7 MANFAAT TRAVELING YANG PALING PENTING DAN JARANG DISADARI

manfaat traveling

Traveling tidak melulu tentang menghabiskan uang dan pemborosan, lho. Dengan cara pandang yang lebih menarik, sebenarnya manfaat traveling jauh lebih signifikan bagi orang-orang yang menyadarinya. Sayangnya, tidak banyak orang yang menyadari serangkaian manfaat dari traveling sehingga mereka cenderung menilai aktivitas ini sebagai sebuah pemborosan semata.

Lantas, kira-kira apa sih, manfaat traveling bagi kesehatan fisik dan mental seorang traveler itu?

Yuk, simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Berbagai Manfaat Traveling dalam Kehidupan yang Jarang Diketahui oleh Para Traveler Sekali pun

manfaat traveling

Traveling adalah sebuah aktivitas yang cukup marak digemari saat ini, apalagi oleh kalangan muda. Traveling tidak lagi menjadi wilayah yang hanya digandrungi oleh orang-orang dengan kantong super tebal saja. Namun, orang kebanyakan sekali pun, dapat pula melakukan traveling karena sifat kegiatan ini yang sudah sangat memasyarakat.

Traveling kemudian berkembang menjadi sebuah gaya hidup atau life style generasi milineal sekarang ini. Kemajuan media sosial dan internet juga menjadi salah satu pemicu massifnya perkembangan aktivitas traveling. Kemudahan masyarakat dalam memperoleh informasi suatu tempat untuk didatangi dan di-explore, juga memiliki andil untuk mendorong kegiatan traveling semakin populer.

manfaat traveling

Meskipun sudah banyak generasi muda yang memilih melakukan traveling, pada dasarnya belum begitu banyak dari mereka yang mengerti manfaat kegiatan tersebut secara komprehensif. Pada banyak orang, traveling hanya dianggap sebagai sebuah tamasya biasa yang tidak ada bedanya seperti liburan reguler.

Padahal, dari sisi manfaat yang dimilikinya, traveling penuh dengan hal positif. Manfaat hobi jalan-jalan bukan hanya mengenai kesenangan semata. Namun pada konteks yang lebih lengkap, manfaat ini termasuk pula dalam hal mental, kesehatan fisik, bahkan finansial dan ekonomi.

Nah, kira-kira apa saja manfaat traveling yang sesungguhnya?

Berikut beberapa di antaranya.

BACA JUGA:

Belajar Beradaptasi dan Menyesuaikan Diri

manfaat traveling

Sebagai sebuah kegiatan yang dilakukan dengan mengunjungi dan mengeksplorasi tempat baru yang belum pernah kamu datangi sebelumnya, maka hal pertama yang dapat kamu ambil manfaat dari traveling adalah kemampuan beradaptasi. Semakin sering kamu traveling, semakin banyak lingkungan baru dan tempat baru yang kamu datangi. Imbasnya adalah; semakin besar pula kemampuan kamu untuk menyesuaikan diri.

Traveling menuntut kamu untuk dapat menyesuaikan diri dengan tempat yang menjadi tujuanmu. Penyesuaian ini kemudian menuntut kedewasaanmu dalam mensikapi perbedaan-perbedaan yang sudah niscaya terjadi. Pada akhirnya, kemampuan kamu untuk menyesuaikan diri, beradaptasi, dan juga menempatkan dirimu secara ideal dalam berbagai lokasi dan situasi, akan melatih kamu untuk lebih fleksibel dan luwes.

Pada manfaat  yang pertama ini pikiran traveling adalah tidak semata mengenai bagaimana kamu menikmati perjalanan dengan berhura-hura semata. Namun pada saat yang sama, kamu juga dapat belajar untuk beradaptasi dalam lingkungan baru secara lebih baik.

Memperkaya Wawasan Terhadap Suatu Tempat

manfaat traveling

Manfaat kedua dari traveling adalah kamu akan menjadi lebih banyak tahu tentang suatu tempat yang menjadi tujuanmu. Ketika kamu datang secara langsung, berinteraksi langsung dengan orang-orang yang ada di tempat tersebut, dan melihat secara langsung objeknya, kamu tentu saja akan memiliki lebih banyak referensi.

Nah, percaya nggak, jika poin ini menjadi manfaat traveling bagi kesehatan pikiran kamu pada perkembangannya?

Tentu saja demikian karena, semakin banyak yang kamu tahu tentang suatu tempat, maka semakin kaya pula wawasanmu tentang tempat tersebut. Dan ketika misalnya kamu mendapatkan sebuah berita yang tidak benar mengenai satu tempat tersebut, maka secara nalar, pikiranmu sudah dapat memilah beritanya secara lebih mudah.

Mengurangi dan Menghilangkan Stres

manfaat traveling

Manfaat traveling untuk kesehatan selanjutnya adalah aktivitas ini sangat efektif untuk mereduksi, mengurangi atau bahkan menghilangkan stres yang disebabkan oleh kepenatan rutinitas yang membuatmu jenuh.

Aroma alam raya yang segar, angin pegunungan yang membawa kesejukan, debur ombak pantai yang memberikan rasa lapang, atau bahkan, hanya berinteraksi dengan warga lokal yang akan membuat otakmu menjadi lebih rileks. Semua aktivitas dalam traveling ini, selama kamu mampu memaknainya sebagai sebuah perjalanan yang menyenangkan, maka ia akan menjadi peluntur kepenatan dalam pikiranmu.

Namun memang, supaya traveling dapat benar-benar efektif menghilangkan stres dalam pikiranmu, kamu juga harus mampu menikmati setiap momen yang kamu lewati. Jangan mengeluh ketika mungkin menemui situasi yang tidak kamu impikan. Jadi, just enjoy it!

Meningkatkan Produktivitas

manfaat traveling

Sekarang coba deh, kamu bayangkan bagaimana traveling yang notabene menghabiskan waktu dan uang bisa meningkatkan produktivitas?

Ketika kamu mengalami stres dan kejenuhan dalam pekerjaan, produktivitasmu akan menurun secara otomatis. Semangatmu untuk bekerja menjadi berkurang, motivasimu menjadi kendor dan mungkin, pencapaianmu pun akan menjadi sangat menurun.

Setelah melakukan traveling, pikiranmu kembali menjadil lebih segar, motivasimu berkobar dan kamu pun bekerja dengan gencar untuk mencapai targetmu. Nah jika sudah demikian, tentu saja akan berdampak pada produktivitas yang kamu mampu raih.

Dengan korelasi yang sederhana seperti ini, sangat beralasan kan, untuk mengatakan bahwa manfaat traveling sendiri sangat erat kaitannya dengan produktivitas dan pencapaian?

Melatih Kemandirian dan Keberanian Mengambil Keputusan

manfaat traveling

Manfaat dari traveling selanjutnya adalah aktivitas ini juga mampu secara efektif mengasah kemandirian dan keberanian yang kamu miliki. Dengan traveling, kamu akan berlatih untuk mempersiapkan segala sesuatu ketika akan melakukan sebuah perjalanan. Dalam hal ini pula kamu secara tidak langsung juga sedang mengasah jiwa kemandirian kamu menjadi lebih baik.

Andai kata suatu saat kamu juga melakukan traveling secara solo atau sendirian, ini juga akan sangat bermanfaat untuk kamu. traveling solo akan melatih kamu untuk berpikir cepat, menaksir arti sebuah kejadian, kemudian mengambil keputusan dengan segera. Manfaat solo traveling pada umumnya akan sangat terasa pada bagian yang satu ini, ketika sistem kerja dalam otakmu menjadi lebih terlatih untuk bepikir dan bertindak dengan lebih cepat dan efisien.

Mengasah Kemampuan Berkomunikasi

manfaat traveling

Poin selanjutnya yang akan menjadi manfaat besar bagi kamu yang melakukan traveling adalah hal ini akan secara signifikan mampu meningkatkan kemampuan kamu dalam berkomunikasi. Daerah asing yang kamu temui mungkin saja tidak persis sama dengan cerita yang kamu dapatkan dari internet, dan untuk mendapatkan informasi yang lebih valid, kamu membutuhkan sumber informasinya secara langsung.

Nah, disinilah kemudian kamu dituntut untuk berani berinteraksi secara verbal dengan orang asing, baik penduduk lokal mau pun sesama traveler. Dengan keterpaksaan semacam ini, tanpa kamu sadari kemampuan berkomunikasimu akan semakin baik dan efektif. Bayangkan lagi misalnya jika komunikasi yang harus kamu lakukan ternyata tidak menggunakan bahasa yang biasa kamu gunakan, melainkan bahasa asing.

Bukankah itu akan sangat menantang sekaligus menambah soft skill komunikasi kamu, bukan?

Meningkatkan Rasa Syukur dan Rasa Sabar

manfaat traveling

Poin terakhir ini mungkin selaras pula dengan manfaat traveling menurut islam dimana sebuah perjalanan atau safar yang baik, akan mampu meningkatkan rasa sabar dan rasa syukur seseorang. Bahkan tidak itu saja, konsep yang sempurna dari safar yang dilakukan dengan benar, akan menjadi sebuah madrasah sempurna untuk mengajarkan pengalaman dan juga wawasan mengenai hidup yang lebih berguna.

Dalam traveling, kamu mungkin akan menemukan kesulitan. Atau kamu akan mememukan keadaan yang ternyata berbeda dengan rencana yang kamu sudah persiapkan. Dalam menghadapi hal semacam ini, kamu akan dituntunt untuk lebih sabar supaya segala kondisi yang terjadi tidak menganggu perjalananmu.

Dalam traveling kamu juga mungkin akan melihat bahwa ada banyak hal dalam hidup ini yang harus kamu syukuri. Ketidakberuntungan yang menimpa orang lain yang kamu temui, kekayaan dan kondisi tempat yang kamu pernah datangi, dengan perenungan yang lebih mendalam semua itu akan selalu menggiring kamu pada sebuah pengertian yang lebih baik mengenai kesyukuran.

BACA JUGA:

manfaat traveling

Nah, itu adalah 7 manfaat traveling yang paling penting dan menariknya, juga paling jarang disadari. Semoga perjalanan traveling yang kamu lakukan selanjutnya, akan mengantarkan kamu pada manfaat-manfaat ini, ya.

Oh ya Sobat Akasaka, supaya perjalanan traveling yang kamu lakukan semakin berkesan, yuk, gunakan pula berbagai produk dari Akasaka Outdoor.  Apa pun yang kamu butuhkan untuk bertualangan dan traveling, akan kamu dapatkan dengan mudah di Akasaka Outdoor.

Nggak percaya?

Yuk, coba cek melalui tautan di bawah ini, ya.

KLIK DISINI DAN DAPATKAN BERBAGAI PRODUK TERBARU PALING ISTIMEWA DARI AKASAKA OUTDOOR

Baca Ini Juga Yuk!

8 ARAH MATA ANGIN DAN PEMANFAATANNYA DALAM DUNIA NAVIGASI
8 ARAH MATA ANGIN DAN PEMANFAATANNYA DALAM DUNIA NAVIGASI
Dalam dunia navigasi, dikenal 8 arah mata angin yang menjadi titik sentral penunjuk arah seorang navigator. 8 poin ini telah umum dikenal baik dalam navigasi darat, laut dan juga udara. Meskipun ar...
Read More
TERNYATA INI 10 FAKTA DAN MISTERI GUNUNG LAWU YANG PALING TERKENAL
TERNYATA INI 10 FAKTA DAN MISTERI GUNUNG LAWU YANG PALING TERKENAL
Gunung Lawu adalah gunung yang paling banyak menyimpan misteri di antara semua gunung-gunung di pulau Jawa. Benar tidak sih, pernyataan semacam ini? Benarkan misteri gunung Lawu benar-benar sangat ...
Read More
INI 14 FILM TERBAIK SEPANJANG MASA UNTUK KAMU SANG PETUALANG FIKSI
INI 14 FILM TERBAIK SEPANJANG MASA UNTUK KAMU SANG PETUALANG FIKSI
Menghabiskan waktu menonton film di bioskop atau di rumah, adalah cara yang banyak dilakukan untuk mengisi waktu senggang. Berbagai daftar film terbaik sepanjang masa biasanya dijadikan referensi u...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published