7 PERTIMBANGAN MEMILIH TENDA CAMPING 4 ORANG UNTUK MENDAKI GUNUNG

tenda camping 4 orang

Untuk acara berkemah di tepi pantai atau di lokasi perkemahan yang memang sudah populer, tenda camping 4 orang adalah rumah yang sempurna. Dengan tenda ukuran seperti ini, kamu bisa menikmati shelter yang leluasa. Di samping itu, kamu juga dapat menempatkan semua barang bawaanmu ke dalam tenda saat malam tiba.

Akan tetapi bagaimana jika kamu mendaki gunung dengan tenda camping 4 orang? Apakah sama menariknya dengan kamu menggunakan tenda serupa di bumi perkemahan biasa?

Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

BACA PULA:

Pertimbangkan 7 Hal ini Sebelum Memilih Tenda Camping 4 Orang untuk Mendaki Gunung

tenda camping 4 orang

Ada sebuah dilema yang kadang-kadang muncul di kalangan para pendaki saat memilih tenda mendaki gunung. Jika menggunakan tenda yang berukuran besar dengan kapasitas yang luas maka risikonya adalah lebih berat, lebih dingin di saat malam, dan lebih tidak mudah pula mencari tempat mendirikannya.

Sebaliknya, jika memilih tenda yang terlampau kecil dengan kapasitas muat yang lebih sedikit, kamu mungkin akan menemui problem saat camping bersama sahabat. Berhimpitan di dalam tenda bukanlah hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Di samping tidak leluasa, kualitas istirahat kamu juga bisa terganggu karenannya.

Secara umum, memang para pendaki di Indonesia lebih memilih untuk menggunakan tenda camping dengan kapasitas 3 hingga 4 orang saat mendaki. Tenda jenis ini dianggap lebih mampu mengakomodasi semua keperluan selama mendaki  gunung. Ada pun mengenai konsekuensi berat, dingin dan kesulitan mencari tempat untuk didirikan, kadang dianggap bukan hal yang perlu untuk dipusingkan.

Namun, ada tidak sih, tips paling ideal untuk mengatasi hal semacam ini?

Nah, Akasaka Journal kali ini akan mengajak kamu untuk melihat 7 pertimbangan paling menarik sebelum memilih tenda camping 4 orang terbaik sebagai tempat perlindungan kamu di atas gunung.

Pastikan Perlindungannya Sempurna

tenda camping 4 orang

Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk memilih tenda camping kapasitas 4 orang untuk mendaki gunung adalah perlindungannya sendiri. Kamu harus memastikan bahwa tenda yang kamu gunakan mampu memberikan perlindungan maksimal di atas gunung.

Dalam hal perlindungan terhadap cuaca, prioritaskan untuk hanya menggunakan tenda kapasitas 4 orang double layer. Dengan lapisan ganda yang dimilikinya, kamu akan merasa lebih nyaman ketika misalnya saat hujan atau angin yang kencang terjadi di atas gunung.

Selain double layer, kamu juga dapat mempertimbangkan tenda yang memiliki lapisan footprint yang kuat dan solid. Permukaan batuan dan akar-akar yang tajam, dapat dengan cepat merusak lapisan footprint tendamu jika bahannya sendiri tidak solid.

Hal lain yang juga tidak boleh kamu tinggalkan dalam hal proteksi tenda gunung adalah mengenal jahitan dan pelapis waterproof-nya sendiri. Beberapa tenda dengan harga yang mahal sekali pun bahkan, kadang-kadang memiliki risiko rembes pada bagian jahitan yang justru kurang mendapat perhatian saat kamu membelinya.

Pastikan Bobotnya Wajar

tenda camping 4 orang

Dengan kapasitasnya yang mampu menampung 4 orang dewasa, cukup wajar sebenarnya jika bobot tendanya sendiri lebih berat daripada tenda-tenda dengan kapasitas yang lebih kecil.

Namun, apakah memang tidak ada tenda camping kapasitas 4 orang yang bobotnya lebih ringan daripada rata-rata?

Tentu saja ada. Bahkan ada beberapa tenda kapasitas besar yang di-branding dengan bobot yang extreme light atau super ringan. Namun, untuk tenda kapasitan 4 person dengan performance bobot semacam ini, hampir selalu menggunakan single layer sebagai perlindungannya terhadap cuaca.

Memilih tenda yang super ringan itu bagus, namun pertimbangkan pula kemampuan resistansi dan perlindungannya, ya.

Jadi, tips yang kedua ini adalah kamu harus menilai pula bahwa bobot tenda kapasitas 4 orang yang kamu pilih adalah wajar atau relevan dengan kemampuan dan fungsionalnya.

Pastikan Menggunakan Material Terbaik

tenda camping 4 orang

Nah, ini adalah sesuatu menarik; bagaimana kamu mampu mengenali bahan-bahan konstruksi tenda yang akan kamu pilih adalah yang terbaik?

Hal yang juga tidak boleh kamu lupakan dalam konteks ini adalah; jangan terjebak dengan harga. Artinya tidak selalu harga tenda kapasitas 4 orang yang mahal adalah yang terbaik. Begitu pun sebaliknya, tidak ada jaminan yang memastikan bahwa untuk tenda dengan harga yang lebih murah dipastikan memiliki kualitas yang buruk.

Kamu mungkin harus sedikit belajar untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Kamu bisa memperluas pengetahuanmu tentang material tenda yang terbaik melalui internet, rekomendasi teman, review di youtube dan lain sebagainya.

Tentukan Desain yang Paling Nyaman

tenda camping 4 orang

Hayo, kamu pasti tahu kan, jika untuk tenda dengan kapasitas 4 orang saat ini sudah memiliki desain yang sangat beragam?

Ada banyak tenda yang memiliki desain unik dan menarik untuk digunakan sebagai shelter di atas gunung. Namun sebelum kamu memutuskan untuk memasukkan tenda tersebut dalam keranjang belanja, pastikan dulu apakah desain tersebut memang yang kamu butuhkan atau kamu hanya senang melihatnya saja?

Setiap desain tenda pada umumnya mempertimbangkan beberapa hal yang esensial seperti faktor perlindungan, kekuatan saat berhadapan dengan badai dan angin kencang, kekuatan saat tertimpa sesuatu yang ringan, dan lain sebagainya. Nah, pastikan pula bahwa tenda camping 4 orang yang akan kamu gunakan untuk mendaki gunung memiliki perlindungan semacam ini.

Tenda yang konstruksinya tinggi rawan terhadap angin, tenda dengan pintu yang terlalu rendah menyulitkan akses kamu memasukinya, tenda yang terlalu banyak menggunakan frame sebagai penunjang desain, juga akan memberimu beban ekstra saat mebawanya.

Jadi, benar-benar pertimbangkan kenyamanan yang akan kamu dapatkan sebelum memutuskan untuk memiliih desain yang kamu suka, ya.

Pertimbangkan Perawatan yang Tidak Rumit

tenda camping 4 orang

Beberapa tenda camping dengan spesifikasi tertentu, membutuhkan perawatan yang mungkin merepotkan bagi banyak orang.

Tenda quick release dengan fix frame contohnya. Untuk spesifikasi mutu yang lebih rendah, kamu akan menjumpai bahwa frame tenda seperti ini berisiko untuk mengalami korosi pada beberapa komponennya. Jika kamu tidak mampu merawatnya dengan baik, performance tenda sudah pasti akan terganggu karena faktor ini.

Frame aluminium alloy lebih ringan dan lebih mudah untuk di-maintenance, jadi kamu mungkin bisa memprioritaskan pilihan ini.

Namun demikian, bukan berarti kamu tidak boleh menggunakan material frame dari fiber yang lebih berat dan berisiko mengalami ‘getas’ karena paparan matahari dan hujan dalam waktu yang lama.

Selama kamu mampu konsisten dalam melakukan perawatan, tenda camping dengan material apa pun mungkin akan memiliki lifetime yang lebih lama baik dari sisi frame, layering, atau pun foot print-nya.

Separate Component Lebih Nyaman

tenda camping 4 orang

Tenda quick release dengan fix design memang menjanjikan kepraktisan, kemudahan dan kecepatan untuk didirikan,

Tapi bagaimana misalnya jika kamu harus mendirikan tenda di atas tempat yang sempit? Atau bagaimana pula jika kamu membutuhkan space yang lebih longgar dan nyaman saat melakukan packing di dalam carrier-mu.

Tenda seperti ini tentu akan sangat merepotkan bukan?

Fix frame dan desain yang dimilikinya tidak memberi kamu kesempatan untuk memisahkan komponen satu dengan yang lainnya. Hal ini juga memiliki konsekuensi terhadap ukuran packing yang lebih besar dan memakan tempat di dalam ransel.

Nah, untuk menyiasatinya, kamu mungkin lebih baik kembali ke gaya klasik tenda-tenda lama dimana bagian-bagiannya terpisah dan disatukan ketika ingin didirikan saja. Artinya, kamu bisa menempatkan flysheet di atas top load ransel, frame di saku samping, footprint di kantong dekat sleeping bag, dan lain sebagainya.

Dengan komponen yang terpisah, kamu bisa mengatur packing-annya senyaman yang kamu mau.

Jangan Korbankan Keselamatan demi Harga yang Lebih Murah

tenda camping 4 orang

Hal terakhir dalam 7 pertimbangan memilih tenda camping kapasitas 4 orang adalah harganya sendiri.

Di Indonesia, kamu sudah memiliki banyak pilihan untuk hal ini. Harga tenda camping 4 orang Eiger mungkin bisa kamu komparasi dengan pertimbangan-pertimbangan di atas. Pastikan bahwa biaya yang kamu keluarkan untuk membelinya, sudah cukup relevan dengan apa yang akan kamu dapatkan saat menggunakannya.

Selain Eiger, kamu misalnya bisa mempertimbangkan pula harga tenda camping 4 orang Arei yang juga cukup banyak beredar di kalangan para pegiat alam Indonesia. Sekali lagi, kamu bisa melakukan komparasi di antara keduanya berdasarkan pertimbangan-pertimbangan di atas.

Pesannya disini sebelum kamu memutuskan untuk membeli tenda merk apa pun adalah; jangan terkecoh dengan harga, baik ia murah atau pun mahal.

Jangan sampai kamu mengorbankan keselamatan di atas gunung hanya karena memilih harga yang murah. Atau sebaliknya, jangan sampai pula karena fanatisme dengan brand tertentu, kamu meenghabiskan biaya yang bisa kamu hemat lebih murah daripada itu.

Jadi, pertimbangkan harga tenda dome 4 orang yang paling masuk akal dan sesuai dengan spesifikasi terbaiknya menurut kamu, ya.

BACA PULA:

tenda camping 4 orang

Nah, bagaimana sekarang? Apakah kamu sudah siap mengunjungi toko outdoor terdekat dan berburu tenda camping 4 orang yang kamu idamkan?

Apa pun pilihanmu nantinya, bagaimana pun desain dan harganya, semoga kamu mendapatkan kualitas yang terbaik, ya. Persis seperti kualitas sandal gunung Akasaka Outdoor yang telah menjadi nomor satu di Indonesia.

Tendanya boleh apa saja, tapi sandal gunungnya, tetap Akasaka Outdoor.

Kamu pasti setuju, kan?

BUKTIKAN KETANGGUHAN SANDAL GUNUNG AKASAKA OUTDOOR DISINI

Baca Ini Juga Yuk!

27 KATA-KATA PENDAKI PALING TERKENAL SEPANJANG MASA, KAMU SUKA YANG MANA?
27 KATA-KATA PENDAKI PALING TERKENAL SEPANJANG MASA, KAMU SUKA YANG MANA?
Kamu pastinya sudah sering membaca kata-kata pendaki yang puitis dengan diksi-diksi melankolis sebagai caption di instagram, bukan? Atau mungkin kamu juga menemukan secara langsung kata-kata pendak...
Read More
10 REKOMENDASI SANDAL HITAM UNTUK MENDAKI GUNUNG YANG PALING TANGGUH
10 REKOMENDASI SANDAL HITAM UNTUK MENDAKI GUNUNG YANG PALING TANGGUH
  Jadi, Sobat Akasaka suka sandal gunung warna hitam, ya? Nah, pas banget kalau begitu karena dalam artikel kali ini secara khusus Akasaka Journal akan memberi 10 rekomendasi sandal hitam untuk be...
Read More
INI PANDUAN LENGKAP MEMILIH TREKKING POLE YANG TERBAIK
INI PANDUAN LENGKAP MEMILIH TREKKING POLE YANG TERBAIK
Meskipun bukan perlengkapan wajib dalam aktivitas mendaki gunung, trekking pole atau hiking pole adalah salah satu perlengkapan yang penuh dengan manfaat. Alat satu ini tidak hanya memberimu kenyam...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published