INI 7 FAKTA GUNUNG LEMBU SUPER MENARIK UNTUK KAMU KETAHUI

Gunung Lembu

Di antara Gunung Parang dan Gunung Bongkok di kabupaten Purwakarta, terdapat sebuah gunung lain yang tidak kalah menarik bernama gunung Lembu. Gunung dengan nama unik ini merupakan salah satu destinasi yang menarik untuk kamu kunjungi, ada banyak hal menakjubkan yang bisa kamu temukan di sana.

Sobat Akasaka tentu sudah tahu kan, arti dari gunung Lembu? Akan tetapi, Sobat Akasaka mungkin belum tahu mengapa gunung cantik di kabupaten Purwakarta ini dinamakan Gunung Lembu?

Nah, Akasaka Journal kali ini akan mengajak kamu untuk mengenal gunung Lembu lebih dekat, mulai dari sejarah hingga beberapa keunikannya yang menakjubkan.

Jadi, pastikan kamu membacanya sampai tuntas, ya.

BACA JUGA:

7 Fakta Unik dan Menarik dari Gunung Lembu di Purwakarta

Gunung Lembu

Dari sisi ketinggiannya, gunung Lembu sama sekali bukan gunung yang tinggi. Puncak gunung Lembu hanya memiliki ketinggian kurang dari 1000 mdpl atau persisnya adalah 792 meter. Meskipun ketinggiannya tidak seberapa, namun gunung Lembu ternyata memiliki banyak hal menarik untuk kamu kagumi.

Daya tarik gunung Lembu ini mulai dari sejarahnya yang berhubungan erat dengan cerita Ki Jongrang Kalapitung dan sungai Citarum. Sementara posisinya yang berdekatan dengan gunung Bongkok dan gunung Parang juga memiliki keistimewaan tersendiri.

Nah, dalam banyak info gunung Lembu yang bisa kamu lihat lihat dari berbagai media, Sobat Akasaka pastinya akan mendapatkan gambaran yang menakjubkan dari gunung ini.

Lantas, apa saja fakta menarik dari gunung Lembu di Purwakarta ini?

Berikut adalah 7 di antaranya yang paling populer.

Legenda Gunung Lembu

Gunung Lembu

Menurut legenda yang terkenal di sekitar Purwakarta, gunug Lembu merupakan gunung yang berasal dari tanah pijakan Ki Jongrang Kalapitung yang sedang memancing di Sungai Citarum.

Pada satu kesempatan, kail atau pancing Ki Jongrang Kalapitung tersangkut di dalam sungai. Nah, untuk melepaskan sangkutan kailmya tersebut, Ki Jongrang kemudian menarik kailnya berkali-kali. Posisi kaki tokoh legenda sakti mandraguna dari bumi Purwakarta itu juga unik pada kisah tersebut yakni bertengger di atas gua gunung pada kiri dan kanan sungai Citarum.

Salah satu kaki dari Ki Jongrang Kalapitung berpijak di atas gunung Parang, sementara satu kakinya lagi berpijak di atas gunung Bongkok. Dengan berpijak di atas dua gunung inilah kemudian orang sakti itu menarik pancingnya yang tersangkut dengan sekuat tenaga hingga kemudian mencelat bersama benda yang membuat pancingnya tersangkut.

Nah, tahukah kamu benda apa yang kemudian menjadi sangkutan kail ki Jongrang Kalapitung tersebut?

Yap, itu adalah gunndukan yang kemudian dikenal sebagai gunung Lembu saat ini.

Asal Nama Gunung Lembu

Gunung Lembu

Kamu mungkin juga penasaran bukan, mengapa gunung ini disebut sebagai gunung Lembu?

Apakah bentuknya seperti lembu atau sapi? Atau seperti seekor banteng atau kerbau?

Ternyata benar demikian, terutama jika dihubungkan dengan keberadaan sebuah batu besar yang berada persis di atas puncak gunung Lembu. Dari kejauhan batu besar ini terlihat seperti punggung sapi, dan untuk alasan ini pula kemudian batu tersebut dinamakan sebagai Batu Lembu.

Jika kamu berkesempatan camping di gunung Lembu, kamu bisa meng-agendakan untuk mengunjungi batu ini dan duduk di atasnya sembari menikmati hamparan indahnya Waduk Jatiluhur.

Nah, uniknya jika dilihat dari kejauhan, orang-orang yang duduk di atas batu Lembu akan terlihat seperti sekumpulan anak-anak yang duduk di atas punggung seekor sapi atau kerbau.

Lokasi Gunung Lembu

Gunung Lembu

Nah, kamu yang bertanya gunung Lembu dimana letak persisnya? Maka kota Purwakarta adalah jawabannya.

Lebih detail lagi gunung Lembu terletak di wilayah Waduk Jatiluhur, kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Kampung yang menjadi lokasi persis gunung Lembu adalah Dusun Panunggal, Desa Panyindang, kecamatan Sukatani, kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Gunung Lembu termasuk salah satu obyek wisata petualangan yang populer di kabupaten Purwakarta bersama dengan gunung Bongkok, gunung Parang dan waduk Jatiluhur. Beberapa tempat ini sangat populer untuk  tujuan pendakian, rock climbing atau pun camping menghabiskan akhir pekan.

Gunung Parang misalnya, disini kamu bisa menikmati aktivitas via verrata, menyusuri dinding vertikal gunung parang sembari tertambat pada tali dan pijakan-pijakan baja artifisial.

Pemandangan Waduk Jatiluhur dari Gunung Lembu

Gunung Lembu

Meskipun tidak terlalu tinggi namun pemandangan yang bisa kamu nikmati juga tidak kalah indah dari puncak gunung Lembu. Di malam hari, kamu bisa menyaksikan kerlap kerlip lampu kota Purwakarta dan sekitarnya.

Di samping memiliki panorama yang indah di malam hari, pemandangan luar biasa juga bisa kamu temukan saat mengunjungi gunung Lembu di siang hari. Tentunya jika di siang hari, keindahan waduk Jatiluhur adalah pemandangan paling indah yang bisa Sobat Akasaka saksikan.

Dari atas punggungan Batu Lembu atau beberapa puncak lain dari gunung Lembu, hamparan air waduk Jatilihur terlihat dengan sangat jelas. Kilauan air waduk yang demikian luas seakan persis berada di kaki gunung Lembu.

Tempat Menarik Sekitar Gunung Lembu

Gunung Lembu

Ada banyak tempat menarik yang bisa kamu temukan ketika mengunjungi gunung Lembu. Baik di gunung Lembunya sendiri atau di wilayah sekitar gunung Lembu penuh dengan tempat yang istimewa untuk dinikmati.

Di atas gunung Lembu, kamu bisa menemukan banyak hal yang indah seperti pesona Batu Lembu, Petilasan Raden Surya Kencana, Petilasan Mbah Jongrang Kapitulung, spot untuk menikmati sunrise dan sunset, juga satwa monyet jinak yang masih cukup banyak jumlahnya.

Sementara di sekitar gunung Lembu, kamu akan menjumpai banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi pula. Tempat tersebut misalnya adalah Gunung Bongkok, gunung Parang, dan juga pemandian air panas Ciracas.

Wisata Pendakian di Gunung Lembu

Gunung Lembu

Puncak gunung Lembu terdiri dari tiga bagian yaitu Puncak Pertama, Puncak Kedua dan Puncak Ketiga. Di antara tiga puncak gunung Lembu, Puncak Ketiga adalah yang tertinggi dengan ketinggian hampir mencapai 800 meter dari permukaan laut.

Dengan ketinggian yang tidak terlalu ektrim, pendakian ke gunung Lembu termasuk mudah untuk dilakukan. Oleh sebab itu pula gunung ini dikatakan ramah untuk para pendaki pemula. Dengan hiking sekitar 2 sampai 3 jam, kamu akan sampai di puncak tertinggi gunung Lembu dan bisa menikmati suguhan pesonanya yang luar biasa.

Dengan membayar tiket masuk gunung Lembu sebesar Rp, 15.000 kamu bisa menikmati keindahan gunung Lembu dengan mendaki dan berkemah. Beberapa etape pendakian akan mengajakmu untuk melewati tanjakan yang sudah dibuat undakannya supaya lebih mudah untuk dilewati.

Tempat Keramat di Gunung Lembu

Gunung Lembu

Nah, fakta terakhir dari gunung Lembu yang perlu kamu ketahui adalah bahwa gunung ini juga memiliki banyak tempat keramat yang dianggap sakral oleh masyarakat di sekitarnya.

Tempat pertama yang paling sakral adalah sebuah petilasan yang diyakini sebagai milik Mbah Raden Surya Kencana. Di tempat ini terdapat sebuah cerita mistis yang mengatakan bahwa siapa pun yang mengunjungi tempat ini dilarang untuk bersiul.

Larangan ini mungkin terdengar sangat aneh dan unik banget, kan?

Namun, ini menjadi semakin kuat saat sebuah kejadian yang membuat 8 orang pendaki gunung sempat hilang di gunung Lembu. Menariknya, hal ini dipercaya terjadi karena melanggar larangan bersiul tersebut.

BACA JUGA:

 

Gunung Lembu

Nah, itu adalah beberapa fakta menarik tentang Gunung Lembu di Purwakarta, Jawa Barat. Bagaimana? Keren banget, kan?

Oh ya, jika kamu berniat bertualang ke gunung Lembu jangan lupa dengan persiapan yang matang, ya. Walaupun gunung Lembu tergolong mudah untuk didaki, namun tetap saja sebagai petualang yang bijaksana kamu tidak boleh menyepelekannya.

Satu lagi jika kamu ingin mendaki gunung Lembu;

Tetap gunakan produk terbaik dari Akasaka Outdoor, ya, karena kekuatan, ketangguhan dan kenyaman produk Akasaka akan membuat petualanganmu semakin istimewa.

YUK, BUKTIKAN KETANGGUHAN PRODUK AKASAKA OUTDOOR DISINI

Baca Ini Juga Yuk!

BEGINI CARA MEMILIH SLEEPING BAG TERBAIK UNTUK TIDUR NYAMAN DI ATAS GUNUNG
BEGINI CARA MEMILIH SLEEPING BAG TERBAIK UNTUK TIDUR NYAMAN DI ATAS GUNUNG
Tidur nyaman di atas gunung memang agak sulit diperoleh karena pengaruh ketinggian. Namun dengan mengerti cara memilih sleeping bag terbaik, paling tidak istirahat nyaman di atas gunung bisa kamu d...
Read More
INI 8 SPOT SNORKELING PALING KEREN DI INDONESIA YANG WAJIB KAMU KUNJUNGI
INI 8 SPOT SNORKELING PALING KEREN DI INDONESIA YANG WAJIB KAMU KUNJUNGI
Dengan bentang perairan yang demikian luas, Indonesia sudah pasti adalah surga bagi kamu yang menggemari petualangan air, termasuk snorkeling. Dari ujung Barat banda Aceh hingga ujung Timur Papua, ...
Read More
BEGINI CARA MEMILIH KOMPOR GUNUNG TERBAIK UNTUK MENEMANI PETUALANGANMU
BEGINI CARA MEMILIH KOMPOR GUNUNG TERBAIK UNTUK MENEMANI PETUALANGANMU
Jika kamu adalah tipe petualang yang suka merebus mie instan pada malam hari dan menyeduh tes atau kopi panas di pagi harinya, maka kamu membutuhkan kompor gunung. Kompor outdoor atau kompor gunung...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published