5 PERLENGKAPAN WAJIB PAKAIAN PENDAKI GUNUNG YANG IDEAL

Sebagai salah satu kegiatan luar ruang yang cukup berisiko, mendaki gunung tentu saja tidak dapat dilakukan sembarangan. Segala sesuatunya haruslah disiapkan dengan baik, mulai dari perlengkapan teknis sampai pakaian pendaki gunung yang ideal. Tujuan utama dari hal ini adalah terciptanya rasa nyaman dan aman selama proses pendakian berlangsung.

Lalu, apa sajakah yang perlu disiapkan sebagai pakaian untuk camping atau mendaki gunung yang ideal? Apakah ada perbedaannya dengan pakaian yang biasa digunakan sehari-hari? Untuk lebih jelasnya, yuk, simak pembahasannya berikut ini.

Pakaian Pendaki Gunung yang Ideal Digunakan Supaya Aman dan Nyaman Selama Pendakian

Dalam setiap kegiatan petualangan atau pun olahraga luar ruang, faktor kenyamanan dan keamanan harus menjadi pertimbangan utama. Hal ini tentu saja menyangkut semua hal yang menjadi perlengkapan yang digunakan. Baik itu yang sifatnya teknis, mau pun untuk sesuatu yang lebih bersifat reguler.

Untuk sebuah aktivitas pendakian gunung, hiking, atau camping yang ringan sekali pun, pakaian tentu saja harus menjadi salah satu bagian yang dapat mendukung penuh kelancaran aktivitas tersebut. Untuk kepentingan itu, tentu saja pakaian yang dimaksud tersebut haruslah pula memiliki kriteria-kriteria tertentu yang mampu menunjang performance-nya.

Nah, sebelum membahas 5 pakaian yang harus dibawa saat mendaki gunung, tidak ada salahnya pula untuk mengetahui beragam kriteria pakaian seorang pendaki gunung yang ideal. Dan berikut ini beberapa kriterianya;

Pakaian Seorang Pendaki Gunung Harus Nyaman

Apa pun jenis pakaian yang digunakan oleh seorang pendaki gunung, maka syarat utamanya adalah ia harus nyaman. Pengertian nyaman disini bahwa pakaian tersebut sama sekali tidak membuat rasa mengganggu selama proses pendakian berlangsung. Karena tentu saja, untuk sebuah aktivitas pendakian gunung yang membutuhkan banyak tenaga dan gerakan, ada beberapa jenis pakaian yang tidak nyaman digunakan.

Ini seperti Kamu menggunakan jeans yang tebal saat mendaki gunung. Dari jenis materialnya, bahan jeans tentu saja kuat dan tangguh. Namun dari sisi kenyamanannya di atas gunung, jeans kadang tidak dapat memberikan harapan yang banyak. Selain tidak mudah kering jika terkena basah, kain jeans juga cenderung lebih kaku untuk pergerakan yang aktif sewaktu mendaki.

Pakaian Seorang Pendaki Gunung Harus Aman

Setelah nyaman, maka seorang pendaki gunung juga harus mempertimbangkan faktor keamanan pakaian yang ia gunakan. Pakaian yang nyaman digunakan di lingkungan rumah dan perkotaan,  belum tentu aman jika dibawa ke atas gunung.

Ambil contoh pada poin ini misalnya adalah sepatu kets atau sneaker untuk pakaian pendaki gunung pria atau pun wanita. Dari sisi kenyamanan, sepatu kets atau sneaker tentu saja sangat nyaman dan soft di kaki. Namun jika dibawa ke lingkungan gunung yang keras, berlumpur, penuh batu cadas dan semak berduri, maka sneaker dengan spesifikasi yang diketahui secara umum, tentu saja tidak aman untuk digunakan.

Pakaian Seorang Pendaki Gunung Harus Tangguh

Selanjutnya faktor penting yang turut menjadi kriteria pakaian pendakian gunung adalah mengenai performance atau ketangguhannya di lapangan. Jadi, selain harus aman dan juga nyaman, tangguh, kuat dan tahan terhadap berbagai kondisi adalah perhitungan lain dalam menentukan pakaian untuk melakukan pendakian.

Naik gunung pake celana training itu tentu saja aman dan nyaman. Aman karena celana training umumnya cukup dan hangat, juga nyaman karena tidak akan mengganggu pergerakan selama mendaki. Akan tetapi celana training dengan spesifikasi yang umum tidak ideal untuk berhadapan dengan batuan tajam, ranting penuh duri, atau pun misalnya jalanan berlumbur yang basah dan licin.

Jadi pada konteks ini, ketangguhan tidak dimiliki oleh celana training jika digunakan untuk mendaki gunung.

Pada umumnya tiga kriteria tersebutlah yang paling utama digunakan untuk memilih pakaian dalam mendaki gunung. Kriteria lain semacam quick dry, stretch, atau pun mencolok dari sisi warna, adalah saran-saran tambahan yang merupakan pengembangan dari ketiga kriteria sebelumnnya pula.

5 Perlengkapan Utama Sebagai Pakaian Untuk Mendaki Gunung yang Aman dan Menyenangkan

Setelah mengetahui beberapa kriteria yang dijelaskan sebelumnya, selanjutnya apa saja, sih, item yang paling umum dan direkomendasikan untuk digunakan dalam pendakian gunung? Nah, berikut ini daftarnya untuk Sobat Akasaka semua.

Penutup Kepala

Menggunakan sesuatu untuk melindungi kepada pada saat mendaki gunung, hukumnya adalah wajib. Kamu bisa memilih menggunakan topi dengan berbagai bentuk, model, ukuran dan juga pilihan bahan yang tersedia. Oya, topi dengan model tertentu juga penting digunakan sebagai pakaian pendaki wanita berhijab, lho. Kain hijab yang ditutupi topi akan cenderung lebih aman misalnya saat melewati areal ranting-ranting tajam yang penuh dengan duri.

Dari sisi model, topi untuk mendaki gunung tentu saja memiliki banyak pilihan yang bisa kamu gunakan. Untuk lebih populer kamu bisa menggunakan topi rimba yang sangat identik dengan penjelajahan dan petualangan. Untuk dingin dan menghangatkan kepala dari terpaan udara dingin gunung yang mencucuk tulang, kamu juga misalnya dapat memilih jenis beanie hat atau pun kupluk.

Topi untuk mendaki gunung juga memiliki pilihan yang lebih universal berbentuk baseball style atau trucker pada umumnya. Selain sangat nyaman digunakan saat hiking, topi jenis ini juga nyaman dan aman digunakan saat sedang menikmati kebersamaan di camp ground bersama rekan-rekan pendaki lainnya.

KLIK TAUTAN INI UNTUK REKOMENDASI TOPI MENDAKI GUNUNG TERBAIK DARI AKASAKA OUTDOOR

Base Layer atau T-Shirt

Pakaian kedua yang menjadi pakaian wajib seorang pendaki gunung adalah base layer atau kaos yang digunakan sebagai lapisan pertama saat mendaki gunung. Nah, kaos untuk mendaki gunung sendiri memiliki beberapa kriteria yang istimewa supaya nyaman, aman dan tangguh saat digunakan bertualang di alam bebas.

Oya, kaos juga  bisa menjadi outfit naik gunung wanita hijab yang ideal, dengan catatan bahan dan spesifikasinya kaos yang digunakan juga nyaman dan aman. Pertimbangan yang paling umum digunakan dalam memilih kaos untuk mendaki gunung adalah kemampuan breathable, elastisitas, atau juga kemampuannya untuk cepat kering ketika terkena basah.

Kaos pendaki gunung umumnya menggunakan bahan katun kualitas premium yang memungkinkanya untuk tetap nyaman dikenakan ketika matahari sedang terik. Penambahan gambar, corak, atau pun logo, juga penting sebagai bagian dari identitas aktivitas pendakian yang dilakukan.

Meskipun tidak begitu memiliki korelasi dengan ketangguhan dan keamanan, namun desain corak yang menarik juga akan membantu outfit lifestyle pendakianmu menjadi lebih menarik.

KLIK TAUTAN INI UNTUK REKOMENDASI KAOS MENDAKI GUNUNG TERBAIK DARI AKASAKA OUTDOOR

Celana Hiking

Dalam aktivitas pendakian gunung di Indonesia yang umumnya juga disebut dengan hiking, celana yang digunakan umum terbagi dua dari sisi desainnya; yakni celana pendek gunung atau pun celana  panjang. Baik pilihan celana panjang atau pun pendek tentu sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, kamu dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan yang kamu inginkan.

Selain bentuk pendek dan panjang, celana untuk mendaki gunung juga dibagi lagi dalam banyak spesifikasi berdasarkan materialnya, desainnya, medan penggunaannya, dan lain sebagainya.

Akan tetapi dari sisi kualifikasi yang paling diperhitungkan pada umumnya adalah mengenai kekuatan, elastisitas atau stretch, quick dry atau cepat kering, dan pada beberapa pilihan juga memiliki kemampuan waterproof.

KLIK TAUTAN INI UNTUK REKOMENDASI CELANA MENDAKI GUNUNG TERBAIK DARI AKASAKA OUTDOOR

Alas Kaki

Di Indonesia, sandal gunung masih sangat umum digunakan dalam proses pendakian. Selain bisa sama tangguhnya dengan sepatu, sandal gunung juga lebih ringan ketika digunakan. Jadi pada konteks ini, kamu sendiri boleh memilih mau menggunakan alas kaki apa saat mendaki gunung; sepatu gunung ataukah sandal gunung?

Jika kamu memilih sepatu gunung sebagai alas kaki dalam pendakian, maka pilihannya pun terbagi lagi. Kamu bisa memilih yang high boots, mid shoes, atau bahkan yang model low hiking shoes. Dan setiap pilihan juga memberikan kamu beberapa penyesuaian mengenai fungsi dan keunggulannya masing-masing.

Sementara misalnya kamu memilih sandal gunung, kamu juga disuguhi beberapa pilihan yang menarik. Kamu dapat memilih desain yang klasik dengan strap yang menyilang di atas punggung kaki, desain jepit yang lebih umum, atau pun yang lainnya.

Akan tetapi yang paling utama  dalam memilih sandal jepit gunung adalah dengan mempertimbangkan kekuatan dan juga kenyamananya saat melalui beragam medan pendakian.

KLIK TAUTAN INI UNTUK REKOMENDASI SEPATU ATAU SANDAL MENDAKI GUNUNG TERBAIK DARI AKASAKA OUTDOOR

 

Jaket Gunung

Setelah alas kaki yang bisa kamu pilih antara sandal gunung atau sepatu gunung, maka jaket adalah pakaian yang harus dibawa saat mendaki gunung selanjutnya. Jaket adalah perlindungan yang krusial terhadap udara dingin pegunungan. Selain itu, jaket juga mampu menjadi proteksi yang baik untuk hujan, angin, atau pun ranting belukar yang tajam saat di perjalanan.

Seperti halnya pakaian mendaki gunung yang lainnya, jaket juga memiliki banyak pilihan yang beraneka ragam. Prioritas utama yang banyak dijadikan rujukan dalam mempertimbangkan sebuah jakert gunung adalah faktor materialnya dan juga desainnya. Termasuk dalam hal ini misalnya apakah jaket gunung tersebut waterproof, windproof, breathable dan lain sebagainya.

Jaket gunung dengan desain yang menarik dan kualitas yang sempurna, juga dapat menjadi ootd ke gunung hijabers bagi para pendaki yang muslimah. Menggunakan outfit of the day atau OOTD yang tepat tidak saja akan membuat kamu lebih percaya diri, namun juga menjadikan kamu lebih nyaman dan leluasa dalam pendakian yang dilakukan.

KLIK TAUTAN INI UNTUK REKOMENDASI JAKET MENDAKI GUNUNG TERBAIK DARI AKASAKA OUTDOOR

Nah, itu adalah lima pakaian wajib untuk mendaki gunung yang dapat kamu jadikan sebagai pertimbangan untuk pendakianmu. Tentu saja selain ini, masih ada cukup banyak peralatan lain yang harus digunakan terkait dengan perlengkapan dalam mendaki gunung. Perlengkapan lain misalnya adalah tas gunung, alat masak, tenda, kantong tidur, dan lain sebagainya.

Oya, untuk 5 pakaian pendaki gunung yang ideal di atas, semuanya bisa kamu dapatkan di Akasaka Outdoor, lho. Bahkan untuk kelima produk dengan kategori tersebut, Akasaka Outdoor adalah salah satu produsen dan brand yang paling direkomendasikan di Indonesia. Hal ini tentu saja merupakan hasil dari konsistensi dan integritas Akasaka Outdoor dalam menjamin kualitas produk yang dihasilkan.

Selanjutnya, selamat bertualang dan mendaki gunung, ya.

Dan untuk kamu yang membutuhkan perlengkapan mendaki gunung terbaik dengan kualitas istimewa, ikuti saja tautan yang sudah dibagikan di atas.

Selamat berbelanja di Akasaka!

KLIK DISINI UNTUK KOLEKSI PRODUK OUTDOOR TERBARU DARI AKASAKA OUTDOOR UNTUK KENYAMANAN PENDAKIAN DAN PETUALANGANMU

 

 

Leave a comment

All comments are moderated before being published