7 FILM DOKUMENTER TERBAIK SEPANJANG MASA TENTANG PENDAKIAN GUNUNG

Film dokumenter terbaik sepanjang masa

Sepanjang sejarah perfilman, selalu ada list dimana film dokumenter mencuri banyak perhatian. Daftar film dokumenter terbaik sepanjang masa pun demikian, seringkali menjadi rujukan para penggemar sinematografi yang sekaligus dapat mempelajari sebuah sejarah secara lebih komprehensif.

Nah, dalam dunia pendakian gunung atau mountaineering sendiri, setidaknya terdapat 7 film terbaik sepanjang masa yang bersifat dokumenter. Film-film ini dinilai sangat menarik baik dari teknis sinematografinya, mau pun pesan cerita yang disampaikan.

Lalu, apa saja 7 film tersebut?

Berikut ulasan lengkapnya dalam Akasaka Journal.

BACA PULA:

Daftar 7 Film Dokumenter Terbaik Sepanjang Masa Kategori Dunia Pendakian Gunung atau Mountaineering

Film dokumenter terbaik sepanjang masa

Kamu tentunya sudah sangaf familiar dengan film-film pendakian gunung seperti Everest, Vertical Limit, The Climbers dan lain sebagainya. Di Indonesia kamu mungkin juga sudah tidak asing dengan film-film serupa seperti 5 cm, Romeo Rinjani, Gie, Penacaharian Terakhir, atau sejenisnya. Semua daftar ini adalah film bertema pendakian gunung yang cukup menarik.

Hampir semua judul film yang disebutkan sebelumnya adalah film fiksi, yang artinya bukan kejadian yang sebenarnya. Meskipun pada beberapa film tersebut, inspirasinya juga datang dari kejadian nyata di atas gunung.

Namun film dokumenter akan memberikan kamu sesuatu yang berbeda saat menontonnya. Alih-alih mengutamakan kesan menghibur seperti film populer umumnya, dokumenter sebagian besar mengedapankan informasi yang disampaikannya. Menariknya adalah, semakin otentik sebuah film dokumenter, semakin sedikit efek yang biasanya dipergunakan.

Beberapa contoh film dokumenter pendakian gunung yang cukup terkenal misalnya adalah kisah pendakian Tenzing Norgay dan  Edmund Hillary dalam The Conquer Everest, atau The Wildest Dream-nya Georgle Leigh Mallory tahun 1924.

Selain dua film tersebut, ternyata masih ada banyak lagi film dokumenter tentang pendakian gunung yang juga tidak kalah menarik untuk disaksikan. Berikut adalah 7 di antaranya yang paling terkenal.

The Wildest Dream

Film dokumenter terbaik sepanjang masa

Film dokumenter terbaik pertama di atas gunung adalah The Wildest Dream yang diproduksi pada tahun 2010. Nah, tahukah kamu apa sebenarnya yang menjadi fokus penceritaan film dokumenter satu ini?

Yap, benar banget!

The Wildest Dream adalah film dokumenter yang mengisahkan ekspedisi pendakian ke gunung Everest pada tahun 1921, 1922 dan 1924 yang dilakukan oleh George Leigh Mallory.

Akan tetapi fokus utama dari film ini sebenarnya adalah untuk mencari konklusi yang paling masuk akal mengenai apakah mungkin George Leigh Mallory dan Andrew Irvine sudah berhasil mencapai puncak Everest pada tahun 1924 sebelum mereka menghilang.

Meskipun bukan termasuk dalam daftar film dokumenter terbaik Netflix, namun minat penonton terhadap film ini juga tinggi. The Wildest Dream dalam eksplanasinya juga menggambarkan pendakian rekonstruksi yang dilakukan oleh alpinis top Amerika bernama Conrad Anker dan pendaki gunung muda Inggris bernama Leo Houlding.

Free Solo

Film dokumenter terbaik sepanjang masa

Jika kamu adalah penggemar berat aktivitas rock climbing dan vertical sport, film dokumenter satu ini sudah pasti harus ada dalam daftar koleksi kamu, bukan?

Free Solo adalah sebuah film dokumenter dari Amerika yang menyoroti profil pemanjat tebing free solo terbaik dunia saat ini, Alex Honnold.  Film dokumenter ini sendiri disutradarai dua orang suami isteri dari Asia bernama Jimmy Chin dan Elizabeth Chai Vasarhelyi. Selain bertindak sebagai sutradara, kedua petualang Asia ini juga merangkap produsernya.

Free Solo secara khusus menyoroti pemanjatan yang dilakukan oleh Alex Honnold di Tebing Yosemite pada tahun 2017 bulan Juni. Rute yang dipilih oleh Alex pada saat itu adalah El Capitan yang juga merupakan salah satu rute panjat tebing tersulit di Lembah Yosemite.

Oh ya, film ini juga sukses besar, lho. Penghasilan kotor dar Free Solo sebagai film Box Office setidaknya mencapai 28.6 juta dolar di seluruh dunia.

Wow, fantantis banget, kan?

Meru

Film dokumenter terbaik sepanjang masa

Meru adalah film lain yang juga mengangkat nama Jimmy Chin dan Elizabeth Chai Vasarhelyi. Dalam film dokumenter yang satu ini, fokus yang disoroti adalah profil tiga pendaki gunung Amerika yakni, Conrad Anker, Renan Osturk dan Jimmy Chin sendiri.

Profil para pendaki gunung ini secara khusus kemudian dilihat dari sudut pandang upaya mereka menaklukkan Shark Fin Route di Gunung Meru, Nepal. Shark Fin Route seperti yang mungkin kamu pernah dengar, adalah salah satu rute pendakian gunung tersulit yang masih ada di Himalaya.

Rute Sirip Hiu merupakan rute pendakian ke puncak tengah gunung Meru yang memiliki ketinggian 6.660 meter.

Seperti halnya Free Solo, Meru juga menjadi film dokumenter yang masuk ke box office dan berhasil meraup penghasilan hingga hampir 2,5 juta dolar, lho.

Touching the Void

Film dokumenter terbaik sepanjang masa

Film dokumenter selanjutnya tentang dunia pendakian gunung adalah Touching The Void yakni sebuah kisah bertahan hidup manusia di atas ganasnya gunung Siula Grande di Amerika Selatan.  Meskipun bukan termasuk film dokumenter Indonesia terbaik, namun secara umum para petualang Indonesia sudah akrab dengan film yang satu ini.

Kamu juga, kan?

Touching The Void berkisah tentang Joe Simpson dan Simon Yates, dua pendaki muda dari Inggris yang bertekad untuk mendaki sisi barat gunung Siula Grande. Gunung Siula Grande sendiri adalah salah satu puncak signifikan dalam rantai pegunungan Peruvian Andes, ketinggian gunung ini adalah 6.344 meter.

Film  dokumenter ini diproduksi pada tahun 2003 dan menceritakan kejadian fatal yang menimpa Joe Simpson dan Simon Yates setelah turun dari puncak Siula Grande. Film ini dianggap sebagai salah satu film dokumenter terbaik sepanjang masa. Bahkan Public Broadcasting Services di Amerika memasukkan Touching The Void sebagai 100 Greatest Documentaries of All Time.

Sherpa

Film dokumenter terbaik sepanjang masa

Jika kamu adalah salah seorang peminat aktivitas pendakian gunung sejati, kamu juga harus menonton film dokumenter yang satu ini; Sherpa.

Sherpa adalah sebuah film dokumenter yang dibuat oleh sinematografer asal Australia bernama Jennifer Peedom pada tahun 2014, tepat pada saat terjadinya musibah longsoran maut di gunung Everest. Film dokumenter ini kemudian dirilis pada tahun 2015, satu tahun setelah diproduksi.

Fokus penceritaan film dokumenter Sherpa adalah pada sosok Sherpa Purba Tashi, seorang sherpa veteran yang telah mencapai puncak Everest sebanyak 21 kali. Dalam film ini kamu akan melihat bahwa menjadi sherpa dalam pilihan masyarakat Nepal, motivasi utamanya bukanlah karena popularitas.

Sherpa, porter, sirdar atau apa pun pekerjaan dalam ekspedisi pendakian di Nepal, adalah profesi yang penuh dengan risiko. Film ini juga akan memberikan gambaran kepada kamu bagaimana ironisnya kehidupan para sherpa dibandingkan popularitas mereka di atas gunung.

The Summit

Film dokumenter terbaik sepanjang masa

The Summit adalah contoh film dokumenter yang menarik selanjutnya.

Film ini secara umum menceritakan musibah besar yang membunuh 11 orang pendaki di gunung K2 pada tahun 2008. Akan tetapi, rekonstruksi kejadian untuk memproduksi film ini diambil di dinding utara gunung Eiger dan Jungfrau, ribuan kilometer jauhnya dari gunung K2 sendiri.

Produser film dokumenter The Summit adalah Nick Ryan. Beberapa nama yang dilibatkan dalam pembuatan film ini adalah Pemba Gyalje Sherpa, Chhiring Dorje Sherpa, Tshring Lama, dan Pasang Lama yang kesemuanya ada di K2 pada tahun 2008 saat musibah mematikan itu terjadi.

The Summit sendiri dirilis pada tahun 2012 dan meraih cukup banyak penghargaan sinematografi seperti; Best Editing dari Grand Jury Prize, World Cinema Documentary dari 2013 Sundance Film Festival, Best Documentary tahun 2014 dari Irish Film and Television Award, dan Best Feature Mountain Film oleh Banff Mountain Film Festival.

Beyond the Edge

Film dokumenter terbaik sepanjang masa

Jika kamu mencari kata kunci film Beyond the Edge di browser, kamu akan mendapatkan dua hasil yang berbeda. Satu adalah film Beyond the Edge yang rilis pada tahun 2018 berbahasa Rusia yang bertema tentang sci-fi, dan yang kedua adalah film dokumenter Beyond the Edge yang dirilis tahun 2013 yang berkisah tentang pencapaian puncak Everest pada tahun 1953 oleh ekspedisi Inggris.

Nah, tentu saja film yang dimaksud adalah Beyond the Edge yang kedua, kan?

Beyond the Edge ditulis naskahnya oleh Leanne Pooley, orang yang juga menjadi sutradara dari film ini. Kisah utama Beyond the Edge adalah upaya pendakian ke puncak Everest oleh Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay pada tahun 1953. Film ini mengambil lokasi syuting di Everest sendiri dan juga New Zealand.

Hal menarik lain dalam film ini adalah adanya beberapa dokumen langsung dari ekspedisi ke-9 Inggris di gunung Everest yang isinya antara lain adalah rekaman interview dengan Hillary dan Tenzing, fotografi dan juga narasi dengan pemimpin ekspedisi saat itu yang bernama John Hunt.

BACA JUGA:

Film dokumenter terbaik sepanjang masa

Nah, itu adalah 7 film dokumenter terbaik sepanjang masa yang bertema tentang mountaineering atau pendakian gunung.

Oh ya, menurut kamu sendiri, film mana yang paling manarik dari ke-7 judul tersebut?

Kamu boleh share pendapat kamu di kolom komentar, ya.

Supaya acara nonton film dokumenter mendaki gunungnya semakin asyik, yuk, gunakan selalu produk Akasaka Outdoor, ya. Dengan desain yang oke punya, material kualitas sempurna dan ketangguhan yang tiada dua, Akasaka Outdoor adalah sahabat bertualang yang paling setia.

LIHAT PRODUK TERBAIK AKASAKA OUTDOOR DISINI, YUK

Baca Ini Juga Yuk!

INI DAFTAR 10 FILM TERBAIK SEPANJANG MASA TEMA SURVIVAL DI ATAS GUNUNG
INI DAFTAR 10 FILM TERBAIK SEPANJANG MASA TEMA SURVIVAL DI ATAS GUNUNG
Film tentang bertahan hidup di atas keganasan gunung-gunung selalu menawarkan kisah yang menarik untuk ditonton. Film dengan tema seperti ini selalu saja menarik untuk disaksikan karena pesona alam...
Read More
8 DANAU DI PEGUNUNGAN DENGAN PEMANDANGAN PALING MEMUKAU
8 DANAU DI PEGUNUNGAN DENGAN PEMANDANGAN PALING MEMUKAU
Menurut kamu, apa danau di pegunungan Indonesia yang paling cantik untuk dikunjungi? Danau Gunung Tujuh di Kerinci, Danau Segara Anak di gunung Rinjani, atau danau Ranu Kumbolo di gunung Semeru? Ap...
Read More
INI DAFTAR LENGKAP PEGUNUNGAN DI INDONESIA DARI SUMATERA HINGGA PAPUA
INI DAFTAR LENGKAP PEGUNUNGAN DI INDONESIA DARI SUMATERA HINGGA PAPUA
Sebagai negara kepulauan dan berdiri di atas rangkaian cincin api, Indonesia tentu saja memiliki banyak keistimewaan. Salah satu keistimewaan Indonesia yang mungkin tidak banyak dimiliki negara lai...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published