7 PENDAKI SOLO TERKENAL DI DUNIA YANG PRESTASINYA TAK TERKALAHKAN

pendaki solo

Meskipun dikagumi karena keberanian mereka, dunia para pendaki solo tidak selalu berisi tepuk tangan gegap gempita. Pada banyak situasi, para pendaki solo yang sebenarnya justru lebih sering berteman kesunyian. Bahkan dalam pencapaian mereka yang paling signifikan sekali pun, solo climber seringkali menghadapi kondisi yang membuat mereka benar-benar kesepian di atas gunung.

Nah, menariknya ada banyak pendaki solo paling kuat di dunia yang menciptakan prestasi luar biasa dalam kesunyian pendakian mereka. Dan berikut ini Akasaka Journal akan mengulas 7 orang pendaki yang dianggap paling tangguh di antaranya.

Yuk, dibaca sampai tuntas, ya.

7 Pendaki Solo Paling Tangguh dan Pencapaian Terbaiknya Sepanjang Masa

pendaki solo

Secara sederhana solo hiking adalah seorang pendaki gunung yang memilih untuk melakukan pendakian seorang diri. Pengertian ini pun sebenarnya masih dapat dipecahkan lagi dalam beberapa kategori yang lebih spesifik. Untuk orang yang mendaki secara sendirian sejak titik paling awal pendakian, atau yang merencanakan pendakian solo sejak dari rumah base camp, mereka kadang disebut pula sebagai pendaki solo yang murni (pure solo hiker atau solo climber)

Sementara itu, untuk pendaki yang melakukan pendakian solo tidak utuh (end to end), misalnya mereka mendaki sendirian hanya dari pos terakhir menuju puncak  saja, atau teman seperjalanannya berhalangan sehingga ia harus menyelesaikan pendakian seorang diri, maka pendaki seperti ini kadang dapat disebut sebagai pendaki solo biasa atau solo hiker/climber by situation.

Nah, siapa sajakan para pendaki gunung dunia yang memilih mendaki secara solo kemudian mencapai pretasi paling mengagumkan sapanjang masa?

Berikut beberapa di antaranya.

BACA JUGA:

Walter Bonatti

pendaki solo

Siapa pun yang membahas sejarah tentang pendaki solo terbaik di dunia, tentu saja tidak dapat menghindari nama Walter Bonatti pada daftar yang paling atas. Bonatti adalah legenda terbesar pendakian gunung secara solo. Ia adalah ksatria gunung terakhir yang menjadikan pendakian gunung dan harmonisasi alam raya sebagai sebuah kesatuan.

Dengan peralatan solo hiking yang sederhana, Walter Bonatti telah membuat pendakian-pendakian paling mengagumkan di dunia. Ia mungkin adalah dua orang yang paling berjasa dalam pendakian pertama puncak gunung K2 pada tahun 1953 bersama dengan Amir Mehdi dari Pakistan. Banyak orang berspekulasi bahwa tanpa kehadiran Bonatti dan Mehdi di K2 saat itu, Achille Compagnoni dan Lino Lacedelli tidak mungkin bisa mencapai puncak.

Prestasi pendakian gunung yang dilakukan Walter Bonatti membentang hampir di semua pegunungan besar dunia. Akan tetapi beberapa prestasi terbesarnya dalam pendakian solo misalnya adalah di Wajah Utara Matterhorn dan di gunung Aiguille du Dru.

Tomaz Humar

pendaki solo

Pendaki gunung solo terkuat yang kedua berasal dari Slovenia dan ia adalah mantan prajurit tempur dalam perang Bosnia. Humar terjun dan memilih menjadi pendaki gunung karena kecewa dengan bidang militer yang sebelumnya ia pilih. Dalam pandangan Humar, tugasnya di Bosnia tak lebih dari membantu sebuah genosida.

 Dalam pendakian solo, Tomaz adalah orang pertama yang membuktikan bahwa gunung yang bisa solo hiking dan climbing adalah gunung apa pun. Humar adalah pendaki gunung pertama di dunia yang mendaki sisi selatan Annapurna yang sangat berbahaya. Ia juga pernah mencoba mendaki dinding Rupal Face gunung Nanga Parbat. Selain gunung-gunung itu, Humar juga pernah mendaki secara solo di Baruntse, Dhaulagiri dan juga Jannu.

Gunung terakhir yang didaki oleh Tomaz Humar adalah Langtang Lirung, Dan di gunung ini ia juga melakukan pendakiannya secara solo. Sayangnya dalam pendakian itu, Humar mengalami musibah dan ia tewas di sana.

Jean Christophe Lafaille

pendaki solo

Nama selanjutnya yang sangat layak disebut sebagai pendaki gunung solo paling tangguh di dunia adalah Jean Christophe Lafaille. Ia adalah seorang pendaki gunung dari Perancis yang bertubuh mungil. Memang, jika dibandingkan postur rata-rata orang Eropa, Jean Christophe Lafaille dapat dibilang kecil.

Meskipun tubuhnya kecil, namum dalam urusan pendakian gunung dunia, Jean Christophe susah dicari lawannya. Ia merupakan salah satu pendaki gunung paling pemberani di dunia. Ia pernah turun dari dinding selatan gunung Annapurna secara solo dan dalam kondisi tangan patah dan tanpa tali sama sekali.

Ada sangat banyak sekali pendakian mengagumkan yang dilakukan oleh seorang Jean Christophe Lafaille. Ia pernah mendaki Cho Oyu secara Solo, Gasherbrum I dan II juga serta secara solo. Bahkan Jean Lafaille juga pernah mendaki secara berantai 6 gunung paling menakjubkan di Eropa yang juga dilakukannya seorang diri.

Paul Preuss

pendaki solo

Nama selanjutnya dalam daftar pendaki solo terbesar sepanjang sejarah adalah Paul Preuss dari Austria. Secara spesifik, Paul Preuss yang dikenal juga dengan julukan ‘nabinya para pendaki gunung sejati’ ini, adalah seorang pendaki gunung sekaligus rock climber solo paling awal di dunia. Dari dirinyalah ide mengenai pendakian free solo itu muncul.

Oh iya, apakah kamu pernah mendengar istilah free solo?

Pendakian free solo pada umumnya banyak diaplikasikan dalam pendakian atau pemanjatan tebing. Free solo adalah jenis panjat tebing paling berbahaya di dunia. Dalam teknik ini seorang pemanjat tidak hanya dituntut untuk melakukan aksinya seorang diri, namun ia juga diharuskan untuk tidak menggunakan perlengkapan panjat tebing apa pun kecuali sepasang sepatu dan chalk bag.

Peralatan solo hiking atau free solo yang digunakan Paul Preuss terkenal sangat efisien. Ia menciptakan banyak pendakian paling mengagumkan di sekitar Austria yang hampir semuanya ia lakukan secara solo.

Reinhold Messner

pendaki solo

Nah, kamu pasti familiar dengan nama yang satu ini, kan?

Jika Paul Preuss dijuluki sebagai nabinya para pendaki gunung sejati, maka Reinhold Messner dari Italia ini dikenal sebagai dewa gunung dunia. Sepanjang karir pendakian gunungnya yang luar biasa, Messner telah tampil menjadi seorang pendaki paling revolusioner dan populer dalam sejarah mountaineering.

Ada sangat banyak sekali pencapaian monumental yang dilakukan oleh Messner sepanjang hidupnya. Akan tetapi terkait dengan gaya mendaki solo, Everest adalah gunung yang paling kuat mengorbitkan nama Messner. Reinhold Messner adalah pendaki gunung pertama di dunia yang berhasil mencapai puncak Everest secara solo dan tanpa tabung oksigen.

Secara umum diakui bahwa apa yang Messner lakukan di Everest saat itu, adalah pencapaian tertinggi yang bisa dilakukan manusia. Solo climbing di Everest bagi Messner, tak ubahnya seperti solo hiking Merbabu bagi pendaki berpengalaman Indonesia. Semangat, pencapaian, totalitas dan dedikasi Messner dalam mountaineering telah mengukir namanya sebagai legenda.

Ueli Steck

pendaki solo

Dalam abad modern, rasanya tidak ada pendaki gunung solo terbaik seperti apa yang pernah ditampilkan oleh Sang Swiss Machine bernama Ueli Steck ini.

Hayo, kamu sudah pernah mendengar nama yang satu ini apa belum?

Ueli Steck adalah pendaki solo yang mungkin, adalah yang paling tangguh di dunia. Selain berani dan tangguh, Ueli Steck juga sangat cepat dan efisien dalam aksinya. Ia bahkan pernah memanjat dinding vertical Annapurna sisi selatan hanya dalam waktu 28 jam. Sementara pendaki lainnya membutuhkan waktu 1 minggu untuk melakukan hal yang sama.

Selain mendaki Annapuran South Face yang perkasa dalam waktu yang sangat cepat, Ueli Steck juga membuat banyak pendakian penting lainnya. Ia misalnya adalah pendaki gunung dunia yang memegang rekor pendakian di Eiger North Face paling cepat. Ketika orang lain membutuhkan waktu 3 hari untuk mendaki gunung ini, Ueli Steck hanya membutuhkan waktu 2,5 jam untuk menyelesaikannya.

Benar-benar pendaki solo yang luar biasa!

Alex Honnold

pendaki solo

Nama terakhir dalam daftar pendaki gunung solo paling kuat sepanjang sejarah adalah Alex Honnold, ia adalah raja rock climbing modern saat ini. Kamu pastinya sudah tidak asing dengan pendaki solo yang satu ini, kan?

Bidang mahakarya yang dipilih oleh Alex Honnold hakikatnya sama dengan yang dilakukan oleh Paul Preuss. Baik Honnold mau pun Preuss, adalah role model pendakian tebing-tebing dunia dengan cara yang paling luar biasa untuk dilakukan manusia.

Alex Honnold banyak sekali melakukan pemanjatan di rute panjat tebing paling legendaris di dunia secara fee solo. Ia pernah memanjat El Capitan di Yosemite, pegunungan Rocky, Patagonia bahkan Alaska.

BACA JUGA:

pendaki solo

Nah, itu adalah 7 pendaki solo paling tangguh di dunia sepanjang masa versi Akasaka Journal. Buat kamu yang ingin membaca lebih banyak kisah-kisah pendakian paling menarik di dunia, Akasaka punya koleksi menarik dalam bentuk e-book yang bisa kamu download dengan mudah disini.

Meskipun banyak menuai kontroversi, rasanya menarik juga jika kamu ingin mencoba untuk solo hiking sewaktu-waktu.  Sebagai awal, kamu bisa memilih gunung yang populer untuk solo hiking seperti gunung Lawu, gunung Merbabu, atau yang lebih rendah lagi misalnya gunung Andong.

Oh ya, supaya percobaan solo kamu semakin nyaman, yuk, gunakan selalu peralatan solo hiking dari Akasaka Outdoor, ya. Kualitas produk yang terjamin dan desain yang maksimal, memastikan aktivitas solo hikingmu menjadi sesuatu yang menyenangkan.

KLIK DISINI DAN DAPATKAN PRODUK TERBAIK DARI AKASAKA OUTDOOR SEKARANG JUGA

Baca Ini Juga Yuk!

MEMILIH TAS GUNUNG MURAH YANG TIDAK MURAHAN, INI CIRI-CIRINYA
MEMILIH TAS GUNUNG MURAH YANG TIDAK MURAHAN, INI CIRI-CIRINYA
Memiliki tas gunung murah dengan kualitas yang memuaskan tentu saja menjadi impian banyak pendaki gunung, termasuk juga kamu mungkin saja. Tetapi masalahnya adalah, produk yang dilabeli murah dari ...
Read More
DOWNLOAD GAMBAR PEMANDANGAN INI UNTUK OBATI KERINDUANMU BERTUALANG
DOWNLOAD GAMBAR PEMANDANGAN INI UNTUK OBATI KERINDUANMU BERTUALANG
Jelajah virtual adalah cara yang umum digunakan pada masa pandemi Covid-19 untuk memfasilitasi keinginan bertualang ke alam bebas yang belum dapat diwujudkan. Cara lain yang lebih sederhana juga da...
Read More
7 BINATANG BUAS YANG PALING SERING DIJUMPAI PENDAKI GUNUNG INDONESIA
7 BINATANG BUAS YANG PALING SERING DIJUMPAI PENDAKI GUNUNG INDONESIA
Kamu pernah berjumpa binatang buas apa saat bertualang atau mendaki gunung? Dengan kontur pegunungan dan iklim hutan tropis yang lebat, hutan dan gunung-gunung Indonesia memang menjadi habitat bagi...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published