5 HAL PENTING YANG HARUS DIMILIKI OLEH SEBUAH JAKET OUTDOOR

 

Sebagai sebuah perlengkapan mendaki gunung yang berfungsi untuk proteksi, jaket outdoor tentu saja harus memiliki fungsi-fungsi yang esensial. Untuk membuat fungsinya sempurna, sebuah jaket outdoor terbaik tentu saja tersusun atas beberapa compartment yang pokok. Tanpa compartment -compartment  ini, sebuah jaket untuk aktivitas luar ruang mungkin saja tidak dapat menampilkan performance terbaiknya.

Lantas, apa saja sih, kompartemen-kompartemen penting dari sebuah jaket outdoor untuk berkegiatan di alam bebas? Berikut ulasan lengkapnya khusus untuk Sobat Akasaka!

Bagian-Bagian Penting dari Sebuah Jaket Outdoor Terbaik Untuk Aktivitas Alam Bebas

Jika dilihat berdasarkan bidang penggunaannya, sebuah jaket untuk aktivitas luar ruang atau outdoor tentu saja memiliki banyak sekali ragam dan macamnya.  Jaket untuk aktivitas hiking dan mendaki gunung dapat disebut sebagai jaket outdoor, jaket untuk mengendarai motor juga bisa disebut jaket outdoor, dan jaket untuk memancing atau aktivitas tactical semacam olahraga air soft gun dan paint ball juga kadang disebut sebagai jaket outdoor.

Dikarenakan ada cukup banyak jenis jaket outdoor berdasarkan penggunaannya ini, maka ada cukup banyak pula kategori yang menjadi spesifikasinya sendiri. Pada jaket outdoor eiger untuk pengendara sepeda motor atau rider misalnya, jaket model ini diberi beberapa compartment  yang tidak ada pada jenis jaket gunung, meskipun brand-nya sama. Nah, ini membuktikan bahwa pengertian jaket outdoor dan kompartemen yang dimilikinya dapat dibedakan pula berdasarkan spesifikasi fungsinya.

Untuk jaket outdoor dengan model tactical bergaya militer, akan pula ditemui beberapa ciri khusus yang mungkin tidak ada pada jenis jaket luar ruang lainnya. Jaket dengan tipe ini kadang mengadopsi satu warna yang istimewa dan dilengkapi pula dengan beberapa velcro space untuk menempatkan patch atau emblem sebagai unsur estetika kemiliteran.

Untuk membuat aktivitas Sobat Akasaka lebih relevan dengan bahasan artikel kali ini, maka fokus jaket luar yang akan dikupas adalah jaket outdoor yang secara khusus digunakan untuk kegiatan mendaki gunung, hiking atau pun camping. Apa saja kemudian hal paling penting dari sebuah jaket untuk aktivitas adventure semacam ini? Berikut detailnya satu-persatu;

Windproof atau Mampu Melindungi Tubuh dari Angin

Pada umumnya jaket outdoor rei dan sejenisnya di Indonesia, sudah didesain untuk memiliki kemampuan menahan hembusan angin di atas pegunungan. Layer-layer yang digunakan sebagai material utama jaket gunung atau jaket untuk aktivitas hiking, haruslah memenuhi kriteria untuk dapat menahan gempuran angin gunung yang dingin dan tajam.

Pori-pori layer pada jaket gunung haruslah rapat dan sama sekali tidak memberi akses udara dingin dari luar yang dibawa oleh angin. Fungsi ini biasanya diletakkan bahan layer luar jaket outdoor yang memang berguna sebagai tameng atau prisai bagi si pengguna untuk menahan hembusan angin gunung.

Untuk membuat kinerjanya menjadi maksimal dan memberikan rasa nyaman pada penggunanya, layering jaket outdoor yang windproof kemudian dipasangkan dengan inner jaket yang pada umumnya menggunakan material lembut berupa mesh atau puring. Selain fungsi breathable, lapisan ini akan mampu mereduksi panas tubuh yang terbendung oleh pori-pori luar layer jaket yang rapat.

Wateproof atau Tahan Air

Hal penting kedua yang juga harus dimiliki oleh sebuah jaket outdoor adalah ketahanannya terhadap penetrasi cairan, terutama air. Kondisi alam pegunungan yang tidak dapat ditebak dan basah pula karena lembab, memungkinkan risiko basah menjadi tinggi. Berjalan mendaki gunung dengan pakaian yang basah tentu saja tidak nyaman selain juga membuat risiko untuk terserang hipotermia menjadi meningkat.

Beberapa produk jaket outdoor consina di Indonesia memberi penekanan pada aktivitas waterproof-nya ini, sehingga konstruksi jaket dibuat lebih tebal dan solid. Namun kemudian kembali pada faktor kenyamanan, pemberian material yang terlampau tebal pada sebuah jaket outdoor membut sirkulasi udara menjadi sedikit terhambat. Selain juga dapat membuat pergerakan menjadi lebih lambat karena berat.

Pada beberapa merk jaket outdoor waterproof populer dunia, lapisan anti air ini kadang mendapatkan perhatian yang ekstra dan diberi nama secara khusus. Dunia petualangan mengenal apa itu GORE-Tex  sebagai salah satu sistem layering yang waterproof guarantee, atau ada juga teknologi Hyvent pada brand jaket outdoor tnf dan lain sebagainya.

Lightweight Atau Ringan

Jaket outdoor yang berat sudah pasti tidak efektif dan efisien untuk aktivitas hiking. Atas dasar itulah performance jaket yang baik untuk aktivitas luar ruang adalah lightweight atau ringan sebagai salah satu yang paling penting. Jaket yang ringan akan membuat pergerakan menjadi lebih bebas dan lebih leluasa saat bertualang.

Kemudian yang menjadi problemnya adalah; tidak semua jaket dengan teknologi lighweight itu mampu menahan gempuran angin dan hujan. Atau dengan kata lain, jaket yang lightweight dari sisi bobot, seringkali mengalami masalah dari sisi ketahanannya pada fungsi waterproof dan windproof. Semakin ringan dan tipis sebuah jaket outdoor, semakin rentan pula risikonya terhadap cuaca angin serta hujan.

Ada beberapa produk yang telah mampu membuat sebuah jaket outdoor dengan konstruksi yang lighweight, namun juga mampu menahan penetrasi angin dan hujan hingga pada temperature tertentu. Namun harga jaket outdoor seperti ini cenderung masih cukup tinggi dan belum cukup banyak pilihan yang bisa dijadikan alternatif.

Breathable atau Memiliki Sirkulasi Udara yang Baik

Fungsi breathable adalah fungsi yang penting dari sebuah jaket outdoor. Jika sebuah jaket outdoor memiliki segala fungsi sebelumnya seperti waterproof yang bagus, windproof yang oke dan juga lightweight yang memenuhi sarat, namun ketika jaket ini kemudian tidak breathable, maka ada kenyamanan yang akan dikorbankan.

Breathable bukan hanya problem gerah dan kepanasan karena tidak terjadi sirkulasi udara dalam balutan jaket. Namun dalam aktivitas pendakian gunung atau hiking, breathable berpengaruh pula pada kesehatan dan ketahanan tubuh. Dan hal ini semakin ditekankan lagi pada jaket outdoor wanita dengan pertimbangan beberapa layer yang telah mereka gunakan sebelumnya akan menambah gerah jika jaketnya sendiri tidak breathable.

Fungsi breathable pada jaket outdoor biasanya ditempatkan pada inner layer berupa mesh atau jaring. Material layer yang juga umum digunakan pada jaket outdoor Indonesia untuk kepentingan breathable adalah puring. Secara umum fungsi dari bahan-bahan ini adalah sama yakni untuk memberi sirkulasi yang baik pada sistem jaket dan juga memberi kenyamanan pada penggunanya.

Shining Colour atau Warna yang Cerah

jaket outdoor terbaik

Warna adalah bagian yang penting dalam jaket outdoor untuk aktivitas hiking atau pendakian gunung. Itulah sebabnya mengapa Sobat Akasaka mungkin seringkali melihat bahwa para pendaki gunung profesional di luar negeri, khususnya di gunung-gunung bersalju, senantiasa menggunakan jaket atau outfit yang berwarna terang, mencolok, dan juga kuat.

Alasan utama dari penggunaan warna dengan unsur seperti ini adalah sebagai upaya untuk membuat perbedaan yang jelas dengan lingkungan sekitar. Pada kondisi di tengah padang salju, di dalam hutan belantara, di tengah padang sabana yang luas, jaket dengan warna-warna yang mencolok tentu saja akan lebih mudah diidentifikasi, ditemukan dan juga diselamatkan jika kemudian mengalami masalah atau kesulitan.

Alasan yang sama pula kemudian jika seseorang petualang atau pendaki gunung membutuhkan bantuan atau pertolongan. Jaket outdoor dengan warna mencolok dan tajam dapat ia jadikan sebagai tanda atau signal mengenai di mana posisinya berada. Pada jenis pertolongan melalui udara, sinyal dengan warna semacam ini sangat membantu dan memudahkan prosesnya.

Compartment  Penting Sebuah Jaket Outdoor dan Beberapa Tips Sederhana Memilihnya

Dalam memilih jaket untuk kegiatan alam bebas tentu saja dibutuhkan pertimbangan yang baik supaya mampu memenuhi kebutuhan yang diharapkan. Terkait dengan hal ini, komponen penyusun sebuah jaket juga penting untuk diperhatikan.

Secara sederhana komponen utama sebuah jaket outdoor dapat dirinci sebagai berikut;

Body Jaket

Atau badan utama jaket dimana saku, zipper, dan lain semacamnya ditempatkan. Body jaket menjadi penting karena merupakan bagian paling utama dari sebuah jaket gunung yang juga melindungi bagian rentan tubuh seperti dada dan perut.

Lengan Jaket

Sesuai namanya, lengan jaket adalah bagian tangan pada jaket gunung. Pada beberapa jaket gunung dengan spesifikasi tertentu, ada sebuah zipper yang menyambung antara body jaket dan lengan jaket. Zipper ini diletakkan dibawah ketiak dengan tujuan membantu sirkulasi udara ketika benar-benar sedang dibutuhkan.

Hoodie Jaket

Kompartemen yang juga tidak boleh ketinggalan dalam anatomi sebuah jaket gunung adalah hoodie atau tudung kepala. Hoodie secara fungsional haruslah waterproof dan windproof seperti body jaket. Sementara dari sisi kontruksinya, hoodie juga dapat didesain dengan lepas pasang (removeable hoodie) atau yang direkatkan permanen (fixed hoodie).

Inner Jaket

Selanjutnya bagian penting lain dari sebuah jaket outdoor untuk aktivitas mendaki gunung atau hiking adalah inner jaket. Lapisan inner ini seperti yang disampaikan sebelumnya dapat berupa mesh atau layer jaring untuk kepentingan sirkulasi udara. Akan tetapi pada beberapa jaket gunung yang lebih teknis, inner ini dapat pula berupa lapisan fleece yang lebih hangat dan mampu menjaga temperature panas tubuh.

Cord Adjustment

Bagian terakhir dari compartment sebuah jaket gunung atau jaket outdoor ini mungkin terlihat useless dan remeh. Akan tetapi sebenarnya, adjustment cord adalah sesuatu yang sangat fungsional. Adjustment cord yang ada di hoodie jaket dapat menyesuakan ukuran hoodie saat digunakan, sementara adjustment cord yang ada di bagian pinggang juga memberi kenyamanan yang ekstra dalam gerakan mendaki yang dinamis.

Rekomendasi Jaket Gunung Terbaik Untuk Pendakian Gunung dan Hiking

Berdasarkan ulasan lengkap di atas, Akasaka Outdoor memiliki satu rekomendasi terbaik untuk kamu yang sedang mencari jaket outdoor untuk aktivitas pendakian gunung atau hiking. Rekomendasi ini adalah sebuah produk terbaru dari Akasaka Outdoor yang  mampu mengakomodasi hampir 97% dari kebutuhan sebuah performance paling baik sebuah jaket outdoor.

Jaket outdoor terbaik Akasaka Bridge dapat menjadi pilihan idealmu  karena keistimewaan yang dimilikinya. Dari sisi bahan yang digunakan, material Akasaka Bridge mengadopsi bahan berkualitas tinggi yang memenuhi standar aktivitas outdoor. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut adalah keunggulan jaket outdoor Akasaka Bridge yang bisa kamu dapatkan.

  • High performance material dengan bahan utama berkualitas terbaik
  • Memiliki inner mesh yang kuat, nyaman dan solid
  • Windproof
  • Waterproof pada intensitas sedang
  • Harga lebih hemat dibanding produk sejenis di kelasnya.
  • Very breathable.
  • Superior combination colour.
  • Highly recommended untuk aktivitas hiking di Indonesia.

Nah, untuk kamu yang sedang mencari jaket outdoor untuk hiking dan mendaki gunung, jaket Akasaka Bridge adalah saran terbaik yang bisa kamu dapatkan. Lebih lengkapnya, kamu bisa mendapatkan jaket gunung dari Akasaka ini melalui tautan berikut: Jaket outdoor terbaik Akasaka Bridge untuk hiking dan mendaki gunung.

Baca Ini Juga Yuk!

MENGENAL ULTRALIGHT HIKING DAN SEPULUH PRINSIP UTAMA MELAKUKANNYA
MENGENAL ULTRALIGHT HIKING DAN SEPULUH PRINSIP UTAMA MELAKUKANNYA
Istilah pendakian ultralight adalah salah satu istilah yang cukup populer di Indonesia semenjak booming-nya aktivitas pendakian gunung. Lalu, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan ultralight hiki...
Read More
10 JALUR HIKING DI INDONESIA PALING DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU COBA
10 JALUR HIKING DI INDONESIA PALING DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU COBA
Ada banyak jalur hiking di Indonesia yang menjadi favorit para pendaki gunung tanah air. Di antara banyak rute hiking tersebut, ada beberapa yang dianggap sebagai yang terbaik dan istimewa. Sebagai...
Read More
5 REKOMENDASI TERBAIK DALAM MEMILIH SANDAL JEPIT GUNUNG UNTUK PENDAKIAN
5 REKOMENDASI TERBAIK DALAM MEMILIH SANDAL JEPIT GUNUNG UNTUK PENDAKIAN
Banyak pegiat alam atau pendaki gunung yang memilih sandal jepit gunung sebagai pilihan alas kaki mereka dalam bertualang. Dari sekian banyak jenis, merek dan harga, ada beberapa sandal jepit outdo...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published