5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mengikuti Kompetisi Orienteering

Bagi Sobat Akasaka yang menggemari olahraga outdoor, orienteering tentu sudah bukan hal yang baru lagi. Orienteering merupakan olahraga yang menggabungkan kemampuan fisik dan keterampilan navigasi untuk melakukan perjalanan dari satu lokasi ke lokasi yang lain dalam waktu secepat mungkin.

Dimulai sekitar abad ke-19 di Swedia, pada awalnya orienteering hanya ditujukan untuk kepentingan pelatihan militer saja. Namun, seiring berjalannya waktu, olahraga ini mulai berkembang menjadi olahraga alam bebas yang juga dilakukan oleh warga sipil, terutama oleh mereka yang menggemari olahraga outdoor. Bahkan, beragam kompetisi orienteering pun sudah banyak digelar untuk mewadahi para pencinta orienteering yang ingin mengadu kemampuan dan menunjukkan kebolehannya.

Di Indonesia, beberapa kompetisi orienteering yang biasanya digelar di antaranya ada BIG OC (Badan Informasi Geospasial Orienteering Competition), M-NOC (Merbabu National Orienteering Competition), ISOC (Indonesian Student Orienteering Competition), AOC (Aldakawanaseta Orienteering Competiion), dan masih banyak lagi lainnya.

Nah, apabila Sobat Akasaka tertarik untuk mengikuti kompetisi orienteering, simak 5 hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengikuti kompetisi berikut ini.

 

Pahami Konsep Dasar dan Teknik-Teknik Orienteering


Pahami Konsep Dasar dan Teknik-Teknik Orienteering - 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mengikuti Kompetisi Orienteering - redbull.com

 

Hal pertama yang pastinya Sobat Akasaka perlu persiapkan sebelum mengikuti kompetisi orienteering adalah memahami konsep dasar dan teknik-teknik orienteering, mulai dari peraturan-peraturan dalam orienteering, cara membaca peta, cara menentukan arah menggunakan kompas magnetik, hingga cara menemukan rute terbaik untuk menuju suatu lokasi.

Dalam perlombaan, peserta nantinya akan diberikan peta sebagai navigasi dan kartu kontrol. Peta tersebut menggambarkan dintasi orienteering yang berisi garis start, titik-titik kontrol, serta garis finish. Selanjutnya, Sobat Akasaka diharuskan untuk menemukan titik-titik kontrol yang telah ditetapkan menggunakan bantuan peta dan kompas magnetik. Peserta dengan waktu tempuh tercepatlah yang akan menjadi pemenangnya.

 

Latihan Fisik


Latihan Fisik - 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mengikuti Kompetisi Orienteering - alpecimbra.it

 

Selain membutuhkan kemampuan bernavigasi yang baik, dalam orienteering kekuatan dan kecepatan fisik juga diperlukan agar dapat mencapai lokasi yang ditetapkan dalam waktu sesingkat mungkin. Karenanya, ada baiknya Sobat Akasaka giat melakukan latihan fisik seperti berlari sebelum mengikuti perlombaan. Dengan rajin melakukan latihan fisik, tubuh pastinya akan lebih terbiasa dan tidak kaget saat kompetisi berlangsung.

 

Jaga Asupan Makanan


Jaga Asupan Makan - 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mengikuti Kompetisi Orienteering - lakenhealth.af

 

Selain melakukan latihan fisik, menjaga asupan makanan dan nutrisi juga wajib Sobat Akasaka perhatikan sebelum mengikuti kompetisi orienteering. Pastikan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung protein, karbohidrat, dan vitamin agar kebutuhan energi tubuh selalu terjaga. Bila perlu, minum juga vitamin tambahan atau minuman berenergi.

 

Persiapkan Peralatan yang Dibutuhkan


Persiapkan Peralatan yang Dibutuhkan - 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mengikuti Kompetisi Orienteering - irgs.org.uk

 

Selanjutnya, persiapkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan orienteering. Selain kompas dan peta yang merupakan unsur utama, Sobat Akasaka juga wajib mempersiapkan pakaian dan sepatu yang nyaman untuk melakukan perjalanan di alam bebas. Dalam hal ini, Sobat Akasaka tidak perlu bingung karena Akasaka Outdoor siap menyediakan beragam pilihan perlengkapan outdoor yang sobat butuhkan.

 

Latih Kemampuan Orienteering


Latih Kemampuan Orienteering - 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mengikuti Kompetisi Orienteering - jessieonajourney.com

 

Terakhir, latih kemampuan Sobat Akasaka dalam membaca peta dan menentukan rute terbaik. Berlatih orienteering di alam bebas akan membuat kemampuan orienteering semakin baik. Semakin sering berlatih, Sobat Akasaka pastinya juga akan semakin mudah menaklukkan medan dan rute saat kompetisi nantinya.

 

Jadi, itulah beberapa hal yang perlu Sobat Akasaka persiapkan sebelum mengikuti kompetisi orienteering. Bagaimana, sudah siap mengadu ketepatan navigasi dan kecepatan fisik dalam perlombaan orienteering?

Leave a comment

All comments are moderated before being published