7 PEGUNUNGAN DI DUNIA YANG PALING TERKENAL UNTUK TUJUAN MENDAKI

pegunungan di dunia

Hampir semua pegunungan di dunia telah akrab dengan aktivitas mountaineering di atasnya. Pegunungan-pegunungan ini telah menjadi medan yang paling ideal dimana para pendaki mengekspresikan diri mereka dengan bebas.  Dengan letaknya yang variatif di berbagai belahan dunia, maka kontur dan iklim pegunungan-pegunungan ini pun memiliki rupa yang berbagai macam.

Di Antartika, kamu akan menemukan pegunungan dengan es menutupi hampir 100% permukaannya. Di Eropa Barat seperti Dolomites, kamu akan mendapati batu-batu besar dan cadas yang menjadi dominan. Sementara jika kamu melihat pegunungan Indonesia sendiri, maka kamu akan menemukan kontur yang lebih kaya dengan rimba dan hutan pada sebagian besar kaki gunung.

Tentunya tidak semua pegunungan di dunia ideal untuk tujuan pendakian. Hanya gunung dengan kategori tertentu yang populer dan berkembang menjadi destinasi utama pendakian gunung. Kamu tentu sudah akrab dengan nama pegunungan Himalaya, pegunung Alpen dan lain sebagainya untuk tujuan seperti ini.

Nah, sebenarnya apa saja sih, pegunungan di dunia yang paling populer untuk tujuan pendakian atau mountaineering?

Berikut ini Akasaka Journal telah merangkumnya buat kamu.

7 Pegunungan di Dunia yang Paling Populer untuk Tujuan Mountaineering atau Pendakian Gunung

pegunungan di dunia

Secara sederhana, pegunungan artinya kumpulan atau barisan gunung-gunung yang membentuk suatu gugusan pada satu wilayah tertentu. Nah, berdasarkan pengertian sederhana ini, maka pengelompokan gunung-gunung dunia berdasarkan gugusan yang dimilikinya dapat disebut sebagai pegunungan.

Pegunungan di Jawa yang terpisah dan berdiri sendiri seperti gunung Slamet, gunung Sumbing dan lain sebagainya, umumnya jarang disebut sebagai pegunungan. Sementara gunung yang berkelompok seperti pegunungan Tengger, pegunungan Menoreh dan sejenisnya, lebih umum disebut sebagai sebuah pegunungan.

Berdasarkan contoh sederhana ini, pegunungan dapat dimengerti sebagai sebuah kelompok gugusan gunung yang terhubung satu sama lain dalam sebuah rantai punggungan yang tidak terpisah. Pada landskap yang lebih luas, kamu akan melihat bahwa kelompok pegunungan paling mengagumkan di dunia juga menjadi rumah bagi aktivitas mountaineering yang populer.

Nah sekarang, apa saja pegunungan di dunia yang paling populer untuk tujuan aktivitas pendakian gunung?

Yuk, simak daftarnya berikut ini.

BACA JUGA:

Pegunungan Karakoram

pegunungan di dunia

Salah satu gambar pegunungan yang paling sering muncul dalam imajinasi para pendaki gunung tinggi dunia adalah Karakoram Mountain Range. Karakoram adalah sebuah pegunungan raksasa yang membentang di Asia Tengah dan menjadikan wilayah Pakistan, China, Tajikistan, India dan Afganistan sebagai rumahnya.

Karakoram memiliki bentang alam yang sangat fantastis untuk tujuan mountaineering. Pegunungan ini menjadi rumah bagi puncak-puncak paling spektakuler di muka bumi untuk tujuan pendakian. Ketinggian maksimal dari pegunungan Karakoram adalah 8.611 meter dan terletak di puncak Gunung K2 atau Chogori yang terkenal.

Oh ya, apakah kamu pernah mendengar nama gunung K2 sebelumnya?

Gunung K2 adalah gunung tertinggi kedua di dunia setelah Everest. Gunung K2 berdiri di atas pegunungan Karakoram dan berada satu wilayah dengan raksasa gunung delapan ribu meter lainnya seperti Broad Peak, Hidden Peak dan juga Gasherbrum II.

Dengan tinggi pegunungan dan medan teknisnya yang demikian menantang, Karakoram Mountain Range telah menjadi magnet aktivitas mountaineering dunia. Bahkan ada spekulasi yang mengatakan bahwa dunia pendakian gunung di masa depan akan berfokus pada Karakoram dan Pakistan. Bukan lagi di Himalaya dan Nepal seperti saat ini.

Pegunungan Alpen

pegunungan di dunia

Alpen adalah sebuah pegunungan indah yang juga menjadi wilayah asal muasal mountaineering. Puncak tertinggi pegunungan Alpen adalah Mont Blanc dengan ketinggiannya yang mencapai 4.808 meter. Puncak Mont Blanc juga adalah puncak gunung tinggi pertama di dunia yang ditaklukkan dan menjadi awal dari berkembangnya sejarah mountaineering.

Di Alpen Mountain Range, ada ratusan medan mountaineering yang sudah populer hingga ke berbagai penjuru dunia. Beberapa gunung yang sangat populer dalam pendakian di Alpen misalnya adalah gunung Matterhorn, gunung Eiger, gunung Jungfrau, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika diukur secara lengkap, panjang pegunungan Alpen mencapai 1200 kilometer atau 750 mil. Dengan wilayah sepanjang ini, bentang alam pegunungan Alpen ini menempati beberapa negara utama di Eropa seperti Austria, Perancis, Jerman, Italia, Slovenia dan juga Swiss.

Selain sebagai tujuan utama aktivitas mountaineering di Eropa, pegunungan Alpen juga memiliki banyak resor ski spektakuler. Mont Blanc sendiri adalah salah satu resort ski paling terkenal di Alpen.

Nah, apakah kamu suka bermain ski? Jika iya, kamu bisa menjadikan Alpen ini sebagai salah satu destinasimu untuk bermain.

Pegunungan Pamir

pegunungan di dunia

Bersama degan pegunungan paling besar di dunia seperti Himalaya, Karakoram, Tien Shan, Kunlun dan Hindu Kush, Pamir Mountain Range membentuk sebuah gugusan raksasa pegunungan Asia. Wilayah Asia yang dilalui oleh pegunungan Pamir adalah Tajikistan, Kyrgystan, Pakistan dan juga China.

Puncak pegunungan indah Pamir ada di Kongur Tagh yang ketinggiannya mencapai 7.649 meter. Meskipun sama-sama menempati wilayah Asia Tengah, Asia Selatan dan Asia Timur secara dominan, namun Pamir Mountain Range nampaknya lebih familiar sebagai tujuan mountaineering dibandingkan saudara-saudaranya seperti Tien Shan dan Kunlun.

Jika pegunungan Indonesia memiliki beberapa gugusan gunung populer yang menjadi tujuan utama aktivitas pendakian gunung, maka Pamir juga begitu. Bahkan di Pamir Mountain Range kamu akan menemukan parade gunung-gunung fenomenal dalam sebuah grand slam yang disebut sebagai Snow Leopard Mountaineering Award.

Tahukah kamu apa itu Snow Leopard Mountaineering Award?

Ya, itu adalah semacam pencapaian bergengsi dalam pendakian gunung di Pamir. Grand slam ini mengharuskan pendaki yang menginginkannya untuk mendaki 6 puncak paling populer di pegunungan Pamir seperti puncak Ibnu Sina atau Lenin Peak, puncak Ismail Hamani atau puncak Stalin, dan juga puncak Korzhenevskaya.

Pegunungan Vinson

pegunungan di dunia

Hayo, kamu pasti tahu kan, dimana pegunungan Vinson ini berada?                              

Dibandingkan pegunungan-pegunungan lainnya dalam daftar ini, pegunungan Vinson bisa dibilang adalah yang paling mungil. Bentang pegunungan Vinson hanya 21 kilometer dan puncak tertingginya adalah 4.892 meter. Uniknya, puncak Vinson juga adalah salah satu tujuan seven summit dunia.

Pegunungan Vinson berdiri dalam benua es Antartika yang membeku. Pendakian di tempat ini pada umumnya bukan berhadapan dengan tantangan teknis atau ketinggian yang ektrim. Kesulitan utama pendakian di pegunungan Vinson dan sejenisnya adalah suhu dan kondisi dingin yang mencapai titik maksimal.

Meskipun tidak seramai pegunungan lainnya sebagai tujuan mountaineering, pegunungan es Antartika juga tidak kalah mempesona. Para pendaki yang memburu tantangan suhu ekstrim dan pendakian es akan selalu menempatkan Antartika dan pegunungan Vinson sebagai tujuan yang istimewa.

Pegunungan Alaska

pegunungan di dunia

Alaska adalah salah satu wilayah dengan topografi dan kondisi paling menantang di dunia. Di Alaska, semuanya memiliki tantangan yang membuat apa pun hal yang dilakukan di atasnya menjadi tidak mudah. Mountaineering di Alaska juga menjadi salah satu aktivitas yang full adventure.

Central aktivitas mountaineering di pegunungan indah Alaska pada umumnya bertumpu pada puncak tertingginya. Elevasi tertinggi di Alaska sendiri berada pada puncak Denali yang memiliki ketinggian 6.190 meter. Ada ribuan petualang yang mengunjungi berbagai tempat di Alaska sepanjang tahun, baik untuk tujuan mountaineering atau pun untuk tujuan yang lainnya.

Selain Denali atau McKinley yang populer, pegunungan di Alaska juga memiliki banyak pilihan lain sebagai tujuan pendakian. Rata-rata pendakian di gunung Alaska menawarkan kesulitan yang kompleks, mulai dari kesulitan teknis, ketinggian, suhu dan juga ekosistemnya.

Pegunungan Andes

pegunungan di dunia

Andes memiliki bentang yang luas dan liar. Dan sebagai salah satu wilayah dengan kontur gambar pegunungan yang memukau, Andes tentu saja menjadi destinasi mountaineering yang populer pula. Kamu akan menemukan banyak sekali tempat menakjubkan untuk memuaskan hasrat mendaki gunungmu jika mengunjungi Andes.

Puncak tertinggi pegunungan Andes adalah Aconcagua yang memiliki ketinggian 6.961 meter dan merupakan puncak gunung tertinggi di dunia di luar benua Asia. Aconcagua juga merupakan magnet terkuat mountaineering di pegunungan Andes karena ketinggian yang dimilikinya.

Kamu juga pasti tahu kalau Aconcagua adalah salah satu puncak seven summit, kan?

Di samping Aconcagua yang merupakan destinasi utama dalam pendakian di wilayah pegunungan Andes, wilayah ini juga memiliki banyak tempat spektakuler lainnya untuk tujuan mountaineering. Beberapa yang paling familiar dan mungkin kamu pernah dengar misalnya adalah pegunungan indah Patagonia, pegunungan Yerupaja, Cotopaxi dan lain sebagainya.

Pegunungan Himalaya

pegunungan di dunia

Nah pegunungan yang terakhir dan paling terkenal tentu saja adalah Himalaya yang ada di benua Asia.

Sekarang, apa yang paling kamu ingat jika disebut nama Himalaya?

Yap, Everest. Benar banget, Everest adalah magnet terkuat dunia mountaineering sekaligus juga gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 8.848 meter.

Namun selain gunung Everest atau yang populer dengan sebutan Chomolungma, pegunungan indah Himalaya juga menjadi rumah dari ratusan puncak gunung luar biasa lainnya. Beberapa nama gunung yang mungkin kamu kenal misalnya adalah; Annapurna, Manaslu, Lhotse, Nuptse, Makalu, Kangchenjunga dan masih banyak lagi.

Pegunungan Himalaya adalah kiblat utama arus mountaineering dunia saat ini. setiap tahunnya ada ribuan orang pendaki yang mem-packing perlengkapan mereka dan berangkat ke Nepal atau Tibet dan mencoba mendaki berbagai puncak paling mengagumkan di Himalaya.

BACA JUGA:

pegunungan di dunia

Sobat Akasaka, itu adalah 7 pegunungan di dunia yang paling terkenal sebagai destinasi mountaineering. Bagaimana menurutmu; apakah kamu juga tertarik mendaki puncak-puncak yang ada di berbagai pegunungan luar biasa tersebut?

Nah, supaya petualanganmu dalam mendaki gunung semakin menyenangkan, gunakan selalu produk dari Akasaka Outdoor, ya. Dengan kualitas yang sempurna dan material terbaik di kelasnya, Akasaka Outdoor akan menjadikan petualanganmu semakin sempurna.

Yuk, dapatkan produk Akasaka Outdoor sekarang juga!

KLIK DISINI DAN DAPATKAN PRODUK PALING ISTIMEWA DARI AKASAKA OUTDOOR

Leave a comment

All comments are moderated before being published