkan loop tali yang dapat diperbesar atau diperkecil lagi sesuai dengan kebutuhan. Cara membuatnya cukup mudah dan pelaksanaannya cukup luas di masyarakat. Bahkan di kalangan para pendaki, simpul satu ini juga digunakan secara dekoratif dan fungsional untuk membuat gelang perusik.

Hayo, kamu tahu kan, apa yang dimaksud dengan gelang perusik?

Oh ya, karena sifatnya yang dinamis dapat diperkecil dan diperbesar, simpul loop juga umum digunakan sebagai simpul hidup di tongkat, tiang, atau pun batang pohon, lho.

Simpul Nelayan

simpul hidup pramuka

Simpul terakhir yang juga sangat sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari adalah simpul nelayan atau yang populer pula dikenal dengan fisherman’s knot.

Simpul nelayan atau fisherman’s knot digunakan untuk membentuk tali sling berkekuatan tinggi yang pada umumnya menjadi sistem perlindungan (dalam rock climbing) yang saling berhubungan. Simpul nelayan sendiri merupakan gabungan dari dua buah simpul hidup pada masing-masing ujung utas tali.

Disebut sebagai simpul nelayan karena simpul ini banyak ditemukan pula dalam proses penyambungan tali dalam kondisi yang basah. Di samping itu, seringpula diaplikasikan pada penyambungan tali nilon untuk para pemancing.

BACA JUGA:

simpul hidup pramuka

Nah, itu adalah 7 simpul hidup pramuka yang paling banyak dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kamu pasti pernah menggunakan salah satu simpul di atas, bukan?

Penguasaan keterampilan mengenai simpul adalah keterampilan penting yang sangat ditekankan untuk dimiliki oleh seorang petualang. Dimana pun kamu menjelajah, keterampilan-keterampilan mengenai simpul ini akan membuat petualangan kamu semakin menyenangkan.

Sebagai saran terakhir supaya petualangan kamu semakin menarik dan istimewa, tetap gunakan produk Akasaka Outdoor selalu, ya.

Layaknya simpul-simpul dalam aktivitas pramuka, produk Akasaka adalah jaminan dari kekuatan, soliditas, dan ketangguhan sebuah produk bertualang.

Jadi, langsung diorder saja sekarang!

TEMUKAN PRODUK AKASAKA OUTDOOR IMPIAN KAMU DISINI

Baca Ini Juga Yuk!

7 FILM SUNGAI AMAZON YANG PALING TERKENAL SEPANJANG MASA
7 FILM SUNGAI AMAZON YANG PALING TERKENAL SEPANJANG MASA
Di antara banyak film sungai Amazon yang menuturkan tentang petualangan di hutan hujan tropis yang ganas, Anaconda adalah salah satu yang terkenal. Namun, tahukah kamu kalau selain Anaconda ada ban...
Read More
10 OLAHRAGA VERTICAL PALING EKSTRIM DI MUKA BUMI YANG KAMU WAJIB COBA
10 OLAHRAGA VERTICAL PALING EKSTRIM DI MUKA BUMI YANG KAMU WAJIB COBA
Rock climbing, mendaki gunung, base jumping dan sejenisnya sudah pasti adalah olahraga vertical yang sangat menantang dan ektrim. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa masih banyak jenis olahraga vertica...
Read More
INI 9 TEMPAT TREKKING DI JOGJA YANG PALING ASYIK UNTUK DIJELAJAHI
INI 9 TEMPAT TREKKING DI JOGJA YANG PALING ASYIK UNTUK DIJELAJAHI
Jogja memang istimewa dalam banyak hal, termasuk sebagai rumah bagi banyak tempat trekking menakjubkan. Untuk kamu yang suka bertualang di alam bebas sambil berolahraga, Akasaka Journal memiliki 9 ...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published