7 GUNUNG  TERTINGGI DI JAWA PALING POPULER UNTUK TUJUAN PENDAKIAN

 

gunung tertinggi di jawa

Sebagai salah satu pulau terpadat di Indonesia, pulau Jawa telah menjadi konsentrasi berbagai macam aktivitas. Termasuk aktivitas hiking atau mendaki gunung. Gunung tertinggi di Jawa seperti Semeru menerima kunjungan ratusan ribu pendaki setiap tahunnya. Dan menariknya, Semeru bukanlah satu-satunya gunung dengan tingkat kunjungan setinggi itu di Pulau Jawa.

Dengan bentang alam yang cukup luas dan menjadi rumah banyak gunung-gunung dengan pemandangan yang luar biasa indah, pulau Jawa adalah kiblat bagi arus aktivitas hiking dan mendaki gunung di Indonesia. Tingkat kunjungan pendaki terus melonjak pada tahun-tahun terakhir. Dan itu hampir merata terjadi di seluruh pulau Jawa.

Nah, dari sekian banyak destinasi yang menjadi tujuan utama pendakian gunung ini, setidaknya ada 7 gunung paling populer di Jawa yang dianggap paling istimewa. Selain karena ketinggiannya, gunung-gunung tertinggi di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat ini juga memiliki beragam keistimewaan lain yang membuatnya menjadi magnet pendakian tanah Jawa.

Lantas, apa sajakah 7 gunung tertinggi di pulau Jawa tersebut dan apa pula keistimewaannya?

Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

7 Gunung Tertinggi di Jawa yang Paling Populer dan Istimewa sebagai Tujuan Pendakian

gunung tertinggi di jawa

Nama gunung tertinggi di Jawa yang paling populer tentu saja adalah Mahameru atau Semeru. Namun, selain Semeru dengan segala pesona yang dimilikinya, pulau Jawa masih  memiliki banyak gunung lain yang juga tidak kalah menarik untuk menjadi tujuan kamu mendaki.

Nah, berikut ini Akasaka Journal telah merangkum daftar 7 gunung tertinggi di Pulau Jawa yang dianggap paling populer sebagai destinasi pendakian.

Apa saja isi daftarnya?

Berikut detailnya.

BACA JUGA:

Gunung Gede - Pangrango

gunung tertinggi di jawa

Gunung pertama yang paling poluler di pulau Jawa dan memiliki ketinggian cukup lumayan adalah Gunung Gede Pangrango di Jawa Barat. Ini adalah salah satu gunung dengan tingkat kunjungan yang tidak pernah berkurang dari waktu ke waktu. Bahkan, sebelum aktivitas mendaki gunung populer dan menjadi lifestyle generasi muda tanah air, Gunung Gede Pangrango sudah dikunjungi sekitar 50.000 pendaki setiap tahunnya.

Faktor pertama yang menyebabkan mengapa Gunung Gede Pangrango memiliki kunjungan yang demikian tinggi adalah karena jaraknya yang dekat dengan ibu kota Jakarta. Selain jarak, keindahan pemandangan dan pesona alam yang dimiliki gunung Gede Pangrango juga membuatnya menjadi magnet bagi para pendaki.

gunung tertinggi di jawa

Dari sisi ketinggian, Gunung Gede memiliki elevasi 2.958 Mdpl, sementara puncak Pangrango sendiri memiliki ketinggian 3.019 meter. Dengan elevasi ini, baik gunung Gede mau pun gunung Pangrango menempati urutan gunung tertinggi di Jawa yang tidak begitu signifikan.

Namun, jika kamu melihat popularitas dan tingginya tingkat kunjungan para pendaki ke gunung Gede Pangrango, tak disangsikan lagi bahwa gunung Gede dan gunung Pangrango adalah salah satu gunung di Jawa yang paling populer. Nama-nama indah seperti Alun-Alun Surya Kencana, Lembah Mandalawangi, Kandang Badak, Air Terjun Cibereum, dan lain sebagainya, adalah beberapa nama yang tidak kalah populer dibandingkan nama gunung Gede Pangrango itu sendiri.

Gunung Merbabu

gunung tertinggi di jawa

Kamu pasti setuju kan, jika Merbabu adalah salah satu gunung dengan view paling indah di tanah Jawa?

Meskipun dari sisi ketinggian Merbabu berada pada elevasi 3.145 Mdpl dan bukan gunung tertinggi di Jawa Tengah, namun gunung dengan sabananya yang luas ini, memiliki banyak keistimewaan untuk kamu kunjungi. Pemandangan alamnya luar biasa indah, kombinasi antara rumput yang luas dan matahari terbit berwarna keemasan, sulit dicari tandingannya hingga sekarang.

Dengan keindahan dan keistimewaan yang dimilikinya ini, gunung Merbabu menjadi salah satu gunung paling ramai di Jawa Tengah. Hal ini semakin menarik mengingat bahwa Merbabu juga memiliki cukup banyak jalur untuk pendakian. Kamu bisa memilih beberapa jalur pendakian yang paling populer misalnya; jalur pendakian Wekas, jalur Selo, jalur Suwanting, jalur Kopeng, dan lain sebagainya.

Lokasi gunung Merbabu yang hanya butuh 2 jam perjalanan dari kota Jogjakarta dan 1 jam perjalanan dari kota Magelang dan Semarang, membuat Merbabu hampir tak pernah sepi pengunjung. Bahkan pada hari libur dan kondisi normal, kuota pendakian gunung Merbabu kadang selalu over kapasitas karena saking ramainya.

Gunung Lawu

gunung tertinggi di jawa

Oya, menurut kamu apa yang paling menarik dari gunung Lawu?

Tidak dapat disangsikan lagi jika gunung Lawu adalah salah satu gunung tinggi paling populer di pulau Jawa. Dan uniknya, popularitas gunung Lawu ini seringkali dikaitkan dengan berbagai kejadian mistis yang sering ditemui para pendaki ketika sedang mendakinya. Unsur mistis inilah salah satu yang paling menarik untuk disimak dari gunung Lawu.

Ketinggian gunung Lawu adalah 3.265 Mdpl, dan berdasarkan data Wikipedia, gunung Lawu berada pada urutan ke-76 daftar gunung tertinggi di dunia. Tingkat kunjungan ke puncak Lawu juga sangat tinggi, baik oleh pendaki mau pun oleh para peziarah. Jalur yang paling umum dipergunakan adalah jalur pendakian Cemoro Sewu dan jalur pendakian Cemoro Kandang.

Popularitas dan mistisme di gunung Lawu tidak dapat lepas dari legenda sejarah yang membentuk citra gunung ini sendiri. Tiga puncaknya yang populer; Hargo Dumilah, Hargo Dalem, dan Hargo Dumiling, dianggap sebagai aksana bersemayamnya raja terakhir keraton Majapahit. Jika kamu membaca legenda gunung Lawu lebih lengkap, maka kamu akan dihadapkan pada nama-nama populer seperti Prabu Brawijaya, Ki Sabdopalon, dan juga Kyai Jalak.

Hayo, kamu pasti tahu kisah unik tentang burung jalak dari gunung Lawu, kan?

Gunung Slamet

gunung tertinggi di jawa

Jika gunung Slamet yang menjadi gunung tertinggi di Jawa Tengah ini meletus dahsyat, maka mitos yang berkembang adalah Pulau Jawa akan terbelah menjadi dua bagian. Nah, atas dasar itulah kemudian gunung ini dinamakan Slamet atau Selamat. Secara falsafah bermakna bahwa ia akan memberi keselamatan pada penduduk di sekitar kaki gunung dan tidak akan meletus dengan besar.

Jika kamu menemukan pertanyaan gunung tertinggi di Jawa tts, maka pasti kamu akan menjawab Semeru. Namun jika pertanyaan itu diubah menjadi gunung apa yang terbesar di Jawa? Maka gunung Slamet inilah jawabannya. Diameter gunung Slamet bahkan membentang hingga lima kabupaten di Jawa Tengah yakni; Banyumas, Brebes, Tegal, Purbalingga dan juga Pemalang.

Elevasi gunung Slamet adalah 3.428 Mdpl, dan ini secara urutan gunung tertinggi di Jawa berada persis di bawah gunung Semeru di Jawa Timur. Kontur pendakian menuju puncak Slamet juga menarik dengan variasi pasir dan batuan khas gunung berapi.

Pada saat ini diperkirakan puluhan ribu orang mendaki gunung Slamet setiap tahunnya yang membuat gunung ini semakin populer di tanah Jawa sebagai destinasi pendakian.

Gunung Raung

gunung tertinggi di jawa

Predikatnya sebagai gunung tersulit di Jawa menempatkan gunung Raung pada sebuah pesona dan daya tariknya sendiri. Ketinggian gunung Raung yang up to date adalah 3.344 Mdpl yang terletak pada bagian gigir Puncak Sejati. Dengan ketinggian ini, Raung berada sedikit dibawah gunung Slamet dan gunung Sumbing dari sisi elevasi.

Meskipun bukan gunung tertinggi di Jawa Timur, namun Raung memiliki pesonanya sendiri untuk menjadi tujuan favorit para pendaki. Secara umum, faktor tingkat kesulitan teknis yang dimiliki gunung ini adalah yang juga menjadi daya tarik utamanya.

Tidak seperti gunung-gunung pulau Jawa lainnya yang mungkin dikunjungi oleh ribuan orang setiap pekannya, gunung Raung cenderung lebih sepi. Kesulitan teknis dan pendakian menuju puncak yang membutuhkan perlengkapan mendaki teknis seperti tali, harness, carabiner, ascender dan lain sebagainya, adalah beberapa hal yang membuat pendakian menuju puncak Raung terasa lebih berbeda.

Gunung Sumbing

gunung tertinggi di jawa

Jika gunung Raung memiliki puncak Sejati sebagai elevasi tertingginya, maka gunung Sumbing memiliki puncak Rajawali yang mejadi pucuk gunungnya. Ketinggian puncak Rajawali gunung Sumbing adalah 3.731 Mdpl dan ini secara otomatis menempatkannya sebagai gunung tertinggi ketiga di pulau Jawa setelah gunung Semeru dan gunung Slamet.

Pesona dan popularitas gunung Sumbing mungkin memiliki sedikit persamaan dengan gunung Ciremai yang menjadi gunung tertinggi di Jawa Barat. Kedua gunung ini sama-sama menjadi gunung idola bagi para pendaki yang mendambakan pendakian dengan tingkat kesulitan yang medium. Gigir kawah melingkar pada bagian puncak gunung juga memiliki karakteristik yang mirip, meskipun tidak begitu persis.

gunung tertinggi di jawa

Dari puncak gunung Sumbing, kamu akan mendapati pemandangan yang luar biasa indahnya. Gugusan puncak-puncak gunung Jawa Tengah seperti Sindoro, Slamet, Merapi dan Merbabu, menjulang indah memancang mayapada. Dari sudut yang tepat, kamu akan menemukan bahwa keindahan gunung Sumbing akan semakin sempurna jika diambil dengan latar gugusan gunung-gunung tersebut.

Seiring meningkatnya antusiasme aktivitas pendakian gunung, kunjungan pendaki ke gunung Sumbing juga semakin ramai. Jika dulu hanya dikenal jalur pendakian gunung Sumbing via Garung yang paling populer, maka saat ini pilihannya jauh lebih banyak.

Gunung Semeru dan Mahameru

gunung tertinggi di jawa

Kamu masih ingat film 5CM atau film Gie? Atau, kamu juga masih sedikit hapal dengan lirik lagunya Ari Lasso yang berjudul Mahameru?

Ya, Mahameru atau Semeru memang tidak ada duanya. Gunung tertinggi di Jawa Timur ini juga menjadi gunung tertinggi di pulau Jawa. Keberadaan danau Ranu Kumbolo, padang sabana Oro-Oro Ombo, padang rumput Kalimati dan tanjakan Mahameru-nya sendiri, adalah beberapa unsur paling penting yang membuat Semeru sangat istimewa di mata para pendaki di Indonesia.

gunung tertinggi di jawa

Elevasi gunung Semeru adalah 3.676 Mdpl dan ini menjadikannya sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa. Sementara jika dilihat dari urutan gunung tertingi di Indonesia, Semeru berada di bawah Carstenz di Papua, Kerinci di Sumatera dan juga Rinjani di Nusa Tenggara Barat.

Setiap tahun diperkirakan ada ratusan ribu pendaki yang mendatangi Semeru dan ini membuatnya menjadi sangat populer. Aktivitas pendakian di gunung ini juga memberi sumbangsih pada denyut perekonomian masyarakat di sekitarnya. Profesi menjadi guide, pemandu, porter atau menyediakan kebutuhan pendakian menjadi tumbuh dengan pesat di kaki Semeru.

BACA JUGA:

 

gunung tertinggi di jawa

Di antara 7 gunung tertinggi di jawa di atas, kamu sudah mendaki yang mana saja dan gunung apa pula akan menjadi tujuan pendakian kamu selanjutnya? Pokoknya, yang mana pun tujuan pendakianmu selanjutnya, tetap mendaki dengan aman dan nyaman, ya.

Nah, supaya pendakian kamu semakin asyik dan menyenangkan, yuk, gunakan pula produk Akasaka Outdoor sebagai pilihan sempurna untuk menemanimu bertualang. Dari sandal gunung paling tangguh, ransel kualitas premium, bahkan hingga sajadah yang membuat ibadahmu di gunung semakin nyaman, semuanya bisa kamu dapatkan di Akasaka Outdoor.

Jadi, langsung diklik saja tautannya berikut ini, ya!

KLIK DISINI SEKARANG! DAPATKAN HARGA PALING ISTIMEWA UNTUK BERBAGAI PERLENGKAPANMU MENDAKI GUNUNG TERTINGGI DI JAWA

Leave a comment

All comments are moderated before being published