5 KEISTIMEWAAN PUNCAK JAYA WIJAYA SEBAGAI GUNUNG TERTINGGI DI INDONESIA

Sebagai gunung dengan predikat paling tinggi di Indonesia, Puncak Jaya Wijaya tentu saja memiliki banyak keistimewaan untuk diceritakan. Dari ketinggiannnya, topografinya, bentang alamnya, sampai pula kepada berbagai budaya yang ada di sekitarnya. Dengan segala keistimewaannya itu, gunung Jaya Wijaya telah menjadi sebuah magnet yang sangat kuat sebagai salah satu tujuan dalam aktivitas pendakian.

Lantas, apa saja keistimewaan puncak gunung Jaya Wijaya sebagai gunung dengan elevasi paling tinggi di Indonesia? Yuk, baca ulasan lengkapnya berikut ini.

Beberapa Keistimewaan Puncak Jaya Wijaya Sebagai Gunung Paling Tinggi di Indonesia

Pulau Papua Nugini dengan Irian Jaya yang menjadi bagian wilayah Indonesia, adalah sebuah pulau eksotis yang penuh dengan daya tarik dan keunikan. Di pulau ini, berpadu antara kebudayaan penduduknya yang sangat menarik layaknya Afrika, juga kondisi geografisnya yang dipenuhi oleh rimba raya dan hutan belantara yang mungkin adalah salah satu yang paling lebat di dunia.

Dalam kaca mata mountaineering  atau dunia pendakian gunung, Papua juga menjadi sebuah objek yang istimewa karena gunung-gunungnya. Di tanah inilah raksasa eksotis sebuah benua tropis bersinggasana. Nama-nama populer seperti Carstensz Pyramid,  Puncak Trikora, Puncak Sumantri, Puncak Mandala dan lain sebagainya, ada di pulau ini dan menghiasnya menjadi sebuah destinasi pendakian gunung yang sangat unik untuk didatangi.

Nah, terkait dengan puncak Jayawijaya dan predikatnya sebagai gunung tertinggi di Indonesia dan benua Oceania, Akasaka Outdoor mencatat setidaknya 5 keistimewaan paling signifikan. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa 5 keistimewaan inilah kemudian yang membuat pamor puncak Jaya dan gunung-gunung di sekitarnya, tampil sebagai destinasi istimewa dalam khazanah pendakian gunung dunia.

Lantas, apa sajakah lima keistimewaan tersebut? Berikut uraian lengkapnya

Puncak Jaya Wijaya adalah Puncak Tertinggi di Indonesia

Keistimewaan pertama dari pegunungan Jaya Wijaya adalah gunung ini merupakan gunung tertinggi di negara Indonesia. Dengan ketinggian mencapai 4.884 meter pada titik tertingginya (Carstensz Pyramid), puncak Jayawijaya menjadi gunung paling tinggi di Indonesia. Ketinggian berada jauh di atas gunung-gunung populer lainnya seperti gunung Kerinci, gunung Rinjani dan juga gunung Semeru.

Ketinggiannya ini kemudian membuat puncak Jaya Wijaya menjadi raja dari gunung-gunung tinggi di Indonesia. Perburuan pendakian gunung tinggi di Indonesia tentu saja tidak dapat dilepaskan dari bayang-bayang nama pegunungan Jaya Wijaya lantaran ketinggian yang dimilikinya ini.

Jalur Sirkum Pasifik dan jalur Sirkum Mediterania adalah dua rantai pegunungan pembentuk gunung tertinggi di Indonesia. Pegunungan Jaya Wijaya  yang merupakan bagian dari Pegunungan Sudirman di Papua termasuk dalam sirkum pasifik. Sementara gunung yang lebih rendah seperti gunung Rinjani yang memiliki ketinggian 3.762 mdpl yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, termasuk dalam gugusan pegunungan Sirkum Mediterania.

DAPATKAN SEJARAH LENGKAP AKTIVITAS PENDAKIAN GUNUNG DI INDONESIA DALAM BUKU WAJAH MAUT MOUNTAINEERING  INDONESIA MELALUI LINK BERIKUT INI

Puncak Jaya Wijaya adalah Bagian Penting Dari Sirkuit Grand Slam Seven Summit

Keistimewaan kedua yang dimiliki oleh gunung Jaya Wijaya adalah bahwa puncak tertingginya yang populer disebut sebagai Carstensz Pyramid, adalah salah satu puncak gunung yang ada dalam daftar seven summit dunia. Seperti yang mungkin juga sudah kamu ketahui, sirkuit seven summit adalah salah satu sirkuit bergengsi dalam dunia mountaineering  dengan mendaki tujuh puncak tertinggi di tujuh benua di dunia.

Gunung-gunung yang termasuk dalam list seven summit adalah; gunung Everest sebagai puncak tertinggi benua Asia, gunung Kilimanjaro sebagai puncak tertinggi benua Afrika, gunung Elbrus sebagai puncak tertinggi benua Eropa, gunung Denali sebagai puncak tertinggi benua Amerika Utara, gunung Aconcagua sebagai puncak tertinggi benua Amerika Selatan, gunung Vinson Massif sebagai puncak tertinggi benua Antartika dan, puncak Carstensz Pyramid sebagai puncak tertinggi benua Oceania.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, Puncak Jaya dari pegunungan Jayawijaya merupakan titik tertinggi di daerah Papua, Indonesia, dan juga wilayah benua Oceania. Berdasarkan letak administratifnya, puncak Jaya Wijaya termasuk dalam range pegunungan Sudirman, wilayah propinsi Papua Barat. Selain menjadi titik tertinggi dari seluruh wilayah Indonesia, puncak Jaya Wijaya merupakan salah satu puncak tertinggi dalam seven summit dunia.

Jika diuraikan secara lebih lengkap, puncak Jaya sebagai salah satu puncak seven summit itu berdasarkan list versi Reinhold Messner. Sementara menurut Richard Dick Bass, puncak tertinggi benua Australia diwakili oleh gunung Kosciuszko.

Alasan penetapan yang berbeda dan mendetail dari konsep seven summit ini dapat dibaca pada buku 9 Puncak Seven summit yang ditulis oleh Anton Sujarwo. Bukunya sendiri bisa kamu dapatkan melalui link dibawah ini.

KLIK TULISAN BERIKUT UNTUK DOWNLOAD BUKU 9 PUNCAK SEVEN SUMMIT DAN SEJARAH PENDAKIAN PUNCAK JAYA WIJAYA

Puncak Jaya Wijaya adalah Rumah Bagi Salju Abadi di Indonesia

Keistimewaan selanjutnya dari puncak gunung Sudirman dan Jaya Wijaya adalah salju abadi yang ada di atasnya. Salju dan es yang ada di puncak gunung ini, diklaim sebagai salah satu salju abadi yang ada di puncak pegunungan tropis dunia. Salju abadi lainnya yang juga terletak di wilayah tropis adalah di gunung Kilimanjaro, Afrika.

Salju abadi yang terdapat di Gunung Jaya Wijaya kondisinya semakin memprihatinkan dari waktu ke waktu. Ketebalan lapisan es dan salju di tempat ini semakin menipis dan jumlahnya juga menyusut dengan drastis. Hal ini dapat terjadi lantaran pengaruh pemanasan global yang lajunya tidak dapat dihentikan oleh prilaku manusia yang secara signifikan juga mempercepat kerusakan lingkungan.

Jika berdasarkan catatan sejarahnya, maka hampir sebagian besar areal permukaan puncak Jaya Wijaya dan Sudirman dulu dipenuhi es dan salju. Namun pada tahun-tahun belakangan, jumlahnya semakin menipis. Dan ilmuwan gletser pada umumnya bersepakat bahwa kecepatan hilang salju abadi di atas puncak Jaya Wijaya, sebenarnya lebih cepat dari yang semestinya.

Puncak Jaya Wijaya Memiliki Kekayaan Budaya yang Sangat Kaya

Apakah kamu pernah mendengar nama Lembah Baliem?

Ya, Lembah Baliem adalah adalah lembah di pegunungan Jaya Wijaya dengan pemandangannya yang masih sangat alami dan indah. Ketinggian Lembah Baliem adalah sekitar 1600 meter dari permukaan laut dan tempat ini merupakan salah satu pusat kebudayaan tradisional masyarakat Papua yang sangat eksotik.

Di Lembah Baliem, terdapat banyak perkampungan suku-suku asli Papua dengan adat istiadat mereka yang masih sangat murni. Suku terbesar yang mendiami Lembah Baliem adalah Suku Hubula. Namun selain suku Hubula, beberapa suku lain juga menjadikan Lembah Baliem yang indah dan alami ini sebagai rumah mereka.

Jika kamu berkesempatan mengunjugi puncak gunung Jaya Wijaya dan melakukan pendakian ke puncaknya, maka mampirlah ke Lembah Baliem ini. Selain mendapatkan pengalaman pendakian yang mengesankan, tradisi dan eksotisme Lembah Baliem juga akan membuat perjalananmu menjadi tidak terlupakan.

Puncak Jaya Wijaya Memiliki Sejarah First ascent yang Menarik

Selanjutnya hal terakhir yang juga dapat dicatat sebagai keistimewaan dari puncak gunung Jaya Wijaya adalah tentang sejarah first ascent-nya. Oya, apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan first ascent?

First ascent adalah pendakian pertama yang mencapai puncak sebuah gunung. Misalnya dalam hal ini adalah pendakian tahun 1953 oleh Edmund Hillary dan Tenzing Norgay di Everest yang dikonfirmasi sebagai pendakian first ascent. Atau dengan kata lain, pendakian Tenzing dan Hillary pada bulan Mei tahun 1953 di Everest adalah pendakian pertama yang sukses mencapai puncak gunung tertinggi di dunia tersebut. Dan ini adalah yang disebut dengan first ascent.

Puncak Carstensz Pyramid yang menjadi puncak tertinggi pegunungan Jaya Wijaya, first ascent-nya berhasil dibukukan oleh gabungan ekspedisi Austria, Australia dan Belanda. Di antara 4 pendaki yang berhasil sebagai first ascent saat itu adalah Heinrich Harrer, sang White Spider yang juga terkenal karena menjadi satu dari empat pendaki yang berhasil menaklukkan Eiger North Face pada tahun 1938. Jika kamu merasa hal tersebut juga masih asing, maka Heinrich Harrer adalah tokoh sentral yang diceritakan dalam film Seven Years in Tibet.

Hal lain yang mungkin dapat menjadi penambah informasi adalah di sekitar pegunungan Jaya Wiajaya terdapat juga Puncak Mandala yang merupakan puncak gunung tertinggi kedua di Indonesia. Pada masa penjajahan Belanda, puncak Mandala dikenal pula dengan nama Juliana Top atau Puncak Juliana. Namanya kemudian diganti pada tahun 1963 menjadi Puncak Mandala hingga saat ini.

DAPATKAN BERBAGAI KOLEKSI TERBARU PRODUK AKASAKA OUTDOOR DENGAN MENGKLIK LINK BERIKUT INI

puncak jaya wijaya

Nah, itu adalah 5 keistimewaan utama puncak Jaya Wijaya sebagai gunung tertinggi di Indonesia. Dengan segala daya tarik dan keistimewaan yang dimilikinya ini, tidak mengherankan mengapa Puncak Jaya menjadi salah satu magnet pendakian gunung di Indonesia, bahkan juga dunia.

Oya, jika kamu memiliki keinginan untuk mendaki puncak Jaya Wijaya, jangan lupa untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin, ya. Termasuk juga dalam hal mempersiapkan perlengkapan yang memiliki kualitas paling tangguh untuk digunakan. Dan Akasaka Outdoor tentu saja kamu sudah tahu; adalah salah satu brand outdoor Indonesia yang memiliki koleksi produk petualangan dan penjelahan dengan kualitas yang terbaik dan terjamin.

Sekaarang, jika kamu mau mendapatkan berbagai produk terbaik dari Akasaka Outdoor, kamu bisa langsung mengikuti tautannya dibawah ini, ya!

Baca Ini Juga Yuk!

7 FAKTA MENARIK GUNUNG K2 SEBAGAI GUNUNG TERSULIT DI DUNIA
7 FAKTA MENARIK GUNUNG K2 SEBAGAI GUNUNG TERSULIT DI DUNIA
Gunung K2 di Pakistan adalah salah satu gunung tertinggi di dunia yang memiliki banyak sekali keistimewaan untuk diceritakan. Sebagai salah satu raksasa gunung dunia, K2 memiliki aura sempurna untu...
Read More
10 REKOMENDASI HARGA SANDAL OUTDOOR PRIA DAN WANITA TERBAIK  TAHUN 2021
10 REKOMENDASI HARGA SANDAL OUTDOOR PRIA DAN WANITA TERBAIK  TAHUN 2021
Sandal outdoor telah menjadi bagian dari life style yang tak terpisahkan dewasa ini. Pun pada tahun 2021, sandal outdoor atau sandal gunung diprediksi masih akan sangat diminati oleh masyarakat. Ha...
Read More
5 PUNCAK TERTINGGI DI PEGUNUNGAN HIMALAYA YANG PALING MENANTANG
5 PUNCAK TERTINGGI DI PEGUNUNGAN HIMALAYA YANG PALING MENANTANG
Sebagai rumah bagi bersemayamnya puncak-puncak tertinggi di muka bumi, pegunungan Himalaya selalu menyimpan keistimewaan untuk diceritakan. Pegunungan raksasa yang mendiami wilayah Nepal, Tibet dan...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published