5 TIPS RAFTING UNTUK PEMULA DAN 7 SPOT ARUNG JERAM TERBAIK DI INDONESIA

 

Berkayuh di atas perahu karet dengan pelampung dan dayung sambil berteriak seru melewati jeram, tentu saja adalah bagian dari daya tarik olahraga rafting atau arung jeram. Selain dapat memacu adrenalin karena penuh dengan tantangan mengarungi arus deras, olahraga rafting juga sangat baik untuk melatih kekompakan dan kerjasama tim.

Akan tetapi karena termasuk salah satu olahraga yang memiliki risiko tingkat menengah, tentu saja rafting tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Namun demikian, untuk kamu yang mungkin masih pemula dalam arum jeram, jangan khawatir, ya. Beberapa tips yang tepat akan membuat kamu dapat mengenal aktivitas pengarungan arus deras dengan senang hati dan tanpa rasa khawatir.

Nah, apa saja tips yang bisa kamu praktikkan untuk memulai aktivitas rafting? Yuk, baca pembahasannya berikut ini.

Beberapa Tips Rafting yang Paling Utama Untuk Para Pemula dan Beberapa Lokasi Refting Terbaik di Indonesia

Sebenarnya rafting adalah sebuah olahraga yang sangat aman, selama ia dilakukan dengan standar dan prosedur yang benar. Namun tanpa pengalaman dan belum pernah mencoba kegiatan ini sebelumnya, aktivitas rafting bisa saja mendebarkan dan mungkin mengkhawatirkan untuk dicoba.

Lalu, bagaimana mengatasi hal ini dan mengubah perkenalan dengan rafting menjadi sesuatu yang menyenangkan?

Nah, berikut adalah beberapa tipsnya.

Yakinkan Kondisi Tubuh Fit dan Stamina Prima

Tips yang pertama adalah dengan memperhatikan kondisi tubuhmu sendiri sebelum memutuskan untuk mengenakan baju pelampung dalam berarung jeram. Kondisi tubuh sangat berpengaruh terhadap aktivitas apa pun yang dilakukan, terlebih-lebih untuk olahraga yang sangat menantang dan aktif bergerak seperti halnya olahraga menyusuri jeram di sungai.

Dengan tubuh yang sehat dan stamina yang prima, kamu akan mampu memegang paddle dengan mantap sambil terus menikmati keseruan menyusuri arus sungai. Dinginnya air sungai dan bermacam tantangan selama proses berarung jeram, tidak akan mempengaruhi kondisi tubuhmu karena memang  dalam kondisi fit dan prima.

Gunakan Perlengkapan Rafting Secara Lengkap dan Sempurna

Tips kedua yang harus kamu praktikkan saat mencoba melakukan rafting atau arung jeram adalah dengan menggunakan perlengkapan yang komplit. Perlengkapan yang dimaksud disini tentu saja adalah alat perlindungan diri seperti pelampung dan helm, dan juga perlengkapan operasional arung seperti paddle (bahasa inggris dayung), perahu, tali, dan lain sebagainya.

Dalam pemilihan perlengkapan untuk APD (Alat Pelindung Diri) seperti helm dan pelampung, pastikan kamu menggunakan perlengkapan yang ideal dengan tubuhmu. Artinya tidak terlampau besar dan juga tidak terlalu kecil. Ukuran APD yang proporsional akan membuat arung jeram yang kamu lakukan lebih nyaman dan menyenangkan.

Pilih Operator Rafting yang Profesional dan Berpengalaman

Sebelum masuk ke perahu karet dan mulai mengayuh mengikuti arus air, kamu juga harus memastikan bahwa operator arung jeram yang kamu gunakan adalah profesional dan berpengalaman.

Operator arung jeram yang profesional dan memiliki pengalaman tentu lebih direkomendasikan daripada operator yang mungkin baru terjun dalam aktivitas pemanduan refting. Pengalaman dan profesional akan membuat operator yang kamu gunakan akan mampu memprioritaskan dirimu dan keselamatanmu dalam menghadapi setiap tantangan ketika sedang berarung jeram.

Ikuti Instruksi Pemandu dan Katakan jika Kamu Tidak Bisa Berenang

Hal yang masih berhubungan pula dengan profesionalisme dan pengalaman operator arung jeram adalah mereka akan mempekerjakan para guide yang terbaik untuk menemani perjalanan kamu. Dan tentunya para guide arum jeram akan sangat mengerti bagaimana membuat kamu menikmati rafting dengan aman dan nyaman.

Termasuk dalam hal ini misalnya adalah bahwa kamu tidak bisa berenang. Jangan khawatir dengan hal itu dan sampaikan saja kepada guide dengan jujur dan apa adanya. Guide arung jeram biasanya akan memberikan kamu posisi duduk yang khusus karena hal ini, sehingga ia dapat dengan mudah membantumu jika kamu mengalami masalah.

Jangan Panik Jika Terjatuh atau pun Perahu Terbalik

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan saat pertamakali mencoba aktivitas rafting adalah dengan tidak panik saat terjadi sesuatu yang membuat adrenalinmu meloncat. Hal ini misalnya ketika kamu terjatuh dari perahu, atau pun karena perahunya sendiri terbalik lantaran arus sungai yang kuat.

Jika hal ini kemudian terjadi maka jangan panik! Ingat kembali apa instruksi pemandu yang telah disampaikan kepada kamu, dan lakukan sebaik yang kamu bisa.

Supaya kamu semakin merasa aman, yakinkan pula bahwa perangkat keselamatan yang kamu gunakan juga akan membantu kamu untuk kembali ke atas perahu dan mendayung kembali dengan riang gembira.

BACA JUGA: 6 KESALAHAN DALAM RAFTING YANG PALING SERING TERJADI

7 Spot Rafting Terbaik di Indonesia untuk Referensi Berarung Jeram

Nah sekarang, setelah kamu mengetahui berbagai tips melakukan rafting untuk pemula, ada baiknya pula kamu mengetahui dimana saja spot atau lokasi paling bagus untuk beraktivitas rafting di Indonesia. Dengan informasi ini, kamu juga bisa memilih mana spot yang paling cocok untuk kamu coba.

Lalu, apa saja spot rafting terbaik di Indonesia? Berikut ini tujuh di antaranya.

Sungai Serayu di Banjarnegara, Jawa Tengah

Meskipun belum sepopuler spot pengarungan arus deras lainnya, namun Sungai Serayu termasuk salah satu spot untuk berarung jeram yang banyak direkomendasikan di Indonesia. Dengan grade sungai yang bervariasi, Serayu dapat menjadi tempat yang asyik untuk mengayuh dayung baik untuk pemula, mau pun untuk kamu yang sudah pro.

Selain bisa menjadi destinasi menarik untuk arum jeram, Sungai Serayu di kabupaten Banjarnegara ini juga memiliki beberapa destinasi wisata alam yang sangat layak kamu kunjungi. Jadi, setelah mengadu adrenalin dengan menunggangi perahu karet, kamu dan timmu juga bisa bersantai menikmati keindahan alam Banjarnegara di tepian Sungai Serayu.

Sungai Progo di Jogjakarta, Jawa Tengah

Masih di Jawa Tengah, medan menarik untuk berbasah-basahan arung jeram selanjutnya adalah Sungai Progo atau Kali Progo yang terletak di Jogjakarta. Dan seperti sungai Serayu, Sungai Progo juga menyediakan variasi tantangan yang dapat dijadikan tujuan untuk pemula mau pun profesional sebagai rafter.

Untuk para profesional dengan pengalaman yang sudah cukup baik, bagian bawah sungai Progo sangat layak untuk dicoba dengan grade IV-nya yang menantang. Sementara untuk para pemula, bagian menyenangkan dengan varian grade III dapat dilakukan di di bagian atas Kali Progo.

Sungai Citarik di Sukabumi, Jawa Barat

Selanjutnya yang juga memjadi destinasi favorit untuk rafting di Indonesia adalah Sungai Citarik di Sukabumi, Jawa Barat. Menariknya, sungai Citarik seringkali dianggap sebagai surganya rafting untuk keluarga karena grade-nya yang ramah untuk para pemula.

Namun demikian, untuk mengarungi sungai Citarik ini, kamu juga sebaiknya menggunakan pemandu dan perlengkapan arung jeram yang lengkap. Life jacket atau life vest (bahasa Inggris pelampung) juga tidak boleh kamu tinggalkan untuk menyusuri jeram demi jeram di sungai ini.

Sungai Pekalen di Probolinggo, Jawa Timur

Jawa Timur juga memiliki banyak sungai yang ideal digunakan untuk berarung jeram. Salah satu sungai yang paling menarik adalah Sungai Pekalen yang terletak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Sungai Pekalen memiliki tingkatan yang cukup lengkap juga untuk dijelajahi seorang rafter, baik pemula mau pun profesional. Selain itu, Sungai Pekalen juga diperkaya dengan keindahan alamnya yang luar biasa memanjakan mata. Bahkan jika kamu termasuk yang suka dengan air terjun, di tempat ini kamu bahkan bisa menikmati tujuh air terjun saat menyusurinya.

Sungai Elo di Magelang, Jawa Tengah

Kembali lagi ke Jawa Tengah, kamu kali ini bisa menikmati keindahan bumi Borobudur dengan menyusuri sungai Elo yang menawan. Pengalaman mendayung di sungai ini akan semakin menarik jika debit air sedang besar karena tantangan jeram dan arus sungainya menjadi lebih kuat dan kaya.

Sungai Elo di Magelang termasuk salah satu sungai dengan banyak sekali menjadi tujuan wisata arus deras. Selain aliran utama sungai Elo yang menjadi poros utama para rafter merengkuh paddle, anak-anak aliran sungai Elo juga menjadi tempat aktivitas watersport lainnya seperti tubing dan sebagainya.

Sungai Sa’dan di Sulawesi Selatan

Jika kamu berkunjung ke propinsi Sulawesi Selatan dan ingin mencoba sensasi berarung jeram di tanah Para Daeng, maka sungai Sa’dan adalah yang paling layak direkomendasikan buat kamu. Sungai yang pernah menjadi lokasi kompetisi rafting tingkat nasional ini membentang sejauh 100 kilometer dengan panorama keasrian bumi Celebes yang mempesona.

Untuk grade yang disediakan, Sungai Sa’dan juga memiliki variasi yang dapat dipilih oleh pemula mau pun profesional. Dan karena pernah menjadi rumah bagai kompetisi tingkat nasional, maka tentu saja operator dan pemandu rafting di sungai ini juga sudah cukup berpengalaman.

Sungai Alas di Nangroe Aceh Darussalam

Lokasi terakhir dan mungkin yang paling menantang sebagai rekomendasi spot terbaik untuk berarung jeram adalah sungai Alas di propinsi paling barat Indonesia, Nangroe Aceh Darussalam. Sungai Alas masuk dalam wilayah Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) dan membelah hutan yang rapat di Serambi Mekah ini dengan arusnya yang menantang.

Di Sungai Alas, pengarung jeram tidak hanya datang dari Indonesia, namun rafter dari mancanegara juga pernah menjajal arus sungai ini yang memiliki kelas grade IV. Batu-batu yang besar serta jeram-jeram yang bergelombang akan menjadi medan penjelajahan yang sangat menantang untuk petualanganmu di atas perahu karet.

BACA JUGA: SEJARAH SERTA PERBEDAAN ANTARA ARUNG JERAM DAN RAFTING

Nah, itu adalah beberapa tips penting sekaligus juga spot paling menarik untuk aktivitas rafting yang ada di Indonesia. Jika kamu berniat untuk mencoba olahraga arung jeram dan menghabiskan liburan dengan cara yang menantang, tentu saja rafting adalah pilihan yang bisa kamu pertimbangkan.

Dan sebagai saran terakhir untuk membuat kegiatan mengarungi jerammu semakin berkesan, gunakan selalu alas kaki yang nyaman dan tangguh, ya. Selain alas kaki, kamu juga dapat membekali diri dengan kaos bertualang yang kuat, tidak berat saat basah dan juga tetap fashionable untuk mewakili jiwa penjelajahanmu.

Tentu saja untuk kebutuhan itu semua, produk petualangan berupa sandal outdoor terbaik dan kaos pendaki gunung terbaik dari Akasaka adalah pilihan yang paling ideal.

KLIK DISINI UNTUK MENDAPATKAN REKOMENDASI PRODUK OUTDOOR TERBARU DARI AKASAKA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a comment

All comments are moderated before being published