7 FAKTA TENTANG GUNUNG BROMO YANG SETIAP ORANG HARUS TAHU

gunung Bromo

Ada beberapa fakta menarik tentang gunung Bromo yang setiap orang nampaknya harus tahu, terutama buat kamu yang berencana mengunjunginya. Ternyata gunung Bromo tidak hanya memiliki pemandangan yang memukau saja, namun juga memiliki banyak hal menarik yang belum diketahui oleh masyarakat luas.

Nah, fakta apa sajakah tentang wisata gunung Bromo yang kamu harus tahu?

Berikut ulasan lengkapnya

BACA JUGA:

Berbagai Fakta Menarik Tentang Gunung Bromo yang Seharusnya Diketahui

gunung Bromo

Ada begitu banyak hal menarik di gunung Bromo yang telah terkenal hingga ke seluruh dunia. Gunung Bromo dalam narasi yang dramatis, kadang-kadang disebut sebagai landscape berbeda dari planet bumi. Gugusan pegunungan Tengger, Bromo dan Semeru, telah menjadi ikon lain keagungan pariwisata alam Indonesia di mata dunia.

Selain indah, gunung Bromo ternyata juga memiliki sederet fakta yang tidak kalah menarik untuk diketahui. Dari bentuk gunung Bromo yang unik hingga statusnya sebagai gunung api aktif yang layak diwaspadai, membuat daya tarik wisatawan ke tempat ini justru semakin tinggi.

Nah, kira-kira apa saja sih, fakta dan hal menarik tentang gunung Bromo?

Yuk, simak ulasannya berikut ini versi Akasaka Journal.

Asal Nama Gunung Bromo Berasal dari Nama Dewa

gunung Bromo

Fakta gunung Bromo yang pertama adalah tentang namanya sendiri. Nah, tahukah kamu darimana nama gunung Bromo itu berasal?

Yap, benar banget.

Nama gunung Bromo merupakan nama yang diambil dari nama salah satu dewa utama dalam agama Hindu yakni dewa Brahma. Dalam agama Hindu, dewa Brahma bergandengan dengan dua dewa utama lain yaitu dewa Wisnu dan dewa Shiva atau Siwa. Ketiga dewa ini; Brahma, Wisnu dan Shiva, menjadi dewa terbesar dalam kepercayaan Hindu.

Hal yang kemudian dialih bahasakan menjadi nama gunung Bromo adalah ejaan nama dewa Brahma dalam bahasa Sanskerta. Dalam bahasa ini, Brahma disebut dengan Brama, artikulasinya dalam bahasa Jawa diganti menjadi Bromo. Dan nama itu kemudian populer hingga sekarang.

Gunung Bromo Dianggap Suci oleh Suku Tengger

gunung Bromo

Ada banyak gunung di dunia yang dianggap suci oleh masyarakat sekitarnya. Gunung Machapuchare atau The Tail Fish Mountain di Nepal, dianggap suci dan tidak boleh didaki. Begitu pula dengan gunung Kailash atau Kailasa yang juga menduduki tahta sebagai gunung suci banyak kepercayaan utama di Asia Selatan.

Sejarah gunung Bromo pun demikian. Gunung ini sejak dulu kala dianggap sebagai gunung suci oleh suku Tengger yang mendiami wilayah gunung ini. Bromo dianggap sebagai gunung milik para dewa yang harus dijaga kesucian dan kemurniannya. Di samping itu, Suku Tengger juga mempercayai bahwa pegunungan Tengger, termasuk juga Bromo, adalah gunung-gunung suci yang menjadi rumah dewa dewi agung mereka.

Oh ya, apakah kamu pernah mendengar istilah Mahameru sebagi Puncak Para Dewa?

Hal ini bukan kalimat puitis belaka, lho.

Berdasarkan kepercayaan suku Tengger, puncak Mahameru dan pegunungan Bromo adalah tahta para Dewa yang sesungguhnya. Di atas gunung-gunung inilah dewa-dewa tinggi mereka bersemayam.

Atas dasar ini pula kemudian, kamu mungkin pernah mendengar ada upacara keagamaan suku Tengger seperti Kasada atau Kasodo, dimana mereka mempersembahkan sesajian dan hasil panen untuk penunggu gunung Bromo yang merupakan dewa-dewa mereka.

Gunung Bromo adalah Gunung Berapi yang Aktif

gunung Bromo

Selanjutnya fakta gunung Bromo yang tidak boleh kamu acuhkan adalah statusnya sebagai gunung berapi yang masih sangat aktif. Kamu tentu masih ingat kan, bagaimana penduduk sekitar gunung Bromo diminta mengungsi untuk mengantisipasi potensi letusan gunung Bromo belum lama ini?

Secara administratif, gunung Bromo berada di daerah yang sangat luas dan eksotis. Dalam kawasan ini gunung yang aktif secara signifikan adalah gunung Semeru atau Mahameru dan gunung Bromo sendiri. Aktivitas kedua gunung ini pun masih dipantau secara kontinyu hingga saat ini.

Sebagai gunung dengan aktivitas vulkanik yang masih aktif, gunung Bromo tentu saja menjadi gunung yang tidak selalu aman untuk dikunjungi. Bahkan pada waktu-waktu tertentu, gunung ini benar-benar ditutup sepenuhnya sebagai akibat dari potensi letusan yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Di Kaki Gunung Bromo Terdapat Pura yang Cantik

gunung Bromo

Tidak banyak yang tahu kalau di kaki gunung Bromo berdiri sebuah bangunan peribadatan umat Hindu yang sangat cantik dan eksotis. Nah, kamu juga mungkin belum mengetahui hal ini, kan?

Dengan lokasi gunung Bromo yang berada di kawasan suku Tengger yang masih erat memegang kepercayaan nenek moyang mereka, maka kawasan Bromo pun erat dengan tradisi dan budaya Hindu suku Tengger. Salah satu hal yang menarik dari suku yang eksotis ini adalah mengenai lokasi arsitektur bangunan tempat ibadah mereka yang unik.

Di kaki gunung Bromo terdapat sebuah pura yang diberi nama Pura Agung Poten Luhur atau kadang disebut juga istilah Pura Luhur Poten.

Pura Agung Poten Luhur merupakan pura yang tidak begitu besar di kaki gunung Bromo. Pura ini digunakan oleh masyarakat suku Tengger untuk beribadah. Meskipun tidak begitu besar dan arsitekturnya sederhana, namun karena ia berdiri di atas landscape luar biasa gunung Bromo, maka pura ini terasa memiliki aura yang sangat eksotis.

Gunung Bromo adalah Salah Satu Gunung dari Rangkaian Pegunungan Tengger

gunung Bromo

Secara lebih rinci, deskripsi gunung Bromo sebenarnya adalah bagian dari gugusan Pegunungan Tengger yang lebih besar. Dahulu kala, gunung Tengger mengalami erupsi yang kemudian menciptakan gunung-gunung yang lebih kecil seperti sekarang ini.

Selain gunung Bromo dengan kepulan asapnya, gunung yang juga ada di kawasan yang sama adalah Gunung Batok dengan ketinggian 2,440 mdpl, Gunung Widodaren, 2,614 mdpl, Gunung Kursi, 2,581 mdpl, dan Gunung Watangan yang memiliki ketinggian 2,601 mdpl.

Nah, untuk gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter  dan merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa tidak termasuk dalam rangkaian ini meskipun jaraknya cukup berdekatan. Meskipun demikian, sebutan Bromo – Tengger – Semeru seringkali mengisyaratkan bagi banyak orang bahwa sebenarnya pegunungan ini adalah sebuah kesatuan yang utuh dalam sebuah kawasan.

Gunung Bromo Mendiami Empat Kabupaten Sekaligus

gunung Bromo

Fakta keenam dari gunung Bromo adalah bahwa wilayah gunung ini mencakup empat kabupaten di Jawa Timur sekaligus.

Kabupaten tempat di mana gunung Bromo bertahta adalah Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Lumajang. Dengan wilayah yang demikian luas ini, dapat dikatakan bahwa pegunungan Bromo – Tengger – Semeru adalah salah satu pegunungan di pulau Jawa dengan wilayah terluas.

Meskipun gunung Bromo terletak di empat kabupaten besar di Jawa Timur sekaligus, masih banyak orang yang menduga jika pegunungan yang indah ini hanya berdiri di wilayah kabupaten Malang saja. Hal ini disebabkan dengan akses gunung Semeru yang secara umum didaki melalui kabupaten yang sama.

Gunung Bromo adalah Surga untuk Pendaki dan juga Wisatawan Umum

gunung Bromo

Hal terakhir mengenai wisata gunung Bromo dan sekitarnya adalah gunung ini merupakan destinasi favorit bagi wisatawan umum, traveler dan juga pendaki gunung.

Bagi para wisatawan umum, keindahan pasir gunung Bromo, mengelilingi Segara Wedi menggunakan Jeep atau motor, dan menyaksikan teater keindahan alam pegunungan Tengger, adalah tujuan mereka datang.

Alasan yang sama juga ada pada banyak traveler yang berkunjung. Hanya saja pemandangan gunung Pananjakan Bromo dengan sunrise-nya yang legendaris, adalah alasan lain mereka datang ke Bromo.

Sedangkan bagi para pendaki gunung, tentu saja mereka datang ke wilayah ini untuk Semeru, untuk gunung tertinggi di pulau Jawa. Meskipun demikian, sebagian besar pendaki juga menjadikan gunung Bromo dan sekitarnya sebagai bagian dari rangkaian perjalanan pendakian itu sendiri.

BACA JUGA:

gunung Bromo

Sobat Akasaka, itu adalah beberapa fakta gunung Bromo yang menarik untuk kamu ketahui. Kamu sebaiknya datang sendiri ke Bromo dan membuktikan seberapa akurat fakta-fakta yang disampaikan tersebut.

Nah, supaya perjalanan kamu ke gunung Bromo, gunung Semeru dan gunung-gunung di sekitarnya semakin menyenangkan, yuk, gunakan selalu produk-produk dari Akasaka Outdoor, ya.

Dedikasi yang tinggi dalam balutan desain yang ultra, dan juga penggunaan material terbaik di kelasnya, akan membuat perjalanan dan petualangan kamu semakin nyaman dimana pun saja bersama Akasaka.

BUKTIKAN KETANGGUHAN PRODUK AKASAKA OUTDOOR DISINI

Baca Ini Juga Yuk!

7 FILM DOKUMENTER TERBAIK SEPANJANG MASA TENTANG PENDAKIAN GUNUNG
7 FILM DOKUMENTER TERBAIK SEPANJANG MASA TENTANG PENDAKIAN GUNUNG
Sepanjang sejarah perfilman, selalu ada list dimana film dokumenter mencuri banyak perhatian. Daftar film dokumenter terbaik sepanjang masa pun demikian, seringkali menjadi rujukan para penggemar s...
Read More
INI DAFTAR 10 FILM TERBAIK SEPANJANG MASA TEMA SURVIVAL DI ATAS GUNUNG
INI DAFTAR 10 FILM TERBAIK SEPANJANG MASA TEMA SURVIVAL DI ATAS GUNUNG
Film tentang bertahan hidup di atas keganasan gunung-gunung selalu menawarkan kisah yang menarik untuk ditonton. Film dengan tema seperti ini selalu saja menarik untuk disaksikan karena pesona alam...
Read More
8 DANAU DI PEGUNUNGAN DENGAN PEMANDANGAN PALING MEMUKAU
8 DANAU DI PEGUNUNGAN DENGAN PEMANDANGAN PALING MEMUKAU
Menurut kamu, apa danau di pegunungan Indonesia yang paling cantik untuk dikunjungi? Danau Gunung Tujuh di Kerinci, Danau Segara Anak di gunung Rinjani, atau danau Ranu Kumbolo di gunung Semeru? Ap...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published