5 KISAH PENDAKI GUNUNG HILANG YANG PALING TERKENAL DI DUNIA

pendaki gunung hilang

Cerita tentang pendaki gunung hilang tentu saja bukan cerita yang baru dalam dunia pendakian gunung. Pegunungan dengan segala tantangan yang ada didalamnya, telah menjadi sebuah medan yang menelan banyak para petualang yang memasukinya. Dengan berbagai penyebab dan cara, kematian, kehilangan dan tragedi adalah sesuatu yang lumrah di atas gunung.

Kasus adanya pendaki gunung hilang di Indonesia juga bukan hal yang asing terdengar di telinga. Sobat Akasaka pasti sering mendengar kan, adanya para pendaki yang nyasar, kehilangan kontak, dan berakhir pada kematian. Gunung-gunung di Indonesia dengan hutan dan rimba yang masih terjaga, juga telah menjadi saksi dan akhir dari para petualang yang menjelajahinya.

Nah, di antara banyak kisah mengenai pendaki gunung hilang tersebut, ada beberapa di antaranya yang dianggap paling terkenal. Hilangnya para pendaki ini menyita banyak perhatian dan masyarakat. Bahkan hingga hari ini, masih tetap ada orang-orang yang membicarakan mengenai hilangnya para pendaki gunung itu.

Lantas, kisah apa saja yang paling populer dari cerita para pendaki gunung yang hilang di dunia mountaineering? Berikut Akasaka Journal telah merangkumnya untuk kamu.

Yuk, dibaca sampai tuntas, ya

5 Kisah Pendaki Gunung Hilang yang Paling Populer Sepanjang Masa

pendaki gunung hilang

Kisah pendaki gunung yang tersesat atau nyasar, adalah sebuah kisah klasik yang masih sering terjadi hingga saat ini. Para pendaki yang nyasar ini ada yang berhasil ditemukan lagi dalam kondisi selamat, dan ada pula yang ditemukan dalam kondisi yang sudah tidak bernyawa. Namun, ada pula di antara para pendaki yang bernasib malang itu, yang dikatakan benar-benar hilang dan tidak dtemukan jejaknya sedikit pun.

Kisah para pendaki gunung yang menghilang itu kemudian berkembang menjadi sebuah legenda yang terus diceritakan hingga sekarang. Ada banyak faktor yang membuat kisah hilangnya pendaki gunung itu kemudian dianggap sebagai cerita menarik. Dari penyebab hilangnya sampai dengan mitos yang berkembang, ikut membuat kisah-kisah tersebut semakin populer.

Nah, berikut ini Akasaka Journal telah merangkum 5 kisah pendaki gunung hilang yang paling terkenal di dunia. Mari, simak daftarnya berikut ini;

BACA JUGA:

Hilangnya George Leigh Mallory dan Andrew Irvine di Gunung Everest

pendaki gunung hilang

Tentunya kamu sudah sangaf familiar dengan nama George Leigh Mallory, kan?

Pada tahun 1924, seorang pendaki gunung Inggris sekaligus kameramen ekspedisi bernama Noel Odell melihat sosok George Leigh Mallory dan Irvine Andrew sedang mendaki perlahan menuju piramida terakhir puncak gunung Everest. Tak lama berselang, sebuah kabut menutupi pandangan Noel Odell yang membuatnya memutuskan untuk kembali ke tenda.

Setelah kabut menghilang, Noel Odell kembali melihat puncak Everest melalui binokularnya dan menemukan bahwa sosok yang dilihatnya tadi sudah lenyap. Dan itu adalah terakhir kalinya pendaki gunung George Mallory dan Irvine Andrew terlihat masih hidup. Karena sejak hari itu keduanya menghilang untuk selamanya di gunung tertinggi di dunia tersebut.

Nah, tahukah kamu mengapa hilangnya pendaki gunung Andrew Irvine dan George Mallory demikian terkenal hingga sekarang?

pendaki gunung hilang

Alasan pertama karena George Mallory adalah salah satu pendaki gunung paling terkenal di dunia. Dan alasan kedua adalah karena adanya sebuah kontroversi yang berkembang bahwa sebelum keduanya menghilang, mereka telah berhasil mencapai puncak Everest terlebih dahulu.

Dan alasan kedua inilah yang dianggap paling menentukan popularitas dalam peristiwa hilangnya kedua pendaki tersebut.

Hilangnya Jean Christophe Lafaille di Gunung Makalu

pendaki gunung hilang

Sebelum hilang di Makalu, nama Jean Christophe Lafaille sebelumnya pernah ramai diperbincangkan ketika ia sempat menghilang di gunung Annapurna. Ketika itu Jean Christophe Lafaille sedang dalam ekspedisi pendakian sisi selatan gunung Annapurna bernama dengan Pierre Beghin. Sewaktu Pierre Beghin jatuh ke jurang dan tewas, Jean Lafaille terpaksa survival di atas gunung dengan peralatan yang sangat terbatas.

Setelah melalui berbagai kesulitan di atas gunung, Jean Christophe Lafaille akhirnya berhasil mencapai basecamp Annapurna. Nama Jean Lafaille dalam peristiwa ini dapat dikategorikan mewakili kelompok pendaki hilang yang ditemukan selamat dan mampu turun kembali hingga ke base camp.

pendaki gunung hilang

Apa yang terjadi pada Lafaille di Annapurna, tidak lagi terjadi padanya saat kembali dinyatakan hilang di Makalu. Meskipun pendakiannya saat itu demikian populer sebagai sebuah prestasi mountaineering yang luar biasa, namun Jean Lafaille akhirnya tidak pernah kembali setelah menghilang di gunung Makalu pada upayanya untuk mendaki gunung tertinggi ke-5 di dunia itu secara solo dan pada musim dingin.

Hilangnya Anatoli Boukreev di Gunung Annapurna

pendaki gunung hilang

Kisah pendaki gunung yang hilang selanjutnya dan cukup populer hingga saat ini adalah tentang Anatoli Boukreev yang menghilang dalam pendakiannya di Annapurna South Face.

Oh ya, apakah kamu mengenal nama Anatoli Boukreev itu?

Jika kamu banyak membaca tentang sejarah dunia pendakian gunung di Indonesia. Atau setidaknya sempat mengetahui ekspedisi tim Kopassus Indonesia ke puncak Everest tahun 1997, maka kamu pasti mengenal nama Anatoli. Pendaki berdarah Kazakzstan ini adalah pelatih, pemimpin ekspedisi, sekaligus guide yang yang mengantarkan tim Kopassus Indonesia mencapai puncak Everest.

Beberapa waktu setelah kesuksesannya memimpin tim Indonesia ke gunung tertinggi di dunia atau Everest, Anatoli kemudian mengikuti sebuah ekspedisi untuk mencapai puncak gunung Annapurna melalui sisi selatan. Pendakian di gunung Annapurna ini terkenal sangat sulit dan menantang, bahkan sudah ada beberapa pendaki gunung yang hilang di tempat ini sebelum pendakian Anatoli sendiri.

pendaki gunung hilang

Seperti yang kemudian dicatat oleh sejarah, Anatoli Boukreev kemudian menghilang di Annapurna South Face setelah sebelumnya ia sempat dihantam patahan serac yang runtuh. Pendakiannya sendiri saat itu bersama dua orang teman yakni, Simone Moro dari Italia dan Dmitri Sobolev dari Rusia.

Dari 3 pendaki ini, hanya Simone Moro yang berhasil selamat dari musibah di Annapurna South Face untuk menceritakan kejadian yang sangat membekas dalam dunia mountaineering tersebut.

Hilangnya Naomi Uemura di Gunung Denali

pendaki gunung hilang

Jika kamu pernah penasaran mengenai misalnya; siapa sebenarnya pendaki gunung solo paling tangguh di dunia? Maka kamu mungkin akan direkomendasikan untuk mengenal nama ini; Naomi Uemura.

Uemura adalah salah satu petualang paling besar yang pernah dilahirkan untuk Jepang dan dunia. Ia dalam pengembaraannya, telah menciptakan berbagai model petualangan yang sangat mengangumkan untuk diceritakan. Selain termasuk salah satu orang Jepang pertama mencapai puncak Everest, Naomi Uemura adalah pendaki gunung pertama di dunia yang mencapai puncak gunung Denali di Alaska secara solo.

pendaki gunung hilang

Petualangan populer lain dari seorang pendaki gunung terkenal Naomi Uemura adalah ketika ia menjadi orang pertama di dunia yang menyeberangi Antartika secara solo. Ia juga pernah menyeberangi Alaska secara solo. Atau bahkan pada sebuah kesempatan, Uemura juga pernah mengarungi sungai Amazon yang ganas di Brazil secara solo.

Hilangnya pendaki gunung Naomi Uemura termasuk dalam salah satu kisah pendaki gunung hilang yang paling terkenal di dunia. Kala itu Naomi Uemura sedang melakukan upaya pendakian musim dingin secara solo di gunung McKinley atau Denali, namun setelah berhasil mencapai puncak dan mengabarkan keberhasilannya, Uemura menghilang dan tak pernah ditemukan hingga sekarang.

Hilagnya Wanda Rutkiewicz di Gunung Kangchenjunga

pendaki gunung hilang

Dapat dibilang bahwa Wanda Rutkiewicz adalah pendaki gunung wanita pertama yang terbesar sepanjang sejarah. Sebelum kehadiran nama-nama terkenal seperti Gerlinde Kaltenbrunner, Edurne Pasaban atau pun Oh Eun Sun, nama Wanda Rutkiewicz sudah lebih dulu malang melintang dalam dunia mountaineering sebagai seorang legenda.

Wanda adalah pendaki gunung wanita dari Polandia yang menjadi pendaki gunung wanita ke-3 di dunia yang berhasil mencapai puncak Everest. Selain itu, ia juga adalah pendaki gunung wanita pertama di dunia yang berhasil mencapai puncak gunung K2 yang merupakan gunung tersulit di dunia.

Setelah mencapai tujuh puncak gunung dengan ketinggian delapan ribu meter, Wanda Rutkiewicz kemudian mendaki di gunung Kangchenjunga yang merupakan gunung tertinggi di dunia yang ke-3 setelah Everest dan K2. Sayang dalam upayanya ini, Wanda Rutkiewicz menghilang dan tak pernah kembali lagi.

Pendaki Gunung yang Hilang di Indonesia

pendaki gunung hilang

Di Indonesia, juga ada banyak kisah pendaki gunung hilang yang menyita perhatian publik. Nah, apakah kamu masih ingat beberapa kisah yang populer tentang hal ini?

Kamu mungkin masih ingat bagaimana pendaki gunung hilang Thoriq yang kemudian ditemukan sudah tidak bernyawa di gunung Pyramid, Jawa Timur. Lalu, kamu juga tentu masih ingat kan, bagaimana pendaki gunung Lawu bernama Alvi dari kota Magelang yang juga menghilang dalam pendakiannya?

Menariknya di Indonesia, kisah Alvi pendaki gunung yang hilang atau Thoriq, atau siapa pun saja, hampir selalu dikaitkan dengan berbagai kejadian mistis yang mengiringinya. Cerita mistis pendaki yang hilang di Indonesia pada umumnya jauh lebih menarik untuk disimak dibandingkan realitas dari pendakiannya itu sendiri.

BACA JUGA:

pendaki gunung hilang

Sobat Akasaka, itu adalah beberapa kisah pendaki gunung hilang yang paling terkenal untuk kamu ketahui. Bagaimana pun kejadian dan popularitasnya mengenai hal ini, mendaki gunung atau mountaineering sendiri adalah aktivitas yang penuh risiko dan tidak dapat dilakukan secara sembarangan.

Nah, supaya kegiatan mendaki gunung dan bertualang yang kamu lakukan tetap aman dan nyaman, yuk, gunakan selalu berbagai produk terbaik dari Akasaka Outdoor, ya. Kualitas yang telah teruji dalam berbagai produk yang didedikasikan, akan membuat aktivitas petualangan yang kamu lakukan semakin nyaman dan aman.

Jadi, selamat bertualang, Sobat Akasaka!

KLIK DISINI DAN DAPATKAN BERBAGAI PRODUK PENDAKIAN GUNUNG PALING KEREN DARI AKASAKA OUTDOOR

 

Baca Ini Juga Yuk!

TERNYATA INI 10 MISTERI GUNUNG PADANG YANG MENGGUNCANG DUNIA
TERNYATA INI 10 MISTERI GUNUNG PADANG YANG MENGGUNCANG DUNIA
Dengan potensi yang dimilikinya, situs Gunung Padang adalah satu-satunya situs megalitikum terbesar di dunia yang pernah ada. Artinya, situs megalitikum raksasa dunia seperti piramida di Giza dan j...
Read More
8 ARAH MATA ANGIN DAN PEMANFAATANNYA DALAM DUNIA NAVIGASI
8 ARAH MATA ANGIN DAN PEMANFAATANNYA DALAM DUNIA NAVIGASI
Dalam dunia navigasi, dikenal 8 arah mata angin yang menjadi titik sentral penunjuk arah seorang navigator. 8 poin ini telah umum dikenal baik dalam navigasi darat, laut dan juga udara. Meskipun ar...
Read More
TERNYATA INI 10 FAKTA DAN MISTERI GUNUNG LAWU YANG PALING TERKENAL
TERNYATA INI 10 FAKTA DAN MISTERI GUNUNG LAWU YANG PALING TERKENAL
Gunung Lawu adalah gunung yang paling banyak menyimpan misteri di antara semua gunung-gunung di pulau Jawa. Benar tidak sih, pernyataan semacam ini? Benarkan misteri gunung Lawu benar-benar sangat ...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published