7 GUNUNG TERINDAH DI DUNIA UNTUK TUJUAN WISATA DAN PENDAKIAN

Himalaya dengan segala daya tariknya memang telah menjadi rumah bagi banyak gunung terindah di dunia sebagai tujuan pendakian atau mountaineering. Akan tetapi selain di Himalaya, pemandangan gunung dengan panoramanya yang fantastis juga ada di tempat yang lain. Bahkan di Indonesia dengan rantai gunung apinya yang perkasa, juga menjadi tempat berdirinya gunung-gunung dengan pemandangan yang luar biasa.

Lalu, apa sajakah gunung di dunia yang dianggap memiliki panorama dan pemandangan yang paling indah untuk menjadi tujuan pendakian? Berikut uraian lengkapnya.

Daftar Gunung-Gunung Terindah di Dunia Sebagai Tujuan Aktivitas Pendakian

gunung terindah di dunia

Beberapa pegunungan dunia yang paling populer untuk tujuan mountaineering global adalah pegunungan Himalaya, pegunungan Karakoram, Pegunungan Alpen, Pegunungan Alaska, pegunungan Tien Shan, Pegunung Andes dan masih banyak yang lainnya. Masing-masing pegunungan ini telah menjadi tempat bagi bersemayamnya gunung-gunung dengan pemandangan yang sangat indah sekaligus memiliki ketinggian yang menjulang ke angkasa.

Jika gunung Semeru dan gunung Bromo seringkali dianggap sebagai gunung terindah di Jawa karena pemandangannya yang cantik, elevasinya yang paling tinggi dan juga legendanya yang menarik, maka gunung-gunung yang menjadi magnet pendakian dunia ini juga memiliki beragam kelebihan. Layaknya pesona Semeru di Tanah Jawa, maka gunung-gunung ini juga menjadi pusat daya tarik aktivitas pendakian yang mengundang banyak orang untuk mengaguminya.

Nah, apa sajakah gunung-gunung dunia dengan pemandangan paling spektakuler tersebut? Berikut ini daftarnya versi Akasaka Outdoor.

Gunung Matterhorn di  Eropa

Jika seseotrang membuat list gunung dengan topografi dan bentuk yang paling dramatis di dunia, maka Matterhorn harus ada di dalamnya. Gunung yang terletak di perbatasan antara Italia dan Swiss ini adalah sebuah gunung dengan bentuk laksana sebuah tanduk yang menjulang menusuk langit.

Menariknya lagi, kekuatan Matterhorn tidak hanya ada pada bentuknya saja yang unik dan fenomenal, pemandangan yang menjadi lokasi tempat berdirinya gunung ini juga sangat mempesona.  

Dari puncaknya, Kamu yang mendaki Matterhorn dapat melihat daratan Swiss dan juga Italia yang memang bersebelahan. Sementara puncak-puncak lain yang berdiri di sekitar Matterhorn akan menyuguhkan pemandangan khas pegunungan Alpen yang mempesona.

Matterhorn memiliki ketinggian 4.478 meter dan merupakan puncak terakhir dari jajaran pegunungan Alpen yang berhasil dicapai puncaknya pada tahun 1865. Pendakian pertama ke puncak Matterhon juga menyimpan kisah yang tragis untuk diceritakan karena dari 7 orang pendaki yang mencapai puncak pada saat itu, 4 di antaranya terjatuh dan berakhir dengan kematian.

SEJARAH LENGKAP TERBUNUHNYA EMPAT PENDAKI MATTERHORN DALAM PERISTIWA FISRT ASCENT DAPAT DIBACA DI BUKU SEJARAH PENDAKIAN TEBING UTARA PADA TAUTAN INI

Gunung Everest di Himalaya

Selain menjadi gunung dengan ketinggian paling menonjol di muka bumi, Everest juga kerapkali dianggap sebagai puncak gunung terindah di dunia. Sebagai gunung tertinggi di dunia, pemandangan dari puncak Everest benar-benar memukau. Untuk kamu yang menyukai petualangan dan tantangan mengenai ketinggian, Everest adalah tempat yang sempurna.

Ketinggian Everest adalah 8.848 meter dan menjadi gunung paling tinggi yang ada di dunia. Tidak jauh dari lokasi Everest berdiri, menjulang pula puncak gunung Lhotse  yang menjadi puncak gunung tertinggi ke-4 di dunia setelah Everest, K2 dan Kangchenjunga. Sementara agak bergeser dari Lhotse, menjulang juga puncak Nuptse yang tidak kalah megah dan mengagumkan.

Pendakian pertama ke Everest sudah terjadi sejak tahun 1922, namun pemuncakan yang terkonfirmasi baru terjadi setelah tahun 1953 pada bulan Mei.

Dua orang pendaki gunung yang mencapai puncak Everest pertamakali adalah Tenzing Norgay dari Nepal, dan Edmund Hillary dari Selandia Baru. Keduanya adalah anggota ekspedisi Inggris untuk Everest tahun 1953.

BACA KISAH LENGKAP PENDAKIAN GUNUNG EVEREST SEBAGAI SEVEN SUMMIT DUNIA DISINI

Gunung Denali di Alaska

Sebelum secara resmi diubah namanya menjadi gunung Denali, gunung tertinggi di Amerika Utara dan menjadi salah satu puncak seven summit dunia ini bernama McKinley. Namun pada tahun 2016 lalu, nama Denali dikembalikan sebagai bagian dari upaya pemerintah Amerika untuk memulihkan nama-nama lokal sebagai nama sebuah tempat di Amerika Utara.

Daya tarik utama dari Denali adalah perpaduan iklim Alaska yang khas dengan puncak pegunungan salju yang dingin. Ketika musim panas, hutan Alaskan akan menjadi sebuah tempat yang penuh petualangan untuk dijelajahi. Sementara pada musim dingin, lapisan es dan tumpukan salju akan menjadikan pendakian di Denali menjadi semakin menantang untuk dilakukan.

Sejarah pendakian Denali dimulai sejak lama, dan orang yang berhasil mencapai puncaknya yang pertama kali adalah penduduk asli Alaska. Meskipun cukup banyak dikunjungi oleh pendaki gunung sepanjang tahun, pendakian gunung Denali tetap  dikategorikan sebagai salah satu pendakian dengan risiko yang tinggi. Terutama jika dilakukan pada musim dingin.

BACA JUGA: 10 GUNUNG TERSULIT DIDAKI DI DUNIA, KAMU BERANI COBA?

Gunung Kilimanjaro di Afrika

Seperti gunung Carstensz Pyramid di Indonesia, gunung Kilimanjaro juga adalah gunung tropis yang memiliki salju abadi di atas puncaknya. Dengan keberadaan salju di atas puncaknya dan lokasinya yang juga terletak di tengah sabana Afrika, gunung Kilimanjaro adalah langganan penting bagi daftar 10 gunung terindah di dunia yang banyak dirilis oleh berbagai situs wisata dunia.

Kilimanjaro adalah salah satu gunung berapi di dunia dengan pemandangan yang menakjubkan. Seperti halnya Matterhorn dengan bentuk piramidanya yang unik dan dianggap fantastis, maka Kilimanjaro juga demikian. Bentuk kerucutnya yang seolah terpotong karena proses letusan yang pernah terjadi, membuat bentuk Kilmanjaro menjadi salah satu pemandangan paling spektakuler yang ada di Afrika.

Jika kamu memiliki rencana untuk mendaki Kilimanjaro dan berdiri di atas puncaknya yang megah, waktu terbaik yang paling direkomendasikan adalah Januari hingga Maret, atau Juni hingga Oktober. Selain di dua waktu yang disarankan ini, pendakian ke Kilimanjaro menjadi lebih merepotkan karena umumnya curah hujan di Tanzania menjadi lebih tinggi.

KLIK TAUTAN BERIKUT INI UNTUK MENDAPATKAN KOLEKSI SANDAL GUNUNG TERBAIK TAHUN 2021 DARI AKASAKA OUTDOOR

Gunung Nanga Parbat di Pakistan

Nanga Parbat memiliki julukan yang menakutkan yakni The Killer Mountain atau Sang Gunung Pembunuh. Nama ini didapatkan oleh gunung Nanga Parbat karena pada masa awal sejarah pendakiannya, setidaknya ada 30 orang pendaki yang sudah terbunuh saat berusaha menggapai puncaknya.

Meskipun memiliki nama yang terkesan seram, akan tetapi Nanga Parbat memiliki pemandangan gunung yang luar biasa indah. Tebing gunungnya yang menjulang tinggi dan menjadi salah satu tebing dengan elevasi paling mencolok di dunia, seolah menjadikan Nanga Parbat sebagai tembok yang langsung menembus angkasa.

Jika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Nanga Parbat dan berniat mendaki ke puncaknya, maka gunung ini menawarkan banyak rute yang spektakuler.

Namun secara umum rute pendakian ke puncak Nanga Parbat adalah melalui tiga dinding gunung yang paling umum yakni; Rupal Face, Diamir Face, dan juga Mazeno Wall yang lebih panjang dan lebih sulit.

BACA SEJARAH LENGKAP PENDAKIAN GUNUNG NANGA PARBAT DAN TRAGEDI KEMATIAN DALAM USAHA MENCAPAI PUNCAKNYA DISINI

Gunung Kirkjufell di Islandia

Gunung terindah yang ada di dunia selanjutnya adalah gunung Kirkjufell yang terletak di Islandia. Gunung ini memiliki bentuk yang sangat unik hampir seperti miniaturnya Matterhorn. Nama lain dari gunung yang indah ini adalah The Church Mountain, merujuk pada bentuknya laksana menara sebuah gereja di tepi lautan.

Karena gunung Kirkjufell terletak di tepi pantai yang juga tidak kalah cantiknya, gunung ini menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Islandia. Bahkan pantai dimana gunung Kirkjufell berdiri, juga dianggap sebagai salah satu pantai terindah di dunia.

Ada beberapa kombinasi yang membuat gunung Kirkjufell mendapatkan begitu banyak pemandangan luar biasa di setiap sisinya. Laut lepas dengan ombaknya yang indah, sebuah air terjun dengan debit air yang cukup besar mengalir langsung ke bibir pantai, berkombinasi pula dengan menjulangnya The Church Mountain yang menjadi latar belakangnya, telah membentuk kesatuan yang menjadikan panorama luar biasa di gunung Kirkjufell.

BACA JUGA: 9 GUNUNG PALING INDAH DI INDONESIA UNTUK TUJUAN PENDAKIAN

Gunung Rinjani di Indonesia

Selanjutnya yang termasuk sebagai gunung terindah yang ada di dunia adalah dari Indonesia, yakni gunung Rinjani. Kamu mungkin juga setuju, kan, bahwa gunung Rinjani adalah gunung terindah di Indonesia? Jadi, memang tidak mengherankan mengapa gunung ini kemudian juga dianggap sebagai salah satu gunung paling indah yang ada di dunia.

Salah satu parameter yang menjadikan mengapa gunung Rinjani dianggap sebagai yang terindah adalah banyaknya jumlah pendaki yang ingin mencapai puncaknya. Selain itu, eksotisme pemandangan yang ada di gunung Rinjani juga memang mendukung untuk itu. Puncaknya yang cantik, danau Segara Anak yang biru, sabananya yang luas, dan lain sebagainya, adalah beberapa kecantikan Rinjani yang membuatnya demikian istimewa.

Ada cukup banyak jalur untuk mendaki gunung Rinjani. Namun, jalur yang paling populer mungkin adalah melalui jalur Sembalun dan jalur Senaru. Beberapa jalur lain seperti Torean, Timbanuh, dan lain sebagainya, meskipun cukup sering direkomendasikan untuk pendakian menuju puncak Rinjani, tetapi tetap tidak dapat mengalahkan popularitas jalur Sembalun dan juga Senaru.

KAMU SUKA BERTUALANG DAN MENULIS? HASILKAN JUTAAN RUPIAH DENGAN MENGIKUTI PROGRAM AKASAKA OUTDOOR AFFILIATE MARKETING

gunung terindah di dunia

Tentu saja selain 7 gunung di atas, masih ada banyak lagi gunung terindah di dunia yang bisa kamu kunjungi dan kamu daki hingga ke puncaknya. Beberapa pegunungan lain yang bisa kamu jadikan referensi misalnya adalah; gunung Fuji di Jepang, pegunungan Dolomites di Italia, pegunungan Patagonia di Chili, pegunungan Kilauea di Hawaii, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, supaya perjalananmu semakin asyik dan menyenangkan untuk mengunjungi berbagai pegunungan dengan pemandangan paling menakjubkan di dunia, yuk, gunakan selalu produk-produk terbaru dari Akasaka Outdoor. Dan pas banget, di tahun 2021 yang penuh semangat ini, ada banyak produk terbaik dari Akasaka Outdoor yang baru dirilis dan dapat kamu kenakan.

Selanjutnya, kamu dapat memilihnya langsung melalui tautan di bawah ini, ya.

Selamat berbelanja!

TEMUKAN DISINI BERBAGAI PRODUK TERBARU DARI AKASAKA OUTDOOR UNTUK MENEMANI PERJALANANMU MENGUNJUNGI GUNUNG-GUNUNG TERINDAH DI DUNIA

Leave a comment

All comments are moderated before being published