7 FAKTA DAN MISTERI GUNUNG ANDONG YANG JARANG DIKETAHUI PARA PENDAKI

misteri gunung Andong

Di samping memiliki keindahan yang luar biasa memukau, gunung Andong juga ternyata memiliki berbagai hal yang penuh misteri. Misteri gunung Andong dan berbagai fakta di sekelilingnya telah menjadi sesuatu yang umum diketahui pada masyarakat sekitar kaki gunung Andong. Sayangnya bagi para pendaki, fakta dan misteri semacam ini jarang mereka ketahui.

Lantas, apa saja sih, fakta dan misteri gunung Andong tersebut?

Akasaka Journal akan menguraikannya untuk kamu dalam artikel kali ini.

BACA JUGA:

Di Balik Keindahannya, Ini 7 Fakta serta Misteri Gunung Andong yang Jarang Diketahui oleh Para Pendaki

misteri gunung Andong

Kamu mungkin pernah mendengar istilah Watu Pocong Gunung Andong, kan?

Nah, pernahkah kamu bertanya mengapa tempat itu dinamakan Watu Pocong atau Batu Pocong? Apakah memang ada hantu sejenis pocong yang mendiami tempat itu? Ataukah hanya sebutan unik untuk menarik perhatian saja?

Gunung Andong adalah adalah salah satu gunung dengan tingkat kunjungan tertinggi di pulau Jawa, terutama sejak booming-nya aktivitas muncak dan mendaki gunung di kalangan generasi muda Indonesia. Pada setiap akhir pekan, puncak gunung yang terletak di kecamatan Ngablak , kabupaten Magelang ini, bisa dipenuhi oleh ribuan orang pendaki.

Ada beberapa alasan mengapa gunung Andong mendapat perhatian yang demikian tinggi. Alasan pertama adalah karena gunung ini memiliki pemandangan yang indah sekaligus ramah untuk pemula. Alasan kedua mungkin aksesnya yang tidak terlalu jauh. Dan alasan ketiga, seperti halnya misteri gunung Lawu, gunung Andong juga memiliki berbagai fakta dan misteri yang membuat penasaran.

Benarkah demikian?

Lalu, apa saja misteri dan fakta dari gunung Andong tersebut?

Berikut adalah beberapa di antaranya.

Di Puncaknya Terdapat Makam Keramat Ki Joko Pekik

misteri gunung Andong

Jika kamu mendaki gunung Andong melalui jalur Sawit, sebelum mencapai puncak kamu akan menemui sebuah persimpangan jalan setapak yang cukup lebar.

Jalan setapak yang sebelah kanan akan mengarahkan kamu ke puncak gunung Andong di mana terdapat bangunan warung dan juga campground. Akan tetapi jika kamu mengambil jalan sebelah kiri, maka pendakianmu akan membentur sebuah bangunan kecil yang memiliki kubah dan juga gapura.

Nah, tahukah kamu bangunan tersebut?

Itu adalah bangunan makam untuk Ki Joko Pekik, seorang ulama dan penyebar agama islam yang memiliki nama asli Kyai Abdul Faqih.

Ki Joko Pekik adalah ulama yang sangat dihormati di wilayah sekitar kaki gunung Andong. Beliau diyakini sangat berjasa dalam menyebarkan syiar islam di daerah Ngablak, Magelang. Dan makam keramatnya yang ada di puncak Andong telah menjadi salah satu misteri tentang gunung Andong yang begitu menarik perhatian hingga sekarang.

Pernah Menjadi Tempat Ditemukannya Mayat Wanita Tanpa Kepala

misteri gunung Andong

Melihat keindahannya yang luar biasa, kamu mungkin tidak percaya jika gunung Andong juga memiliki sisi gelap yang tumbuh menjadi misteri di atasnya. Dan salah satu misteri gunung Andong Magelang yang terkenal itu pernah terjadi pada tahun 2015 silam.

Pada tahun itu, warga sekitar dan para pendaki yang kebetulan berada di gunung Andong sempat geger karena penemuan mayat manusia di gunung Andong. Mayat yang ditemukan tersebut berjenis kelamin wanita. Dan yang membuat situasinya semakin mengerikan adalah karena mayat itu ditemukan dalam kondisi tanpa memiliki kepala!

Dilansir dari situs pendakigunung.top, penemuan mayat di sekitar gunung Andong tidak terjadi pada saat itu saja. Warga sekitar mengungkapkan bahwa kejadian serupa cukup sering terjadi di gunung Andong.

Hal ini memberi asumsi bahwa  wilayah gunung Andong menjadi tempat pembuangan mayat korban kejahatan.

Ngeri banget, kan?

Memiliki Banyak Jalur dengan Misterinya Sendiri-Sendiri

misteri gunung Andong

Dengan ketinggiannya yang cukup rendah, puncak gunung Andong dapat diakses dari berbagai rute. Di antara banyak rute tersebut, yang paling populer tentu saja adalah rute Andong via Sawit.

Meskipun menjadi rute paling ramai dan paling populer, misteri gunung Andong via Sawit juga cukup sering terdengar, lho. Apalagi jika kamu melihat nama pos-pos yang digunakan pada rute ini yang mungkin saja membuat bulu kuduk merinding karena seram.

Pos Watu Pocong, makam Ki Joko Pekik, dan lain sebagainya, adalah bagian tak terpisahkan dari eksotisme misteri di gunung Andong. Menariknya, rute-rute lain dari pendakian gunung Andong juga memiliki hal yang serupa.

Pendakian gunung Andong via Gogik, pendakian gunung Andong via Pendem, dan lain sebagainya, juga menawarkan berbagai kisah misteri yang akan membuat perjalanan kamu terasa semakin berbeda.

Asal Usul Nama Gunung Andong

misteri gunung Andong

Misteri dan fakta keempat dari gunung Andong ini adalah mengenai namanya sendiri.

Tahukah kamu, bahwa paling tidak ada dua versi yang dapat menjelaskan bagaimana sebenarnya nama gunung Andong disematkan untuk gunung yang indah ini.

Versi yang pertama mengatakan bahwa nama gunung Andong diambil dari kontur atau bentuk puncak gunung Andong yang menyerupai punggung sapi. Punggung sapi atau geger sapi dalam bahasa jawa disebut juga sebagai Geger Andong atau Punggung Andong. Nah, Andong atau Sapi inilah kemudian menjadi ide dasar penamaan gunung ini.

Versi kedua mengatakan bahwa nama gunung Andong berasal dari kata ‘Ndungo, Ndongo atau Andongo’ yang dalam bahasa Jawa berarti berdoa atau memohon sesuatu. Keberadaan puncak makam gunung di mana menjadi petilasan Kyai Abdul Faqih, bisa jadi ikut menjelaskan bahwa gunung ini pernah menjadi tempat berdoa yang kemudian menjadi asal usul nama gunung Andong.

Memiliki Empat Puncak dan Jembatan Setan yang Eksotis

misteri gunung Andong

Cerita misteri gunung Andong selanjutnya mungkin masih berkaitan dengan namanya yang bermakna seperti punggung seekor sapi. Dan layaknya punggung sapi, puncak gunung Andong juga berbaris sejajar dan memiliki empat titik puncak yang utama.

Puncak pertama jika kamu mendaki dari jalur pendakian Andong via Sawit adalah Puncak Makam, kemudian Puncak Jiwa, Puncak Andong dan Puncak Alap-Alap. Hal yang menarik dari puncak-puncak ini adalah bahwa dua puncak di kiri dan kanan seolah menjadi penjaga dari dua puncak di tengah.

Antara Puncak Andong dengan Puncak Alap-Alap, atau antara Puncak Makam dengan Puncak Jiwa, terdapat sebuah punggungan tipis yang menghubungkannya. Dikarenakan strukturnya lebih pipih dan sempit, punggungan penghubung Puncak Alap-Alap dan Puncak Andong juga populer dengan sebutan Jembatan Setan.

Nah, misteri Jembatan Setan gunung Andong juga adalah sesuatu yang unik untuk dari daya tarik pendakian gunung Andong.

Menjadi Setting Bagian Penting dari Novel MMA Trail

misteri gunung Andong

Apakah kamu pernah membaca novel MMA Trail?

Pada salah satu setting novel yang ditulis oleh Anton Sujarwo ini, sang tokoh utama cerita berada di gunung Andong dan terlibat pembicaraan yang dalam dengan pemilik warung di Puncak Jiwa.

Dalam pembicaraan itu, tokoh utama menemukan cerminan kehidupan yang dijalaninya dengan melihat kondisi yang menimpa pemilik warung di Puncak Andong. Pada perkembangan cerita, pembicaraan itu pula yang menuntun sang tokoh untuk berjalan menguak misteri gunung Telomoyo di mana orang yang ia sayangi meninggal dunia dalam perjalanan MMA Trail.

Oh ya, apakah kamu tahu maksud MMA Trail itu sendiri?

Yap, MMA Trail adalah konsep Long Distance Hiking Trail atau LDHT yang digagas oleh penulis novelnya. Konsep ini membuat para peziarah MMA Trail untuk melakukan hiking selama 7 hari penuh dari gunung Merapi, gunung Merbabu, gunung Andong, gunung Telomoyo, hingga danau Rawapening di Salatiga.

Hal yang unik dari konsep ini adalah kamu tidak boleh menggunakan kendaaraan apa pun selama  hiking, walaupun untuk pindah dari basecamp ke basecamp.

Oh ya, buku MMA Trail sendiri bisa kamu download disini, ya!

Menjadi Destinasi Favorit untuk Pendaki Pemula

misteri gunung Andong

Di balik berbagai larangan di gunung Andong karena mitos dan misteri yang meliputinya, kamu juga harus tahu bahwa gunung Andong adalah gunung yang sangat indah. Selain indah, gunung ini juga sangat cocok untuk para pendaki pemula yang mungkin saja ingin mencoba mendaki gunung untuk yang pertama kalinya.

Dengan waktu tempuh hanya dua jam dari basecamp pendakian, perjalanan menuju puncak Andong tentu saja bukanlah pendakian yang panjang. Kesulitan teknis gunung ini juga bisa dibilang tidak begitu signifikan sehingga memang sangat ideal untuk pendaki pemula.

Nah, yang paling keren dari semua ini tentu saja adalah view-nya yang luar biasa indah. Apa yang akan kamu dapatkan di puncak Andong, dijamin tidak akan kalah dengan apa yang bisa kamu dapatkan di puncak Merbabu atau pun Sindoro.

Dari puncak Andong, kamu dapat menyaksikan keindahan gugusan gunung dan alam Jawa Tengah yang indah. Gunung yang lebih besar seperti gunung Merbabu dan Merapi adalah panorama alam disuguhkan persis di hadapan puncak Andong.

BACA JUGA:

misteri gunung Andong

Nah, itu adalah 7 misteri gunung Andong yang sudah cukup populer diketahui oleh masyarakat sekitar kaki gunung Andong, namun mungkin saja belum banyak diketahui di kalangan para pendaki.

Pertanyaannya sekarang adalah; apakah kamu masih tertarik mendaki gunung Andong setelah mengetahui berbagai kisah misteri tersebut?

Nah supaya pendakian kamu di gunung Andong semakin berkesan, yuk, gunakan selalu produk-produk terbaik dari Akasaka Outdoor, ya. Sandal gunung yang super tangguh, apparels yang keren, headwear yang oke punya, dan berbagai accessories mendaki yang very usefull and stylish, akan membuat perjalananmu di gunung Andong menjadi petualangan yang tak terlupakan.

YUK, KLIK DISINI SEKARANG DAN DAPATKAN PRODUK AKASAKA OUTDOOR IMPIANMU

Baca Ini Juga Yuk!

8 ARAH MATA ANGIN DAN PEMANFAATANNYA DALAM DUNIA NAVIGASI
8 ARAH MATA ANGIN DAN PEMANFAATANNYA DALAM DUNIA NAVIGASI
Dalam dunia navigasi, dikenal 8 arah mata angin yang menjadi titik sentral penunjuk arah seorang navigator. 8 poin ini telah umum dikenal baik dalam navigasi darat, laut dan juga udara. Meskipun ar...
Read More
TERNYATA INI 10 FAKTA DAN MISTERI GUNUNG LAWU YANG PALING TERKENAL
TERNYATA INI 10 FAKTA DAN MISTERI GUNUNG LAWU YANG PALING TERKENAL
Gunung Lawu adalah gunung yang paling banyak menyimpan misteri di antara semua gunung-gunung di pulau Jawa. Benar tidak sih, pernyataan semacam ini? Benarkan misteri gunung Lawu benar-benar sangat ...
Read More
INI 14 FILM TERBAIK SEPANJANG MASA UNTUK KAMU SANG PETUALANG FIKSI
INI 14 FILM TERBAIK SEPANJANG MASA UNTUK KAMU SANG PETUALANG FIKSI
Menghabiskan waktu menonton film di bioskop atau di rumah, adalah cara yang banyak dilakukan untuk mengisi waktu senggang. Berbagai daftar film terbaik sepanjang masa biasanya dijadikan referensi u...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published