7 GUNUNG TERTINGGI DI ASIA YANG PALING MENAKJUBKAN, NOMOR 6 MILIK INDONESIA

Gunung Kerinci

Termasuk kawasan cincin api, Asia dikelilingi berbagai bentuk lanskap alam. Deretan gunung merupakan salah satu panorama yang terdapat di daratan ring of fire. Untuk menikmati pesonanya dari dekat, bisa dilakukan dengan cara mendaki gunung tersebut.

Nah, berikut ini tujuh rekomendasi gunung tertinggi di Asia yang bisa Sobat Akasaka jadikan referensi.

Gunung Hkakabo Razi

Gunung Hkakabo Razi

Sobat Akasaka berani mendaki Gunung Hkakabo Razi? Gunung yang terletak di Negara Myanmar ini dikenal berbahaya. Medannya curam, banyak jurang, serta bersuhu minus derajat celcius. Padahal, ketinggian gunung masih di bawah Mount Everest—sekitar 5.881 mdpl.

Meski berbahaya, banyak pendaki yang penasaran dengan gunung Hkakabo Razi. Konon, pemandangan di sana sangat indah—didominasi hutan tropis dan salju. Sungainya pun masih jernih; mengalir di sela-sela belantara Gunung Hkakabo Razi.

Gunung Damavand

Gunung Damavand

Sobat Akasaka ingin merasakan sensasi mendaki gunung salju? Damavand merupakan destinasi terbaik untuk mewujudkannya. Dengan ketinggian 5.671 mdpl, gunung ini terletak di kawasan Mazandaran, Iran.

Beragam lanskap memukau terhampar di Gunung Damavand. Misalnya, ketika memasuki bulan Juli, ada panorama gletser dan snowfields membentuk nieves. Sementara itu, di lereng yang lebih rendah, tampak padang rerumputan membentang hijau.

Gunung Ararat

Gunung Ararat

Gunung Ararat merupakan rangkaian Pegunungan Kaukasus. Gunung stratovolcano ini terlihat jelas dari daratan Artashat, Armenia perbatasan Asia dan Eropa. Puncaknya mengerucut lancip dan tertutup salju. Pada musim tertentu, salju tersebut menyelimuti hampir seluruh permukaan gunung.

Ketinggian Gunung Ararat mencapai 5.137 mdpl. Di sebelah tenggara puncak terdapat Gunung Ararat kecil yang tingginya tidak lebih dari 3.896 mdpl. Antara dua puncak tersebut ada plato lava dengan warna menyala. Terakhir kali lava menghambur ke luar saat letusan dahsyat di tahun 1840.

Gunung Sabalan

Gunung Sabalan

Dikelilingi tujuh gletser, seluruh permukaan Gunung Sabalan tampak memutih. Gunung stratovolcano tersebut terletak di Negara Iran. Tepatnya di sebelah barat; sekitar 80 kilometer dari Laut Kaspia.

Dari kejauhan, panorama putih di Gunung Sabalan berpadu dengan hamparan rerumputan nan hijau. Sesekali gumpalan awan memayungi puncak gunung dengan ketinggian 4.821 mdpl ini. Manakala senja, langit di atasnya tampak jingga. Perlahan tapi pasti, gelap pun menutupi cahaya matahari.

Gunung Taftan

Gunung Taftan

Place of heat; itulah asal kata Taftan yang dijadikan nama sebuah gunung berapi di Iran. Tinggi gunung tersebut mencapai 4.042 mdpl dengan permukaan berwarna hitam kecokelatan. Puncaknya melebar, tetapi secara keseluruhan membentuk kerucut. Di samping itu, sekitar gunung terdapat bukit pasir yang terlihat memerah dari kejauhan.

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci

Inilah gunung favorit para pencinta alam di Indonesia. Meskipun memiliki ketinggian ekstrem 3.805 mdpl. Gunung Kerinci tak pernah sepi dari pendaki. Pasalnya, gunung yang di kawasan Bukit Barisan tersebut menyuguhkan lanskap mengagumkan. Dari mulai bukit bak kayangan, Danau Gunung Tujuh nan memesona, hingga keindahan sunrise di pagi hari.

Gunung Fuji

Gunung Fuji

Ingat Gunung Fuji; pasti ingat Negara Jepang. Gunung berlapis salju ini ikon utama negeri matahari terbit sekaligus menjadi yang tertinggi di sana. Ketinggian gunung sekitar 3.776 mdpl dengan bentuk kerucut asimetris. Uniknya, di sekitar Gunung Fuji terdapat lima danau besar yang berair jernih.

Itulah 7 gunung tertinggi di Asia yang memiliki panorama paling indah. Tertantang untuk mendaki hingga ke puncaknya? Sobat Akasaka bisa mulai dari gunung dengan lokasi terdekat, yakni Gunung Kerinci.

Leave a comment

All comments are moderated before being published